2

Ada cerita indah setelah kepergiannya (*Cerita untuk umak


Bekesong City, 20 Januari 2013

Assalamualaikum Umak,,,

Apa kabar disana,, apa semua baik baik saja,, *nyengir*

Umakk hari ini inon nulis surat ini tanpa menangis,, gak kaya minggu kemarin inon nulis surat berlinang-linang air mata, mengingat semua hal tentang umak,,

Umak buat inon nulis surat ini , seperti menyampaikan kabar sama umak,, inon percaya walaupun umak udah gak ada secara fisik,,tapi semangat ,,dan jiwa umak akan selalu ada menemani inon ,,kemana pun inon pergi,,lagi pula menulis surat ini seperti terapi diri menyembuhkan luka karena kehilangan,,

Hari hari ke 27 umak pergi, cepet ya semuanya berlalu,, tapi ya gimanapun kadang inon merasa umak selalu ada disamping inon, tahu gak si emak pernah bilang gini ,,

“inon tahu gak umak tuh sejatinya gak pernah ninggalin inon, sekarang dia malah bisa nemenin inon, ngedampingin inon dalam ngeraih mimpi inon,, percaya sama emak,, saat inon sedih pasti umak akan datang sama inon menyapa inon dalam mimpinya”

Oh ya kalau umak nanya si Emak itu siapa,, itu tuh bunda adel yang waktu itu datang ke rumah kita ke kampuang,, yang umak bilang,,

“makan lah disiko,, umak mamasak asam padeh ,, “

Ha…ha..ha.ha gimana ingat gak,, inon masih inget waktu si emak datang kerumah trus umak nelpon inon dan bilang,,,

“handeh kawan inon tu a,, di foto foto kan nyo umak,, biliak umak di foto nyo pulo,, sagan awak diurang,,”

Gimana udah ingat kan,,

Umak tahu gak ,, selalu ada hal baik dalam setiap masalah yang dihadapi,, kepergian umak membuat kedekatan inon dengan sepupu-sepupu inon yang selama ini jauh menjadi lebih dekat,,

Iyaaa benar,, si Meta,, sekarang Inon sama si Meta lebih dekat daripada dahulu,, dulu kan kita sama sama sibuk,, jarang ketemu,, bahkan gak pernah bertukar kabar,, terakhir ketemu aja 6 tahun yang lalu,,,tapi sekarang ,, kita jadi jauh lebih dekat,sering bertukar kabar,, tahu gak mak,,kadang ya si Meta selalu nungguin inon pulang kerja,, nemenin inon selama dalam perjalanan iyaa bener walaupun nemeninnya Cuma pake BBM-an doang secara si Meta di bandung dan inon di Jakarta,,

Umak pasti seneng ngeliat hubungan Inon sama Meta sekarang,,karena kita sekarang udah kompak, selalu kasih kabar dan saling memotivasi satu sama lain,, inon belajar menginspirasi adik adik inon , mengajarkan mereka arti kerja keras,, berani bermimpi,,gak pernah menyerah dan selalu percaya bahwa apapun masalah yang diberikan kepada kita,, semua pasti ada solusinya,, inon selalu bilang kaya gini sama si Meta ataupun si Bungsu,,

“Kita semua punya kesempatan yang sama untuk berhasil,, untuk menjadi yang terdepan yang membedakan satu dengan yang lainnya adalah, apakah kita mau bekerja keras atau tidak,,gw udah ngebuktiin itu sama kalian,, perjuangan gw from zero to be hero,, jatuh bangun gw ngeraih mimpi,,dan Alhamdulillah,, ALLAH gak pernah bohong ama janjinya, ambil yang baik dari gw,,tapi kalau yang jeleknya jangan ,,,”

He..he.he. hebat kan inon ,, ya biarkan lah adik adik itu mengambil hal baik dari inon ,,tapi penyakit malas mandi,, malas bangun pagi gak usah lah ya di tiru,,*nyengir*

Oh ya Mak, si Meta juga udah jauh berubah,, dari yang inon temui 6 tahun yang lalu,,jauh lebih dewasa,, dan sedikit lebih manis,, (*kalau bagian siapa yang paling manis inon tetap yang termanis, yakk),, walaupun masih suka sedikit judes kalau udah datang kumatnya,, *nyengir* ,,

Waktu berjalan begitu cepat ya mak,, rasanya baru kemarin bocah kecil itu lulus SMP,, dan jadi ABG labil yang menyebalkan,, eh sekarang dia udah mau lulus kuliah aja,, bentar lagi kerja,,dan mulai menata mimpinya,,

Tahu gak mak,, anak ini ya,, kalau pas ketemu masih kaya dulu, jarang ngobrol, ngobrol seperlunya ehh tapi kalau be be em an,,aish busyet panjang panjang bet,,udah kaya nulis paragraf pelajaran mengarang,,ha..ha..ha..ha. mungkin karena waktu itu kita ketemu cuma beberapa hari trus pisah lagi,,dan sekarang lebih banyak komunikasi pake be be em, oh ya satu lagi,, inon kan dulu paling males ya kalau be be eman pake bahasa minang ribettt,tapi sekarang inon udah fasih dong chating pake bahasa minang,,

Si Meta titip salam sama Umak,,salam sayang kata nya,, dia selalu bilang

“Rasonyo umak tu ndak pernah pai do ni,,rasonya umak tu masih ado disiko mandampingi awak ni,,”

Doain inon mak, punya rezeki yang banyak,, nanti inon mau beli mobil,,trus abis itu inon mau mudik pas lebaran,,nanti inon bakal ngajak semua anak dan cucu umak ziarah bersama,, umak pasti seneng ngeliat kita datang bareng,,bareng,, walaupun sedikit ironi,,waktu umak hidup kita malah jarang mudik bersama, eh pas umak udah pergi baru kepikiran buat mudik bersama,,

Umak tahu gak,,kalau Inon sama Meta punya mimpi,,nanti kita bakal nabung,, dan kita bakal patungan , ngerenovasi rumah umak yang dikampung,, nanti kita akan pasang semua foto anak cucu disana, rumah itu akan selalu jadi tempat kita pulang,,tempat kita mengenang semua hal baik tentang umak,, inon yakin,, Umak pasti senang,,

