Hari Pertama Kuliah


bekesong city..29 Agustus 2010 21:06

besok adalah hari pertama sepupu saya galeb memulai kuliahnya, setelah 12 tahun menempuh pendidikan di sebuah institusi bernama sekolah, tulisan ini saya dedikasikan untuk sepupu saya galeb

gelar Mahasiswa saya dapatkan pada September 2003, di Universitas Persada Indonesia YAI jurusan Akuntansi, saya memilih akuntansi, karena saya menyukai pelajaran ini, akuntansi mengajarkan saya akan ketelitian,ketekunan,dan kejujuran pastinya, jika menyelesaikan suatu masalah dan gak balance artinya adalah mulai lagi dari awal..๐Ÿ™‚

saya sangat excited, rasanya campur aduk, seneng, takut,penasaran,gak sabar  โ€œMAHASISWAโ€ tahapan baru dalam hidup saya, langkah baru, dan rasanya ada banyak mimpi dan cerita yang saya akan hadapi

โ€œMAHASISWAโ€ saat itu yang ada di kepala saya adalah ,

  • uang jajan naek dari Rp 10.000 jadi 12.500 perhari
  • pake baju bebas, gak perlu pake seragam lagi
  • bisa pake sepatu bebas gak perlu pake sepatu warna hitam,kaos kaki setinggi lutut
  • bebas dari semua atribut dasi,topi,buku yang harus disampul warna coklat.
  • menjadi MAHASISWA adalah kebanggan tersendiri, karena gak semua orang beruntung bisa menikmati bangku kuliah,banyak teman-teman sebaya saya yang hanya melanjutkan sampai bangku SMEA, dan saya masih diberi kesempatan untuk merasakan indahnya menjadi MAHASISWA

hari pertama kuliah saya adalah hari senin tanggal 8 September 2003,

dari malam hari saya sudah menyiapkan semuanya dengan baik , tas selempang baru warna hitam,tempat pensil yang bersi  pinsil mekanik,pulpen hitam,dan stabilo warna warni, binder file, dan kartu hadir kuliah yang sudah ditempel foto 3 X 4,

saya heboh sendiri malam itu bilang sama mama

mah aku sekarang udah mahasiswa, jangan di omel-omelin lagi ya, Mahasiswa tuch artinya udah gede, udah dewasa, jadi iโ€™m not litle girl anymore ok mam๐Ÿ™‚

mama yang dengar itu cuma geleng..geleng kepala gak koment apapunโ€ฆ

mamer sama si bungsu dan siabang.,

gw udah beli baju baru,buat hari pertama kuliah gw besok ,besok gw jadi MAHASISWA coy, jadi bungsu, kamu harus lebih nurut ya, gak boleh ngelawan ama yang tuaan, dan abang juga udah gak boleh iseng lagi, aku udah jadi MAHASISWA bukan anak kecil lagi, ok cuy..๐Ÿ™‚

mereka berdua cuma nyegir dan bilangโ€ฆ NORAK!!!!!

abis itu ngedeketin si papa dan bilang

pah aku besok udah mulai kuliah,artinya aku udah gede, belajarnya beda gak kaya di SMEA,aku mau belajar yang rajin, dapat nilai bagus, lulus dengan IPK terbaik, kerja di tempat terbaik dan bikin bangga papa.,

dan papa seperti biasa tak bersuara,hanya tersenyum โ€ฆ.๐Ÿ™‚

karena ini adalah hari yang istimewa, pagi hari saya bangun tanpa aktivitas heboh seperti biasa,berangkat pagi ke kampus,pakai baju baru yang sengaja saya beli untuk hari pertama kuliah, kemeja garis-garis warna merah

mata pelajaran pertama adalah โ€œPengantar Bisnisโ€ di ruang 305 ruang 305 artinya ruangan tersebut ada di lantai 3 ruangan no 5, waktu belajar saya adalah  jam 7:50 s/d 10:20

saya sampai di kampus jam 7:30,memulai aktivitas di kelas dengan jurus Sok Kenal Sok Deket (SKSD) sama teman-teman baru, diawali dengan pertanyaan,, โ€œnamanya siapa? dari SMA mana? oh ya,saya selalu memilih duduk di bangku paling depan, agar lebih mudah menyimak apa yang disampaikan oleh sang dosen

Jam 8:00 sang dosen memasuki ruangan kelas, dosennya ternyata perempuan namanya ibu Novirita, cantik dan cukup jelas menjelaskan, mengawali kelas dengan memperkenalkan diri dan kemudian meminta kami memperkenalkan diri masing-masing.,

hari pertama yang menyenangkan, dan dosen yang menyenangkan ternyata oh ternyata jadwal belajar di kampus ternyata berbeda dengan belajar di SMEA, jam 9:15 dosen sudah mengakhiri pelajarannya, saya memberanikan diri bertanya

Bu kita sudah selesai ya, belajarnya, di jadwal kan harusnya kita selesai jam 10:20 ini baru jam 9:15 berarti masih ada satu jam lagi kan bu??

