bukit tinggi..kota kuliner…


desa ku tercinta,17 juli 19:00

acara wisata kuliner dimulai dengan membuka pagi hari dengan “dua butir telur separo matang” yang dimasak oleh nenek saya.,,ehm yummy,,dua butir telur setengah matang dengan kuning yang kental ditengah dinikmati dengan segelas es teh manis (^_^) setelah dua butir telur setengah matang salah satu dari saudara papa yang punya usaha jual penganan pagi hari mengantarkan jajanan di pagi hari biasanya terdiri dari “1 butir roti goreng dan 1 buah pinungkuik..”(*bahasa padangnya begitu , bahasa jakarta nya gak tahu..) selesai sarapan yang lumayan bikin kenyang acara dilanjutkan dengan nganterin nenek ke “pakan” pakan itu adalah semacam pasar yang hanya ada dua kali seminggu yaitu hari minggu dan kamis, hal yang paling saya suka dari kepakan adalah, pakan adalah pusat dari semua pergosipan yang ada dikampung ini,gosip dari seluruh kampung akan berpusat dan mulai menyebar di tempat ini..(*keren kan, infotainment mah kalah ..(^_^)

SANY0828

dipakan nenek biasanya berbelanja kebutuhan sehari-hari dan wisata kuliner yang saya suka disini adalah “ketupat kapau” satu bungkus ketupat yang dibungkus dengan daun pisang, ditambah gulai kapau, bihun dan juga sayur-sayuran mentah dan kuah kacang (*mungkin kalau dijakarta seperti sayur gado-gado  )

dan acara wisata ke bukit tinggi pun dimulai dengan makan “pical sikai” di ngarai sianok , pical sikai adalah sejenis lotek, yang diberi lontong dan jantung pisang, kuahnya terdiri dari kuah nangka dan bumbu kacang..(^_^) lumayan, biasanya setelah makan pical sikai acara ditutup dengan satu porsi lemang plus ketan hitam yummy…(^_^)

SANY0881

setelah makan pical sikai di ngarai sianok ,saya pun pergi ke  pasar bukit tinggi dan berbelanja oleh-oleh di pasar atas dan pasar bawah dan dilanjutkan dengan makan “nasi kapau” hampir sama dengan nasi padang pada umumnya, tetapi semua makanan disajikan terhampar dengan panci-panci yang besar mulai dari rendang, tambumsu(*bahasa betawinya usus sapi) ,dendeng, gulai nangka,gulai ikan dan masih banyak makanan yang menggugah selera anda disajikan dengan nikmatnya, sejarah kata “kapau” berasal dari nama daerah yang bernama “kapau” katanya hanya orang-orang dari desa kapau yang bisa berjualan nasi kapau..(^_^), yang menyenangkan pada saat makan nasi kapau adalah para pengamen yang menyanyikan lagu padang, lumayan lah buat hiburan (^_^)

sebelumnya jangan kaget ya kalau selera makan saya lumayan gila, maklumlah di jakarta kan jarang ada makanan ini ,makanya hajar bleh..(^_^) naga-naga di perut saya dengan senang hati memangsa semua hidangan nikmat ini ..(^_^) setelah makan nasi kapau, saya beristirahat di jam gadang sambil foto-foto sejenak, sambil foto-foto saya menikmati cemilan kecil yaitu “cendol ketan durian” semacam cendol yang disajikan dengan es, ketan serta durian, lumayan buat cemilan, setelah cendol durian saya melanjutkan cemilan dengan membeli “pisang bakar” pisang yang dibakar dengan cara di pipihkan terlebih dahulu, kemudian di olesi kelapa, dan cemilan nya ditutup dengan menyantap “pensi” kerang dari danau maninjau yang lumayan lah buat cemilan, ngemil di jam gadang sambil foto-foto asoy cuy..(^_^)

acara wisata kuliner di bukit tinggi ditutup dengan makan nasi goreng “tek minah” nasi goreng khas padang, rasanya beda dari nasi goreng jakarta, sedikit pedas, disajikan dengan acar, dan telur mata sapi, bagi anda yang bosan dengan nasi goreng, dapat mencoba soto khas padang ataupun mie tahu, rasanya amboy cuy..(^_^)

SANY0917

bukit tinggi adalah kota wisata, kota kuliner dan kota yang tenang serta damai, berlibur di kampung halaman adalah saat yang paling menyenangkan untuk bermeditasi, menyepi dan melupakan rutinitas jakarta..

libur telah usai..dan esok adalah waktunya kembali ke rutinitas jakarta, waktunya kembali kerja keras, waktunya kembali berjuang…

SEMANGAT!!!!!

