Gallery

JUJUR lah padaku,, #1000 Kata Ep 2


My Office 20 Februari 2012

Tulisan kedua dari tantangan menulis 1000 kata perhari, baiklah,, saya akan menuliskannya di blog ini,, kalau misalnya absen gak punya jaringan internet ya berarti menulis di laptop untuk kemudian di publish pas dapet jaringan internet,

Kalian pernah nonton kungfu master, atau film kungfu lainnya, pasti deh ada satu bagian di mana anak cupu lagi belajar kungfu, trus si guru meminta muridnya buat latihan itu –itu aja tiap hari , misalnya angkat ember di air,, mindahin air dari satu sumur ke sumur yang lainnya,, latihan yang sama setiap hari,, membosankan dan berulang-ulang,, si murid complain si guru nya makin kejam,,dan di akhir cerita,, si murid baru mengerti bahwa untuk menguasai ilmu kungfu tingkat atas harus di mulai dari latihan-latihan kecil dulu , dari hal-hal sepele yang kadang terkesan tidak masuk akal.

Dan saya mengibaratkan diri saya seperti si anak Cupu,,dan bang Tere si Guru kungfu, peraturan yang dibuat adalah

“silakan kembali jika kamu bisa memenuhi tantangan itu , menulis 1000 kata perhari selama 6 bulan jika satu hari aja kamu alpa dan gak nulis maka kamu harus ngulang dari awal lagi..”

Rese kan,, mungkin ada yang mikir gini ,, ” Sebenernya niat gak sih ngajarin pake peraturan yang ribet banget,, mana kalau lupa kudu ngulang lagi dari awal “ sejujurnya saya juga berpikir hal yang sama gila ya,,ini bener-bener project sangkuriang melakukan sesuatu yang gak mungkin,, atau terdengar mustahal bin mustahil , nulis tiap hari aja rasanya berat banget ini lagi di tambahin sama embel-embel harus seribu kata,, *pingsan* tapi manusia gak pernah tahu kan kalau gak nyoba , dan selalu ada jalan buat yang mau usaha.. maka saya mencoba membuang sikap moody, menunda-nunda pekerjaan dan berusaha menyelesaikan tugas ini ,,

Tahu gak ,, apa tantangan lain selain waktu, penyakit menunda-nunda,, ataupun yang lainnya,, JUJUR,,, ya tantangan ini juga membutuhkan kejujuran,, sebenernya kalau saya mau curang bisa aja kan,, saya posting aja draft yang slama ini udah numpuk lama kalau kurang dari 1000 kata tinggal ditambah-tambahin dah,, gak susah kan,, gak ada yang tahu saya bohong atau gak,, tulisan tanggal dan tempat kejadian yang selama ini selalu jadi ciri khas bisa diganti, diganti aja jadi tanggal hari ini ,, selesai masalah, nanti di 6 bulan ke depan saya tinggal ujug-ujug dateng ke si Abang bilang.. ” ini ya cyinn tulisannya… “ selesai dah masalahnya.. mission complete..

Trus puas gitu,, seneng,, bangga,, gak kan,, itu namanya bohong,, mungkin ya si Abang, temen-temen blogger, semua orang bisa saya bohongi,,tapi ALLAH kan gak,, oh iya bukan Cuma ALLAH aja, tapi diri saya sendiri, itu juga gak bisa di bohongi,, saya hanya akan bangga diatas pujian orang lain,,tapi jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh di dalam hati saya,,saya sedih dan merasa diri sebagai pecundang.. gak pernah jadi pemenang,, hanya mengejar eksistensi tapi gak belajar dari proses perjalanan itu sendiri,,

JUJUR,, nulisnya gampang ya Cuma 5 huruf,,tapi kenyataanya pelaksanaan nya gak gampang,, coba sini tunjuk tangan,, siapa yang selama hidupnya gak pernah bohong,, ayooo pada cengar cengir semua kan,, saya yakin semua nya paasti pernah bohong,, entah kebohongan kecil atau kebohongan besar,, saya duluan dah yang ngaku,, kebohongan apa aja yang sering saya lakukan… ini sebenernya bukan bohong,,tapi nipu nipu dikit,,, (*samaaa ajaaahh

  1. Nipu masalah harga ,, misalnya kalau saya beli novel harganya Rp 100.000 daripada panjang di rempongin mamah ,, ya udah saya bilang aja harganya Cuma Rp 50.000 bilang dapet diskonan,,atau kasihan sama si penjual,,
  2. Nipu masalah macet,, maklum lah bowww,, saya kan biangnya telat,,suka kesiangan dan telat kalau janjian,,jadi kalau di rempongin,, ditanyain ada dimana.. saya bilang aja.. ” iya lagi di jalan macet,,maklum lah jengg jakarta… ” (*padahal mah baru keluar rumah,, kesiangan,,dan lelet aja… )
  3. Nipu karena pengen semua nya cepet selesai,, saya itu paling gak suka di rempongin,, nah kalau ditanyain sesuatu yang jika saya jawab dengan jujur bakal bikin rempong,, pasti dah si otak,, akan bekerja sama menciptakan skenario-skenario kecil,, yang bikin semua masalah aman,,terkendali..

