Mete, Boto…dan Benggong,,


Saya tumbuh dan besar di lingkungan Betawi, mengenal budaya betawi,bahkan dialek bahasa yang selalu saya gunakan lebih cenderung ke anak betawi daripada gadih minang..yang baik budi.. (^_^)

Tumbuh dan besar di lingkungan Betawi khususnya Betawi Tanah Abang, telah membentuk karakter saya menjadi seperti saat ini, banyak hal yang saya kagumi dari Betawi Tanah Abang dan mungkin tidak saya temui di komunitas Betawi Bekesong City ,,

Perbedaan mendasar antara Betawi Tanah Abang dan Betawi Bekesong City , terletak di Bahasa dan dialeknya, Bekesong City lebih ke Betawi pinggiran dan jika bicara cenderung ngapak,,volume suara yang lebih pelan… (*kalau di Tanah Abang amat sangat cempreng,,πŸ˜€πŸ˜€

Dan untuk kata, ada beberapa kata yang sampai detik ini jarang saya temukan di Betawi Bekesong City, bahkan kalau saya mengucapkan kata-kata ini, mereka cenderung bengong dan balik tanya, itu artinya apa… (^_^)

Mete… ( di ucapkan dengan lafal Metee,, β€œe” di belakang itu di tekan

Mete biasa di ucapkan untuk menggambarkan orang yang keras kepala, dan gak mau mendengarkan nasihat orang lain,

Biasa kita mengucapkan mete dalam dialek seperti ini..

β€œelo tuch yee, Metee bet dah di bilangin, dengerin gw nape… β€œ

Tapi Mete itu bukan untuk menerjemahkan anak yang susah diatur,, (*walaupun artinya sama..sama keras kepala,, ) akan sangat janggal jika kita melafazkannya seperti ini..

β€œsi Nting adalah anak yang Mete” (*aneh kan..

Boto (*di ucapkan dengan lafal o yang di tekan kan..

Boto biasa di ucapkan untuk menggambarkan perempuan yang semok,, montok dan seksi ,, (*seperti apa definisi semok, montok dan seksi,,itu biasanya relatif ya,,, ha…ha…ha..) biasanya kalau kita lagi nongkrong dan tiba-tiba ada cewek seksi lewat,,, biasanya kita akan bilang..

β€œSet dah,, tuch cewek boto bet dah…”

Tapi Boto tidak dapat digunakan untuk menggambarkan laki-laki yang seksi, kekar ataupun gagah,, karena akan amat sangat janggal ketika kita mengucapkan kata boto untuk mengagumi tubuh laki-laki…

β€œSi Ucup boto bet dah yakk,,,ampe perutnya kotak..kotak gitu..” (*aneh kan…

Benggong.. (*di ucapkan dengan suara keras..dan β€œng” di belakang itu biasanya di buat sengau..

Terkadang selain Betawi Tanah Abang, saya masih bisa menemukan kata-kata Mete dan Boto di komunitas Betawi Jakarta lainnya, walaupun jarang, tapi masih ada satu-dua yang menggunakan kata-kata ini,,

Beda dengan kata β€œBenggong,,” kata ini benar-benar jarang di ucapkan, dan mungkin gak semua orang tahu..

Jujur saya juga gak tahu artinya β€œBenggong” apa, tapi biasanya kata-kata ini di ucapkan untuk menggambarkan orang yang amat sangat lemot, begok gak ketulungan, tetapi terkadang kata ini juga bergeser makna,, kadang kalau orang lagi marah dan mau memaki orang lain kata ini juga sering di ucapkan,,

Dulu di Tanah Abang ada tetangga saya yang setiap ngomong apapun selalu di mulai dengan benggong,,hingga mendapat julukan β€œHusin Benggong”

Misalnya :

Si husin keluar rumah pakai baju koko dan bawa sejadah..nah ada tetangga yang liat trus nanya,,

