Kehebohan di pagi hari..(*indahnya demokrasi


My Office 16 November 2010

Dari kecil, di keluarga kami di biasakan untuk bebas mengeluarkan pendapat,,

Demokrasi adalah hal terindah dan harus di junjung tinggi,,

Siapapun bebas mengeluarkan pendapat,,

Siapan bebas untuk melakukan kritik,,,

Agar kami terbiasa nanti ketika mulai hidup bermasyarakat,,

Gak ada yang bener, dan gak ada yang salah

Semua harus di dengarkan,,baru kemudian kita memberikan sanggahan,,

Keputusan terakhir adalah voting suara terbanyak,,

Begitulah demokrasi di keluarga kami, tidak ada satu penentu keputusan,,

apapun akan diputuskan bersama,,yang kalah harus menerima dengan lapang dada,,

yang menang gak boleh sombong..

one for all, and all for one,,

IMG00045-20101116-0610

seperti pagi, ini,,dari semalam semua orang di rumah sudah heboh menentukan kapan kita harus sholat idul adha, karena ada dua keputusan, pemerintah yang memilih lebaran esok , sedangkan di tanah mekkah sana, para kaum muslimin sudah mulai melakukan wukuf,,

kehebohan itu berlanjut hingga pagi hari,semua orang mengajukan pendapatnya,,dan papa minta si abang untuk cari informasi di internet, setelah informasi di dapat,,maka satu persatu akan ditanya pendapatnya..

Papa  => jadi kalian mau lebaran kapan, hari ini apa besok,,

usagi  => katanya kalau hari ini muhammadiyah, besok baru pemerintah pa, besok ajalah,,

Papa  => Islam itu satu, gak ada aliran-alirannya, gak ada Muhammadiyah atau bukan, kalau kita lebaran hari ini ,,itu karena kita meyakininya, bukan karena aliran tertentu,,islam itu bukan untuk satu golongan kemudian membedakan golongan yang lain,,ngerti nak,,

usagi  => (*nyegir gak ada dosa..😀 ) aku mah terserah aja, orang aku juga gak sholat jadi hari ini atau besok gak masalah…

siabang  => hari ini aja pa, di mekkah udah wukuf, dan hari ini idul adha,,

sibungsu => iya bener, hari ini aja,,lagi pula kita sama arab cuma beda 4 jam,,berarti harusnya kita bisa barengan kan sama mereka lebaran nya,,,

Mama => yah,,,kalau mama mah besok aja,,hari ini mama belum masak,,lagian kan abang harus kerja nanti dia gak dapet jemputan, kalo kekantor naek angkot ribet bukan,,emang kalian mau apa,,lebaran gak ada ketupat sama opor ayam..(*polos dan gak ada dosa,,

si abang => gak apa-apa mah,,nanti abang telat ke kantor,,abang naek angkot aja,,,lagi cuma sekali setahun,,kita lebaran hari ini aja,,

si bungsu,,=> iya kita lebaran hari ini aja,,aku juga yakin kok harusnya hari ini..

usagi,,=> jangan,,jangan hari ini,,nanti aku yang anterin ke stasiun siapa???naek angkot dong malay nian,,lagi gak ada ketupat sama opor ayam pula,,,udah gitu kita semua gak di rumah,,apa serunya lebaran tapi gak sama-sama

sibungsu sama abang => lo tu yeeeeeee (*sambil ngejar pengen jitak..) egois banget sich,,makanan aja yang dipikirin,,naek angkot aja…lagi juga walaupun hari ini kita gak kumpul,,kan besok masih bisa,,yang penting kita sholat idul adha dulu ,,

mama => mama mah ngikut aja,,mending kalian mandi dah,,lagi mama juga lagi gak solat..

usagi => terus aku siapa yang nganterin,,,masa naek angkot…nanti ketinggalan kereta..(*pasang wajah gak ada dosa minta di kasihani..

