Sahur On The Road,, antara Gaya Hidup dan Berbagi


Bekesong City 13 Agustus 2011

Hari ini di twitter heboh.. ternyata ini dimulai dengan cerita tentang 2 Orang Anak SMU 28 yang meninggal karena kecelakaan, ketika melakukan Sahur On The Road, pasti ada diantara teman-teman yang nanya, terus kenapa harus heboh,,ada banyak kan berita tentang kecelakaan , kenapa juga cerita tentang Sahur On The Road kali ini jadi berita heboh di twitter,,

Sahur On The Road = Speeding On The Road = Kecelakaaan Tragis

Dua siswa SMA 28 meninggal dunia karena kecelakaan seusai meramaikan kegiatan Sahur On The Road,,anak anak ABG ini pulang SOTR , bukannya pulang kerumah malah melanjutkan acara Sahur On The Road menjadi Speeding On The Road,, yang bener-bener bikin saya geleng -geleng kepala adek adek ini masih sempat sempatnya nge tweet dan cekakak cekik memberitakan kegiatan balapan mereka.. di salah satu tweetnya ..

Dibawa balapan sama bowo guyssss.. Gue vera acid ratna langsung meleekkkkkkkk :O

Cuussssss balapan lagi guyssssssss. Banyak setan nih-_-

 lo dimana ken? Gue lagi dibawa au nih kemana-_- wakakakka

Bisa gak kita semua ngebayangin situasi mobilnya pasti adek adek itu lagi heboh teriak-teriakan sama teman-temannya, adrenalin yang terpacu.. dan tiba..tiba.. DARRRRRRRR.. kecelakaan terjadi … (*innalillahi..wa innalillahi rojiun..),kebayang gak gimana perasaan teman-temannya yang pas proses balapan lagi sibuk BBM-an , Twitteran.. ketawa ketiwi,,tiba tiba 30 menit kemudian twitter yang diterima adalah ” Teman kita kecelakaan karena balapan” atau gimana perasaan orang tua almarhum, karena di salah satu twitnya, dia bilang kalau gak di izinin buat berangkat SOTR sama ayahnya..

Sahur On The Road,,Acara berbagi makanan di kala Sahur,,belakangan ini marak,, jujur ya tanpa bermaksud menghakimi ataupun sok suci,, saya terkadang merasakan ironi untuk kegiatan ini,,

Sahur On The Road antara BERBAGI atau GAYA HIDUP... ada banyak hal yang bikin saya geleng geleng kepala dengan acara ini

a) object yang di tuju terkadang suka pilih-pilih makanan,, = mubazir

SOTR selalu ramai di kala weekend, alasannya ya karena sabtu minggu libur, jadi bisa tidur di siang hari nya,,di kala weekend ada banyak pihak yang mengadakan SOTR , mulai dari para ABG, perkumpulan suatu partai, Artis, Mahasiswa, dan lain sebagainya, ironi nya adalah terkadang daerah yang di tuju adalah daerah yang sama, dan juga orang yang sama jadi jika weekend object yang di tuju bisa mendapatkan 3 atau 4 paket SOTR yang dibagikan..

Ironi nya ada berbagai jenis makanan yang di terima mulai dari nasi rames warteg, nasi padang, hingga makanan fast food, semuanya berebutan nerima makanan,,dan kemudian yang dimakan hanya makanan yang enak makanan yang biasa aja akan ngejogrog di tempat lain..atau diabaikan..

b) SOTR =  hura- hura gak jelas = Ria tak berkesudahan

Asli ya tanpa bermaksud ngiri atau sebagainya saya sering geregetan sama Artis yang melakukan SOTR,,aih udah lah ya kalau mau amal ya amal aja,, kenapa sich harus diliput oleh infotainment,,berita tentang sang artis yang melakukan SOTR akan di liput oleh seluruh infotainment yang ada, jadi lah ya kalau weekend, infotainment isinya gak jauh jauh dari sang Artis yang melakukan aktivitas berbagi nya dari pagi sampai sore, dengan semua stasiun TV yang ada,, isinya sama semua,, bagaimana sang Artis di usia mudanya begitu dermawan,menyantuni si Miskin,, dan seribu satu ekpresi simpati lainnya,, asli dah pertanyaan saya cuma satu..

Emang gak bisa ya,, kalau ngadain acara amal atau apapun itu gak harus di liput infotainment,,dan gak harus dengan makeup yang super duper tebel gitu..