Oh ya Umak tahu gak inon kan punya mimpi ,, mimpi inon tentang dunia menulis,, inon tuh ya kemarin ikut tantangan menulis 1.000 kata selama 180 hari,, dan Alhamdulillah,,anak umak yang satu ini berhasil melewati tantangan itu,, dan yang paling kerenn nya adalah si Abang bilang gini ,,

“udah saat nya kamu mulai bikin konsep buku buat tulisan kamu,, mulai lah berpikir jauh kedepan,,,”

Huaaaaa senangnyaa,, walaupun inon gak tahu apa mimpi inon untuk membuat sebuah buku itu akan menjadi nyata atau gak,,tapi paling gak inon udah mulai melangkah, he..he..he walaupun jujur inon masih sedikit bingung tulisan seperti apa yang akan inon buat,, *nyengir*

Tantangan 1.000 kata ini punya kenangan tersendiri buat inon, karena tantangan ini selesai 2 hari sebelum umak pergi,, iyaa inon menyelesaikan tantangan ini tanggal 21 desember,,dan umak pergi tanggal 23 desember,,dan tahu gak tulisan terakhir inon di 1.000 kata adalah tentang umak,, ya tulisan inon tentang umak yang sedang kritis,, dan doa inon agar ALLAH menjaga Umak dengan baik,,

Umak doain inon ya,, supaya mimpi ini menjadi nyata,, kelak ketika mimpi ini menjadi nyata,, dihalaman pertama buku itu akan inon tulis,,

“Mimpi ini aku persembahkan untuk umak,, untuk dia yang pergi,,ketika mimpi ini baru dimulai,,”

Inon percaya setiap mimpi akan menjadi nyata,, kalaupun mimpi itu tidak menjadi nyata,, ALLAH pasti sedang mempersiapkan rencana yang lebih indah buat inon,,

Umakkkk ,, inon rindu ,rindu sekali,,tapi hari ini inon gak nangis kok beneran deh,,inon nulis surat ini sambil senyum,, di dunia imajinasi inon,,inon ngebayangin umak nerima surat ini dan ngebacanya bertiga,, bareng Inyiak dan Om As.. oh yaa, ada  anak anak umak yang sudah pergi lebih dulu,, titip salam ya buat mereka,,

Sebenernya ada banyak hal yang mau inon ceritain,,tapi udah dulu ya,nanti umak pegel bacanya,, peluk cium selalu,, kalau dulu inon selalu transfer uang belanja bulanan buat umak,,sekarang inon akan transfer doa dan Alfatihah buat umak ,, berdoa supaya umak mendapat tempat di Surga sana,,

Oh ya,, minggu ini inon bakal sibuk banget,, bukan banget deng,,tapi sekali,,doain inon ya,,selalu kuat dan mampu bekerja dengan baik,, bekerja keras meraih mimpi,, jakarta juga lagi musim banjir,,tapi rumah kita di bekesong gak kena banjir sih,,oh iya satu lagi inon lupa si bungsu kemarin baru pulang dari Ambon,, cucu umak yang satu itu resolusinya tahun ini,, melintasi 3 pulau di Indonesia..dan seperti nya mimpinya berhasil,,

Inon selalu sayang umak,, dan dihati inon nama umak gak akan pernah terganti,, minggu depan tungguin surat inon lagi yakkk

#peluk cium selalu ,,

#inon yang selalu merindukan mu

16

1.000 kata dan Mendongeng (*update cyin


My Office 3 Desember 2012

Selamat Malam Kawan,,

Apa kabar kalian,, Kabar saya luar biasa,,,

Alhamdulillah, setelah satu minggu kerja rodi, presentasi hari ini berjalan dengan baik, tidak semenakutkan yang saya kira,, ah kawan semoga saja project ini lolos ya, walaupun project ini artinya kembali kerja rodi, dan kehidupan yang menggila..

*Fuihhhh*

*SEMANGAT*

Sudah hampir 1 bulan lebih saya tidak pernah menulis di blog ini , he.he.he, boro-boro nulis diblog, nengokin blog ini aja jarang,,

*nyengir*

Ada banyak hal yang ingin saya ceritakan , tapi kayanya di kesempatan ini saya cuma cerita dua hal aja ya,

Tentang Project 1.000 kata

Seperti biasa kesibukan merenggut semuanya, dan seperti yang pernah saya bilang kemarin bahwa saya sedang dalam project menulis 1.000 kata perhari selama 180 hari,, Alhamdulillah saat ini tugas menulis saya tinggal 19 hari lagi, he..he..he gak nyangka ya 180 hari ini hampir terlalui *bangga*

Selalu ada hal yang harus dikorbankan, termasuk dalam project menulis ini , blog ini yang jadi korban, karena sulit bagi saya untuk menulis di dua tempat sekaligus ya nulis di blog ya nulis di project 1.000 kata,

*Terus ada yang nyeletuk*

“kenapa gak tulisan di 1.000 kata aja yang di posting ke blog”

*nyengir*

Pertama karena tulisan di 1.000 kata panjang apa iya kalian gak mabok baca tulisan saya yang udah kaya artikel koran , *nyengir*

Yang kedua saat menulis di 1.000 kata saya lebih bebas, nulis tanpa menggunakan parameter atau batasan apapun, mau marah ya marah, mau memberontak ya memberontak, di 1.000 kata saya menuliskan apapun yang ada di kepala saya, menjadi Putri Rizkia yang seutuhnya menuliskan dunia dari “my other side” dan jujur saya gak siap berbagi tulisan itu di blog ini , karena saya tidak ingin menyakiti siapapun dengan tulisan saya,

Tapi ketika saya menuliskan cerita di 1.000 kata saya melupakan satu hal, bahwa pada akhirnya semua tulisan saya itu akan dibaca oleh seorang tere liye, dan jujur saya gak siap ketika seorang tere liye harus membaca tulisan demi tulisan saya yang kadang berpikir irrasional, menentang banyak hal, mempertanyakan paramater demi parameter yang ditetapkan oleh lingkungan sosial kita,,

Pada akhirnya saya menjadi dilema dengan keadaan ini , dan mulailah saya meracau pada banyak hal, tentang ketakutan saya ketika tulisan demi tulisan saya dibaca oleh orang lain

Kata emak,,

“Apapun itu tulisan inon, emak pasti dukung, karena emak tahu anak emak bisa menulis dan selalu menempatkan hatinya di setiap tulisannya..”

