bantuin donggggggg…(*ternyata nanya itu susah ya


my office 25 oktober 2010..(*detikk…detik menunggu gajian….

mau nulis apa ya….ini kepala lagi pening…

dikasih tugas sama kapten..bikin list pertanyaan buat interview klien besok….udah hampir satu minggu tapi dari sekian banyak yang mau ditanya…cuma ngumpul 9 halaman doang…

aduh mau tanya apa sama si klien…

sang kapten dengan baik hati..ngebekalin Blue Print dan Standard Operating Procedure calon klien..tapi ampun dj…itu tebel banget dan lumayan bikin muntah setiap mau baca tapi mau gak mau harusdibaca..kan..ampunampun..ampun (^_^)

dan diantara semua hal yang membosankan adalah membuat list pertanyaan …bingung aja…dua minggu dikasih waktu buat bikin pertanyaan dan harusnya ini otak sudah mengkreasi berhalaman-halaman pertanyaan… (^_^)

oh_fight

setiap hari saya slalu melayani pertanyaan dari klien..dan sekarang saya baru mengerti ternyata bertanya itu lebih gampang dari pada kita berpikir bagaimana menciptakan sebuah pertanyaan…

sempet complain ama kapten tentang tugas ini..

usagi   : pak saya bingung dah…mau nanya apa lagi..ribet amat yak…kaya wartawan aja..

kapten :kamu apa sih yang gak di bikin bingung…tinggal nanya doang ribet amat sich.

usagi  :bapak ngomong enak saya yang bikin list pertanyaan bingung

kapten:kamu aja raja protes..biasanya kan kamu suka nanya-nanya ke orang..orang tinggal di applikasikan bukan , lagi kan kamu udah dapet SOP sama Blue Print apalagi coba masalahnya (*ngomongnya gak ada dosa..

usagi : ya sich..udah ada SOP sama Blue Printnya tapi itu tebel kali, pening lah pala awak baca, lagi apa iya semua SOP ini dipatuhi…gak bisa di curangin ya..

kapten: gini nich..kalau punya anak buah pikirannya curang mulu, gak semuanya bisa potong kompas, harus ada procedure sama peraturan

usagi :tapi kan peraturan di ciptakan buat di langgar pak .. (^_^), jadi gimana nich saya harus nanya apa, mana jadwal nya panjang pula…2 minggu lagi…lama..lama saya bikin buku juga …

kapten: itu tugas kamu , kan kamu kerjanya bagian mikir, makanya jangan kebanyakan ngeblog, kerja..kerja…saya kan bos…tugasnya nyuruh..nyuruh aja..ama ngomel kalau kamu salah…

usagi…: yee…ngeblog mah bagian dari eksistensi diri, itu mah enak di situ gak enak disini..

yah percuma juga complain..boro..boro di kasi solusi malah di ceramahin.. (^_^) tapi asli dah..bikin list pertanyaan tuch lumayan membosankan., apalagi saya adalah tipikal manusia yang mencintai pekerjaan dua arah, seperti handling klien..bisa komunikasi kan..dari pada cuma terpaku sama tebalnya SOP dan Blue Print yang harus di pelajari.. (^_^)

dan sore ini saya kembali menghampiri sang kapten

usagi : pak saya udah tahu mau nanya apa.

kapten: nah itu bisa…emang mau nanya apa..

usagi : pening lah awak punya pala nich..pertanyaannya cukup gampang ..saya tanya aja..namanya siapa, divisi apa, gajina brapa, rumahnya dimana, udah punya pacar atau belum., sekalian pin BB nya berapa.. (^_^) (* ngeloyor pergi tanpa dosa..  (^_^)v

87 thoughts on “bantuin donggggggg…(*ternyata nanya itu susah ya

  1. But Seriously …
    Mulai aja dengan pertanyaan …
    1. Apa yang klien mau ?
    2. Apa sumber daya yang dia punya sekarang ?
    3. Mau kemana klien itu membawa perusahaannya ?
    4. Misinya apa ?
    5. Apa yang boleh dilakuin dan apa yang tidak boleh ?
    6. Bagaimana cara mencapainya ?
    7. Punya saingan nggak ?
    8. Apa potensi yang bisa mempengaruhi kelancaran bisnis si klien
    9. Apa kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh klien ?
    10. Apa kekuatan si Klien apa kelemahan si Klien ?
    11. dan banyak lagi yang lain nyaaaa …

    .
    maap nyerocos

      • Apa yang klien punya … yang orang lain nggak punya ?
        apa yang klien tidak punya tapi orang lain punya ?

        kalo klien mau ngembangin usahanya … usaha kemana yang akan ditempuh ?
        kenapa dia pilih rute itu ?

        kalau klien mau bekerja sama … bekerja sama dengan perusahaan yang mana ?
        dan mengapa ?

        apa definisi efektif menurut klien ?
        apa definisi efisien menurut klien ?