Lain artis, lain ABG dan kawula muda.. (*Aih bahasanya cin.. kesannya gw tua bener.. :D :D :D ) SOTR, kemudian akan di isi dengan kehebohan wara wiri di jejaring sosial, memberitakan ini itu, upload foto di jejarin sosial, ketemu satu object foto,, mungkin nich ya dengan foto yang di upload, status yang terupdate kalah jumlah dengan makanan yang dibagikan.dan yang bikin saya makin geregetan adalah parade konvoi dan pamer kendaraan para pelaku SOTR

c) SOTR = Berbagi

Gak semua hal negatif tentang SOTR, karena ada juga kok yang emang kegiatan SOTR nya murni berbagi, mereka yang SOTR dan tujuan nya jelas, orang – orang yang memang membutuhkan makanan di kala sahur, mereka yang harus tersantuni,,dan mereka yang melakukan SOTR tanpa harus berisik ekspos sana-sini,, (*jempol buat orang orang ini tapi jujur jarang saya menemukannya… :) 

Gak ada yang salah dengan kegiatan SOTR selama memang intinya berbagi,mungkin pelaksanaanya yang sedikit di perbaikin,,bisa kan kita SOTR tanpa harus di liput wartawan, pamer di jejaring sosial, dan juga pawai mobil, gimana kalau SOTR nya di ganti dengan mendatangi panti asuhan terus sahur bersama dengan para adik adik kita yang yatim piatu,,pasti seru kalau biasanya Buka Bersama dengan para Yatim Piatu diganti dengan Sahur Bersama Yatim Piatu..

Bulan puasa adalah bulan berbagi, bulan penuh hikmah,,dan bulan penuh ampunan ada banyak cara untuk berbagi,, ada banyak cara untuk membahagiakan sesama,, mari kita bijak memilih caranya…

sumber :cerita twitter ada disini

About these ads

43 thoughts on “Sahur On The Road,, antara Gaya Hidup dan Berbagi

  1. Setuju mbak Put.. lebih bijak jika ingin berbagi kita makan sahur aja dengan para kaum duafa dan anak yatim, saya yakin rasanaya lebih luar biasa bahagia ketimbang SOTR yang terkesan hura-hura..

    saya lebih setuju SOTH dengan menu SOTO aja deh…

  2. hmm, kadang hal baik itu bisa jadi buruk karena salah cara melakukannya..
    aku sih blm pnah SOTR karena gak suka ke luar rumah tanpa cahaya matahari :D
    smg aja kejadian serupa gak kejadian lagi

  3. Kalau niat utk ikut SOTR sekadar bersenang-senang dan bergaul, memang hasilnya jadi kurang positif. Apalagi kalau dilakukan tanpa perencanaan yg matang, jadinya nggak bermanfaat deh, muncul ironi…..

  4. ga cuma anak2 yatim piatu yang butuh kepedulian, tapi juga para mualaf yang sering luput dari perhatian kita… :)

    bagaimanapun, ada banyak cara berbagi, jika tulus adanya InsyaAlloh akan terhindar dari hal-hal yang madharat.. :D

  5. Tadi sore saya juga baru membahas hal yang sama dengan si Tengah dan temannya ketika mereka ngobrol di mobil saya …

    Persis yang Put ceritakan … dua orang kecelakaan … wanita semua … yang nyetir cowok …

    Dan saya hanya berujar pendek dan tegas pada pada si tengah dan temannya …

    Ini bulan untuk cari berkah …
    jangan norak deh …
    Ini bulan bukan untuk cari penyakit …
    masih ada banyak banget hal yang lebih asik dan menarik lainnya untuk dikerjakan
    sayang-sayang masa muda kalian kalau cuma dipake untuk exitement sesaat yang konyol … Ini udah kebablasen …

    Semoga ini bisa menjadi pelajaran kita semua ya Put …

    I like this post Put … indeed …

    Salam saya

    • banget inyiak,,
      ini bulan di mana kita berlomba lomba untuk kebaikan..

      salam ya sama adek adek inon..
      bilang gak usah ikut-ikutan..mending ke panti asuhan atau ketempat lain.. daripada hura hura gak jelas..

