sebuah kisah tentang Bab I


google Tags: , ,

Bekesong tercinta minggu 11 juli 23:00 (*akhirnya…(^_^)

setelah saya mendeklarasikan sebuah niat untuk menyelesaikan TESIS saya secepatnya, karena detik ini gak ada jalan lain saya harus melakukannya gak mungkin lagi lari dari semua ini, harus SELESAI, agar saya dapat melanjutkan langkah yang telah dibuat, meraih mimpi yang harus dicapai,atau pengorbanan saya selama 2 tahun terakhir akan berakhir sia-sia dan saya akan menjadi orang yang kalah.

Dan sore ini saya memutuskan untuk kembali membuka sebuah folder di laptop tercinta saya yang saya beri judul “my tesis”   dan mulai membuka sebuah file yang 6 bulan ini saya abaikan judulnya “bab I” yup..file ini terakhir saya buka 6 bulan lalu saya mengerjakan nya dengan semangat 45 dan kemudian berhenti di halaman ke 3 dan setelah sekian lama saya mengabaikannya.

image

dan saya memulainnya hanya dengan sebuah senyuman dan seperti biasa sebuah rasa malas dan rasa takut yang amat sangat tinggi, entahlah setiap mendengar kata TESIS saya selalu merasa takut saya tidak dapat menjelaskan takut seperti apa yang saya alami, saya hanya merasa takut dan juga merasa aneh dan tidak mengerti dengan diri saya sendiri, kenapa saya harus selalu merasa takut dan merasa bingung dengan sebuah judul yang bernama TESIS.

hampir satu jam yang saya lakukan hanya membaca dari halaman satu sampai halaman tiga apa yang telah saya tulis selama 6 bulan yang lalu, mencoba berpikir kembali apa yang ingin saya bahas di TESIS ini, mencoba mengingat kembali mimpi-mimpi saya, mencoba meyakinkan diri saya sendiri bahwa saya sudah berada di ujung tanduk sebuah keharusan untuk mengerjakannya atau saya tidak akan pernah maju dan meraih mimpi-mimpi saya..

hingga kemudian saya berpikir kenapa mengerjakan TESIS tidak semudah menulis di blog, saya dapat dengan mudah mengeluarkan ide-ide saya saat menulis, merangkai kata demi kata, membiarkan jari-jari saya mengetik dengan bebasnya tanpa harus merasa takut salah, merasa tertekan karena saya mencintai nya saya menyukai aktivitas ini ,.ya MENCINTAI MENULIS mungkin ini yang membuat saya selalu menyukai menulis disebuah blog,..dan saya tidak merasakan perasaan ini saat saya mulai mengerjakan TESIS saya,..saya tidak mencintainya, saya tidak menemukan kedamaian di dalamnya, saya terpaku pada teori-teori yang ada, saya terpaku pada batasan-batasan sebuah penelitian.

dan hingga kemudian saya memutuskan untuk BELAJAR MENCINTAI TESIS saya, belajar bertanggungjawab untuk langkah yang saya buat, saya tidak mempedulikan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh orang lain, teman-teman saya yang telah terlebih dahulu lulus, patokan-patokan sebuah teori, saya tidak mau terpaku dengan semuanya, penelitian ini adalah hasil karya saya, saya ingin melakukannya dengan sebuah kejujuran bukan hasil COPY PASTE menyatukan sedikit demi sedikit teori dari banyak penelitian yan sudah ada sehingga akhirnya terbentuklah sebuah karya tulis.TIDAK saya tidak ingin melakukannya, saya ingin lulus dengan sebuah hasil karya saya, dengan sebuah penelitian yang saya lakukan bukan mengerjakannya dari hasil serpihan-serpihan penelitian orang lain seperti kain perca..

dan saya mulai membiarkan otak saya berpikir,jemari-jemari tangan saya mengetikkan satu persatu kata membayangkan diri saya yang sedang menulis sebuah artikel di blog bercerita tentang perkembangan teknologi informasi ,industri perkebunan kelapa sawit, sistem informasi akuntansi dan bagaimana ketiganya harus saling bertautan,harus saling berhubungan dan berujung pada sebuah kata efisiensi,efektivitas, dan keakuratan sebuah laporan.

dan ALHAMDULILLAH satu jam kemudian, saya telah berhasil melanjutkan 3 halaman yang saya ketik 6 bulan yang lalu, menjadi 7 halaman ,menjadi satu kesatuan yang disebut dengan BAB I (^_^) saya merasa puas dan mulai mengerti bahwa saya harus melakukannya tanpa merasa takut atau tertekan tapi karena saya menyukainya.

BAB I selesai, maka selanjutnnya adalah BAB II, yah sebuah bab yang berisi kumpulan teori dan dasar teori dari penelitian yang saya lakukan lebih rumit dari BAB I, dan lebih membosankan tentunya karena saya harus membaca banyak buku teori, jurnal dan kemudian mengaplikasikanya..tapi saya HARUS melakukannya dan harus belajar mencintainya, jika saya bisa mengerjakan BAB I,maka saya harus bisa mengerjakan BAB-BAB lainnya, seorang sahabat pernah berkata

bahwa ini hanyalah sebuah ujian kenaikan kelas,kelak ketika saya sudah menyelesaikannya, maka saya akan naik kelas, dan akan menghadapi tantangan yang lebih berat lagi.

SEMANGAT!!!!!!!!

KEEP FIGHTING TILL THE END..(^_^)

17 thoughts on “sebuah kisah tentang Bab I

  1. gkgkgk… aku belum pernah bikin tesis. jadi belum merasakan. anyway..belajarlah mencintai tesismu kelak dia akan membalas cintamu gkgkgk. semangat yaaa :)) dan trims atas tipsnya kemarin. Semangat !

  2. Pingback: Berharap langkah ini segera selesai… (^_^) « Mylitleusagi's Blog

Leave a Reply