Kata Si Merah,,

“Setiap manusia selalu punya “telanjang side” lo harus nya gak jadi pengecut ketika tulisan demi tulisan lo itu di baca orang lain, belum mulai melangkah udah nyerah..

Kata Senja

” Ya udah di kirim aja dulu ke si Abangnya, biarkan dia menilai tulisan kamu, kalau pada akhirnya si Abang jadi punya pemahaman lain tentang kamu ya anggap aja itu resiko, paling gak kamu udah buktiin , kalau kamu bisa ngelewatin tantangan ini “

*nyengir*

Doakan ya kawan, saya bisa menyelesaikan tantangan ini , dan menyerahkan tulisan ini sama si Abang , sekarang saya udah mulai mengkategorikan satu demi satu tulisan saya, tapi belum semuanya lagi lagi kesibukan merenggut segalanya,ada banyak konsep di kepala saya tentang tulisan yang akan saya serahkan kelak, tapi ya itu tadi, belum sempet cyinn *digampar masssa*

Tentang belajar Mendongeng

Selain hobi menulis saya punya hobi baru, gak hobi baru sih sebenernya saya udah mau ngelakuin hal ini dari dulu, tapi gak pernah pede untuk ngelakuinnya, ngerasa malu aja,,

*nyengir*

*pasang muka polos*

Tahuu gakkk pamirsahhh saya lagi belajar apa,

*nyengir lagi*

Saya sedang belajar mendongeng,, iyaa belajar menyampaikan cerita,, dongeng pertama saya tentang semut dan kepompong,,

Dari dulu saya ingin melakukan hal ini bercerita sama anak-anak ,mengajak mereka berimajinasi dengan dunia mereka, tapi ya itu malu aja, dan gak pede,,

Hingga saya berteman dengan istrinya teman saya, waktu itu si nyonya cerita kalau prihatin sama anak semata wayangnya yang lebih suka lagu dewasa dan gak punya lagu anak-anak,

Waktu itu mah saya polos aja bilang..

” Aku suka ngedongeng, boleh gak kalau aku kirimin dongeng buat adek-adek,, gak bagus bagus amat sich, tapi boleh lah, sebagai alternatif hiburan..”

Dan si nyonya bilang..

“Boleh..”

He..he.he waktu saya ngomong itu kenyonya saya gak punya bahan dongeng apapun , asal ceplos aja, dan karena udah janji mau gak mau lah ya bow,, saya harus menepatinya, *nyengir* dan hari minggu kemarin saat semua orang gak ada dirumah, dengan 1001 kepedeann saya mulailah saya mendongeng,,

*nyengir*

Silakan didengarkan ya teman-teman, di kasih comment yang paling jujur ya, saya tahu dongeng ini jauh dari sempurna, beberapa teman comment positif tapi yang lain malah ngeledekin saya bilang

..

“tuh tanda-tanda udah pengen jadi ibu,”

*pingsan*

Tenang kawan semua itu ada proses ,sama kan seperti proses menulis saya, kudu latihan dulu, pelan-pelan supaya mencapai hasil sempurna, ini kan dongeng pertama saya, jadi wajar lah ya kalau suaranay jelek ,tapi tenang aja tiap minggu saya akan latihan mendongeng,memperbaiki intonasi suara saya, dan kelak kalau udah berani baru mengupload video dongeng saya ke you tube,,

*nyengir*

Terus ada yang nyeletuk,

“kenapa tiba tiba kepikiran buat ngedongeng nyong..gara-gara perahu kertas,”

Jawabannya simple, karena waktu kecil mama selalu bercerita menjelang kita tidur , menceritakan banyak hal , tapi dongeng si Mama bukan tentang cinderella dan pangeran, dongeng si Mama tuh kisah para nabi, atau cerita surga dan neraka,

Dan sekarang saat saya besar, sedikit banyak dongeng-dongeng itu mempengaruhi alam bawah sadar saya, saat saya ingin melakukan sebuah kesalahan saya selalu ingat cerita mama tentang surga dan neraka, tentang kisah para sahabat

Dulu waktu kecil saya sering berpikir kalau semua itu bisa-bisa nya mama aja, merangkai cerita supaya saya gak tumbuh menjadi anak nakal atau sebagai teman pengantar tidur, tapi ternyata saya salah, 3 bulan terakhir saya kembali belajar membaca al-qur’an mencoba memahami al-qur’an dengan lebih baik lagi, dan saat saya memahami satu demi satu tafsir yang ada ,sungguh saya kagum sama mama, karena ternyata semua cerita masa kecil itu bukan bualan semata, semua cerita itu tertulis nyata dalam al-qur’an,,

Saya kagum sama Mama, mama tuh bukan orang berpendidikan,hebat atau wanita super power, seorang ibu biasa, tapi kok bisa ya, tahu bagaimana membuat cerita-cerita di al-qur’an itu menjadi menyenangkan untuk di dengar, gak bikin bosen, dan membuat kita selalu mengingatnya,

Dan kejadian demi kejadian itu yang akhir nya bikin saya ingin belajar mendongeng, belajar bercerita, walau mungkin gak sebagus si Mama,

Nah kawan, doakan saya ya, bisa belajar mendongeng dengan lebih baik lagi, bisa menyelesaikan tantangan menulis ini , dan kembali ke pelukan blog tercinta ini ,,

 

8

Terimakasih Kawan ,,


Bekesong City 16 Oktober 2012

Kawan,, Hari ini saya pulang,,

pulang dari perjalanan panjang selama satu bulan, dari project gila yang bagi sebagian orang gak mungkin,,tapi saya gak punya pilihan mau gak mau suka gak suka harus membuat yang mungkin itu menjadi mungkin,,

