20

Biarkan Anak Anak itu Berkembang


Bekesong city 3 Agust-12

Seorang kawan, yang memiliki anak berumur 7 tahun, kelas 1 SD, tiba tiba menghampiri saya yang sedang bekerja dan bilang…

“ kaya nya ada yang salah deh sama anak gw,gw pengen bawa anak gw ke psikiater nyong, menurut lo gimana..”

Saya yang sedang bekerja, kaget dan langsung bilang..

“ Ke Psikiater, anak lo mbak si ragil , kenape di, kagak ada yang salah dah perasaan gw sama dia, dia tumbuh seperti anak normal lainnya bukan,”

Sang kawan hanya terdiam mendengar statement saya kemudian bilang..

“ Bukan gitu neng, gw lagi ngerasa ada yang salah dengan anak gw, lo lihat kan , saat di rumah  ragil  bisa jadi anak normal seperti lainnya, tapi kalau di sekolah, entah kenapa dia berubah jadi pribadi yang introvert, gak mau bergaul sama orang..orang, lebih suka sendiri, ini yang gw takutin, gw takut ragil  kenapa-kenapa, gw takut anak gw kepribadian ganda nyong, kaya di tipi-tipi..

Si Mbak mulai terlihat lebay,, coba piikir gimana mungkin anak kecil berkepribadian ganda, akhirnya saya pun menjawab dengan polos dan gak ada dosanya..

“ Menurut gw mbak,lo tuh gak harus ke psikiater, atau apalah itu, kenapa kita gak coba berpikir baik , mungkin ragil bersifat kaya gitu di sekolah karena dia gak nyaman di sekolah, karena dia merasa bosan dengan semua rutinitasnya mbak, bisa jadi kan.. Dan kenapa dia bisa hidup seperti anak normal lainnya, saat bersama lo ataupun keluarga lo yang lain, karena dia ngerasa dia adalah pusat perhatian, titik puncak dunia, dia mau ngelakuiin apapun gak akan ada yang marah kan,

Kenapa gak coba ngobrol sama ragil nya, tanya kenapa dia di sekolah nya gak betah, apa gurunya ngebosenin, temen-temennya alay semua, atau mata pelajaran yang bikin ngantuk,, Harusnya lo tanya ragil  mbak, bukan lo tanya psikiater “

Sang kawan pun manggut-manggut, dan belagak paham terus bilang..

“lo yakin nyong,, nanti gw coba sih , gw juga heran kenapa ragil  bisa bersikap kaya gitu di sekolah, padahal di luar baik baik aja, gw mengkwatirka kondisi kesehatan jiwa ragil  nyong,, “

Saya teringat pada sebuah kisah, pada pengalaman yang selalu di ceritakan sepanjang masa , tentang anak dan dunianya,, , lalu saya bilang sama si Sang Kawan

“Mbak gw punya kisah , lo mau gw ceritain gak tapi ini ceritanya lumayan panjang, lo jangan tidur ya kalau gw ceritain ,,”

Si mbak hanya ketawa-ketawa dan bilang..

“ya udah cerita aja, toh lo lagi gak sibuk kan,,”

dan mulailah lah saya bercerita..

Setiap anak di ciptakan dengan kelebihannya masing-masing, mereka di anugerahi bakat, dan semua pritilan lainnya. Terlebih anak di kota metropolitan dengan akses informasi yang cukup, pasokan gizi yang memadai maka mereka tumbuh lebih aktif di banding anak anak seumuranyaa.

Mari kita memanggil si adek dengan nama chika, umurnya 7 Tahun , anak prempuan satu-satunya dalam keluarga besar karena gak punya kakak atau pun adekk chika  tumbuh menjadi anak yang memaksakan kehendak, keras kepala ,temperamen, hiper aktif dan suka mukulin orang di sekolah 

Awalnya keluarga menganggap ini adalah bagian dari kenakalan anak pada umumnya, tapi kok makin gede bukannya makin bener malah makin parah ya,, Akhirnya atas dasar sumbang saran dari banyak pihak, akhirnya chika  di bawa ke psikiatri untuk diterapi,,

chika  di bawa ke psikiatri, 10 kali pertemuan dan lo mau tahu chika berakhir dengan apa, chika  berubah jadi anak yang lebih pendiam ,tenang, dan gak banyak minta, Bagus dong, itu yang di mau orang tua bukan,,

Tapi sayang nya segala sesuatu ada efek sampingnya, kelakuan chika  berubah tapi juga membuat nafsu makan nya menurun, chika  berubah menjadi anak yang lebih introvert, lebih kurus, entah apa yang di lakukan oleh psikiatri itu tapi itu telah merubah kehidupannya,

lo tahu apa yang sekarang di lakukan orang tuanya mbak, mereka sedang berpikir mencari cara untuk mengembalikan chika ke prilaku semulanya, menjadi anak yang menggemaskan walau sedikit nakal..