  6. “Bisa gak kita semua ngebayangin situasi mobilnya pasti adek adek itu lagi heboh teriak-teriakan sama teman-temannya, adrenalin yang terpacu.. dan tiba..tiba.. DARRRRRRRR.. kecelakaan terjadi …”
    emang kamu tau banget yah keadaan di mobil udah pasti kaya gitu?

    orang2 kaya kamu,cuma bisanya ngambil sisi negatifnya aja dari kejadian.

    balik lagi,ini udah jalannya Tuhan.udah waktunya mereka diambil,dan melalui itu juga mungkin Tuhan ngasi pelajaran buat si pengemudi yang mungkin suka kebut2an.

    saya yakin umur kamu lebih tua dari adik2 ini,tapi,cara kamu menyampaikan pendapat kamu terkesan “mengejek”,padahal orang baru kena musibah.

    SOTR itu rata2 emang buat kegiatan sosial,lah terus kalo yang SOTR buat have fun sama temen2 gitu,dosa???enggak lah,hak hak mereka,mau seneng2.dan SOTR yang di adain dari sma 28 kemarin itu emang tujuannya baut kegiatan sosial,ada panitianya,cuma ya emang muridnya aja ada yang bandel ga ngikutin peraturan,hal yang wajar bukan?manusiawi bukan?

    balik lagi,sekali lagi,itu takdir Tuhan.itu cobaan buat mereka yang mengalami.

    emang kenapa sih mbak,kalo SOTR diselingin senang2?kan itu diadakan bareng temen2,ya masa mau serius2 aja?
    mbak tuh idupnya terlalu serius kali,kurang berwarna,jadi ngeliat orang seneng2,ketawa ketiwi,ngetweet cekakak cekikik langsung super jealous.
    kasiandelooo

    bukannya doain aja gitu,semoga mereka tenang arwahnya,diterima disisiNya
    komentar sih sok pinter aja sih,,ngikutin orang2,

    lagian kalo mereka norak,yaudah sih,,namanya juga Indonesia,banyak orang norak.macemlo gitu juga norak sok pinter.

    namanya juga mereka masih muda banget,itu konsekuensi mereka sendiri,
    saya yakin si pengemudi pasti nyesel kok,dan tiap orang pasti punya salah kan?
    yang ngatain mereka norak udah merasa dirinya ga norak belom?komen2 outloud = caper = norak jugeee

    nyermin dulu mbak,baru boleh sok pinter

    • makasih ya udah berkunjung ke blog ini..dan kasih comment yang panjangnya ngalahin postingan saya..makasih buat komentnya yang bikin saya semakin semangat untuk menulis tentang apa yang saya lihat tentang dunia dari sisi saya..pasti kamu bukan blogger ya, jadi bisa comment panjang lebar begini.
      trus menurut kamu dengan keadaan kaya gitu apa yang sedang mereka lakukan,,apa mereka lagi ngaji atau salawatan di mobil itu,kamu mending baca tulisan ini lagi dech, saya tidak mengambil sisi negatif,,tapi saya hanya mengajak kita semua melihat realita yang ada,,apa yang sekarang terjadi,,
      Ini memang takdir , dan kita gak pernah bisa memperkirakan kapan kematian datang,,tapi bukan kah kita harus mengambil makna dari setiap kejadian, kita harus belajar dari setiap peristiwa yang ada
      gak ada yang larang buat senang senang,,pasti kamu belum kenal saya,,jadi bisa mikir kalau hidup saya penuh dengan keseriusan dan kekunoan,,coba deh baca tulisan saya yang lain,,dan mungkin dari tulisa yang lain itu kamu bisa memperkirakan saya orang yang seperti apa..
      gak ada yang ngelarang buat seneng-seneng atau apapun itu, namun lebih baik sebelum bertindak pikir dulu manfaat nya atau mudaratnya saya juga pernah muda dan hura hura seperti kalian..sebelum kalian bertindak pikir dulu perasaan orang tua, keluarga dan semua yang sayang sama kalian,, ketika kalian kecelakaan, atau mengalami musibah yang susah bukan kalian aja, tapi juga semua orang yang sayang sama kalian

      • Semoga nak Umo dan kk Putri sekarang sudah saling memahami yaa.. pada prinsipnya nak Umo dan Putri ingin menyampaikan kebaikan.. mungkin ini agar kita belajar cara menyampaikan pesan kebaikan dengan cara yang baik juga.

        karena walaupun kita merasa sudah menyampaikannya dengan bahasa yang sopan bisa jadi ditanggapi tidak baik oleh orang lain. Apalagi klo bahasanya gak sopan :)

        wat Inon.. jempol 20 dah..! pinjem punya bunda monda, mamih, om nh dan genduk. :D

      • Lebih bijak lagi kalau memberikan komentar pakai ID yang valid.. kalau merasa benar yang buka jatidiri dong kalau mau ngomong

        kalau untuk ingat saling mengingatkan kita harus nunggu bener dulu, engga bakalan deh kebenaran akan ada di indonesia. mana ada orang suci di dunia ini kecuali Rasul…

        Apa nunggu kita bercermin sepuasnya dulu baru mengingatkan orang?