Jambi – menjadi kota kedua bagi saya selama satu bulan terakhir ini ,, tempat dimana saya tinggal untuk sementara, menempa diri untuk banyak hal-hal yang luar biasa , mengubah yang  tidak mungkin menjadi tidak mungkin,

Bagi sebagian orang project kali ini adalah project sia-sia , perjalanan panjang yang Cuma akan berakhir dengan capek doang,

Sebagian lagi mengingatkan saya untuk gak over confidence,, dalam celotehan mereka,,

“ ini tuh udah terlalu kusut put,,gak mungkin pekerjaan panjang selama enam bulan di selesaikan dalam waktu 3 minggu,, ini tuh kaya cerita ngebangun 1.000 candi prambanan dalam semalam, gak selesai kan,, gak mungkin,, “

Fuihhh susah ye jeng orang indonesia, selalu memulai  cerita dengan sikap pesimis dan memandang dari segi yang burukkk

Tapi saat itu saya gak punya pilihan..gak mungkin bilang gak,, apapun keadaannya saya harus menjalankan proyek ini ,, saat itu saya hanya percaya bahwa semua yang gak mungkin bisa menjadi mungkin, yang dibutuhkan hanya kekuatan lebih ..

Ya Kekuatan Lebih ,, tubuh yang lebih sehat untuk berjuang, kaki yang lebih kuat untuk berjalan,,dan otak yang lebih kuat untuk berpikir,,

Dengan satu keyakinan, “gak ada yang gak mungkin di dunia ini , selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha,,” maka mulailah saya menjalankan project ini ,,

3 minggu lamanya menjalankan proses rekonsilasi laporan mulai dari permintaan satu bulan dikerjakan dalam waktu satu minggu,, trus naik ke dua bulan jadi satu minggu,,dan yang terakhir yang paling gila,, mengerjakan pekerjaan 3 bulan dalam satu minggu,,

Iya kawan,, itu benar rekonsiliasi laporan kali ini untuk 6 bulan dikerjakan dalam waktu 3 minggu,, tanpa ampun,,dan tanpa toleransi,,,

Target ini tidak mudah untuk terpenuhi, karena rumitnya semua hal yang ada, selalu ada masalah yang ditemukan dalam setiap perjalanan,, terlebih satu minggu terakhir , kami harus berusaha lebih keras lagi,, lebih gila lagi,, saat orang orang normal bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore,, maka tim saya bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 4 pagi,, sakittttt jiwaaaa dan gilaaaa

Bekerja 40 jam nonstop di akhir deadline, hal gila yang mungkin orang normal gak mampu ngelakuin,,tapi tim saya mampu melakukannya, hal yang luar biasa ,, sungguh amat sangat luar biasa.

Tiga minggu lamanya bekerja dengan kekuatan penuh,, kaki jadi kepala, kepala jadi kaki, siang jadi siang, dan malam tetaplah siang, sungguh hal yang luar biasa, dan gak semua orang normal mampu melakukannya

Alhamdulillah,, di akhir perjalanan semua bisa berjalan sesuai rencana, project gila ini berakhir dengan baik,,, sesuatu yang gak mungkin jadi mungkin, rasanya sungguh lega,, lepas, dan gak tahu lagi mau ngomong apa selain bilang..”akhirnyaaaaaa”

Perjalanan panjang selama 3 minggu ini mengajarkan saya banyak hal,,mungkin bagi mereka saya lah yang mentransfer semua ilmu saya kepada mereka, tapi gak semuanya benar, karena pada kenyataan nya saya lah yang banyak belajar dari mereka, belajar tentang kehidupan , melihat hidup lebih dekat,, dan belajar makna dari sebuah kerja keras,,

Mungkin bagi sebagian orang hubungan saya dan mereka adalah hubungan konsultan dan klien hubungan profesional, tapi 3 minggu bersama mereka, bagi saya hubungan ini lebih dari hubungan profesional kerja, bagi saya mereka adalah sahabat-sahabat baru saya, bagian dari keluarga,,

Saya selalu terharu dan gak tahu lagi mau ngomong apa,, saat saya sedang galau, merasa ragu akan proyek ini,, lelah dan kadang memutuskan untuk menyerah..

Maka mereka bahu membahu menyemangati saya, mulai dari yang bbm bilang jangan menyerah, meyakinkan saya bahwa ini semua bisa di kerjakan,,  selalu ada rasa haru saat mereka bilang..

“ jangan nyerah lah bu, kalau ibu aja nyerah gimana kita,, pasti akan lebih drop lagi..”

Semangat dari mereka yang membuat saya berjuang lebih keras lagi , melakukan segala hal agar project ini menjadi lancar,apapun akan saya lakukan untuk mereka, karena saya percaya saat mereka bekerja dengan hati senang, maka target gila itu bisa terpenuhi,, tapi pada saat hati kusut mau kaya gimana juga gak bakal bisa,,

Dari mereka saya belajar arti kerja keras,,saat mereka kuat bekerja sampai jam 4 pagi , tanpa complain apapun,, maka saya akan bilang sama diri saya,,

“ Mereka aja bisa, kenapa lo gak bisa nyong,, “

Mereka mengajarkan saya arti kuat sesungguhnya, bukan Cuma kuat mental tapi juga kuat secara fisik ,

Mereka selalu meyakinkan saya bahwa segila apapun project ini ,, semua hal pasti bisa di kerjakan, selama kita mau berusaha,

Melewati banyak hal bersama mereka, suka duka, tangis tawa, bahagia lara, ngeronda bareng,, semuanya berlalu dengan menyenangkan,,

Terimakasih kawan untuk semua kenangan selama 3 minggu ini , untuk semua kerja keras yang dilakukan, mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin, tanpa kerja keras kalian semua ini tak kan pernah jadi nyata..