SEE mbakkkkkk psikiatri itu bukan solusi terbaik ,kita gak tahu kan apa yang di sampaikan oleh psikiatri itu untuk mendinginkan anak yang susah diatur, anak kecil otaknya masih polos, masih bisa di provokasi, kalau kenapa kenapa report di semua kan ,

Menurut gw ya, harusnya orang tua chika  intropeksi, kenapa anaknya suka cari masalah, ya karena anak itu kurang perhatian, anak itu sedang mencari perhatian orang tuanya yang pergi pagi pulang pagi, orang tua yang hanya hadir di hari sabtu dan minggu Harusnya orang tua intropeksi bukan malah cari perkara lain, anak anak itu jiwanya sensitif, mereka hanya ingin di perhatikan mbak,,

Sang kawan manggut manggut mendengarkan cerita saya dan bilang..

Serem juga ya nyong , cerita lo, jadi ngeri gw ,entar yang ada anaak gw malah aneh dah, gw mikir bawa ke psikiatri karena gw ga mau aja anak gw berubah menjadi anak yang introvert kepribadian ganda atau apapun itu di masa depan nya kelak,,

Saya hanya tertawa mendengar penjelasan si kawa n yang menurut saya kok jadi pintar-pintar bodoh ya,,

ha…ha.ha.ha gini mbak untuk bagian itu lo tenang aja, biarkan anak itu tumbuh dan berkembang dengan cara mereka sendiri, apapun sifat mereka saat ini , itu belum tentu kejadian di masa yang akan datang, Lo tahu gak mbak,, gimana gw di masa kecil, apa waktu kecil gw sama bawelnya seperti sekarang , pcicilan ceriwis dan macem –macem, Salah mbak,

Putri Rizkia kecil itu penakut, pemalu, dan cengeng abis, dulu gw sampe gak ngerasain mbak sama yang namanya sekolah TK , karena emak gw capek terus-terusan mesti nungguin gw, dulu ya waktu TK saking takutnya gw di sekolah, gw selalu nangis kalau emak gw kabur dari lingkungan sekolah, kalau mama gw pulang maka akan berakhir dengan gw yang mogok sekolah mbak, hingga akhirnya mama gw mikir,

“ya udah lah terserah, mau sekolah kek, gak kek, Cuma TK aja, biarin aja.. “

Dan sekarang lo liat kan mbak gw seperti apaa, cerewet, pecicilan dan kadang gak punya malu, dan gw melewati itu dengan berbagai proses mbak, berkembang sesuai jalan gw masing-masaing, beruntung mama gw belajar untuk mengerti itu, dia tidak memaksakan diri, dia mengawal proses gw,

Lo gak usah kuatir sama ragil , mending lo ajak ragil  ngobroll, lo tanya gimana sekolahnya, pelan-pelan dan biarkan anak itu bercerita, pasti lo akan mengerti, selalu ada alasan mbak untuk setiap peristiwa,

Si mbak hanya diam mendengar penjelasan saya, dan dengan menyebalkannya bilang..

” Bener juga nyong teori lo, nahh kayanya lo udah cocok punya anak tuh ,buruan nikah gih nyong, jadi lo rasain tuh gimana suka dukanya punya anak,, “

Saya yang habis di puji, langsung pasang muka sepet dengan statement gak penting ini

 

 

 

26

Kualitas Vs Simpati,,#Indonesian Idol 2012


Bekesong City, 9 Juni 2012,,,

Selamat Malam semuanya,, bagaimana weekend kalian.. have a nice weekend ya semuanya. 

Siapa yang suka nonton Indonesian Idol, jujur ya dulu saya gak begitu suka sama ajang pencarian bakat ini , males aja, nontonnya,,tapi untuk Indonesian Idol 2012 kali ini , lumayan lah saya ngikutin …(*bosen sama sinetron yang makin gak jelas mutunya..

Indonesian Idol kali inil,pesertanya lumayan berkualitas, jauh beda dari peserta sesion sebelumnya,(*dan ini juga jadi alasan saya suka ngikutin spektakuler show nya,, walaupun jurinya tetap aja menyebalkan dengan commentar mereka yang kadang gak penting itu,

Tapi ada beberapa hal yang asli bikin saya geregetan bangettt sama acara ini

Ekploitasi Menjaring Simpati..