        Norak itu sebenarnya opo sih? sorry saya nanya, maklum cah ndeso hahaha

      • Tidak ada yang salah dengan melakukan SOTR dengan gembira … tertawa … riang ria … bercanda tertawa pun tidak dilarang …
        karena memang kita harus melaksanakan aktifitas ibadah ini dengan riang gembira …

        Ya … ini musibah dan sudah takdir …
        dan saya menyampaikan rasa duka untuk keluarga yang ditinggalkan

        Yang kurang pas itu mungkin adalah … mengapa mesti pakai kebut-kebutan segala … itu menjemput maut namanya … ini bermain-main dengan takdir namanya … menantang takdir namanya … dan saya rasa sebaiknya memang tidak begitu …

        Sekali lagi …
        Tidak ada yang salah dengan SOTR dengan canda tawa dan gembira … yang tidak pada tempatnya mungkin adalah … excitement yang berlebihan … pake acara kebut-kebutan segala …
        (ini agak kebablasen menurut saya )

        (And yes saya pernah muda … )

        (aaahhh mudanya pasti dari udik nih …)
        (salah … saya alumni SMA negeri yang cukup ternama di Jakarta Selatan juga)

        (aaahhh si om ini pasti nggak gaul dan nggak asik nih dsb)
        (mohon maaf dulu waktu SMA-Kuliah saya ini anak Band, suka nongkrong juga … dan lagi … saya juga pernah terpilih sebagai mahasiswa terlucu satu angkatan)

        So …
        Believe me …
        Tanpa bermaksud untuk nyinyir … namun harus saya katakan bahwa kegiatan kebut-kebutan itu udah rada kelewat batas

        Salam saya,

        (Put … I am with you)

      • Mamih cuma bilang tidak ada yang salah dgn euforia menyambut ramadhan dgn berbagi, dan mamih juga ikut berduka cita utk keluarga yg ditinggalkan.

        Nak Umo………semoga bisa mengambil hikmah dr tulisan inon ini ,
        yg turunnya tulisan inon ini berupa rasa simpati pd korban dan keluarga.
        sekaligus mengingatkan, krn manusia pada dasarnya harus saling mengingatkan, begitu khan Rasulullah saw berpesan pd kita semua???

        mamih yakin antara nak umo dan inon juga kita semua sebagai sesama muslim, punya perasaan yg sama utk memanfaatkan kegembiraan Ramadhan ini dg hal2 yg lebih baik dan penyampaian yg juga lebih baik :)

        Marilah kita saling berbagi kebaikan dan saling mengingatkan kebaikan dgn cara yg baik juga tentunya :)
        luv u inon ……….
        ( this post is really you are……………i knew it) :)
        salam

  7. eh iya toh ada yang kecelakaan? hadeh, baru tahu aku! kamana ajah sih aku niiih. yah itulah Put, dulu waktu masih kecil ini si adek-adek dan artist-artist yang showw off ini gak diajarin apah yah sama guru ngajinya kalau kita sedekah kalau bisa tangan kiri kita gak tahu..

    sampek segitunya loh kita diajarin untuk sedekah…

  8. Wit wiw ada yang kritis nih..

    Lagi puasa ah, jangan kepancing esmosi. Sebar kebaikan walau satu kata…

    Bersyukur udah ada yang mengkritisi dengan sangat dalam. Jarang-jarang kan ada yang ngasih komentar pedes. Masukan yang sangat berarti buat kamu.

    ane netral aja ah.

  9. Yach…kalau kegiatan dibarengi dengan hal yang menyimpang mau bagaimana lagi. susah memang untuk meluruskan sesuatu, ketika ditegur, dik kalau naik motor jangan main smsan ya..jawabnya apa??? emang lo bapak gue??? deg…perasaan mulai dongkol, bukan masalah gue bapak lo, tapi pikirkan juga keselamatan orang lain, emang jalan ini milik elo aja heeee

    Nah kembali kepada isi artikel di atas, terjadi korban di kalangan anak muda yang selesai melaksanakan kegiatan positif. haruskan kegiatan posistif berakhir dengan dengan negatif?? itu pilihan di telapak tangan anda.

