Gallery
16

Pelecehann Seksual,, ada di sekitar kita #1000 Kata Eps 4


My office 24 Februari 2012

Pagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii udah masuk episode 4, episode 3 udah saya tulis,,tapi gak di publish,, mood nya gak dapet,, tapi saya lagi mau cerita tentang sesuatu yang selama ini bikin saya geregetan..dan mungkin semua orang pernah mengalaminya.. terutama wanita ya.. kalau bahasa saya gak lulus sensor,,maaf yee pemirsah.

PELECEHAN Seksual,, menurut kalian apa sih definisinya,, dan kapan kita bisa bilang kita mengalaminya… saya bertanya pada beberapa teman tentang kapan kita bisa di bilang mengalami pelecehan..

Teman Pertama : Tergantung nyong,, yang ngelecehin ,,cakep apa jelek,, kalau cakep mah anggep aja rejeki,,kalau jelek baru itu pelecehan,,

Teman Kedua      : Kita bisa bilang itu pelecehan ketika kita tidak menginginkannya,, istilah kata gak nikmatin ataupun kepaksa,, baru itu di bilang pelecehan..kalau nikmatin mah itu namanya suka sama suka..

Si Emak      : Pelecehan adalah merendahkan potensi orang lain, melecehkan,ataupun menghina..

Wikipedia :Pelecehan seksual adalah perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang tidak diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks.

Nah itu tadi kan teman saya perempuan semua yang ngomong, nah saya juga nanya ke teman yang laki-laki , supaya adil,

Laki Laki pertama : pelecehan seksual itu adalah, nempel-nempelin barang, pura-pura megang, ngeliatin dada, ngeliatin paha perempuan..

Laki laki kedua     : ya semua tergantung niat,, walaupun gak diapa-apain, Cuma di liatian aja tapi otaknya berimajinasi ya itu ngelecehin juga namanya

Laki laki ketiga     : kalau ada kesempatan,,misalnya nih ya, di bis,,ada cewek pakaiannya seksi banget,, atas bawah ke buka ya wajar lah kalau gw nya mikir macem-macem

Tapi semua laki-laki yang saya temui sepakat bilang.. “kita gak bakal kaya gitu,,kalau gak di godain neng,, lah wong si wanitanya pake baju seksi bener,,ya kita anggap rezeki lah.. “ itu tadi kan definisi ya, mungkin masih sara saru ,,sekrang mari kita bahas,, apa sih yang bisa di kategorikan,,sebagai pelecehan seksual.

  1. Memegang bagian sensitif wanita,,hadehh bahasa gw,,, ya misalnya Paha,,Perut,,Pinggul, Pantat,, Payudara,, RAMAH “Rajin Menjamah ” kalau cuma gak sengaja dan sesekali tanganya nempel,, mungkin gak sengaja ya,,tapi kalau nempel dan kemudian menggerayangi,, itu kurang ajar.
  2. Ngajak ngomong ke kiri terus atau becandaan bokep,, padahal si perempuan juga udah nunjukin kalau gak suka , tapi tetep aja di sodorin cerita selangkangan mulu ,,
  3. Secara Sengaja menggesek-gesekkan “itunya” biasanya ini di keramaian.. di bus, di kereta,

Itu baru contoh kecil, dari tindakan pelecehan yang biasa di alamin wanita masih banyak,nah pertanyaan berikutnya adalah, ” Kapan kita bisa komplain dan ngebedain kalau kita sedang jadi korban pelecehan,, karena kan kadang si pelaku suka ngelak,, “

kasus yang pertama,, gimana kalau kita ketemu sama orang yang suka menjamah,, kapan kita bisa bedain itu jamahan nya pake nafsu,,atau jamahan emang sebagai teman..

*Tarikk nafas dalam-dalam* ini termasuk bagian yang sulit,, dan kadang definisi pelecehan itu  bersifat relatif..