si ibu yang cukup kaget hanya tersenyum dan kemudia menjawab

Saya suka dengan pertanyaan kamu, tapi saya harus menjelaskan satu hal, kalau sekarang kalian sedang berada di bangku yang bernama kuliah, kampus bukan sekolah, jadi kalian tidak perlu terpaku dengan jadwal, tugas saya hanya menjelaskan dan mengarahkan tanpa perlu terpaku dengan waktu, kalian masih bisa belajar dari buku, jurnal-jurnal internet dan sumber-sumber lain , jadi biasakan ya,dengan dosen yang mengajar tidak sesuai jadwal.

saya hanya tersenyum dan mencoba untuk beradaptasi dengan dunia baru yang sedang saya hadapi,

itulah kenangan pertama saya di hari pertama kuliah, hari pertama jadi MAHASISWA,Alhamdulillah detik ini saya bisa menepati janji saya pada papa belajar yang rajin,lulus dengan IPK terbaik,dan bekerja di tempat terbaik, ๐Ÿ™‚

bagaimana dengan kalian, gimana punya kenangan pertama jadi mahasiswa juga..๐Ÿ™‚

selalu ada kata untuk yang pertama๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

 

44 thoughts on “Hari Pertama Kuliah

  1. hari pertama kuliah emang ngak kalah seru, waktu itu abis kuliah rame-rame bareng kakak kelas kita pergi nonton bareng dan jam 6 baru nyampe rumah. walau badan capek tapi hati senang๐Ÿ˜€

  2. hari pertama kuliah adalah hari menyenangkan bagi mahasiswa baru … kenapa tidak? hari itu adalah awal perubahan besar dalam hidupnya …
    yang jelas … kalo pertama2 mahasiswa masih rajin datang ngampus, pagi banget dan gak pernah telat … coba liat setelah dua tahun? hehe … itulah yang denuzz rasakan bersama teman2 …

    kita sama, kak … denuzz jga akuntansi …
    nih lagi ngerjain skripsi yang gak kelar2 …
    hehe

    salam akrab dari burung hantu …

  3. Kenangan Pertama Kuliah …
    Saya tidak ingat tanggalnya …
    Namun yang saya ingat adalah … Itu terjadi di tahun 1982
    Sekitar bulan July kalau tidak salah …
    Matrikulasi … cuma ada 2 pelajaran … Matematika dan Kimia …
    Hadoh itu yang namanya Adaptasi … bukan main …
    sampai kepontal-pontal saya …
    Ujian tiap Sabtu …
    Dan saat itu … untuk pertama kali dalam hidup saya …
    Saya dapat Ponten 43 … untuk pelajaran KImia …
    Mau Nangis rasanya …

    Untuk Survive … hehehe

    Salam saya Put Moon …

    (hebat juga kamu masih mencatat tanggal-tanggalnya )

  4. kenangan hari pertama kuliah ya.. hmmm udah lupa gua. haha. udah th 1995 sih… udah lama banget kan (ketauan tua nya)๐Ÿ˜›
    kalah ama om trainer yang th 1982 aja masih inget. hahaha.

    yang gua inget pas awal2 kuliah, ngeliat buku yang isinya mata2 kuliah yang harus diambil per semeseter dari awal sampe lulus, mikirnya duh banyak banget dan lama banget ya… kapan lulusnya ya. huahahaha. eh tau-tau udah lulus aja…๐Ÿ˜›

    gua paling suka ama masa kuliah gua. dibanding sd, smp, sma, walaupun semuanya menyenangkan, tapi masa kuliah adalah yang paling sangat menyenangkan. karena… lebih santai! huahaha. ke kampus bisa pake kaos, dan sandal jepit pula (cuma dosen2 tertentu yang mengharuskan pake sepatu). jadwalnya pun fleksibel. biasa gua ngatur jadwal supaya dapet libur nya lebih banyak. jadi dipadetin ke 4 hari, trus libur 3 hari. kan enak tuh…๐Ÿ˜€
    udah gitu libur semesterannya juga lama. dan pas hari2 kuliah pun rasanya banyakan jalan2nya ke mal ama temen2. menyenangkan banget dah. apalagi pas udah taun2 terakhir pas udah skripsi. asli nyantai abis soalnya udah tinggal dikit kuliahnya kan. asik banget dah…๐Ÿ™‚

    cuma 1 yang bikin stres, yaitu pas masa ujian. diluar itu.. kuliah itu super menyenangkan…๐Ÿ˜€

    btw, salam kenal balik ya…๐Ÿ™‚

    • ha…..ha….ha…ha.
      tahun 1995 ya bang…itu saya masih kelas 5 SD๐Ÿ˜€

      bener banget hal yang paling seru ya itu..
      baju bebas,gak usah pake spatu hitem.bisa pake sendal..
      liburan 2 bulan….
      he….he…he..he..

      kuliah tuch nyenengin…
      yang tidak menyenangkan hanya satu…
      ujian sama skripsi..