Tanpa kalian sungguh saya bukan apa-apa,

Terimakasih karena mengajarkan saya arti hidup, arti kerja keras, bahwa gak ada yang gak mungkin di dunia ini ,,

8

Ada Apa Di Bulan September,,


Jambi 30 September 2012 , 23:54

Selamat Malam Kawan ,,

Apa kabar semuanya, bagaimana dengan weekend kalian, 6 menit menuju bulan oktober,, mari kita mulai mereview kembali apa yang terjadi selama satu bulan ke belakang ini ,,

a) 4 Sept “ Ulang tahun yang ke 27,,” aishh makin banyak aja umurnya..

Jadi ya saudara-saudara,, kemarin tanggal 4 September,, saya ulang tahun yang ke 27 , aishh umurnya semakin banyakk,, tak ada pesta,, tak ada kue ulang tahun, hari jadi kali ini di lewati dengan sederhana, dengan merenung dan bersyukur untuk semua mimpi-mimpi yang telah menjadi nyata,,

27 tahun,bukan lagi umur remaja, setiap hari belajar untuk menjadi semakin dewasa, belajar banyak tentang hidup dan realita,,

27 tahun,, umur yang menurut para tetua itu sudah memasuki umur yang rawan, mulai membiasakan diri dengan pertanyaan,,

“kamu kapan nikah, lihat tuh si anu temen kamu anaknya udah dua, jangan terlalu gila kerja,,”

Berusaha untuk gak sensi lagi dengan pertanyaan-pertanyaan itu, belajar menjadikannya sebagai angin lalu saja..

Ada banyak mimpi yang harus di perjuangkan, demi masa depan yang lebih baik

b) Belajar Mandiri tanpa kapten..

Si kapten 2 minggu kemarin cuti karena berangkat honey moon liburan sama istrinya,,tinggallah saya yang harus belajar dan berjuang sekuat tenaga,, 2 minggu ditinggalkan kapten lumayan berasa,,

Ada banyak hal yang saya pelajari selama dua minggu ini ,belajar mandiri dalam mengambil keputusan, memanage sebuah tim, dan menyelesaikan semua masalah yang saya hadapi seorang diri ,,

Plus minus sich, gak ada kapten ,

Plusnya adalah saya belajar untuk mandiri, dan gak bergantung sama orang lain, menghadapi semua masalah ini seorang diri, berpikir bagaimana cara terbaik untuk menyelesaikannya, selama ini saya selalu bergantung sama kapten males ngambil keputusan seorang diri,dan dua minggu kemarin saya bisa buktiin kalau saya bisa , selagi saya mau brusaha, dan berjuang lebih keras lagi,, gak ada tantangan yang gak bisa di selesaikan,,

Minusnya  capekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk, karena harus kerja double,, capek otak,badan dah hati,sakit hatii si kapten honey moon kitenya romusha.. ha…ha.ha.ha.ha

c) Happy bday Abang

Bulan ini selain saya yang berulang tahun si Abang juga ulang tahun, umur kami terpaut 3 tahun, dan kami dilahirkan dibulan yang sama, kalau saya tanggal 4 September maka Abang tanggal 21 September..

Happy bday Abang, maaf ya ulang tahun kali ini tak ada persembahan spesial di blog,,walaupun adik mu menuliskan cerita ulang tahun mu dalam project 1.000 katanya,,

Semoga semua yang terbaik selalu menyertai mu..

Dari Abang saya belajar, belajar untuk mencintai Passion, walaupun saya masih belum berani hidup sesuai passion saya, tapi saya kagum sama Abang yang berani meninggalkan semua kenyamanan hidupnya demi sebuah kata Passion . kebahagiaan sejatinya.

d)82 Hari lagi menuju selesainya proyek menulis 1.000 kata saya..

pada tahu kan ya, kalau saya sedang menyelesaikan tantangan menulis 1.000 kata selama 180 hari yang di adakan oleh penulis favorit saya tere liye,,

Alhamdulilah, hari ini sudah masuk di hari ke 98 hari saya menulis setiap hari selama 1.000 kata, masih ada sisa 82 hari lagi.. perjalanan panjang, penuh proses dan perjuangan,, selalh ada yang di korbankan, dan untuk tantangan ini blog saya lah yang menjadi korban.. yaaa blog saya sudah hampir sebulan gak di update,karena menulis di project menulis ini dan menulis di blog adalah dua hal yang berbeda dan saya gak mampu kalau harus melakukan keduanya secara beriringan ,jadilah ya boww ada yang di korbankan dulu untuk sementara waktu,,dan jadilah blog saya yang jadi korban.

Perjuangan menulis tanpa henti selama 98 hari bukan hal yang mudah ada kalanya saya menulis dengan bersemangat namun ada kalanya juga saya menulis dengan malas, gak punya ide ngantuk dan 1001 alasan lainnya,, tapi lagi lagi saat saya ingin menyerah saya selalu mengingat semua perjalanan panjang selama ini ,perjuangan dan jungkir balik saya untuk terus menulis apapun keadaannya,,dan saya gak mau , kata MALAS menjadi alasan saya untuk mengakhiri segalanya…

4) Kembalinya kehidupan seorang Mbak Toyyib,,

Mulai minggu ke tiga september dan sampai minggu depan saya kembali ke kehidupan saya yang dulu lagi, perjalanan keluar kota, kesibukan yang menggila dan semua kehectican yagn terjadi selama ini ,, semuanya berpadu campur aduk jadi satu,

Kembali sibuk dan gak punya kehidupan pribadii, tapi kawan inilah hidup apapun keadaanya saya harus menghadapinya,bukan kah hidup ini adalah pilihan,, ada dua pilihan di depan saya.. “bertahan atau menyerah..”dan saya memilih pilihan pertama, dan ini lah saya dengan pilihan yang saya pilih beserta seluruh konsekuensinya..  *nyengir*

5)Kekuatan Lebih,,

Semua kerja keras ini membutuhkan kekuatan lebih,,dan inilah yang saya butuhkan saat ini kekuatan lebih, untuk meraih mimpi-mimpi itu,,saya butuh kesehatan lebih agar terus bertahan dalam semua kesibukan ini ,, Doa yang lebih kuat agar sgala sesuatu selalu di mudahkan,

Beri Aku Kekuatan lebih ya Rabb,selalu saya panjatkan dalam doa-doa panjang saya.

