Kertas Bekas..dibuang sayang..mending dipakai lagi atau


my office room.(*13:00, sebelum kembali ke rutinitas kantor..

Senin oh senin…selalu ada air mata di hari senin..he…he…he..(*lebay mode on )tenang..tenang..tulisan saya kali ini tidak akan bercerita tentang hari senin yang selalu membosankan dan hari tersibuk di dunia..(^_^)

sudah hampir sebulan saya menjadi blogger he…he…he..mungkin juga saya belum pantes disebut blogger, tetapi saya suka sama dunia ini..saya bisa berkomunikasi dengan banyak orang..membaca banyak artikel, dan menemukan hal-hal baru selain dunia saya..

perjalanan saya di dunia maya,membuat saya berkenalan dengan seorang penjaga bumi saya banyak tahu tentang kerusakan alam dan semua hal tentang bagaimana caranya kita menjaga alam

banyak hal yang saya tidak mengerti tentang menjaga alam..mungkin karena ilmu yang saya dalami selama ini bukan lah tentang alam..,saya terakhir kali belajar biologi dan alam saat saya masih memakai seragam putih biru., saya dididik untuk memahami ekonomi, melihat segala sesuatu dari hal besar, beda dengan mereka yang memang dididik untuk mencintai alam dan melihat sesuatu dari hal kecil untuk menghasilkan sesuatu yang besar

saya ingin ikut menjaga bumi seperti yang dilakukan oleh orang-orang lain..dimulai dari diri kita sendiri, baru mengajak orang lain..walaupun saya tidak mengerti semua hal tentang kerusakan itu,.zat-zat apa saja yang merusak bumi (*pengetahuan saya amat buruk mengenai hal ini..😀

a

Kertas Bekas,..selama ini kita sering mengabaikan kehadirannya, mungkin juga bagi kita yang orang kantoran, kertas bekas pada akhirnya akan hancur di destroyer atau akan menjadi tatakan pada saat makan agar tidak mengotori meja (^_^)

dikantor saya amat sangat jarang orang yang mau menggunakan kertas bekas,dengan alasan “ribet harus ganti kertasnya di mesin printer”,”gak enak lihat tulisan yang dibaliknya ada isinya” atau “kaya kita ngak mampu beli kertas baru aja, udah pake yang baru aja”

padahal jika kita melihat kegunaan dari kertas bekas dan berapa banyak uang yang kita hemat pada pengunaan kertas bekas..mungkin semua orang akan tertarik menggunakan kertas bekas dikantor

  1. 1 rim kertas Rp 31.000, untuk satu divisi seperti divisi keuangan setiap bulan menghabiskan kira-kira 2 rim kertas Rp 61.000 yang satu tahun berarti Rp 732.0000, jika menggunakan kertas bekas maka kita dapat menghemat penggunaan kertas menjadi 1 rim sehingga 1 tahun bisa menghemat sebanyak Rp 366.000. ini baru perhitungan untuk satu divisi ,dalam satu perusahan tentu ada banyak divisi , sehingga kita bisa menghemat lebih banyak kertas dan lebih banyak uang pasti nya..(^_^)
  2. kertas bekas yang sudah tidak terpakai,dan juga kertas-kertas lainnya, misalnya koran bekas juga dapat dijual kembali, harga satu kilo koran adalah Rp 3.000, biasanya satu kantor akan berlangganan 4 macam majalah atau koran lokal setiap harinya, dan semua itu pada akhirnya hanya akan ditumpuk di gudang atau dibuang di tong sampah, alangkah baiknya jika semua sampah kertas itu dijual, lumayan bisa menambah uang jajan, (*yah paling tidak uang hasil penjualan koran bekas itu bisa dipakai untuk jajanan cemilan di sore hari😀 )
  3. masih banyak keuntungan lain dari pengunaan kertas bekas selain keuntungan dari nilai ekonomi, penggunaan kertas bekas  akan membantu kita menyelamatkan bumi, mengurangi penebangan pohon, melakukan sedikit hal kecil untuk bumi yang selama ini kita tempati..

mungkin sekarang ada diantara para pembaca yang menyampaikan argumen “iya kalau laporan nya hanya untuk lingkungan kantor, mungkin masih bisa pakai kertas bekas,kalau untuk lapor pajak atau laporan eksternal gimana, gak mungkin kan pakai kertas bekas” he…he…he.. (^_^) ehm..tenang aja..untuk laporan eksternal kita tetap pakai kertas baru, tapi kalau misalnya laporan itu harus dikoreksi lagi, atau hanya buat preview sebelum di publish pake kertas bekas aja dulu…(^_^)

menjaga bumi mulai dari diri kita sendiri, jika setiap hari kita bisa menghemat pengunaan kertas minimal 5 lembar saja, satu bulan akan menjadi sebanyak 100 lembar,satu tahun 1.200 lembar(*hitungnya 20 hari kerja ya)

25 thoughts on “Kertas Bekas..dibuang sayang..mending dipakai lagi atau

  1. Hehe… jadi haus liat jus pisang di blog ini. Kalau soal kertas bekas, saya setuju banget kalau kertas bekas harus dipakai semaksimal mungkin. Saya sering memakai kertas bekas kalender buat kertas coretan. Kalau fotocopy juga lebih suka bolak-balik. Jadi ngga makan banyak kertas.