β€œmau kemana lo sin,, rapi banget,, kaya lebaran..” pasti si husin jawab gini β€œ Eh benggong,, emang rapi Cuma lebaran aja,, gw mau ke mesjid,mau solat jamaah,, β€œ

Nah bingung kan,, arti kata β€œbenggong” apa,, orang tiap mau ngomong si husin selalu ada benggongnya ,,

tetangga yanng lain menggunakan kata ini untuk menggambarkan orang yang lemotnya sudah amat hebat,, istilah kata udah β€œmentok” atau untuk marah ketika kesal 

kata ini bersifat ambigu,, dan mungkin penggunaanya tergantung selera mood si pengguna… (*entahlah saya bingung,, sebenarnya arti kata ini apa,,tapi kata ini sedikit lebih kasar dari kata peak

Itu lah sedikit uniknya kata-kata di betawi Tanah Abang yang jarang saya temukan di Betawi Manapun ,dan menurut saya itu akan memperkaya tata bahasa yang lain…

kalau yang lain gimana..apa ya bahasa daerah untuk menggambarkan orang yang keras kepala, montok,,dan benggong.. (*saya gak tahu ini artinya apa..πŸ˜›

45 thoughts on “Mete, Boto…dan Benggong,,

  1. Hahhaha,,, mang tanah abang begono ya cuy, kayak punya bahasa sendiri, kata-katanya ajaib, hahaha,,,
    Tapi, gw sih seneng-seneng aje kalo dibilang boto, yah… pan lo tau, gw emang seksoy aduhay cantik melambai, wakakkaka… *narsis kelas berat*
    Sip dah, tiap daerah punya bahasa khas, dan pastinya lo bangga dong punya bahasa khas betawi tanah abang itu,,,πŸ™‚ so unique..

    • he….he….he…he..he..he..he..he
      malay banget yakkk πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›
      lo mah bukan boto mbak..galak iya…πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
      iya… gw bangga jadi anak betawi..
      walaupun betawi gadungan..πŸ˜€πŸ˜€
      ha..ha..ha.

  2. Whuahaaa..Putri banget nih logatnya,
    Hmm..tanah abang..tanah abang..Hidup betawi ..!!
    Suka lucu tau ga kalo da orang logatnya betawi asli,lain ama orang sunda yang ngomong Gwe Lu hiihi,tetep aja ada logat sundanya ..
    setuju banget tuh kalo iyha si Bumil emang boto bo..seksoy abis,…
    hmm kalo aku boto ga yah wkwkwkk..

    • ha….ha…ha…ha..ha..ha
      kalau bumil ku mah emang asli boto bet dah..πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›
      iya…aku juga suka geregetan..
      kalau ada orang ngomng betawi..
      tapi logatnya gak dapet…πŸ˜›

  3. Kalo bahasa sunda mah orang boto tuh “Bahenol” hahha..bahenol nerkom.
    kalo boto apa yah …tau cuma kasar deh,ga ahh..benggong tuh…hehhe ga tau..
    soalnya ga terlalu tau banget bahasa sunda lemesnya,susah banget bahasa sunda mah ada undak unduk basanya,aku aja orang sunda kagak tau put hehehe…

  4. Gw pernah denger ibu2 betawi ngobrol buset dah, ngakak gw… gak nahan ma bahasanya…

    kalo jaman kuliah, gw ingetnya ini:

    “Duh, pengen iseng….” (sambil ambil cemilan..). *wkakakakkak,

    “Gua kagak suka poto item-putih, bagusan poto bekelir….” *wkakakakakkakaka

    “Bibi cuci kok kagak restika baju ya?” *wkakakakkkaka…. setrika kaleeeeeeeee….

