16

Tak Ada Lagi Hati yang Kutuju (Pulang Kampuang Eps 1


Bekesong City 19 Januari 2014

Selamat Sore Kawan,,

Bagaimana Kabar Kalian Apakah di daerah kalian banjir,, seperti Jakarta yang sudah  kepung banjir sepanjang minggu,, saya Alhamdulillah bebas dari Banjir tapi hujan sepanjang hari membuat saya tidak bisa keluar rumah, akses jalan putus dan saya hanya ada dirumah sepanjang hari ,

Sudah lama saya tidak menulis di rumah ini , ya mungkin semua terdengar klise tapi kesibukan selalu menyita semuanya,, namun 10 – 14 januari 2014 saya melakukan perjalanan, perjalanan pulang kampuang ke ranah minang, tempat dimana saya dilahirkan kota kecil yang teramat saya cintai ,,

Awalnya saya ingin menuliskan cerita pulang kampuang kali ini sesuai dengan kronologis kejadian perkara tapi hati saya meminta saya menuliskan cerita ini sesuai dengan tuntunan hati saya, jadi kawan mari nikmati cerita saya ,, pulang kampuang ke ranah minang, meski cerita ini random tapi saya janji saya akan menuliskan setiap kenangan yang ada ,,

Pulang Kampuang,,,

Jujur sejak kepergian umak tersayang menghadap Ilahi,, pulang kampuang bukan lagi menjadi keinginan terbesar saya tak ada lagi hati yang saya tuju , tak adalagi senyuman dan celoteh hangat dari umak yang selalu mengisi hari-hari saya,, namun kali ini ,, saya harus pulang kampung menghadiri pernikahan emak ,, sahabat baik saya,,

Ketika Kaki ini menginjakkan kaki di Bandara,, hati saya seperti disusupi rasa linu,, linu karena teringat pada senyum umak,, tapi saya menepikan rasa itu,, saya berkata pada si Hati,,

” ayo jangan sedih,, kita mau liburan dan bersenang-senang,, ayo senyum..”

Sepanjang Perjalanan saya tertawa dan menikmati setiap detik kebersamaan bersama kawan,,bahkan kami menyempatkan diri untuk turun dan bernarsis-narsis ria di lembah Anai, spot wajib untuk di kunjungi ketika menginjakkan kaki ke ranah minang,,

Tapi semua keriaan itu hilang ,,,ketika perlahan mobil yang saya tumpangi memasuki wilayah kampung umak,, kenangan itu kembali hadir,,satu demi satu kenangan bersama umak hadir bagai rekaman film yang diputar di benak saya,,

Ngerjain Umak

Setiap saya pulang kampuang saya gak pernah bilang sama umak kalau saya pulang kampung,, sepanjang perjalanan menuju kampung maka benak saya akan
dipenuhi ide – ide jahil buat ngerjain umak, seperti saat saya pulang kampuang 2011 kemarin , Saya sudah menyiapkan skenario kejutan ,,

Siang itu umak sedang bersantai di dapur nya,,saya menelpon umak (di benak umak saat itu saya ada dijakarta

Saya : assalamualaikum umak iko inon,, sadang manga umak (*umak ini inon, lagi ngapain

Umak : Inon ko,, indak ado sadang duduak duduak di palanta dapua, ba a kaba inon (*lagi duduk-duduk di dapur , inon apa kabar

Saya : Lai sehat ,, umak ba a kaba (Sehat umak apa kabar

Kami pun berbincang di telpon umak sama sekali tak menyangka kalau saya sedang bersembunyi dibalik tembok rumah kami,, disaat umak sedang fokus dengan teleponnya saya pun mengendap-ngendap berjalan ke arah pintu dapur ,,kebetulan saat itu pintu dapur kami tidak dikunci jadi saya bisa menerobos masuk ,, memeluk umak yang sedang menelpon saya,,

Umak saat itu hanya diam,, shock karena sebelumnya masih berbincang dengan saya di telpon,, senang karena anak gadihnya pulang saya memeluk umak dan menghujaninya dengan pelukan bertubi –tubi,,

Umak tersenyum,, dan memeluk saya lagi ,, mencium kening saya dan berkata,,

“aden dikicuah nyo,, baraso barasian den,, aden sadang manalipon inyo lah mancigok sen,,”(*saya ditipu, berasa mimpi,, pas lagi nelpon kamu muncul

Kawan di kepulangan saya kali ini senyum bahagia umak,, celoteh bahagia umak disaat menyambut saya pulang,, pelukan hangatnya sudah tidak saya rasakan lagi,, semua itu kini hanya kenangan,,

Saat saya memasuki kampung kami,, kenangan itu membekas di hati saya,, hati kecil saya berkata,,

“Kepulangan kali ini siapa lagi yang akan saya tipu,, tidak adalagi umak yang selalu menanti saya,,,”

umak1[1](suasana riuh yang sempat terabadikan di kunjungan terakhir saya menemui umak 2011 kemarin

Kamar Umak Masih Seperti yang dulu

Kepulangan kali ini saya tak sempat mengunjungi makam umak , cuaca dan waktu yang tidak mendukung,, satu-satu nya tempat yang masih bisa saya kunjungi adalah kamar umak,, saat saya memasuki kamar umak,, rasanya umak masih ada,, semua masih sama seperti dahulu,, susunan bantal – guling, selimut dan seprai tidak berubah semuanya masih sama seperti saat umak masih ada,, bau kamar nya, remang-remang lampu kamarnya,, semua masih sama,, rasanya seperti melihat beliau ada disudut kamar itu dan tersenyum menyambut kedatangan saya,, dulu waktu saya masih ada di kampung,, setiap pagi saat saya tidur umak selalu mencium kening saya dan berkata,,