    • he…e..he..he..
      hai grace..(^_^)
      thank you for coming ya..
      iya lagi pengen ganti thema(^_^)
      iya bener banget…kita harus maksimalkan pengunaan kertas bekas,..
      untuk memo atau mencatat jadwal kerja saya juga pake kertas bekas…

  2. hai..hhai..hai..
    iyah.. gatel deh kadang kalau harus ngeprint pake kertas baru. alhamdulillah, belakangan ini aku udah mulai ngeprint pake kertas lama. dan ada beberapa orang yang gak keberatan nerima dokumen dari ku kalo pake kertas bekas…

  3. Ini adalah paradigma Keberlanjutan.

    Tanpa adanya sistem alam/ lingkungan yang berfungsi dengan baik, maka semuanya akan kolaps.
    Tanpa adanya sistem ekonomi yang berfungsi dengan baik, maka masyarakat sulit mencapai kesejahteraan.
    Tanpa adanya sistem sosial yang berfungsi dengan baik, maka manusia tidak bisa berkembang.

    maka, ketiga elemen tersebut harus bisa berdiri bersama, tidak berat sebelah dan pastinya seimbang agar kita bisa mendapatkan kualitas hidup yang baik.

    dan Setiap orang mempunyai peranannya masing-masing.

    • penyelamat bumi..
      ehm..semuanya saling berhubungan
      semuanya saling bertautan..
      tapi pendidikan kita membuat semuanya saling mengabaikan…
      nah sekarang mari kita lihat semuanya lebih dekat dengan kacamata kita masing-masing…
      seperti saya…
      melihat dari kacamata ekonomi..
      menjaga bumi dengan “prinsip ekonomi”
      (^_^)

      • maksud aku…

        meskipun kamu adalah keluaran ekonomi, tapi kamu juga punya peranan penting untuk menciptakan keseimbangan tersebut.

      • baiklah….(^_^)
        aku akan melakukannya…

        tapi aku masih gak ngerti…gimana caranya??
        menjaga alam dengan cara hidup hemat dan efisien..
        pakai prinsip ekonomi..

        begitu bukan…(^_^)

  4. Assalamualaikum…
    Sailoormoon sang penyelamat bumi beraksi kembali…btw,,dah bisa main internet lagi nih…ITnya dah selesai cuti…^_^!
    klo masalah kertas bekas ini memang pekerjaan yang gampang2 susah…karena ada yang mau menerima saran kita tapi juga ada yang tidak menerima,,malah kadang2 ada yang bilang kan bukan duit kita ini yang buat beli kertas…yang ngomong begini ini yang repot put,,tapi setidaknya kita harus memulai dari diri kita sendiri, sok banget gw ya..secara gw gak pernah pake kertas bekas,,,karena lap. langsung jadi…
    tetaplah menjadi penyelamat bumi ya put…
    Till The End…

    • Walaikum Salam…
      pak polisi…kamu kembali…(^_^)
      akhirnya punya temen main lagi….
      asyik..asyik..asyik….(*jingkrak2an seneng…)
      iya…tuch kan..pak polisi payah….(^_^)
      ini nich tipikal bagian keuangan..
      males ganti kertas printer…
      besok-bsok pake kertas bekas ya…
      nanti dipecat jadi polisi..(^_^)
      bukan penyelamat bumi pak polisi…
      tapi…penjaga bulan..kan sailormoon..

  5. Buat apa di buang mending di buat kreasi atau kreatifitas mungkin saja bisa dijual dan uangnya bisa membantu fakir miskin dan orang tidak mampu. Artikel yang menarik sekali, semoga sukses selalu dan saya tunggu kunjungan anda di website saya.thx

  6. saya masih kuliah, jadi biasanya kalau mau ngumpul tugas atau konsultasi sama dosen tentang tugas masih pakai softcopy,tinggal bawa flashdisk atau gak bawa laptop terus langsung tunjukkin sama dosennya.. ^_^

    infonya bermanfaat banget lumayan nanti bisa dipakai kalau udah kerja… ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s