Aishh bagian paling menyebalkan dari acara ini adalah Eksploitasi, kisah haru yang sebenarnya gak penting di buat sedrama mungkin ,agar masyarakat menjadi simpati kemudian tergerak untuk kirim SMS ramai-ramai dengan alasan.. “Dia udah pernah susah dalam hidupnya, saat nya dia bahagia jadi mari kita kirim sms,,”

Juri yang gak mendidik dalam komentarya.

Ingat kan episode minggu lalu, saat salah satu finalis tersingkir,, Sean yang punya kualitas lebih di banding yang lain , harus pulang karena perolehan SMS nya rendah,,dan juri kemudian menggunakan hak veto untuk menyelamatkan Sean..

Sebenarnya sih bukan di episode kali ini aja, juri kasih komentar yang gak banget, di episode sebelumnya juga,tapi di episode kali ini , comentar juri makin menyebalkan, mungkin karena mereka geregetan sama masyarakat indonesia yang memilih bukan karena kualitas, tapi karena simpati , tapi komentar nya itu gak banget ,, salah satu komentar yang menyebalkan adalah

“Percuma aku kasih komentar tentang penampilan kamu, karena itu juga gak akan mengakibatkan apapun, harusnya masyarakat indonesia dengarnya pake kuping, pilih yang enak di dengar,,

banyak lah hari ini komentar juri yang menyindir perilaku masyarakat kita yang terlalu mudah bersimpati kemudian mengabaikan kualitas seseorang, saya maklum kalau juri juga geregetan sama fenomena ini , tapi gak gini juga caranyaa,, bukan dengan mendidik masyarakat dengan komentar yang gak sehat,,

Banyak hal yang bisa di lakukan oleh juri untuk mengatasi masalah ini ,, bisa kan juri yang usul ke produser nya Indonesian Idol, merubah mekanisme penilaian..agar lebih fair..

One man one vote misalnya.satu sms untuk satu peserta,,cara ini jauh lebih fair, karena gak ada lagi bagian bom SMS , satu nomor hanya boleh kirim satu kali,,

Prosedur Penilaian yang fair antara Juri dan pilihan pemirsa, atau merubah mekanisme juri , jika selama ini penonton yang punya peranan penting dalam menentukan siapa yang tereliminasi , mungkin mekanisme nya bisa di rubah,, selain pilihan pemirsa juri juga bisa memberikan nilai untuk para peserta, peserta dengan nilai terendah ( kombinasi SMS dan pilihan juri ) itu lah yang pulang..

Saya rasa cara-cara seperti ini jauh lebih fair, lebih adil,,dan mencerdaskan masyarakat..

Kualitas Vs Simpati..

Eksploitasi kehidupan yang di ekpos berlebihan, komentar juri yang mendiskreditkan salah satu peserta,,semua ini akan berujung dengan simpati dari masyarakat, melahirkan masyarakat yang memilih bukan karena kualitas dari peserta tapi memilih karena kasihan,,gak tega,, dan alasan-alasan yang kadang gak masuk akal lainnya..

Hari ini ,,Febri salah satu finalis yang punya kemampuan lebih dan layak di perhitungkan pulang karena perolehan SMS nya terendah,, dan hari ini kita juga harusnya belajar banyak hal,, bahwa Kualitas gak selamanya menyelamatkan,, hoki, keberuntungan dan juga simpati dari pemirsa itulah yang menentukan..

Tapi hari ini ,saya juga percaya,,mungkin Febri tersingkir dan harus pulang,,tapi saya percaya, di depan sana ada banyak kesempatan emas untuknya, perjuangan sejatinya baru dimulai ketika para peserta itu telah tereliminasi, yang dia butuhkan adalah berjuang hingga titik darah penghabisan,, melakukan yang terbaik,,

11

Happy Birthday Mamah Tersayang..


My Office 16 Mei 2012,

Selamat siang semuanya,,,

Ayooo siapa yang jum’at kebagian libur dan cuti bersama.. saya dong gak,he…he…he.. kita masukkk dan gak ada acara libur libur. duh sedihnyaa..

Hari ini hari istimewa, karena si Mamah ulang tahun.. dan yang bikin saya seneng lagi, ulang tahun kali ini ,,saya ada di Jakarta,, gak kebagian acara terbang keluar masuk hutan lagi,,

Ada di Jakarta , dan ada di acara besar keluarga, rasanya sesuatu sekali , karena sejak setahun lalu, saya gak pernah ada di moment-moment penting keluarga,, Perayaan Ulang Tahun, Graduation Day, Kelulusan, dan moment-moment bahagia lainnya,, saya gak pernah ada disana.. hanya postingan di blog yang bisa saya hadirkan,,dan itu menyedihkan..