Kebohongan-kebohongan kecil yang saya lakukan guna menyelamatkan diri,, dan kadang saya menganggapnya halal..yang penting tidak ada pihak-pihak yang tersakiti,tidak memicu konflik,, teruss saya nanya lagi ke diri saya sendiri,, “Emang gak merasa bersalah gitu ngebohong biar kata kecil , kalau di tumpuk ya lama lama gede juga neng, “ jawabnya ya merasa bersalah lah , tapi gimana lagi, gak ada jalan lain.. *gampar bolak balik* sebenernya , kalau pun saya jujur sama mama tentang masalah harga itu ,, pasti mama Cuma ceramah bentar abis itu diem lagi,, jujur tentang macet dan saya yang kesiangan palingan juga Cuma di ambekin terus kalau saya udah cengar cenger semua bakal balik lagi seperti semula,, semua kebohongan-kebohongan kecil itu bisa di minimalisir kalau mau ya jeng.. kalau gak mah tetep aja,, bohong lagi..bohong lagi,,

Kebohongan-kebohongan kecil yang di mulai dari hal – hal kecil , dilakukan setiap hari,, awal-awalnya sich ngerasa bersalah,,tapi kalau di lakuin terus menerus,,lama lama akan menganggap itu biasa,, melakukannya tanpa merasa bersalah,,bahkan kadang membenarkan semua perilaku itu,, menganggap biasa karena semua orang ngelakuinnya..

Contoh paling gampang ya,, “Nyontek waktu ujian..”

Awalnya kita ngerasa bersalah kalau bikin contekan tentang ujian,, tapi tuntutan dari orang tua.. guru dan sekitar akan kebutuhan nilai yang tinggi memaksa kita untuk nyontek,,awalnya deg-degan bikin kebetan di kertas kecil,, nulis semua rumus di meja,,begitu sekali berhasil, maka besoknya akan ketagihan merasa itu sebagai tantangan,, berinovasi gimana caranya bikin contekan yang lebih gampang lagi,, yang lebih mendekati soal ujian,,yang bisa ngasih nilai bagus,, mulai dari nulis rumus di penggaris,, nulis rumus di kaca jendela, nulis rumus di papan tulis,,atau yang paling ekstrim bawa buku catatan ke kelas,,tinggal buka contekan di bawah meja,, memacu adrenalin.. tantangan ,, kalau ketangkep apes. Kalau gak ketangkep sukses ujian.. nilai bagus,, orang tua senang,,guru bahagia,, gak ada pihak yang dirugikan..

See,, terkadang kebohongan itu seperti candu,,tantangan yang kian hari begitu menantang untuk di taklukan, bukankah ada pepatah yang bilang.. ” untuk menutupi kebohongan yang satu,,dibutuhkan kebohongan yang baru,, “ begitu seterusnya seperti lingkaran setan..gak akan berhenti,,

Gak gampang untuk memulai segala sesuatu dengan jujur,,tapi sebenernya bisa kalau mau usaha,, kalau ada keinginan,gak usah mikirin apa yang akan di katakan orang tentang kita,, ketika kenyataan itu gak sebaik yang orang-orang pikir,, tapi lakukan lah semua itu dengan hati , dengan setulusnya :)

Question of the day,, ayooo kebohongan kecil apa yang sering kita lakuin ,, selain ngaku-ngaku macet padahal mah emang kesiangan,, :P

 

 

 

About these ads

12 thoughts on “JUJUR lah padaku,, #1000 Kata Ep 2

  1. yah namanya manusia kan gak sempurna ya… pasti ada lah kebohongan2 kecil baik yang disengaja maupun enggak (ada gak ya sebenernya bohong yang gak sengaja? hehehe). yang penting jangan sampe merugikan atau menyakiti orang lain aja… :D

  2. Hari ini saya belum berbohong…
    Baiklah, saya akan mulai dengan mengatakan sesuatu yang bohong di blog ini, yaitu:
    “Inon, tulisanmu yang ini jelek” ;)

  3. duuuuuh…
    jadi eyke harus bongkar borok disini niiih?
    baiklaaah…
    biasanya siiih cuman ngebohong…
    “ini kan baju nya udah lama banget! masa dibilang baru beli sih? ngaco ah kamu…”
    dan ‘kata baju bisa diganti dengan kata benda lain nya…hihihi…

    trik kalo udah nikah ya Puuuut….hihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s