Satu hal yang harus kita lakukan sebagai perempuan adalah mempertajam intuisi bisa kan ngebedain mana yang megang pake nafsu,,mana yang gak,, biasanya ada semacam feeling gak nyaman,, ataupun perasaan lain,, ketika kita di jamah dan si pelakunya pakai nafsu,,kita sebagai perempuan juga harus curiga,, ketika si teman atau siapapun itu megang-megang tapi dengan muka aneh,,pasti ada yang salah . dan gak bener,,

terkadang yang melakukan ini adalah orang-orang terdekat,, mereka yang dalam kehidupan sehari hari ada disekitar kita,, saran saya,,sekali dua kali mungkin lah ya gak sengaja,,tapi kalau udah tiga kali itu namanya kurang ajar,, tegor langsung aja, bilang kalau gak suka,, dan gak terima sama perlakuannya,, kalau gak berani ngomong ya jauhin aja,, dilema memang ketika kita bilang ” gw gak suka sama perlakuan lo.. yang rajin menjamah gini “ karena si tersangka bisa ngelak ” alahh ini mah lebay lo aja,,lagi kan kita temen,” minta di gampar kan tersangkanya jelas-jelas dia yang salah tapi masih aja bela diri,,

Kalau gak berani ngomong ya sebisa mungkin hindari kontak fisik langsung,,jangan mau diajak pergi berduaan,, dan kalau duduk jauh-jauhan aja ya neng…

Kasus yang kedua, obrolan yang gak jauh jauh dari selangkangan ..

Ini juga ada di ranah abu-abu,, karena sebagian dari laki-laki itu emang otaknya kesana semua,, nanti kalau complain di bilang sok suci,,dibiarin juga gondok dan lagi-lagi biasanya pelakunya adalah orang-orang terdekat kita,, kalau obrolannya masih jarang-jarang, mungkin kita masih bisa anggap biasa,,tapi kalau tiap menit,,tiap detik,,tiap ketemu yang dibahas selangkangan terus,,itu otaknya emang kotor,,

Solusinya sama kaya yang pertama,,ngomong langsung kalau gak suka,,atau jangan di ladenin lama-lama juga bosan tapi bisa juga dia melakukan itu karena ada kepuasan sendiri setiap ngeliat kita salting kalau udah menyangkut kesana,,

kalau ini yang terjadi tantangin balik aja.. “ tanya lagi,,emang gitu ya,,terus kalau udah gitu gimana,, ” pancing terus,, lama –lama si tersangka pasti jengak sendiri dan ngerasa gak enak karena kita lebih canggih dari dia,, (*saya pernah pake cara ini soalnya ) kalau dua cara tadi gak mempan ..menjauh aja,, hindari komunikasi,,dan bicara seperlunya..

Kasus yang ketiga,, yang biasa terjadi di keramaian..

Ini solusinya gampang,,karena gak perlu menyakiti hati orang yang kita kenal,, kalau naik bis atau kereta usahakan cari pojokan, tempat yang kamu gak bisa di gesek-gesek,, kalau emang terpaksa di tengah,, berdirilah diantara perempuan..dan lihat selalu siapa yang ada di belakang kamu,, bedakan ya mana yang emang sengaja ngegesek-in mana yang emang kegencet-gencet karena kereta nya padet,,

Kalau kamu ngerasa gak nyaman,,tegor langsung orangnya..atau kalau gak berani,, sikut aja pake tangan “itunya” gampar kalau perlu orangnya kalau keterlaluan..jangan takut,, di tempat umum kalau perempuan udah teriak pasti di belain..

SPEAK UP Ladiess,,jangan takut, ketika pelecehan itu terjadi,,jangan di pendam, ceritakan ke orang terdekat,, karena kalau kamu aja yang nahan beban itu solusi gak akan pernah datang,, ketika kita sudah membagi sama orang lain ..Insya ALLAH teman –teman pasti akan bantu,, paling gak saling melindungi dan menjaga,,siapa tahu si teman juga bantu ngegebukin orang yang rese itu.. :D :D :D:

SPEAK UP Ladiees,, terkadang pelakunya terus melecehkan karena si korban juga gak pernah complain, jadi dia menganggap semua hal itu wajar-wajar aja dan bisa di maafkan , jadi gak ada salahnya kamu ngomong,,tapi ngomong baik-baik dan bilang kalau kamu gak suka,,

Terkadang PELECEHAN itu terjadi karena si perempuan yang menggoda,, jadi ya kalau bisa nich,,pakaiannya di jaga aja,, jangan yang mengumbar,, si dada kalau bisa gak usah lah itu belahan dadanya keliatan, kucing mana sih yang kalau di kasih tulang kagak di makan,