Dan hari ini saya ada di Jakarta, Memulai pagi dengan sebuah pelukan sama Mama bilang

” Happy Birthday ya Mammmmm,, udah tuaa itu 52 tahunn ,, ubannya semakin banyakkk,,”

dan tahu gak waktu saya tanya mau di kasih kado apa,, Mama Bilang..

” Mantuuu nonnn,, Mantuuuuuu, kapan kah anak Mamah yang satu ini bisa berpikir kalau Menikah itu lebih penting daripada menjadi orang yang gila kerja.. dan keluar masuk hutan terus..”

Hayyahhh saya mah cuma cengar cengir aja, daripada di lanjutin pasti bakal dapet kuliah subuh ,,ngalahin acara ceramah pagi yang ada di Tipi-tipi,,

Mama,, bukan lah wanita super hero ,, wanita hebat yang mengerti banyak hal,, si Mamah hanya wanita biasa, dengan pendidikan yang juga biasa, tapi dari semua yang biasa itu ,, bagi kami Anak-anak nya MAMAH adalah wanita luar biasa, yang telah mampu mengantarkan anak-anak nya menggapai satu demi satu mimpi-mimpi kami anak-anaknya

Hal-Hal luar biasa yang bagi kami membuat Mama itu berbeda dari ibu-ibu lainnya..

A) Kebebasan Beribadah..

Dulu waktu kecil, kalau kita gak solat, males ngaji,, bandel gak tentu arah,, pasti di uber-uber , terus kena ceramah, tapi di hari dimana kita dinyatakan akil balig,, Mama mengeluarkan nasihat saktinya..

“Sekarang kamu udah akil baligh,, udah menanggung dosa nya masing-masing,, setelah kalian memasuki masa ini , Mama gak akan  pernah ngomel lagi,, ngak akan nguber-nguber lagi,, Mama ingin kalian beribadah karena kalian sadar, bahwa semua ibadah itu penting,, melakukannya karena kalian tahu itu adalah perintah dari ALLAH, bukan karena takut di omelin sama Mamah”

Sejak Mamah melafazkan nasihatnya, beliau menepati janjinya, gak pernah rusuh nyuruh kita-kita buat sholat, ngaji atau yang lain,,

Saya pernah ada di Moment dimana saya merasa merdeka , karena memasuki akil baligh artinya bebas dari semua urusan tentang ibadah dan pritilannya, bebas di ceramahin karena males sholat,, dan kemudian perjalanan hidup mengajarkan saya pada sebuah pemahaman bahwa saya melakukannya karena saya patuh pada perintah ALLAH bukan karena Mama atau siapapun..

B) Kebebasan Berpendapat,,

Di rumah, kita semua di bebaskan untuk berpendapat, mengeluarkan pikiran apapun itu,, entah masalah agama, sex, pendidikan, kehidupan, semuanya bebas berpendapat,gak ada yang salah ataupun benar,, semua di hargai

Kebebasan Berpendapat di rumah , pada akhirnya mendidik kami untuk menjadi manusia yang gak takut berpendapat, berpikiran bebas, tidak terikat satu kultur apapun,, kebebasan berpendapat mendidik kami anak-anak nya untuk tumbuh dalam pemahaman-pemahaman baru,, pemahaman yang selalu mengajarkan kami melihat dunia lebih dekat..

C)Keluarga adalah nomor 1..

One For ALL, and All For One, itu adalah motto keluarga kami,, dari kecil kita selalu dididik bahwa keluarga adalah nomor 1, apapun keadaanya, kita harus selalu mementingkan kepentingan keluarga,,

dari kecil kami telah di doktrin dengan pemahaman,,

Dalam hidup ini keluarga adalah yang terpenting, saat kamu jatuh dan seluruh dunia meninggalkan mu,, KELUARGA akan selalu ada untukmu,, saat kamu berjuang untuk meraih mimpi mu, di Belahan dunia sana, di suatu Tempat KELUARGA akan selalu berdoa untuk mu,,

Pemahaman ini yang selalu membuat kami bertiga terikat satu sama lain,, saat salah satu diantara kami terluka maka yang lain akan ikut terluka, saat salah satu diantara kami bahagia maka yang lain juga akan ikut bahagia, ikatan batin yang kuat satu sama lain..