“Ibo Den Anak Gadih Den,, Di piarokan Tuhan ALLAH juo ,, (*kasihan anak gadis saya ,, semoga selalu dijaga ALLAH,,

Saat saya memasuki kamar umak,, ketegaran yang selalu saya simpan luluh bersama kenangan yang ada,, saya menangis dan mencium setiap detail yang ada di kamar itu ,, Lemari – Bantal – Guling – Selimut saya cium satu persatu,,saya peluk,, semua larut dalam kerinduan saya terhadap umak,

Suatu Sudut di Nasi Kapau Ni Er

Di Salah satu perjalanan saya saat pulang kampuang kemarin ,, kunjungan wajib adalah Nasi Kapau Ni Er,,

Nasi kapau Ni Er juga adalah kunjungan wajib saya saat mudik ke kampung mengunjungi umak,, saat saya bersama Bunda Monda menikmati Nasi Kapau Ni Er kenangan tentang umak kembali menghampiri saya ,,semuanya tergambar jelas di benak saya,,

Umak seperti ada disudut itu,,duduk di sisi kiri,, cemberut dan memasang wajah terburu-buru,, (*umak paling gak suka antri jadi kalau kita lagi belanja dan antri,,umak selalu bilang gini

????????????????????(*rasa nya umak masih ada di sudut itu,,menanti pesanan nasi kapau Ni Er

“anak ,,amak dulu dih,,rumah amak jauah ,,ndak ado oto beko.(* ibu dulu ya,, rumah ibu jauh nanti mobilnya gak ada,,

Ni Er si pemilik kapau biasanya akan menuruti permintaan umak menyegerakan permintaan umak satu bungkus nasi kapau beserta satu porsi gulai kapau,, ya nasi kapau bungkus pakai gulai tambumsu ,, akan kami makan berdua di rumah nanti satu bungkus berdua,,

Kawan linu rasanya hati ini,, saat saya menatap ke sudut itu,,rasanya seperti melihat umak sedang duduk disana dengan kebaya hitamnya,, dengan masygulnya menanti nasi kapau yang sedang dibungkus,, sayang semua hanya kenangan ,, siang itu umak tak ada disudut itu,,dan saya ke Nasi Kapau Ni Er bukan bersama umak,,tapi bersama Bunda Monda..

Jika dulu saat saya pulang kampuang,, maka tujuan saya adalah Umak,, pelukan hangatnya celotehnya ,, dan kini tujuan itu sudah tak ada lagi,,tak ada lagi pelukan hangatnya, perjalanan bersama ke bukittinggi,, celoteh celoteh hangat itu sudah tak ada,, kini saat saya pulang kampuang tujuan saya adalah kenangan ,, ya kenangan demi kenangan saat bersamanya kenangan itu bagai film yang diputar di benak saya kenangan yang akan selalu setia di hati saya,,

8

Terimakasih Kawan ,,


Bekesong City 16 Oktober 2012

Kawan,, Hari ini saya pulang,,

pulang dari perjalanan panjang selama satu bulan, dari project gila yang bagi sebagian orang gak mungkin,,tapi saya gak punya pilihan mau gak mau suka gak suka harus membuat yang mungkin itu menjadi mungkin,,

Jambi – menjadi kota kedua bagi saya selama satu bulan terakhir ini ,, tempat dimana saya tinggal untuk sementara, menempa diri untuk banyak hal-hal yang luar biasa , mengubah yang  tidak mungkin menjadi tidak mungkin,

Bagi sebagian orang project kali ini adalah project sia-sia , perjalanan panjang yang Cuma akan berakhir dengan capek doang,

Sebagian lagi mengingatkan saya untuk gak over confidence,, dalam celotehan mereka,,

“ ini tuh udah terlalu kusut put,,gak mungkin pekerjaan panjang selama enam bulan di selesaikan dalam waktu 3 minggu,, ini tuh kaya cerita ngebangun 1.000 candi prambanan dalam semalam, gak selesai kan,, gak mungkin,, “

Fuihhh susah ye jeng orang indonesia, selalu memulai  cerita dengan sikap pesimis dan memandang dari segi yang burukkk

Tapi saat itu saya gak punya pilihan..gak mungkin bilang gak,, apapun keadaannya saya harus menjalankan proyek ini ,, saat itu saya hanya percaya bahwa semua yang gak mungkin bisa menjadi mungkin, yang dibutuhkan hanya kekuatan lebih ..

Ya Kekuatan Lebih ,, tubuh yang lebih sehat untuk berjuang, kaki yang lebih kuat untuk berjalan,,dan otak yang lebih kuat untuk berpikir,,

Dengan satu keyakinan, “gak ada yang gak mungkin di dunia ini , selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha,,” maka mulailah saya menjalankan project ini ,,

3 minggu lamanya menjalankan proses rekonsilasi laporan mulai dari permintaan satu bulan dikerjakan dalam waktu satu minggu,, trus naik ke dua bulan jadi satu minggu,,dan yang terakhir yang paling gila,, mengerjakan pekerjaan 3 bulan dalam satu minggu,,

Iya kawan,, itu benar rekonsiliasi laporan kali ini untuk 6 bulan dikerjakan dalam waktu 3 minggu,, tanpa ampun,,dan tanpa toleransi,,,

Target ini tidak mudah untuk terpenuhi, karena rumitnya semua hal yang ada, selalu ada masalah yang ditemukan dalam setiap perjalanan,, terlebih satu minggu terakhir , kami harus berusaha lebih keras lagi,, lebih gila lagi,, saat orang orang normal bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore,, maka tim saya bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 4 pagi,, sakittttt jiwaaaa dan gilaaaa

Bekerja 40 jam nonstop di akhir deadline, hal gila yang mungkin orang normal gak mampu ngelakuin,,tapi tim saya mampu melakukannya, hal yang luar biasa ,, sungguh amat sangat luar biasa.

