My Bad Habit ” Manajemen Waktu yang buruk”


 

My Office 01 Juni 2012

Selamat  Siang Semuanyaa,,,,

Apa kabar, bagaimana kabar weekend kalian..

Siapa yang udah gajian,, ayo makan siang di luar dan belanja-belanji mumpung banyak diskonan..

Bad habit,, kebiasaan buruk, apa kebiasaan buruk kalian..

Selain gak bisa bangun pagi,,salah satu kebiasaan buruk saya adalah  “manajemen waktu yang buruk ”  ya saya masih belum mampu mengatur waktu dengan baik, masih grasa grusu,,

Seperti yang kemarin saya bilang. mulai bulan ini perjalanan keluar kota saya sedikit berkurang, kehidupan saya kembali normal untuk sementara waktu,,

Harusnya sih ini kabar baik ya, jadi saya punya banyak waktu buat kelayapan, menulis, hangout bareng temen, dan semua hura-hura lainnya..

Tapi jeleknya adalah di hutan saya terbiasa dengan ritme kehidupan yang sibuk , kerja dari jam 9 – selesai (*gak tahu kapan selesainya,, ) biasanya ritme kehidupan yang sama juga terjadi di jakarta, sibuk,kerja, kerja dan kerja.. kerja dari pagi dan baru pulang kalau udah selesai…

Saya sudah terbiasa dengan ritme kerja ini ,,dan sekarang di Jakarta ritme pekerjaan saya sedikit berubah,, project kita udah live ,, dan saya lebih banyak menjalankan fungsi problem solving, mendokumentasikan banyak hal yang selama ini belum di kerjakan,,

Pekerjaan saya saat ini adalah membuat Review, Rekomendasi, Problem solving, menjalankan fungsi-fungsi konsulting,, dan semua pekerjaan itu harus dikerjakan dengan menggunakan Ms Word, dunia tulis menulis,, belum ada konsepnya seperti apa,,jadi saya cuma dikasih tahu bayangan bentuk akhirnya akan seperti apa,,dan mulailah saya berpikir tentang banyak hal,,

mulai dari konsep – draft  (*mikirin apa yang harus ditulis) – mulai menulis – dan lahirlah sebuah report

Keliatannya sepele ya,, tapi terkadang membosankan,,kebayangkan saya yang biasanya tugas di lapangan, ngerjain yang ngejelimet , berurusan dengan banyak orang,, ketika di hadapkan dengan pekerjaan yang menuntut saya untuk duduk di depan laptop , memaksimalkan fungsi otak untuk menulis,, itu amat sangat luar biasa,,,

iyaa saya tahu,,kalian bakal bilang

lo tuch manusia gak bersyukur neng,, udah di kasih gampang masih aja comment,, kan selama ini udah nulis di blog,, harusnya lebih gampang dong, kalau harus membuat laporan di pekerjaan…

he..he..he. iyaaa,, itu semua bener,,tapi posisinya adalah semua report itu gak bisa copy paste,, harus di pikirin sendiri,,dan harus punya mood yang bagus,, dan saya memiliki manajemen waktu yang buruk,,gak fokus,, dan gampang diracunin buat ngobrol bareng,,,

Jadi nih ya  kalau pas jam kerja, itu semua inspirasi dan bahan report gak muncul di kepala, nanti kalau udah dirumah,,kalau udah jam 9 malam,, baru deh saya kepikiran harus mulai dari mana, mau bikin yang seperti apa,,

Mungkin karena saya sudah terbiasa sibuk,, terbiasa di lapangan ,,terbiasa bekerja yang gak office hour,, gak menuntut manajemen waktu yang penting selesai,, dan sekarang saya ada di posisi dimana saya harus mulai belajar merubah manajemen waktu ini , membiasakan diri ,, memperbaiki,,

dannn iniii sulit saudaraaa-saudaraaaaaaaa,, tapi harusss…

membiasakan diri bangun pagi,, – fokus pada kerjaan – hidup teratur  – gak begadang – gak moody – gak banyak alasan – dan FOCUS.. (ini juga bad habit saya Un Focus kapan kapan saya cerita,,

Sebenernya saya belajar dan mencoba untuk memanage semua dengan baik misalnya bikin rencana kerja, membuat target buat diri sendiri, dan ngurangin online internet.. tapi terkadang semua itu mental gak jelas

Rencana kerja – 80 % terpenuhi, tapi ya itu gak pas office hour kerjanya ,kadang saya bawa pulang dan baru fokus ngerjainnya dirumah, ini artinya kan nuntut waktu lebih , dan jadi begadang lagi malam nya..

Target diri sendiri – 75 % terpenuhi, sama seperti rencana kerja yang ada bukan jadiin itu target tapi jadinya nunda-nunda dan berpikir ” gak harus pas jam kerja yang penting selesai sebelum deadline kan”

Ngurangin waktu online di internet – ini juga. kadang ada aja yang ngajak ngobrol di Ym-Skype, atau godaan buat Bewe, ini kan ngurangin produktivitas kerja, sekalinya saya gak online temen lah datang ngajak ngobroll,,ampunn ampun..

PS : yang lain punya ide gimana caranya buat memperbaiki manajemen waktu, atau sebelas dua belas kelakuannya sama saya

 

15 thoughts on “My Bad Habit ” Manajemen Waktu yang buruk”

    • setuju mbak Imel, ketika lagi kerja usahakan jangan online. Ga usah buka blog, fb, twitter, YM dll.
      susah sih, tapi kalo dibiasakan juga bisa kok.. percaya deh :)

  1. Ampunnnnn…
    kalau masalah managemen waktu dan begadang saya ngacung deh
    ngacung, soalnya punya kebiasaan yang sama,hihihi
    Susah banget memang memulai sebuah perubahan ya Mput
    Tapi yakinlah bahwa Man jadda Wa jadda
    dan ini tak semudah membalik telapak tangan,hihihihi
    Tapi, semangat terus ya Mput..
    asalkan telaten kita pasti bisa koq merubah kebiasaan buruk itu

  2. Alon-alon sing penting kelakon mbak Put.. misal sampean biasa begadang ampe jam 2, sekarang dikurangi 15 menit, trus gitu ampe tidure normal.. hahaha kok saya ngajarin tidur yang benar ya, lah saya tidure aja habis subuh hihihihi

  3. Tegaskan pada diri sendiri kalau mba memang mau berubah. Dan mulailah mendobrak secara perlahan kebiasaan buruk selama ini mba :) memang susah, tapi jika mba mau mencoba insyaALLAH akan diberi kemudahan setelahnya :)

    salam kenal mba, terimakasih telah berkunjung ke blog saya yah :)

  4. Pingback: Kopdar Perdana | Blogger Bekasi | PopNote

  5. hhmm….ada yg ganti suasana kayaknya nih….

    gak bisa komen soalnya aq hanya ibu RT biasa aja yg gak pernah bermasalah dgn manajemen waktu…hehe

  6. Sama kok Put, aku jg suka bgt menunda2, suka ga fokus coz emang kerjaanku multitasking bgt, dan akhirnya keteteran sendiri kalo udh deadline hihihihi. Solusinya ya aku coba buat jadwal n deadlineku sendiri, dan ditaati lho ya :D

    Chayoooo

Leave a Reply