Keep Fighting Till The End!!!!!!

39 thoughts on “bukit tinggi..kota kuliner…

  1. Salam keindahan buatmu MyLitleUsagi

    Wah… apa nggak pernah kenyang ya. Asyik makan dan makan aja. Dah namanya wisata kuliner, pasti acaranya makan aja dong… hehehe. memang kaya perut naga tu kawan.. Kamu nampak kurus aja, tapi makannya kuat.. apa nggak pernah gemok ? maaf… suka dengan bicaramu… menyenangkan Indah. Indah suka dengan tulisan2mu yang mesra dan membuat Indah kerasa melalui wisata itu bersamamu.. Bukit Tinggi itu di Bandung ya ? Salam manis buatmu dari Indahkasihku.

    • he….he…he…he..
      telur setengah matang itu enak..
      ehm..ada lagi teh telor..
      telor mentah yang diaduk pake susu dan teh..(*tambahin madu lebih enak…

      he..he..he..ayo kita jalan..jalan..(^_^)

    • ho..ho..ho..ado da..carito lain da..
      wisata di bukit tinggi..jalan-jalan lah di rumah awak ko..
      masih banyak carito tentang bukittinggi..
      tanang da..next destination..
      awak jalan-jalan ka talu tu..(^_^)

  2. yaa amppunnn… usagi, kelihatannya sangat langsing dan bikin ngiri ibu ibu kayak saya🙂 tapi kok makannya banyak amat ya :)))

    enak banget… jalan2 n kuliner teruss :))

    • ha…ha..ha..ha..ha..ha
      inyiak….ayo kita wisata kuliner sama-sama..

      iya fotonya sampe miring-miring..
      soalnya gak ada yang mau ambilin fotonya..
      jdi ambil sendiri…orang-orang lagi pada sibuk…

      ho…ho..ho…
      sarapan dulu nyiak..
      have a nice weekend..

  3. Nduk, waktu sekolah pasti kamu mbayar sekolahnya pakai nasi kapau deh. Kan waktu pelajaran SD disebutkan bahwa nama diri, nama kota, gunung, danau, kepala,pundak,lutut kaki..lutut kaki… diawali dengan huruf besar. Lha, kok nduk nulis bukittinggi sih….

    coba di hapus pake jung rok trus diperbaiki yaaaaa
    tak bilangin nakjadimande lhooo…..

    wah makanan enak2 dan pemandangan juga elok2. jadi pengin ke BT deh…nabung dulu….
    salam hangat dari Surabaya

    usagi says…

    he…he..he…he..he..sumpah langsung ketawa dan ngerasa malu pas baca comment pak de jadi inget sama kapten di kantor yang suka protes kalau saya salah tulis huruf besar huruf kecil…he…he..he..
    jadi malu..(*mukanya merah….

    baik bos..aku perbaiki…5 menit lagi yak…

    salam hangat dari pejompongan…

  4. Ondeh maaak… takana kampuang awak jadinyo.. hahaha…😀

    Kuliner Bukittinggi memang sulit dicari tandingannya. Sudah banyak kota yang saya jelajahi, tapi tetap kuliner bukittinggi yang paling paten..😀

    Halo Uni Usagi, apa kabar?

    • halo uda vison…(^_^)

      mo kasih yo sudah berkunjung ke rumah saya..(^_^)

      yup..kuliner di Bukittinggi adalah yang paling hebat dan gak ada tandingannya..
      he…he…he..apalagi nasi kapaunya.:D

      kabar baik uda,uda apa kabar…

  5. Pingback: NINE FROM THE GIRLS #2 | The Ordinary Trainer writes …

  6. setuju sam om trainer dan prima (padahal kalo ga dikasih tau si om trainer juga ga ngeh :D),,
    kurang lengkap usagi,, mundur ka Koto Baru Padang Panjang snek wisatanyo, Bika si Mariana:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s