      salam kenal kembali..๐Ÿ™‚

  5. hari pertama kuliah…
    hmmm.. sedikit lupa, hehe..
    yg jelas beberapa hari pertama kuliah saya selalu murung, sedih, dan ingat orang tua nun jauh di sana karena itu kali pertama saya jauh dari mereka untuk waktu yg lama

  6. Pertama kuliah? yang jelas saya kaget, karena bagi yang study oriented, bisa tua di kampuss… hahaa… saya enjoy aja, sekaligus nothing spesial.. suasana kompetisi yang ketat sudah saya rasakan sejak SMP,.. jadi sdh ga heran deh..๐Ÿ™‚

    • he………..he……he….he…
      kamu masih kuliah ya say…
      apa sudah lulus…
      seru…pastinya..
      dan ada cerita cintanya….
      saya gak suka persaingan…
      lebih suka biasa-biasa aja…

      • masiiih nyelesaiin nih… sempat cuti setahun krna sakit..๐Ÿ˜ฆ

        saya juga ga suka persaingan tapi takdir meletakkan saya di lingkungan yang persaingannya tumbuh suburrr…:mrgreen:

      • oh ya..sakit apa…๐Ÿ™‚
        yang kamu bilang itu ya…
        sekarang udah sembuh kan..๐Ÿ˜€

        he….he….he….he..saya malah selalu kabur kalau ada acara saing-saingan..
        lebih suka jadi diri sendiri dan menghindari konflik..๐Ÿ˜€

  7. Hari pertama saya kuliah, malah saya ndak kuliah…lha saya baru tau kalok ternyata almamater saya itu punyak banyak kampus..Lha saya nyarik2 ruang kuliah saya di kampus 1..padahal ternyata fakultas saya home-base-nya di kampus 3, jarak dari kampus 1 ke kampus 3 sekitar 5 km….matih!!

  8. pertama kuliah lansung jadi selebritis, soalnya dosen waktu itu manggil saya “MAS”
    lha wong rambut cepak, kaos oblong item, cenala jeans basic belel, plus sepatu kanvas model boots, nentengnya ransel segedhe gaban.. hahahaha
    maklooommm.. dulu belom insap,,๐Ÿ˜›

    jadi langsung terkenal deh, karena mas-masnya,,, ckckck

    salam buat sepupumu ya Iz…๐Ÿ™‚

    • he…..he….he…he..
      tapi biar kata kaya mas…mas…mas..
      pasti senyum si mbak yang satu ini tetap cakep kan…
      tetap manis jelita,…
      foto genic kalau kata orang-orang mah..๐Ÿ˜€
      tapi aku lebih suka jadi cewek tomboy..
      daripada kemayu…
      ha…ha…..ha…..

      mbak kamu mantan paskibra ya….

      ok coy…nanti aku salamin ….๐Ÿ˜€

  9. Hehehehe, benar sekali, selalu ada kata pertama untuk segala sesuatu.๐Ÿ˜€

    Pertama jadi mahasiswa.. itu empat tahun lalu…. Yang saya inget malah waktu sidang penerimaan mahasiswa baru.๐Ÿ˜€ Seru, ketemu pertama kali ama anak2 SMA lain dari berbagai daerah. Kenalan, kumpul-kumpul, sampe akhirnya ketemu ama temen2 sejurusan dan sefakultas.
    Perihal mata kuliah pertama, saya benar2 lupa.๐Ÿ˜† Saya gak terlalu mengingat hal2 yang tidak terlalu penting.:mrgreen:
    Yang pasti, saya akan selalu merindukan dan mengenang masa2 selama menjadi mahasiswa. Begitu indah.๐Ÿ˜ณ

    • ha……ha….ha…..ha….ha. :))
      selalu seru ya untuk yang pertama.,
      makanya saya sediain satu kategori khusus….
      selalu ada kata untuk yang pertama…
      iya..bener banget..masa-masa jadi mahasiswa selalu seru…

  10. Lewat Blog ini saya menyerukan…untuk para sahabat indonesia
    Suarakan suara anda untuk Indonesia…Anti Malaysia, senjata kita bukan pistol, bukan juga bambu runcing, bukan boom, senjata kita hanya keyboardโ€ฆ.
    Maaf kommen nya ngga sesuai topik posting..
    Terima kasih…

  11. Saya ga ingat seperti apa hari pertama saya sebagai mahasiswa,
    hanya ingat diomelin sama senior dimasa ospek krn rok SMA saya terlalu pendek *sigh*

    yang saya sangat ingat adalah saat saya lulus..
    ibu saya menangis, beliau tidak menyangka anaknya yang paling malas bisa lulus.. hahha!
    beliau sudah siap mental sejak awal saya kuliah untuk menerima berita kalau anaknya bakal di DO suatu hari nanti, atau paling tidak telat lulusnya..๐Ÿ˜†

    Ya ya, semalas itu lah saya..๐Ÿ™‚

  12. kaakk….aku Silver bulan September nanti aku udh mulai kuliah di UPI YAI nih…deg-degan banget walaupun msh agak lamaa…kira2 nanti dapet tmn ga ya ?? hehehe…oia,caranya biar dapet bnyk temen di lingkungan baru gmn ya kak??? Thx๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s