6)Wisata dan Menggila di Kota Jambi..

Perjalanan kali ini ke kota Jambi cukup seru,,karena pesertanya ramai,dan saya mulai dekat dengan seluruh pesertanya,, maka pekerjaan kali ini berisi dengan banyak bagian menggilanya.. mulai dari Karokean sampai pagi di Inul, nyasar keliling kota jambi Cuma buat cari makanan enak, hingga tadi wisata ke candi muaro duo di jambi timur,,

Iyaa saya jalan jalan ke Candi di kota Jambi jangan bayangkan yang kamu temukan adalah candi seperti Prambanan atau Borobudur, gak ada itu kawan, candinya sederhana, terdiri dari tumpukan bata merah,, kalau orang yang gak ngerti seni kaya saya, pas ngeliat bangunan itu mikirnya Cuma satu,,

“Ajibb dah ini tumbukan bata merahnya banyak bet dah..”

Tapi kalau kita telaah lebih dalam lagi, mengamati satu demi satu bagian candi ini ,maka perlahan perasaan kagum itu akan timbul,,

Candi ini dibangun dari batu bata, dari abad ke 4 masehi hampir 16 Abad yang lalu, dan masih bertahan kokoh hingga saat ini ,, dulu abad ke 4 kan belum ada semen, jadi gimana ya cara mereka menyatukan satu demi satu susunan candi ini ,,

Perjalanan kali ini , lagi lagi membuat kecintaan saya pada Indonesia semakin dalam ah kawan Indonesia itu sungguh indah, ada banyak keindahan yang di simpan oleh bumi kita, mulai dari Laut, Alam, hingag wisata kuliner, namun sayang  seribu sayang pariwisata kita tidak mengeksposnya dengan baik,, semua keindahan itu bagai harta karun yang terpendam yang tidak pernah disampaikan pada khalayak ..

 

00:26,, saat tulisan ini selesai kita telah memasuki bulan Oktober,, terimakasih September untuk semua kerja keras dan cerita yang kau torehkan..

29

Some day i will be back,,


My Office 26 Juli 2012,,

Selamat Siang Kawan,,,

Bagaimana kabar kalian, baik baik saja kan,

Bagaimana puasa nya, masih pada kuat kan, Mungkin ini terlambat

Apakabar kalian semuanya,, sudah lama sekali rasanya saya tidak menulis di blog, tulisan terakhir yang tentang macet itu, boleh dari draft, dan itu juga daripada gak posting, jadi mending posting draft aja,

#tarik nafas dalam-dalam,,

Ada banyak alasan kenapa saya jarang posting di blog, salah satu nya adalah karena alasan kesibukan yang menggila,

Trus ada yang nyeletuk,,

“kan bisa nulis di hari sabtu-minggu, kemane aja lo pas weekend, “

Maka dengan polos saya bilang..

“kadang begaol, kadang tidur, kadang males-malesan aja gak jelas..”

Baiklah kawan , kali ini saya mau jujur, dan bercerita apa adanya, kenapa belakangan ini saya jarang nulis, jarang blog walking,,

#tarik nafas dalam-dalam ..

Menulis adalah hal terpenting dalam hidup saya saat orang-orang bilang tentang passion, maka bagi saya menulis adalah passion saya,,

Terkadang saya mengibaratkan menulis seperti “berhenti sejenak” ya bagi saya menulis  adalah sebuah proses dimana saya berhenti sejenak dari semua kegilaan saya dan kesibukan saya dengan rutinitas yang tak pernah berhenti ini ,,

Berhenti sejenak, kemudian melihat sekeliling, melihat dunia lebih dekat,belajar mengerti banyak hal, Menulis adalah sebuah tempat di mana saya belajar jujur, jujur pada dunia, dan jujur pada diri sendiri, saya selalu berusaha untuk menempatkan hati dan jiwa saya di setiap tulisan-tulisan saya,  dan teguh memegang prinsip “gak akan nulis kalau hati saya gak menginginkannya “

Continue reading

14

Gaji Pertama


Commuter Line,, 13 Maret 2012

Prolog :

Selamat siang semuanya,, gara-gara si mbak ririn bikin postingan tentang draft , jadilah hari ini saya cuma posting apa yang ada di draft,, mau nulis tapi kok bawaanya mau ngeracau gak jelas mulu.. padahal pengen posting,jadi lah kita posting apa yang ada di draft..

Selalu ada kata untuk yang pertama,, termasuk untuk Gaji Pertama, pertanyaan nya adalah apa yang kamu lakukan dengan gaji pertama mu.

Saya pertama kali kerja tanggal 6 september tahun 2006,, pekerjaan ini merupakan hadiah dari ALLAH buat ulang tahun saya yang ke 21,,Dulu ya sempet ngalamin moment-moment susah cari kerja,,  Mabok interview,, Psikotes,, bahkan sampai di moment give up,,

Dan Allah itu sungguh maha adil.. Memberikan yang terbaik untuk umat-Nya,, selalu ada pelangi setelah badai,, kebahagiaan di balik semua perjuangan,, Akhirnya saya di terima di salah satu perusahaan garment di indonesia,,  Disinilah awal karir saya,, dan ini bener-bener yang terbaik,, karena di sini saya belajar banyak hal,,
Belajar secara penuh dunia akuntansi,, kalau dulu saya gak diterima di tempat ini,, saya yakin pastilah sekarang saya gak akan mencapai karir seperti ini,, Jadi kawan sekarang percaya kan,, Kalau Allah itu Maha baik,, Dia selalu menyiapkan rencana terindah untuk umat-Nya