Tiga minggu lamanya bekerja dengan kekuatan penuh,, kaki jadi kepala, kepala jadi kaki, siang jadi siang, dan malam tetaplah siang, sungguh hal yang luar biasa, dan gak semua orang normal mampu melakukannya

Alhamdulillah,, di akhir perjalanan semua bisa berjalan sesuai rencana, project gila ini berakhir dengan baik,,, sesuatu yang gak mungkin jadi mungkin, rasanya sungguh lega,, lepas, dan gak tahu lagi mau ngomong apa selain bilang..”akhirnyaaaaaa”

Perjalanan panjang selama 3 minggu ini mengajarkan saya banyak hal,,mungkin bagi mereka saya lah yang mentransfer semua ilmu saya kepada mereka, tapi gak semuanya benar, karena pada kenyataan nya saya lah yang banyak belajar dari mereka, belajar tentang kehidupan , melihat hidup lebih dekat,, dan belajar makna dari sebuah kerja keras,,

Mungkin bagi sebagian orang hubungan saya dan mereka adalah hubungan konsultan dan klien hubungan profesional, tapi 3 minggu bersama mereka, bagi saya hubungan ini lebih dari hubungan profesional kerja, bagi saya mereka adalah sahabat-sahabat baru saya, bagian dari keluarga,,

Saya selalu terharu dan gak tahu lagi mau ngomong apa,, saat saya sedang galau, merasa ragu akan proyek ini,, lelah dan kadang memutuskan untuk menyerah..

Maka mereka bahu membahu menyemangati saya, mulai dari yang bbm bilang jangan menyerah, meyakinkan saya bahwa ini semua bisa di kerjakan,,  selalu ada rasa haru saat mereka bilang..

“ jangan nyerah lah bu, kalau ibu aja nyerah gimana kita,, pasti akan lebih drop lagi..”

Semangat dari mereka yang membuat saya berjuang lebih keras lagi , melakukan segala hal agar project ini menjadi lancar,apapun akan saya lakukan untuk mereka, karena saya percaya saat mereka bekerja dengan hati senang, maka target gila itu bisa terpenuhi,, tapi pada saat hati kusut mau kaya gimana juga gak bakal bisa,,

Dari mereka saya belajar arti kerja keras,,saat mereka kuat bekerja sampai jam 4 pagi , tanpa complain apapun,, maka saya akan bilang sama diri saya,,

“ Mereka aja bisa, kenapa lo gak bisa nyong,, “

Mereka mengajarkan saya arti kuat sesungguhnya, bukan Cuma kuat mental tapi juga kuat secara fisik ,

Mereka selalu meyakinkan saya bahwa segila apapun project ini ,, semua hal pasti bisa di kerjakan, selama kita mau berusaha,

Melewati banyak hal bersama mereka, suka duka, tangis tawa, bahagia lara, ngeronda bareng,, semuanya berlalu dengan menyenangkan,,

Terimakasih kawan untuk semua kenangan selama 3 minggu ini , untuk semua kerja keras yang dilakukan, mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin, tanpa kerja keras kalian semua ini tak kan pernah jadi nyata..

Tanpa kalian sungguh saya bukan apa-apa,

Terimakasih karena mengajarkan saya arti hidup, arti kerja keras, bahwa gak ada yang gak mungkin di dunia ini ,,

8

Kembali Pulang,,


Selamat Malam Kawan,,,

Bagaimana hari kalian,,

Hari saya ,, luar biasa hari ini menghabiskan hari bersama keluarga karena hari selasa udah harus kembali terbang lagi ke Jambi dan melanjutkan tugas hampir dua minggu lagi disana…

Kembali menjadi Makluk Sosial

Tugas saya ke jambi ini asli kerja rodi banget, kerja dari pagi ketemu pagi lagi,,ditambah dengan jambi yang jambi yang lagi di kepung asap bikin susah signal,, semuanya sempurna membuat saya terputus dari dunia sosial saya,,

Selama dua minggu saya hidup dalam lingkungan pekerjaan jauh dari keluarga, teman, bahkan social media, karena kesibukan yang menggila..

Kembali pulang , walaupun Cuma dua hari saya manfaatkan semua waktu yang ada untuk menyapa teman di instant messenger, ngajak ngobroll keluarga,, hingga cuap-cuap di social media..

kembali pulang , artinya kembali menjadi Makluk sosial,kembali pada kenyataan bahwa saya selalu butuh orang lain untuk menjalani hidup ,

PERAHU KERTAS 2

Saya memulai hari dengan quality time bareng sibungsu,, ngajak sibungsu jalan nonton bioskop,,harusnya sih kemarin,tapi berhubung kemarin si mama lagi rusuh, jadilah ya daripada konflik saya ngalah, gak jadi nonton kemarin tapi hari ini ,,

PERAHU KERTAS 2, adalah kelanjutan dari cerita Perahu Kertas 1, novel nya dewi lestari yang diangkat menjadi film ,

Biasanya saat menonton film, maka kita akan sibuk membandingkan antara film dan novel mana yang lebih bagus,, nah di Perahu Kertas 2, kamu yang udah baca novelnya, sedikit kecewa karena Perahu Kertas 1 ceritanya sedikit garing dan gak berasa drama nya, semua rasa kecewa itu gak akan terjadi di Perahu Kertas 2,, karena gileeee boww,, biar kata banyak beda dari novelnya tapi dramanya dapet abess,, kerennn bangettt,,top dah,,

Hanung bramantyo berhasil membuat penonton terpukau dengan akting para pemainnya, walaupun rada melenceng dari novel nya tapi esensinya tetap sama,

“perjalanan hati menemukan cinta sejati,, bahwa hati itu dipilih bukan memilih,, mereka yang mencintai akan bahagia ketika melepaskan,bukan memaksakan diri dan ego untuk selalu bersama,, “

Sinematografinya, Scooring Musiknya, Efek,, semua nya top abis,dramanya beneran dapet,, kalau selama ini orang bilang film drama terbaik itu AADC ,bagi saya Perahu Kertas 2 berhasil menggeser posisi itu,,

Quote yang paling saya suka adalah..