    Mohon di konfirmasi kebenarannya… ^^

    • he….he….he….he…he
      betul…
      kita bilang ngemil itu dengan kata “iseng”
      terus kalo ngomong bewarna bekelir, tapi kalao restika mah gw jarang dengar,,,
      nah lo pernah dengar gak..
      kita kalau ngomong…pohon selalu jadi puun..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  5. wah saya tinggal di bekesong gak ngerti juga mbakπŸ™‚
    dulu waktu sekolah pernah ada pelajaran makan bersama, saya di suruh bawa Tesi, ga ngerti awalnya tesi itu ternyata sendok

  6. swear gw ndiri yang namanya ‘mete’ tuh blom pernah denger, tapi gw mo revise dikit nih bu…benggong itu sebenarnya cuma bahasa plesetan, bukan asli bahasa betawi. asal katanya itu, maaf ‘bego’ a.k.a ‘bodoh’, bisa dibilang benggong itu sedikit memperhalus, karena orang yang ‘dicela/dikatain’ kan berasa banget…hehehe…tapi klo yang dah ngerti artinya mah sama ajah… sama-sama nyakitin maksudnyaπŸ˜€
    aniwei can u help me to find the meanings of these words, betawi words : ” ma’di kipe dan ma’di rabit ” dari sd ampe sekarang gw blom tau artinya…πŸ˜€

    • he….he…he..he. makanya gw bengong cuy… (^_^)
      tapi gw sering banget dengar kata..kata itu..
      lo kan anak betawi tanah abang juga.. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
      iyaa mete sama boto..itu sering banget di ucapin..

  7. Hahaha! baru denger nih kata2 kaya gini, padahal punya temen betawi, tapi ga pernah keluar dari mulut dia tuh kata2 diatas..
    Kapan2 praktekin aaahhh … hihihihiπŸ˜†

  8. hahahahaa…………… betawi gadungan gini aja jago bahasa betawinya, gimana kalau gak gadungan yaaa πŸ˜€πŸ˜€

    Put…emakmu ini boto banget yaaakk?
    tapi kan gak mete en benggok………….. xixixixi…………..πŸ˜›
    salam

  9. Puut…….Puut…………
    dirimu gak mete khan?
    walau sekali2 ya juga siiih………. πŸ˜›
    Put, kalau ma’dikipe dan ma’dirabit, apaan tuh artinya?
    semacam kata makian juga yaaaak?πŸ™‚
    salam

  10. hihihi… jadi pengen denger nih putri ucapin kata2 itu dengan logat betawi yg kental pasti seru banget deh kedengerannya… tapi biarpun aku gede di jakarta, blm pernah denger tuh kata2 itu, lucu kali ya kalo ndenger…

  11. Salam persohiblogan
    Maaf sahabat, saya baru sempat berkunjung lagi
    Ini pun memanfaatkan waktu yang sangat singkat

    Jadi mohon maaf jika hanya sempat menyapa
    Dan tak sempat baca-baca dengan seksamaπŸ™‚

    Sekarang gangguin aku nih biar gak bengongπŸ˜€

    Salam persahabatan dari Bogor
    Achoey el Haris

  12. kita same besar di lingkungan betawi cempreng yeeeee….. pamulang masih lingkungan betawiii cemprengg …

    si mpok mpok kalo bicareeeee tereakanyeeee nyampe pasar reboo.. busettttttttttt kagak nahannnnnn pengen jitakkkkkkkkkkkkkk..

    apeee apeeeee *mate melotottttttttttt.. hahaha

    ogut kalo da balik jakarte, logat betawinyeeee kumatttttttttt

  13. Kata-kata lain yang saya tau …

    Mete … biasa disebut juga … Kopeh …
    Boto … biasa disebut juga … Semlohai …
    Benggong … ane kagak nemu …πŸ™‚

    salam saya Put

  14. semok put? itu bahasa betawi bukan?bohay?

    kalau keras kepala biasa nya di sebut; atos

    “kowe ki atos tenan yo…”
    (kek nya loh put. secara… secaraa… aku gak gitu paham juga ama bahasa jawa.)
    agak sedikit sok tahu nampaknya aku
    hihihihi

  15. Nah, ini dia nih istilah yang bener2 asing buat saya.:mrgreen:

    Walah…. saya malah lupa ama istilah kota kelahiran saya gara2 udah empat tahun di Bandung….😑

Leave a Reply