Dulu gaji awal saya itu Rp 1.250.000 angka yang lumayan besar bagi anak seumuran saya,,  Karena saya baru mulai kerja tanggal 6,, maka nilai gaji yang saya terima gak penuh,, dibagi rata,, pembagiannya tuh kaya gini (25/31 X Rp 1.250.000 = 1.080.000) Hari dimana gajian di berikan adalah hari besar yang saya tunggu-tunggu,,rasanya gak sabar,,  Dulu Atm nya kebetulan belum jadi,, gajian di berikan secara tunai,, Siang-siang selepas makan siang,, Saya dipanggil sama chief accounting saya,, di salamin,, dikasih selamat karena udah berhasil melewati bulan pertama saya,,
Dikasih sedikit nasihat,, tentang apa yang harus diperbaiki,,  Setelah itu,, taranggggggggggggg ,, amplop putih itu pun hadir,,,  Si Cici (panggilan chief accounting saya) kasih amplop itu ketangan saya,, sambil bilang

*sekarang kamu nerima uang cuma segini,, percaya sama saya,, suatu hari kelak,, kamu akan nerima..berkali kali lipat lebih besar dari gaji kamu yang sekarang,, kamu punya potensi,, jika kamu pintar dan terus berlatih maka karir kamu akan terus cemerlang,, *
#dan sekarang semua yg di bilang sama cici saya sudah jadi kenyataan,,

Amplop itu saya simpan di tas baik baik,, saya taro di selipan buku,,  dan tahu gak apa yang ada di kepala saya waktu itu,,
Belanja,, hee hee he bener pemirsah,,  Waktu itu pas bulan puasa,, dan saya hanya ingin membagi kebahagiaan itu dengan keluarga saya.. Karena merekalah tempat saya berbagi,, dan mereka yang selama ini setia mendukung saya,,

Pulang kantor,, tempat pertama tujuan saya adalah pasar baru,, Iyaakkk pasar baru yang dijakarta ituh,,,
Saya ke pasar baru mau cari sendal buat si Papa,, sendal papa udah lama rusak,, dan papa gak mau ganti,, alasan nya masih bisa diperbaikin,,
Jadi saya ke pasar baru,, cari sendal yang paling bagus buat papa,, Waktu milih sandal,, saya gak tahuu ukuran kaki Papa,, jadi saya nyamperin bapak-bapak yang lagi belanja,, minjem kaki nya,, buat sampel,,

Selesai beli sandal tujuan berikutnya adalah Matahari,, hee he he saya mau cari baju lebaran buat Papa,, Abang,, sama si bungsu,, Sama dengan memilih sandal,, saya gak hafal ukuran ,, jadi pas milih baju saya juga rusuh minjem badan orang buat ukuran,, badannya,,

Selesai belanja ke Matahari saya pulang naik bis AC 63,, pasar baru-bekasi,, turun di toll barat.. Kemudian belanja sembako di giant hypermart, Saya belanja sembako buat Mama,,beli minyak goreng,, sabun cuci,, sabun mandi,, odol,, semua kebutuhan rumah tangga,,

Hari itu adalah hari paling membahagiakan dalam hidup saya, hari dimana saya merasa berarti,, rasanya masih terbayang dalam ingatan,,
Bagaimana repotnya saya membawa semua belanjaan itu,,
Ekspresi bahagia papa menerima sendal baru saya,, dan tahu gak bowwww,, sendal baru itu sama papa gak dipake,, takut rusak katanya,, sendalnya disimpan papa,, dipakai kalau ada moment penting aja,,
Wajah haru mama,, menerima oleh-oleh sembako,,
Si Abang dan si Bungsu yang sibuk memamerkan baju barunya,,
Hari itu adalah sejarah baru saya,, hari dimana saya merasa berarti,,

Kebahagiaan saya belum berakhir,, karena esok paginya,, saya mengirimkan sebagian dari gaji saya buat nenek dikampung,, tangis bahagia nenek,, doa-doa nenek,, melengkapi semua kebahagiaan saya,,

siangnya,, saya traktir satu divisi makan nasi padang,, sudah jadi tradisi di kantor kami kalau gaji pertama kudu traktir,, berbagi ke bahagiaan kalau kata orang-orang mah,,

Sorenya giliran temen-temen kampus yang minta
Traktir gaji pertama,, ampunnnn dah ampun,, semuanya aja ngerampokin,, tapi dasar saya nya juga yang gak pernah bisa bilang gak,, dan mungkin rasa euphoria gak pernah megang uang banyak juga,, sore itu saya traktir teman-teman kampus makan nasi goreng di tongkrongan kita biasa makan,, ada kebanggaan tersendiri di hati saya,, saat saya bisa ntraktir teman satu kampus,, secara ya biasanya kan saya yang di traktir,,
Kebanggaan tersendiri karena saya telah memulai terlebih dahulu langkah saya di dunia kerja,,

Saat teman-teman saya masih sibuk dengan dunia kuliah,, begaoull kesana kemari,, saya telah merintis langkah itu,, memulai karir saya di dunia kerja  Merintis satu demi satu mimpi saya,,  Dulu saya sempat sedihh saat melihat teman teman sebaya saya sibuk keluar masuk mall,, nonton belanja belanji,, sedangkan saya harus berkutat dengan dunia kerja,, saya merasa kehilangan masa muda saya,,
Tapi sekarang saya bangga,, karena saya ternyata hanya kehilangan sedikit kesenangan berhura-hura,, namun saya membangun tangga mimpi saya,, jauhhh lebih dulu dibanding anak seumuran saya,,

Selalu ada kenangan untuk yang pertama,, karena yang pertama akan memberikan sensasi yang berbeda dalam kehidupan manusia,,

Jujur terkdang saya merindukan moment-moment itu,, moment dimana saya merasakan kebahagiaan yang tiada tara ketika saya menerima hasil jerih payah saya,,  Moment bersyukur dan selalu percaya bahwa semua mimpi itu akan menjadi nyata,,

Nah kawan,, itulah cerita gaji pertama saya,, gimana dengan kalian gaji pertama nya buat apa

Ps : satu minggu setelah gajian,, uang saya habis,, balik minta uang saku lagi sama mama *tepok jidat*
Rincian nya pengeluaran gaji pertama
Gaji Rp 1.080.000
Belanja buat keluarga Rp 500.000
Kirim ke nenek Rp. 300.000
Traktir kantor Rp 100.000
Traktir temen kuliah Rp 100.00
Sisa Rp 80.000
Haaa ahaaa haa ha euforia yang berakhir dengan kata bokekkkkk
Nah kawan jika kamu terima gaji pertama jangan boros kaya saya yak
Bijaklah mengelola uang,,,
Kalau mau traktir2 mbokkk dipikirin juga pengeluaran satu bulan,, malu atuh abis berbangga traktir orang ehhh minta jajan ke Mama..
*pasang muka paling polos*

28

Cara Gue Beda… #pasang wajah polos..