“Jatuh cintalah pelan-pelan, jangan terburu-terburu , supaya kalau jatoh gak sakit,,,”

Oh yaa,satu lagi yang saya suka dari film ini,, gak ada adegan ciuman nya, jadi anak kecil boleh nonton,, *nyengir*

Makan Malam Bareng Keluarga Ngerayain Ultah Papa

5 oktober kemarin si Papa ulang tahun,,dan saat ulang tahun Papa saya gak ada dirumah karena lagi dinas di Jambi,,kebiasaan di keluarga kami adalah saat ada yang ulang tahun maka kita sekeluarga akan makan malam di luar, perayaan kecil-kecilan untuk setiap pertambahan usia..

Tempat yang kami pilih malam ini adalah “Galaxi Food City” letaknya cukup jauh di ujung komplek Galaxi Bekasi,, menu pilihan kami adalah Seafood ,, kerang saus padang,, kepiting saus tiram, udang goreng, cah kangkung, lezatnyaaaaa,, sayang seribu sayang si Mama sama Papa gak bisa ikutan makan karena dua-duanya punya asam urat, kolestrol, jadi daripada kumat penyakitnnya mereka harus puas dengan menu ikan bakar dan kwetiaw rebus,

Jujur sedih sih rasanya ngeliat kita bertiga lahap makan kepiting dan si Mama sama Papa Cuma bisa ngeliatin aja,, sebenernya sih saya gak masalah kalau mereka berdua ikut makan kepiting toh yang namanya penyakit pasti ada obatnya kan, prinsip hidup saya,,

“kalau asam uratnya kumat ya tinggal minum obat, gampang kan,,”

Tapi hal itu gak berlaku buat si bungsu, si bungsu concern abis sama makanan Mama sama Papa dan kalau mereka berdua berani ngelanggar pantangan di depan sibungsu, maka siap –siap aja si Bungsu ngamuk dan ngoceh sepanjang hari , dengan petatah petitih nya yang kadang gak penting,tentang dunia kesehatan, salah satu ocehannya..

“obat itu gak bagus buat tubuh, kalau emak sama bapak lo keseringan minum obat, nanti tubuhnya jadi imun,,itu gak baik nyong..” (*sotoy emang baru jadi peneliti aja riweh, gimana kalau beneran jadi dokter,,

Makan malam bareng keluarga, ngobrol panjang lebar, merasakan kembali hangatnya sebuah keluarga, adalah suntikan energi bagi saya sebelum kembali harus berjuang hari selasa nanti,,

Selamat Ulang Tahun Papa,, wish u all the best ya,, semoga suatu hari nanti inon bisa mewujudkan cita-cita papa untuk segera menikah,,

Supir Taxi mengusik Harga Diriku,,

Galaxi Food City letaknya bukan di jalur strategis yang di lewatin angkot , kami harus berjalan kira-kira 200 m dari pemberhentian angkot 05A, untuk mencapai tempat ini ,,

Selesai makan sudah hampir jam 10 malam, kekenyangan pasti malas kan buat naik angkot, karena kita berlima saya pikir akan lebih mudah agar kita naik taxi aja,,,

Taxi pertama lewat, si Putih,, saya pun menyetop taxi ini ,,

Si Abang buka kaca, lihat kami berlima, nanya tempat tujuan langsung bilang gak mau pake argo maunya nawar harga aja,,

“30.000 ya mbak, deket soalnya…”

Sejujurnya saya gak suka kalau harus bayar borongan,, tapi karena udah malem saya pun mengiyakan ,,saat saya bilang ke abangnya..

” tapi beneran ampe anggrek 6 ya bang, dari BSK nanti masuk dikit”

Eh si abang nya malah bilang..

“Jauh gak mbak,, mbak banyak soalnya berlima rugi saya..”

Deg ,,apa yang salah dengan berlima,, harga diri saya terusik , saya banting pintu dan bilang..

“ya udah gak jadi bang, saya cari taxi lain aja.”

Saya pun menunggu taxi lainnya, lagi lagi si putih yang datang,, dan lagi lagi saya harus sakit hati, saat saya bilang tujuanya kemana , abangnya bilang iya, tapi saat melihat bahwa penumpannya lima orang, abangnya langsung bilagn..

“wahh mbak,, ini mah rugi saya, berlima mbak,, deket lagi,,”

DANGGGGGGGG

Harga diri saya terusik, saya merasa terhina,,

EMANG APA YANG SALAH KALAU BERLIMA,

Selama ini saya sering kok naik taxi berlima, dan gak ada satupun supir taxi yang mempermasalahkan, 1 orang di depan dan 4 orang di belakang masih wajar kan,

Saya merasa diremehkan,gila yaa supir taxinya belagu banget, melihat kami hanya dengan sebelah mata, padahal selama ini taxi adalah angkutan terbaik bagi saya, termasuk si Putih ,, karena drivernya ramah-ramah,,

Malam ini saya sakit hati yang teramat sangat, kecewa dengan sikap supir taxinya,,

Kenapa harus complain saat jarak nya dekat, toh saya juga tahu diri kok, kalau mau turun bayarnya saya lebihin,,

Kenapa harus menghina kami yang naik taxi berlima, toh ini emang wajar kan, saya Cuma BERLIMA ya, bukan BERSEPULUH.