Mungkin bagi sebagian orang, cara Mama mendidik kami terlalu memanjakan, atau pandangan buruk lainnya, tapi bagi kami cara mama mendidik kami adalah yang terbaik, Mama mampu menjadi Ibu,, Sahabat, Kakak, bahkan kadang menjadi Musuh,, Mama selalu tahu bagaimana harus menghadapi kami anak-anaknya..

Selamat Ulang Tahun Mama Tersayang..

Semoga Panjang Umur dan Bahagia Selalu,,

Bagi kami  Mama adalah yang terindah..

Ibu, Kakak, Sahabat terbaik yang pernah kami miliki

We Love You All

18

Berhentilah Mencaci Di Social Media..


My Office 11 Mei 2012,

Selamat Siang kawan,, Selamat hari Jum’at,, Bagaimana kabar kalian,, semoga semuanya selalu baik baik saja..

Social Media,, siapa sih diantara kita yang gak ikutan dalam social media, entah itu twitter ataupun facebook, saya rasa kita semua adalah pengguna dari social media..

Facebook  adalah social media pertama yang membantu  menemukan teman yang sudah hilang  puluhan tahun, ataupun upload foto dan bernarsis-narsis ria,, di Facebook juga kita bisa membangun sebuah komunitas tersendiri , banyak hal yang bisa di lakukan di facebook,

Kemudian di 201o , Indonesia mulai di ramaikan dengan social media baru bernama Twitter, lebih ringkes gak ribet dan lumayan buat berisik nyampah atau apapun itu,, dengan 140 karakter kita bebas berkoar-koar di dunia maya..

Jika di suruh memilih antara Facebook dan Twitter saya lebih suka dengan facebook, karena teman-temanya lebih nyata, di Facebook gak ada yang namanya anonymous atau tidak di kenal semua orang punya identitas, (*Walaupun mungkin palsu) di facebook interaksi social itu lebih nyata..  tapi belakangan facebook semakin menyebalkan karena terlalu banyak orang yang jualan di facebook, status-status yang terlalu ambigu,, atau foto-foto gak penting yang di tag sembarang orang..

Twitter si burung biru,dibuat sebagai tempat bagi  kita untuk berkicau, seruu bisa di jadiin tempat sampah, tempat paling pas buat ngegalau, karena sedikit yang kenal saya di twitter, (Beda dengan facebook yang diakses semua orang ya keluarga besar, rekan kerja, klien hingga teman-teman blogger)

Hal yang saya suka di twitter adalah ketika membaca banyak quote bagus tentang meraih mimpi , doa-doa indah ,atau mantengin para ABG yang hobi ngegalau,, jujur ya, membaca timeline para ABG yang hobi ngegalau itu seru, karena adik adik kita itu amat sangat kreatif kalau disuruh ngegagalau , semua hal bisa di jadikan bahan buat menggalau bersama..

Memiliki akun di social media itu menyenangkan, membunuh waktu kosong, dan bikin hidup lebih seru, gak kebayang deh kalau kita hidup di jaman gak ada social media, hidup hanya terbatas pada kotak-kotak tertentu, pada limitasi-limitasi yang di tetapkan manusia, social media membuat kita menjadi lebih bebas untuk berekpresi,,

Tapiiiiii pada akhirnya kebebasan berekpresi itu tidak selamanya menjadi sesuatu yang menyenangkan , kebebasan itu menjadi sesuatu yang tidak terkendali,, dan membuat kita kebablasan.. Gak percaya ini contohnya..

a) Budaya keipo yang semakin menggila…

KEIPO, rusuh dan selalu pengen tahu urusan orang,, dengan adanya twitter, maka para KEIPOERS ini semakin memiliki akses untuk  ngurusin hidup orang,  yang bikin makin geregetan adalah saat para KEIPOERS ini rusuh menghujat , menghakimi dan berasumsi banyak hal..

Kadang saya mikir, emang enak ya ngerusuhin hidup orang , selama orang itu gak ngerusuhin hidup kita, gak menggangu hajat hidup orang banyak , maka biarkan lah saja lah.. salah satu tweet dari aurel hermansyah (*Salah satu artis yang  selalu di keipoin orang orang dan saya juga gak ngerti kenapa

Don’t judge me if you don’t know me you just know my name not my story

Walaupun ya saya gak tahu kenapa dia selalu di keipo-in orang, tapi kadang saya mikir aja perasaanya ,,gak enak kali hidup lo di rusuhin terus-terusan , di hakimi dan di cap gak bener,,

b) Banyaknya anonim yang tidak bertanggung jawab..

yup,, di twiter belakangan makin banyak aja anonim , orang-orang yang gak berani buka jati diri, tapi berkoar-koar menghujat agama tertentu, partai , negara bahkan golongan tertentu,,

menurut saya menjadi anonim adalah tipikal pecundang yang sesungguhnya, kalau emang mau complain,berteriak atau mengungkapkan sebuah kebenaran tunjukin dong jati diri nya,, jangan cuma berani berkicau aja,, sujiwo tedjo, wimar witolar, adalah pengguna twitter yang saya kagumi, mereka berani complain.. berani berkicau dan berani menunjukkan siapa diri mereka,,

c) Budaya Memaki yang semakin parah..