My Office, 09 Mei 2012,,

Selamat Siang Semuanya,,, Apa Kabar,,

Hiks sejak di nyatakan gagal dalam program 1000 kata, sumpah produktivitas menulis saya semakin menurun, ditambah dengan kesibukan yang menggila, semakin parah lah saya dalam menulis..

Padahal ada banyak hal yang ingin di bagi, di ceritakan,, tapi ya itu, gara-gara si kesibukan itu gagal maning..gagal maning.. menulis adalah penyeimbang  kehidupan saya, dan ketika aktivitas itu terhenti karena seribu satu alasan, rasanya ada yang kurang,  ada yang salah.. terkadang saya menuliskan kepingan tulisan itu di twitter, dengan niat kalau ada waktu bisa di posting , tapi lagi-lagi moodnya gak dapet.. #di gaplokk massa

Setiap manusia punya cara sendiri untuk bersenang-senang, memaknai hidup , dan kemarin salah satu teman mengeluarkan statement yang lumayan bikin kuping panas.. kata si teman..

Lo tuh cewek paling aneh yang pernah gw kenal,,gak suka dandan, gak suka belanja , gak suka ke mall, entah bagaimana cara lo memaknai hidup kalau semua hal yang berhubungan dengan cewek normal lo gak suka , you are so weird my dear..

ha…..ha….ha…ha.., saya cuma mesem-mesem dengernya,, dan kemudian berpikir,, emang ketika lo tidak bersikap seperti cewek kebanyakan, maka itu akan dianggap aneh dan beda dari orang kebanyakan..

Saya gak suka sama acara dandan, atau rusuh berpikir mengenai baju apa yang akan saya pakai,,entahlah tapi dimata saya dandan dengan semua pernak pernik itu , gak tahu kenapa ngerasa kaya pakai topeng aja,, dan jadi aneh,, walaupun sekarang udah pakai jilbab pun, jilbab nya gak diapa-apain , simple , padat , berisi itu gaya gw..

Saya gak suka sama aktivitas rusuh belanja sana sini , kalau ke mall, atau pergi ke tempat belanja saat orang lain mau beli baju satu aja, satu mall di kiterin,, maka saya mah cukup masuk ke satu toko, pilih baju, udah abis itu selesai, gak akan makan waktu lebih dari 30 menit,,

Saya juga bukan pecinta mall, gak ngerti aja apa sih enaknya masuk mall, keluar masuk tempat belanja, mantengin manusia dengan sisi hedonisnya,, kalau pun saya ke mall, tujuannya jelas, nonton bioskop , toko buku, atau cari makan,, udah itu aja gak pake muter-muter gak jelas,,daripada di suruh keluar masuk mall saya lebih suka nongkrong di pasar-pasar tradisional menikmati interaksi sosial,,kepolosan dan kejujuran rakyat jelata.. #bahasa gw keren yee cyinn

Setiap manusia punya cara sendiri untuk menikmati hidup , refreshing, atau apapun itu ,, dan mungkin cara saya berbeda dari kebanyakan orang,, saat lelah , bosan dan ingin menenangkan diri maka yang saya lakukan adalah..

A) Nonton  Bioskop..

Saya paling suka nonton di Bl**Tz, tempatnya luas, sound sytem nya bagus, dingin ,dan sepiiiii he…he..he. saya paling suka nonton midnight, karena lebih privasi nya lebih berasa,,

Selalu ada cerita yang bisa di ambil dari setiap film yang saya tonton, entah itu cerita haru, menyebalkan atau sekedar ketawa ketiwi gak jelas,, kadang kalau sempet saya bikin reviewnya,, kalau gak ya udin terlupa gitu aja.. 

B) Baca Novel,,

Membaca,, itu selalu menyenangkan karena dengan membaca saya bisa menemukan banyak pemahaman baru tentang kehidupan, cerita tentang bagaimana seseorang menemukan jati dirinya..

Membaca akan mengajak kita untuk berimajinasi,membayangkan tentang apa dan bagaimana yang di lakukan oleh si tokoh dalam cerita itu,, saya paling suka sama novelnya Tere Liye, Andrea Hirata, atau apapun itu yang bercerita tentang hidup ,,tentang anak-anak dan bagaimana kita meraih mimpi ..

C) Mengamati Sekitar kemudian Menuliskannya..

Untuk dua hal diatas, itu membutuhkan waktu, biaya dan gak setiap saat bisa di lakukan,, maka untuk hal yang satu ini bisa dilakukan kapan saja,, dan dimana saja..

Yup mengamati sekitar dan kemudian menuliskannya,, itu amat sangat menyenangkan,, terkadang dalam setiap perjalanan saya,aktivitas-aktivitas sosial, itu selalu menyenangkan untuk di amati,,

Wajah-wajah haru saat menerima gaji, anak -anak yang bersemangat pergi sekolah dengan prasarana yang tidak memadai,, seorang ayah yang mengantarkan anaknya ke sekolah dengan sepeda ontelnya,, bahkan seorang ibu yang sedang ngomel panjang lebar sama anak nya karena si anak tidak mau berankat sekolah..

Bagi saya itu semua amat menenangkan,mengamati dan kemudian menuliskannya itu adalah refreshing diri yang menyenangkan,

Buat kamu yang selalu underestimate sama kegiatan menulis percaya deh sama saya menulis itu selalu menyenangkan,, semua orang bisa bercerita ,bisa berkicau di facebook ataupun twitter,, tapi gak semua orang bisa menulis , bisa bercerita..

Setiap orang punya cara tersendiri buat refreshing , dan gak ada satu pun cara yang salah, selama itu tidak menganggu hajat hidup orang bajak , gak perlu dianggap aneh kan..