Saya gak tahu apa karena ini di BEKASI bukan di Jakarta,, karena kalau di Jakarta belum pernah saya di complain supir taxi karena penumpangnya berlima atau karena jaraknya deket, secara ya saya sering banget pergi makan siang sama temen-temen kantor berlima ke plasa semanggi, kebayang gak berapa tarif dari pejompongan ke plasa semanggi,,itu Cuma 15 ribu perak naik taxi,, tapi supirnya baik baik aja, gak complain malah kita yang gak enak hati dan mutusin buat bayar lebih..

Jujur saya merasa di lecehkan , harga diri saya di injak,tapi ini juga jadi penyemangat buat saya agar saya bisa segera membeli mobil baru, supaya kami gak harus naik taxi lagi,,

Kembali pulang kerumah,bertemu keluarga,

Kembali menjadi makluk sosial,,

Kawan sungguh bahagia itu sederhana, bagi saya bisa berbagi kebahagiaan dengan orang orang terdekat, bisa ngobroll dan melihat mereka tertawa adalah bahagia, karena percuma punya uang banyak, tapi gak ada yang bisa kamu ajak berbahagia dengan uang mu..

8

Ada Apa Di Bulan September,,


Jambi 30 September 2012 , 23:54

Selamat Malam Kawan ,,

Apa kabar semuanya, bagaimana dengan weekend kalian, 6 menit menuju bulan oktober,, mari kita mulai mereview kembali apa yang terjadi selama satu bulan ke belakang ini ,,

a) 4 Sept “ Ulang tahun yang ke 27,,” aishh makin banyak aja umurnya..

Jadi ya saudara-saudara,, kemarin tanggal 4 September,, saya ulang tahun yang ke 27 , aishh umurnya semakin banyakk,, tak ada pesta,, tak ada kue ulang tahun, hari jadi kali ini di lewati dengan sederhana, dengan merenung dan bersyukur untuk semua mimpi-mimpi yang telah menjadi nyata,,

27 tahun,bukan lagi umur remaja, setiap hari belajar untuk menjadi semakin dewasa, belajar banyak tentang hidup dan realita,,

27 tahun,, umur yang menurut para tetua itu sudah memasuki umur yang rawan, mulai membiasakan diri dengan pertanyaan,,

“kamu kapan nikah, lihat tuh si anu temen kamu anaknya udah dua, jangan terlalu gila kerja,,”

Berusaha untuk gak sensi lagi dengan pertanyaan-pertanyaan itu, belajar menjadikannya sebagai angin lalu saja..

Ada banyak mimpi yang harus di perjuangkan, demi masa depan yang lebih baik

b) Belajar Mandiri tanpa kapten..

Si kapten 2 minggu kemarin cuti karena berangkat honey moon liburan sama istrinya,,tinggallah saya yang harus belajar dan berjuang sekuat tenaga,, 2 minggu ditinggalkan kapten lumayan berasa,,

Ada banyak hal yang saya pelajari selama dua minggu ini ,belajar mandiri dalam mengambil keputusan, memanage sebuah tim, dan menyelesaikan semua masalah yang saya hadapi seorang diri ,,

Plus minus sich, gak ada kapten ,

Plusnya adalah saya belajar untuk mandiri, dan gak bergantung sama orang lain, menghadapi semua masalah ini seorang diri, berpikir bagaimana cara terbaik untuk menyelesaikannya, selama ini saya selalu bergantung sama kapten males ngambil keputusan seorang diri,dan dua minggu kemarin saya bisa buktiin kalau saya bisa , selagi saya mau brusaha, dan berjuang lebih keras lagi,, gak ada tantangan yang gak bisa di selesaikan,,

Minusnya  capekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk, karena harus kerja double,, capek otak,badan dah hati,sakit hatii si kapten honey moon kitenya romusha.. ha…ha.ha.ha.ha

c) Happy bday Abang

Bulan ini selain saya yang berulang tahun si Abang juga ulang tahun, umur kami terpaut 3 tahun, dan kami dilahirkan dibulan yang sama, kalau saya tanggal 4 September maka Abang tanggal 21 September..

Happy bday Abang, maaf ya ulang tahun kali ini tak ada persembahan spesial di blog,,walaupun adik mu menuliskan cerita ulang tahun mu dalam project 1.000 katanya,,

Semoga semua yang terbaik selalu menyertai mu..

Dari Abang saya belajar, belajar untuk mencintai Passion, walaupun saya masih belum berani hidup sesuai passion saya, tapi saya kagum sama Abang yang berani meninggalkan semua kenyamanan hidupnya demi sebuah kata Passion . kebahagiaan sejatinya.

d)82 Hari lagi menuju selesainya proyek menulis 1.000 kata saya..

pada tahu kan ya, kalau saya sedang menyelesaikan tantangan menulis 1.000 kata selama 180 hari yang di adakan oleh penulis favorit saya tere liye,,

Alhamdulilah, hari ini sudah masuk di hari ke 98 hari saya menulis setiap hari selama 1.000 kata, masih ada sisa 82 hari lagi.. perjalanan panjang, penuh proses dan perjuangan,, selalh ada yang di korbankan, dan untuk tantangan ini blog saya lah yang menjadi korban.. yaaa blog saya sudah hampir sebulan gak di update,karena menulis di project menulis ini dan menulis di blog adalah dua hal yang berbeda dan saya gak mampu kalau harus melakukan keduanya secara beriringan ,jadilah ya boww ada yang di korbankan dulu untuk sementara waktu,,dan jadilah blog saya yang jadi korban.