    Tetapi, kalau kecelakaan terjadi tidak memakan korban pengguna jalan yang lain sih terserah aja, namun bagaimana jika terjadi korban pejalan kaki dan itu adalah keluarga kita??? apa itu musibah???, itu namanya musibah yang dicari-cari heee

    Jadi jika ada yang tidak setuju dengan artikel di atas tidak apa, karena itu bukan suatu pemaksaan, namun marik kita ambil nilai positif dari sebuah postingan, Berpendapat sah-sah saja namun tetap pada alurnya.

    Tujuh belasan udah dekat kok, jika kita masih punya nyali, mari kibarkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

  10. saya setuju dengan komen pemilik blog ini.. memang takdir manusia ada di tangan Tuhan. namun kita sebagai manusia juga harus dapat bersikap bijak dalam setiap tindakan. saya sebagai generasi muda ikut prihatin terhadap generasi muda yang menyalahgunakan lifestyle seperti ini. ugal-ugalan dalam berkendaraan itu salah besar. turut berduka cita terhadap keluarga yang ditinggalkan.

  11. Hai Mbak Putri… aku diarahin kesini dari blognya Mbak Nique..
    kebetulan anak2 yg mengalami kecelakaan tu adalah adik2 kelas adikku yg memang alumni 28… rincinya kurang jelas bagaimana…

    yg pasti sih aku setuju sama Mbak Putri, menderma haruslah dgn cara yg baik dan benar… mnrt ku memberi makan sahur juga nggak harus on the road… knapa hrs on the road ya? wallahualam…

  12. banyak banget yang membahas ini, saya pikir memang ada baiknya memilih sahur yang paling banyak memberikan manfaat. kalo SOTR ternyata bs berubah jadi speeding on the road kenapa harus kita dukung iya nggak, kecuali bisa dimnfaatkan dengan benar oleh panitia dan peserta.

    salam kenal dan jabat erat dari blogger pontianak

  13. Assalammu’alakum wr.wb

    halo mb putri, boleh numpang comment dikit ya..
    menurut saya, kegiatan SOTR adalah sah2 sj, boleh dilakukan siapa saja, selama tetap slalu ingat bahwa yg dilakukan adalah dlm rangka ibadah. Insyaallah kl hal itu dilakukan, akan mendatangkan berkah dan tdk akan tjd hal2 yg tak diinginkan, misalnya : kebut2an, hura2 bahkan tawuran (bila 1 kelompok bersinggungan dgn klmpok lain saat membagi). kl bicara ttg apa yg sebaiknya dilakukan stlh selesai berbagi, ya tentu sj sholat qabliyah shubuh lalu shubuh berjamaah dan stlh itu pulang ke rmh msg2 dgn tertib. tapi kembali lg ke individu / klmpok msg2, apakah mau melaksanakan atau tdk. semua sdh ada rambu2 dan aturan mainnya kan…

    sdgkan mengenai artis yg diliput infotainment, kl menurut sy adalah tergantung niatnya. bila niatnya ingin menggugah kesadaran org lain utk juga ikut berbagi, tentu sj baik kan ? atau mngkn niatnya utk mencari sensasi, tp ternyata ada pemirsa yg jg tergerak utk ikut berbagi… kita kembalikan saja pada Yang Maha Tahu.

    yg penting skrg, mari kita tingkatkan ukhuwah islamiyah, mulai dr kelrg dulu aja deh.. br stlh itu ke masyarakat dst. tumbuhkan lebih kuat lagi rasa untuk memberi dan berbagi kepada sesama. bayangkan bl itu bnr2 terwujud, wow.. alangkah makmur dan sejahteranya negeri tercinta ini…

    ya, itu sedikit comment dari saya…
    saya bukan blogger, saya taunya cm bumbu dapur :) ,jadi mhn maaf bila banyak hal yg kurang berkenan pd comment saya.

    dan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1433 H, bulan yang penuh berkah serta maghfirah, ijinkan saya mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Mohon maaf lahir bathin atas segala kesalahan, khilaf dan prasangka. Insyaallah kita semua masih diberi-Nya izin untuk meraih keberkahan bulan suci yang sdh diambang pintu. Amien yra.

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    vienna salsabila

  14. Pingback: Pesan Kaleng | nicampereniqué.me

  15. Jadi ini nih yg coret2an ada disepanjang Jakarta?
    Senengnya sama fasilitas publik yg penuh coret2an ga mutu
    Orang2 bodoh!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s