Dan yang terakhir ini adalah hal yang paling saya gak suka dengan adanya social media, semakin banyak orang yang hobi complain, hobi memaki ,berasumsi ini itu atas suatu peristiwa.. Seperti cerita tentang musibah yang menimpa pesawat sukhoi,, ini bener-bener gila , harusnya kita simpati dan berdoa untuk semua korban dan mereka yang berjuang melakukan evakuasi pesawat itu,,

Tapii apa,, di social media, facebook, twitter, BBM, yang beredar malah lawakan garing tentang kecelakaan,, cacian karena petugas SAR nya yang lambat,, bahkan ya , yang lebih parah lagi,, saya di kirimin satu foto yang asli gak senonoh banget,, dan jadiin itu sebagai lelucon yang gak penting…

Kawann ayolllahh kita bijak dan menjadi orang yang gak gampang untuk mengeluarkan sumpah serapah terutama di dunia maya,, kawan.. semua sumpah serapah kita itu akan menjadi jejak dan selalu dikenang sepanjang masa,,,

Sebelum kalian mulai mencaci , memaki, atau menghujat sebuah komunitas, coba deh bayangin kalau kalian yang jadi obyek dari hujatan tersebut pasti gak enak kan,, kemajuan teknologi mari kita barengi dengan kemajuan otak dalam berpikir, think smart before speak :) 

28

Cara Gue Beda… #pasang wajah polos..


My Office, 09 Mei 2012,,

Selamat Siang Semuanya,,, Apa Kabar,,

Hiks sejak di nyatakan gagal dalam program 1000 kata, sumpah produktivitas menulis saya semakin menurun, ditambah dengan kesibukan yang menggila, semakin parah lah saya dalam menulis..

Padahal ada banyak hal yang ingin di bagi, di ceritakan,, tapi ya itu, gara-gara si kesibukan itu gagal maning..gagal maning.. menulis adalah penyeimbang  kehidupan saya, dan ketika aktivitas itu terhenti karena seribu satu alasan, rasanya ada yang kurang,  ada yang salah.. terkadang saya menuliskan kepingan tulisan itu di twitter, dengan niat kalau ada waktu bisa di posting , tapi lagi-lagi moodnya gak dapet.. #di gaplokk massa

Setiap manusia punya cara sendiri untuk bersenang-senang, memaknai hidup , dan kemarin salah satu teman mengeluarkan statement yang lumayan bikin kuping panas.. kata si teman..

Lo tuh cewek paling aneh yang pernah gw kenal,,gak suka dandan, gak suka belanja , gak suka ke mall, entah bagaimana cara lo memaknai hidup kalau semua hal yang berhubungan dengan cewek normal lo gak suka , you are so weird my dear..

ha…..ha….ha…ha.., saya cuma mesem-mesem dengernya,, dan kemudian berpikir,, emang ketika lo tidak bersikap seperti cewek kebanyakan, maka itu akan dianggap aneh dan beda dari orang kebanyakan..

Saya gak suka sama acara dandan, atau rusuh berpikir mengenai baju apa yang akan saya pakai,,entahlah tapi dimata saya dandan dengan semua pernak pernik itu , gak tahu kenapa ngerasa kaya pakai topeng aja,, dan jadi aneh,, walaupun sekarang udah pakai jilbab pun, jilbab nya gak diapa-apain , simple , padat , berisi itu gaya gw..

Saya gak suka sama aktivitas rusuh belanja sana sini , kalau ke mall, atau pergi ke tempat belanja saat orang lain mau beli baju satu aja, satu mall di kiterin,, maka saya mah cukup masuk ke satu toko, pilih baju, udah abis itu selesai, gak akan makan waktu lebih dari 30 menit,,

Saya juga bukan pecinta mall, gak ngerti aja apa sih enaknya masuk mall, keluar masuk tempat belanja, mantengin manusia dengan sisi hedonisnya,, kalau pun saya ke mall, tujuannya jelas, nonton bioskop , toko buku, atau cari makan,, udah itu aja gak pake muter-muter gak jelas,,daripada di suruh keluar masuk mall saya lebih suka nongkrong di pasar-pasar tradisional menikmati interaksi sosial,,kepolosan dan kejujuran rakyat jelata.. #bahasa gw keren yee cyinn

Setiap manusia punya cara sendiri untuk menikmati hidup , refreshing, atau apapun itu ,, dan mungkin cara saya berbeda dari kebanyakan orang,, saat lelah , bosan dan ingin menenangkan diri maka yang saya lakukan adalah..