Perjuangan menulis tanpa henti selama 98 hari bukan hal yang mudah ada kalanya saya menulis dengan bersemangat namun ada kalanya juga saya menulis dengan malas, gak punya ide ngantuk dan 1001 alasan lainnya,, tapi lagi lagi saat saya ingin menyerah saya selalu mengingat semua perjalanan panjang selama ini ,perjuangan dan jungkir balik saya untuk terus menulis apapun keadaannya,,dan saya gak mau , kata MALAS menjadi alasan saya untuk mengakhiri segalanya…

4) Kembalinya kehidupan seorang Mbak Toyyib,,

Mulai minggu ke tiga september dan sampai minggu depan saya kembali ke kehidupan saya yang dulu lagi, perjalanan keluar kota, kesibukan yang menggila dan semua kehectican yagn terjadi selama ini ,, semuanya berpadu campur aduk jadi satu,

Kembali sibuk dan gak punya kehidupan pribadii, tapi kawan inilah hidup apapun keadaanya saya harus menghadapinya,bukan kah hidup ini adalah pilihan,, ada dua pilihan di depan saya.. “bertahan atau menyerah..”dan saya memilih pilihan pertama, dan ini lah saya dengan pilihan yang saya pilih beserta seluruh konsekuensinya..  *nyengir*

5)Kekuatan Lebih,,

Semua kerja keras ini membutuhkan kekuatan lebih,,dan inilah yang saya butuhkan saat ini kekuatan lebih, untuk meraih mimpi-mimpi itu,,saya butuh kesehatan lebih agar terus bertahan dalam semua kesibukan ini ,, Doa yang lebih kuat agar sgala sesuatu selalu di mudahkan,

Beri Aku Kekuatan lebih ya Rabb,selalu saya panjatkan dalam doa-doa panjang saya.

6)Wisata dan Menggila di Kota Jambi..

Perjalanan kali ini ke kota Jambi cukup seru,,karena pesertanya ramai,dan saya mulai dekat dengan seluruh pesertanya,, maka pekerjaan kali ini berisi dengan banyak bagian menggilanya.. mulai dari Karokean sampai pagi di Inul, nyasar keliling kota jambi Cuma buat cari makanan enak, hingga tadi wisata ke candi muaro duo di jambi timur,,

Iyaa saya jalan jalan ke Candi di kota Jambi jangan bayangkan yang kamu temukan adalah candi seperti Prambanan atau Borobudur, gak ada itu kawan, candinya sederhana, terdiri dari tumpukan bata merah,, kalau orang yang gak ngerti seni kaya saya, pas ngeliat bangunan itu mikirnya Cuma satu,,

“Ajibb dah ini tumbukan bata merahnya banyak bet dah..”

Tapi kalau kita telaah lebih dalam lagi, mengamati satu demi satu bagian candi ini ,maka perlahan perasaan kagum itu akan timbul,,

Candi ini dibangun dari batu bata, dari abad ke 4 masehi hampir 16 Abad yang lalu, dan masih bertahan kokoh hingga saat ini ,, dulu abad ke 4 kan belum ada semen, jadi gimana ya cara mereka menyatukan satu demi satu susunan candi ini ,,

Perjalanan kali ini , lagi lagi membuat kecintaan saya pada Indonesia semakin dalam ah kawan Indonesia itu sungguh indah, ada banyak keindahan yang di simpan oleh bumi kita, mulai dari Laut, Alam, hingag wisata kuliner, namun sayang  seribu sayang pariwisata kita tidak mengeksposnya dengan baik,, semua keindahan itu bagai harta karun yang terpendam yang tidak pernah disampaikan pada khalayak ..

 

00:26,, saat tulisan ini selesai kita telah memasuki bulan Oktober,, terimakasih September untuk semua kerja keras dan cerita yang kau torehkan..

18

Rusuhnya Palembang…


Bekesong City,,26 May 2012,,

Finally home,, setelah satu minggu kemarin tugas ke Lahat-Palembang,, seperti biasa ya cyin, kalau lagi tugas keluar kota, pasti blognya di anggurin kagak di hapdate,, ya maklum lah , eike kan di hutan,boro-boro buat ngeblog,, buat nafas aja susah.. #lebay…

Perjalanan ke Palembang kali ini lumayan rusuh,, dan bikin badan rontok mateng,,,cekidott cyinn ceritanyaa

A) Penerbangan Pagi – Terlambat Jemput – (hampir) ketinggalan pesawat

Seluruh alam jagat raya udah tahu kan kalau saya paling gak suka bangun pagi,, tapi selalu aja kalau perjalanan keluar kota di kasih jadwalnya first flight penerbangan pagi ,, jam 5:50,

Jam 3 pagi,, udah bangun, karena jadwal di jemputnya jam 4,, tarrrrraaaa masalah pertama di mulai driver yang biasa jemput datangnya telat jam 4:15,, basa basi bentar mindahin barang ke mobil , 4:25 berangkat..

dari bekasi 4:25 dan harus sampai bandara jam 5:15 ,

50 Menit menuju bandara, dengan kecepatan tinggi , ngebut.. (*ini nih yang saya gak suka dari penerbangan pagi,, gak suka aja kalau harus kebut-kebutan di jalan , musibah siapa yang tahu kan..

Tarra.. 5:15 pas sampai di bandara,, dan apa mau di kata, jalanan menuju bandara macettt,,, alamakkkkk udah mepet-mepet masih harus bermacet-macet ria. sempat kepikiran buat langsung keluar dari mobil terus lari menuju pintu 2F, tapi si partner bilang .. “tenang aja, gak bakal ketinggalan pesawat kok. “

5:30,, pas sampai di terminal 2 F (*kalau gak salah ya , lupa eike soalnya ) , antrian panjang di pintu masuk , belum lagi di loket check in,,dan kita jadwal penerbangan kita udah di panggil-pangil udah di suruh masuk ke pesawat, (*matilah bow,, sumpahhhh ) Nah,, enaknya nih kalau naik Garuda Indonesia,, customer service nya selalu siap sedia membantu manusia-manusia yang hobi terlambat check in,, jadi kalau udah dead line gini tinggal samperin mbak nya terus bilang.. (*dengan muka panik)

Aduh mbak tolongin dong,, kita udah di panggil itu pesawatnyaa.. “

Si mbak dengan sigap bakal bantu kita buat check in, dan itu gak sampai 5 menit , trust me dah.. (*tepok tangan buat si mbak -mbak, )

5:35 dapat ticket dan langsung lari ke pintu F5, walaupun harus ngos-ngosan , rusuh , tapi berhasil sampai di pesawat tepat waktu,, (*tepok tangan pemirsah…

Ini nih yang saya suka dari Garuda Indonesia, selalu siap sedia bantu pelanggan beda sama maskapai lain yang selalu lepas tangan saat ada penumpang yang terlambat atau datang di last minute..