        Kalau punya dana lebih … ? departemen apa yang akan dikembangkan ? mengapa ?
        kalau ternyata dana terbatas ? bagian apa yang akan di potong ?

        jika klien ingin menjelma menjadi manusia ? menjadi manusia macam apa yang mereka mau ?
        apa sifatnya dan bagaimana perilakunya …???

        (nyerocos lagiii …)

  2. lah kok sama?
    sy jd lagi nyusun pertanyaan, tp bukan utk klien. utk wawancara dng atasan sang kapten, yg akan dimuat di majalah korporat.
    daftar pertanyaan hanya 9 biji saja, nanti dikembangkan pas saat wawancara🙂

    mau mbantu saya put?

    • ha…ha…ha…ha
      snasib lagi..
      tos..tos..tos ah.. (^_^)
      wah pertanyaannya sedikit sekali… (^_^)
      kalau saya malah banyak banget ..dua minggu bow…

      bagaimana kalau dimulai dengan..
      gimana keluarga pak..
      punya anak berpaa
      he…he…he… (^_^)

      lebih mudah menjawab pertanyaan
      daripada bertanya ya

  3. Saya cuma mau tanya, itu model background blog Izkia siapa ya?? kok sudah mulai2 narsis eilekhan kayak inyiaknya?? hahahaha…😛 😛

    met berpusing2 ria bikin pertanyaan adikku manis..😛

  4. Wah kalau yang beginian saya ngak bisa bantu mbak, berbicara BP dan SOP tanpa nyadar sering dilanggar diam-diam heeee…. waduh mbak lagi kena intrupsi lagi dech maaf ya Put..😆
    Terlihat jelas dari percakapan diatas dan background, Putri bukanlah pemalu:mrgreen:

  5. halahhh,,,
    susah amat kakak gw yg satu ni,,

    tinggal nanya,,
    Rumah anda dimana??
    berapa kali anda sudah melakukan kejahat ini??
    AApa latar belakang anda melakukan kegiatan ini??

    anda tau tindakan anda melanggar undang-undang,,,
    hahahahahahaah

  6. Lah.. makanya yang namanya tes CPNS itu ada bank soalnya, karena memang bikin pertanyaan itu susah😀
    Dosen juga susah saat bikin soal untuk semesteran, makanya biasanya nyomot soal dari tahun2 sebelumnya😀
    Udah nggak pusing lagi dong sekarang, udah banyak tambahan pertanyaan kan…😀

    • iyao………
      bener banget…
      karena soal..soal itu harus selalu di kembangkan menjadi lebih sulit dan kreatif
      makanya ada orang yang kerjanya cuma bikin soal aja.. (^_^)

      dosen2nya males..
      biasanya kalau mau UTS gak jauh..jauh dari soal2 tahun kemarin..😀

  7. Apapun kliennya dan seberapapun tebalnya, pertanyaan pasti tak jauh dari Siabidibame : -siapa,apa,bilamana, dimana,bagaimana dan mengapa.
    Betul nggak.
    Nah tinggal mem-breakdown saja elemen itu.

    Tugas saya dulu juga tukang tanya, maklum sebagai perwira penyidik.

    Tugasmu itu gampang nduk, asal mampu dan mau saja kok.

    salam hangat dari Jombang

  8. coba aja tanya ke klien..apa kelemahan yang anda miliki.. biasanya itu pertanyaan yang paling sulit ngejawabnya,,,,,,

    katanya sih kelemahan dengan kalimat negative tetapi… bermakna positif……

    itu teori secara bisnisnya ya ,… hehehehe

    salam mbak e

  9. Putriiiiiiiii…
    ya ampuuuuun…

    Tiap di suruh nge les mulu yak…hihihi…
    Ketimbang nanya nanya doang…
    nyontek ama kursi sebelah dong…hihihi…*usulan gak mutu*

    Nikmati ya Puuuut….
    Kalo udah jadi emak emak kayak aku…
    sering kangen sama kesibukan dan atmonsfer kantor🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s