A) Nonton  Bioskop..

Saya paling suka nonton di Bl**Tz, tempatnya luas, sound sytem nya bagus, dingin ,dan sepiiiii he…he..he. saya paling suka nonton midnight, karena lebih privasi nya lebih berasa,,

Selalu ada cerita yang bisa di ambil dari setiap film yang saya tonton, entah itu cerita haru, menyebalkan atau sekedar ketawa ketiwi gak jelas,, kadang kalau sempet saya bikin reviewnya,, kalau gak ya udin terlupa gitu aja.. 

B) Baca Novel,,

Membaca,, itu selalu menyenangkan karena dengan membaca saya bisa menemukan banyak pemahaman baru tentang kehidupan, cerita tentang bagaimana seseorang menemukan jati dirinya..

Membaca akan mengajak kita untuk berimajinasi,membayangkan tentang apa dan bagaimana yang di lakukan oleh si tokoh dalam cerita itu,, saya paling suka sama novelnya Tere Liye, Andrea Hirata, atau apapun itu yang bercerita tentang hidup ,,tentang anak-anak dan bagaimana kita meraih mimpi ..

C) Mengamati Sekitar kemudian Menuliskannya..

Untuk dua hal diatas, itu membutuhkan waktu, biaya dan gak setiap saat bisa di lakukan,, maka untuk hal yang satu ini bisa dilakukan kapan saja,, dan dimana saja..

Yup mengamati sekitar dan kemudian menuliskannya,, itu amat sangat menyenangkan,, terkadang dalam setiap perjalanan saya,aktivitas-aktivitas sosial, itu selalu menyenangkan untuk di amati,,

Wajah-wajah haru saat menerima gaji, anak -anak yang bersemangat pergi sekolah dengan prasarana yang tidak memadai,, seorang ayah yang mengantarkan anaknya ke sekolah dengan sepeda ontelnya,, bahkan seorang ibu yang sedang ngomel panjang lebar sama anak nya karena si anak tidak mau berankat sekolah..

Bagi saya itu semua amat menenangkan,mengamati dan kemudian menuliskannya itu adalah refreshing diri yang menyenangkan,

Buat kamu yang selalu underestimate sama kegiatan menulis percaya deh sama saya menulis itu selalu menyenangkan,, semua orang bisa bercerita ,bisa berkicau di facebook ataupun twitter,, tapi gak semua orang bisa menulis , bisa bercerita..

Setiap orang punya cara tersendiri buat refreshing , dan gak ada satu pun cara yang salah, selama itu tidak menganggu hajat hidup orang bajak , gak perlu dianggap aneh kan..

18

Aku dan Sebuah Kain Bernama Hijab..


My Office, 27 April 2012,,

Selamat Malam Semuanyaa,,

Apa kabar kalian,, bagaimana jum’at nya..

Ayo yang udah gajian siapa,, siap siap ke mall , belanja belanji yakk banyak diskon gila-gilaan ..

Bulan depan adalah bulan ke 3 saya menggunakan jilbab, Alhamdulillah sudah 3 bulan,, mengawalinya dengan sebuah ketakutan akan perubahan-perubahan yang akan saya hadapi ,, dan sekarang saya amat sangat bersyukur untuk semuanya, untuk pilihan ini ..

Ada beberapa hal perubahan dan mungkin pemahaman baru saya mengenai perempuan dan sebuah kain bernama hijab..