B) Mules – Toilet Gak pake kunci – Luar Biasa,,

Penerbangan ke Palembang itu gak lama, cuma 45 Menit, jadi sekita jam 6:45 kami sudah sampai di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II,  dari Palembang kami harus melanjutkan perjalanan dengan jalur darat menuju Lahat dan itu makan waktu 8 Jam..

Karena belum sarapan kita akhirnya memutuskan buat cari sarapan dulu , takutnya di perjalanan gak ada restoran atau tempat makan, jadi cari asupan dulu lah ya,, tapi apa mau di kata, tempat sarapan yang buka rata-rata menunya pe empek, tekwan , dan makanan pedas lainnya, saya cuma bisa cengar cengir aja, kalau pagi-pagi di kasih makan pe empek , bisa mules lah perut ai makk,

Akhirnya kita coba cari restoran cepat saji, pas lagi makan tiba -tiba alamakkk eike muless..hadehh buru buru cari toilet dan beneran gak nyangka restoran cepat saji yang super bagus ini gedungnya,, ternyata toilet nya sumpah jorok mampus.. tissu yang bergelimpangan , sisa kotoran yang belum di flush, sumpahh jorokk bikin saya kabur dari toilet itu,sambil nahan mules yang beneran bikin keringetan,,

Untung nya di sebelah restoran itu ada Pom Bensin dan biasanya kan di setiap pom bensin ada toilet, saya buruan lari kesana ,, nyari toilet dan apa mau dikata toiletnya bersih sih,,saking bersihnya dari tiga kamar mandi , dua kamar mandinya di kunci,, (*mungkin karena penjaga nya belum datang..) sisa satu toilet , pas saya masukk ,ampun kagak ada kuncinyaa,,,

#panikkkk

#makin mulesss

dan kayanya udah gak mungkin cari toilet lain,, gimana cara nya inihhhh,,,,,

Akhirnya denggan gagah berani ,, saya terpaksa “Menabung” dengan cara darurat jadi caranya nih ya..

satu kaki dipakai buat nahanin pintu takut-takut kalau ada yang dobrak dari luar,, terus pas cebok, satu tangan dipakai buat bilas, satu lagi di pakai buat nahanin pintu.

Ribet bangettt memang, tapi untungnya urusan kebelakang ini bisa di selesaikan dengan baik , yang sangat saya sayangkan itu kenapa restoran cepat saji nya toiletnya lebih jorok dari toilet umum di pasar-pasar ya,, harusnya mereka gak cuma menyediakan gedung yang bagus, ayam goreng terbaik, tapi juga toilet terbaik,,

C) Hutan – Lupa bawa pembalut – Gak ada warung..

Tahu kan ya,, kalau saya tugas nya selalu keluar masuk hutan,, maklum lah , pangsa pasar perusahaan tempat saya bekerja adalah perusahaan kelapa sawit, dan semua kebun kelapa sawit ada nya di pelosok negeri,,jadi maklumlah kalau saya lama lama mirip tarzan keluar masuk hutan terus.. Dan pasti tahu juga,,kalau rata-rata perusahaan kelapa sawit, terutama di kebunnya pekerjanya adalah laki-laki,, jarang ada perempuannya, kalaupun ada hanya satu dua aja,,

Dan di perjalanan kali ini saya melupakan satu hal,, “tamu bulanan” , biasanya di setiap perjalanan saya selalu siap sedia bawa pembalut, karena perjalanan saya kisarannya satu – dua minggu, jadi buat jaga-jaga pasti saya bawa cadangan pembalut..

Nahh perjalanan kali ini di hutannya cuma 3 hari,, jadi saya nyantai aja, dan gak bawa pembalut ,,dan ternyataaa saudaraaaa-saudaraaaa,, si tamu bulanan datang,,dengan kondisi saya yang gak punya stock pembalut…dan saya baru tahu kalau saya kedatangan si Tamu di malam hari,, yang itu artinya gak bisa nyamperin pekerja perempuan yang ada di sana buat minjem pembalut kan.. . (*matilahh awakkkkkk

Kebayang gak sih posisi saya,, ada di tengah hutan , di Lahat , gak ada warung pulakk , satu-satunya warung yang ada disana cuma warung kopi,, (*Dan di warung kopi gak ada pembalut kan..)

Saya coba tanya sama driver nya kita, warung terdekat dimana, dan dengan polosnya dia jawab

” kita harus keluar kebun mbakk, dan itu makan waktu hampir satu jam,, mau kemana toh mbak, bisa besok pagi gak, ini udah jam 8 malam, warungnya udah tutup ..  “

Hadehhh bagaimana iniiiii,, gak mungkin kan saya bilang kalau saya butuh pembalut…

Saya tinggal di rumah yang isi nya laki-laki semua. ,, satu-satunya perempuan yang ada di sana adalah si Mbak yang biasa bersih-bersih , dan saya gak akrab sama dia, malu aja rasanya kalau tiba-tiba saya nanya pembalut sama dia… (*makanya put, jangan sombong dan jaim jadi orang..