papa => gini aja,,kita voting,,siapa yang milih sholat hari ini,,siapa yang milih besok,,kamu naek angkot aja,,sekali-kali, kalao ngak mau naek angkot tunggu papa pulang sholat ied adil kan,,paling kamu telat ke kantor,, mama gak usah mikirin masak apa,,hari ini kita makan apa yang ada aja,,besok baru masak,,abang jangan lupa sms ke kantor bilang kamu telat,direct anak buah mu by phone dulu aja,,gak masalah kita kumpul hari ini atau besok,,,

dan voting pun dimulai,,,ah ternyata para pria..pria itu menang,,3 lawan 2 ,,aku sama mama pilih besok.. (*mama tetap kekeh harus masak,,dan diriku milih besok krena gak ada yang nganter,,) ketiga pria-pria ini memilih untuk sholat idul adha hari ini…

papa => ya udah,,kita sholat ied hari ini,,ingat ya, kita sholat ied hari ini ,,bukan karena kita aliran tertentu,,bukan karena kita anggota partai tertentu,,tapi karena kita meyakininya,,jangan di bikin ribut perbedaan yang ada,,Islam itu indah,,jangan di kotori karena pikiran dan pendapat orang-orang yang merasa paling benar,, (*kata penutup sebelum kehebohan dirumah berakhir..

begitulah demokrasi di rumah kami,,apapun di putuskan dengan demokrasi,,papa seperti biasa, akan mengajarkan kami tentang indahnya perbedaan,,semoga demokrasi dan saling menghargai ini akan terus kami jaga,,sampai nanti,,dan dapat kami tularkan,,hingga kelak kami membangun sebuah keluarga,,

selamat idul adha ya teman..teman, semoga menjadi haji yang mabrur bagi yang naik haji,,semoga kita semua selalu mendapatkan rahmat dan hidayahnya,,

35 thoughts on “Kehebohan di pagi hari..(*indahnya demokrasi

  1. Dari awal saya mengenal kamu …
    saya sudah bisa merasakan kehangatan keluarga kamu Put
    So … yes indeed …
    Demokrasi itu indah …
    saling menghargai pendapat orang lain …

    Salam saya Put …

  2. Putri, dari dialog di atas, terlihat sekali adanya demokrasi di dalam keluarga. Keluarga adalah bentuk kelompok masyarakat terkecil dari suatu negara. Apabila di keluarga kita bagus dan demokratis, maka niscaya negara kita ini akan lebih demokratis lagi. Tidak gontok-gontokan antar sesama lembaga negara dan pejabat negara. Tul nggak, Put?

  3. 16:05
    sumpah ngantuk banget,,,
    sepertinya bener gosip yang beredar,,,
    kalau habis makan di rumah makan itu,,
    bisa bikin ngantuk,,,
    mata 5 watt
    gak bisa mikir,,,
    gak bisa buka mata,,
    pulang maasih lama yakkkk
    adawwwwww
    tolong,,,lontong,,,
    ampun,,,
    mata saya tidak bisa di buka,,,
    cuci muka udah,,
    minum kopi gak mungkin,,
    mau nyampah dirumah orang lagi males,,
    nyampah dirumah sendiri aja..

    • he…he…he..he..
      ternyata sama ya sama keluarga saya,,
      iyaoo,,dari kecil kita selalu diajarkan untuk mengeluarkan pendapat,,
      dan apapun itu,,keputusan yang diambil adalah keputusan voting,,
      he…he…he..
      ada gak ya anggota dpr yang baca tulisan ku,, (^_^)

  4. Put, saya suka keluaga yang seperti ini, mirip2 keluarga saya juga. si Mamah emang tuh pikirannya masak mulu, dia bilang gini: Hari raya besok aja, soalnya hari ini ibu2 disini udah janjian bikin lontong hari ini, jadinya lebarannya besok, wkakakakakka… kita ngangguk2…😀

  5. Selamat idul adha mba

    Semoga selepas kita keluar dai ied adha ini, kita semakin mejadi insan yg iklas ya bunda.
    Qurban tahun ini sbg jalan untuk kita semakin sering berkurban dlm byk hal di tiap harinya…

  6. Allahu akbar
    Allahu akbar
    Allahu akbar
    Lailahaillallahu Allahu akbar
    Allahu kbar Walilahilham..

    Ya rabb..jadikan kami orang-orang yg beruntung. Jg jadikan kami org yg sia-sia tanpa mendapatkan manfaat selepas keluar dari idul adhamu yg suci nan dimuliakan ini..
    Amin

    Met Ied Adha

  7. sama.. keluarga gua juga demokratis. semua boleh berpendapat dan beragumentasi. makanya gua suka heran kalo ngeliat ada temen yang kayaknya takut banget ama ortunya. gak berani ngomong. disuruh apa ya manut aja, tapi di belakang ngoceh2. aneh banget…

    btw, selamat Idul Adha ya!!

  8. pupuT… aku lebaran hari rabu, tapi kemaren selasa aku udah nyate
    *gak puasa loh
    hihihihihi

    alesan nya karena aku telat bangun di hari selasa
    *halaaahhh…
    demokratis nya keluarga nya putrii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s