A) Hijab adalah sebuah konsep kepatuhan pada sang pencipta ,,

Sebelum saya menggunakan jilbab , ada pikiran terlintasi di kepala

” itu jilbab di pakenya kalau keluar rumah aja, kalau di rumah gimana, kalau teman-teman pake jilbab gimana, rempong banget kalau tiap temen mau kerumah harus pake jilbab ,, “

Maaf ya sebelumnya, saya gak bermaksud menyindir siapapun, tapi itu lah realita kita, ada banyak orang yang pakai jilbab kalau kekantor aja, tapi kalau dirumah dan di lingkungan sekitar tetap wara wiri dengan tank top dan hot pants nya, dan jujur hal ini yang bikin saya dari dulu selalu urung untuk pake jilbab , saya gak mau jatohnya munafik di depan orang kantor aja semua anggota tubuh di tutup , diluar kantor aja rusuh sama hot pantsnya,

Dan akhirnya saya memilih jalan ini ,dan mengerti satu hal,

bahwa hijab adalah konsep kepatuhan seorang perempuan kepada penciptanya,  ALLAH memerintahkan kita untuk menutup aurat, dan kita boleh memilih untuk mematuhi atau mengabaikan perintah itu , semuanya pilihan gak ada yang di rugikan dengan pilihan itu ,

Dan Alhamdulilah dengan pemahaman akan konsep kepatuhan itu , saya sampai sekarang konsisten tentang hakikat menutup aurat dari yang bukan muhrim , menggunakan hijab itu dirumah, di kantor, ataupun untuk ke mall,,

B) Hijab membatasi pakaian mu, tapi tidak pemikiran mu,,

Dulu di awal-awal pakai jilbab, beberapa teman menjauh, dan berkomentar ,,

Neng aku gak sreg dah kamu pakai jilbab, pasti kamu akan berubah , gak bisa ngobroll macem-macem lagi , dan rempong nasehatin kita-kita,,

Ngerasa ketampar waktu denger statement itu,dan pada akhirnya saya bisa buktiin sama para sahabat saya, jika hijab yang saya gunakan memang benar membatasi pakaian saya, tapi tidak pemikiran saya,, Dua minggu menggunakan hijab adalah sebuah proses mengembalikan kepercayaan teman-teman saya, merangkul mereka kembali , meyakinkan mereka bahwa saya tetap putri rizkia yang dulu, yang bisa di ajak bicara banyak hal

Dan Alhamdulilah sekarang saya sudah menemukan kembali kasih sayang para sahabat saya, kepercayaan mereka, dan semua pemikiran gila itu .

Hijab itu tidak akan membatasi pemikiran saya, saya tetap bisa di ajak berbicara tentang apapun ke kanan ataupun kekiri , aye mah ayok aja mah,, tapi dengan berhijab saya membatasi beberapa tempat yang harus saya kunjungi seperti kolam renang &salon, untuk dua tempat ini saya gak mau yang campur dengan laki-laki , saya mau nya yang perempuan aja, atau pergi ketempat-tempat seperti dugem, karokean yang jejingkrakan itu saya udah gak mau lagi..

C) Hijab itu membuat tubuh mu dan kecantikan mu menjadi lebih ekslusif

Ingat kan dulu saya sering bilang  “kalau pakai jilbab apa kabar ya hot pants, tank top dan semu  hal seksi lainnya..” he..he..he. ternyata setelah saya pakai jilbab itu semua masih bisa di pakai lo. benerannn seriussss kagak percaya..

#digampar massa..

tenang jangan emosi dulu, semua barang-barang itu bisa dipakai di kamar kan, atau pas lagi dirumah sendirian wara wiri dengan koleksi hot pants mu dan tank top mu , sumpah itu keren.. dan jujur ya , menurut saya , menikmati semua keindahan itu sendiri , jauh lebih menyenangkan dan berasa ekslusif aja, gak di umbar sama siapapun. gak ada yang nikmatin semua keindahan itu kecuali kamu,  keren kan ,,,

Hijab membuat kamu jauh lebih cantik ,jauh lebih terlindungi,, dan membuat kamu semakin menghargai tubuh mu,, sayang lagi semua keindahan itu kalau harus di ekspos dan di obral gratis, mending di jaga rapat-rapat dan di buka cuma buat satu orang yang memang di ciptakan ALLAH untuk mu,, limited edition kan jadi nya, jauh dari kesan murahan…

Jujur saya tidak pernah menyesali keputusan saya untuk berhijab, hijab membuat saya berpikir akan banyak hal, pemahaman-pemahaman baru , siapapun kamu yang masih ragu untuk menggunakan hijab , percayalah menggunakan hijab akan membuat mu jauh menjadi lebih baik,,

Tapi pakai hijab nya beneran ditutup yak, jangan atas di tutup terus bawah kemana-mana,, kalau soal pemikiran menurut saya, apapun yang kamu gunakan itu tidak akan pernah membunuhmu dan semua pemikiran mu..

Saya buktinya, si penjahat yang memutuskan untuk menggunakan hijab, dan masih bisa berpikir tentang banyak hal, berteman dengan banyak kalangan ,,   dan menjaga diri saya dari berbagai macam pelecehan seksual ataupun hal buruk lainnya.