Akhirnya dengan gagah berani saya ketok pintu kamar si Mbak dan nanya,,

“Mbakk warung di mana ya,, aku lagi dapet, dan aku lupa bawa pembalut… “

Ya ampunnnnn,,Mbak nya ternyata baik banget, dia cuma senyum , masuk kamar dan kasih saya si pembalut,, makasih bangettt dahh buat si Mbakk menyelamat kan saya dari krisis pembalut..

lain kali , kemana pun saya berangkat, mau lama atau sebentar , sepertinya si Pembalut harus selalu tersedia, karena tamu bulanan bisa datang kapan saja, untungnya masih ada si Mbak yang baik hati, kalau gak ada, matilah,, mau gimana coba,,#kapokk kapokk

PS sebelum nutup postingan ada kabar baik nih

  1. setelah perjalanan kali ini , sepertiya acara keluar masuk hutan nya gak akan seribet kemarin,, (*sepertinya ya) karena kita udah mau close project dan tinggal maintenance aja, artinya saya bakal lebih sering ada di Jakarta, dan bisa hidup seperti manusia normal lainnya, dan yang paling penting lagi,,jadi bisa sering-sering nulis.,, 
  2. hari senin kemarin untuk pertama kali nya saya kembali ke kampus, bimbingan tesis, dan disuruh lanjut ke Bab 3, semoga ini juga langkah yang baik ya,, dan semoga semangat saya buat ngerjain tesis gak byar pet kaya kemarin ya..

30

Gajian.. #Eps 11


Pulau Sebuku 29 Februari 2012

Finally Sebuku,, oh iya hari ini tanggal 29 Februari,, selamat ulang tahun ya buat yang merayakan..

4 tahun sekali,, semoga panjang umur dan selalu bahagia.. sampai jumpa di 29 Februari 2016

Happy aniversary juga buat semua yang sedang merayakan banyak hal,, mulai dari merayakan jadian, pernikahan..gaji pertama..apapun itu,, saya doakan kalian semua bahagia..

Gak berasa ya cerita 1000 kata saya sudah masuk di episode 11,, masih ada 169 hari lagi..he..he..he semoga saya tetap terus bisa konsisten untuk meneruskan misi ini ,,

Seorang teman pernah bilang gini sama saya…

“ Mungkin awalnya berat seribu kata, setiap hari,,terlebih lo yang anaknya moody dan pemalas,,tapi kalau lo punya tekad, dan membiasakan diri pasti lama lama terbiasa,, gak usah di paksain posting di blog, yang penting nulis aja.. dan seperti moto kita,, menulislah karena menulis itu menyenangkan.. “

Dan seperti yang sang teman bilang,, saya melakukannya dengan senang hati,, menulis karena menulis itu menyenangkan, menyempatkan diri dimana pun berada,, pada akhirnya semoga ini menjadi kebiasaan..

Buat yang lain..ayoo ikutan.. 1000 Kata perhari SEMANGAT!!!    

Good news,, disini emang gak bisa telpon,,tapi paling gak bisa internetan,walaupun sinyalnya byar pet,,he..he…he tapi masih bisa ym-an,,masih bisa berkomunikasi dengan dunia luar.. *elus elus dada*

Gajian.. apa yang ada di kepala kalian tentang gajian.. atau apa yang pertama kali di lakukan saat gajian..

Continue reading

Gallery
16

Serba Serbi Sebuku. #Eps 13


Pulau Sebuku , 2 Maret 2012,,

Jumpa lagi bersama saya.. Putri Rizkia,, diacara sekilas inpohh prom Sebuku.. dan tetap di acara menulis 1000 kata . *Biar berasa kaya penyiar radio* 

kenapa judulnya serba serbi,, banyak yang mau di ceritain..daripada cuma satu judul buat satu kegiatan mending semua nya di gabung aja.. jadilah judul tulisan ini .. serba serbi sebuku..

Sisi lain dari kehidupan di sebuku,,ya paling gak ini 30 % nya lah yang bikin saya ketawa,,dan sejenak melupakan dunia pergalauan saya, kalau kata para bule ini namanya home sick,,rindu rumah..gak segitunya kali,, toh ini bukan perjalanan pertama saya keluar kota..malah separuh dari pekerjaan saya,, adalah keluar kota..jadi seharusnya saya sudah terbiasa.

A)Kenapa saya Galau.. 

 Saya sudah terbiasa meninggalkan rumah untuk waktu lama,, jadi bang toyyib.. *terusss kenapa galau cyinn* ya karena untuk perjalanan kali ini tantangannya beda dari perjalanan yang lain..dan kali ini , harus berjuang sendiri,,hidup dan mati sendiri,,

Dan ada banyak hal yang terjadi dan bikin saya bener-bener galau , rasanya pengen teriak,,pengen kabur,,tapi gak bisa,,hidup yang kaya robot,,bayangin aja hidup saya tuch 

 Bangun tidur => sarapan => kerja => makan siang => kerja => makan malam => kerja

ha…ha..ha..ha kebayang kan gak enaknya… kaya robot.. kalau di jakarta masih bisa main..masih bisa online.. masih bisa jajan.. disini gak ada jajanan cyin… makanan nya ya itu ..cuma pas waktu makan aja.. dan ini berlaku 7 hari dalam seminggu kagak pake libur. 

tahu gak apa yang saya pengen makan kalau udah sampe jakarta,,, NASI Uduk yup ,,nasi uduk,,pengen makan nasi uduk,, pake ayam,, tahu sama tempe..

abis itu pengen makan bakso,, bakmi ayam,,dan yang terakhir PIZZA  terus pengen ke Mall , pengen nontonn negeri 5 menara.. *semoga pas balik ke kota,,itu film belum habis* 

Pengen beli novel terbarunya tere liye, beli baju baru,,jilbab baru.. pokoknya pengen belanja…

Pengen nonton inpotement seharian..tidur seharian..  

Continue reading