Karena Sehat itu Berawal dari Hati…


Bekesong city, 12 Februari 2011

Apa hal terpenting dalam hidup,,, uang,,keluarga,,cinta dan kebahagiaan,,semuanya penting..tapi ada satu yang penting..dan mungkin kita sudah melupakannya…:)πŸ™‚

KESEHATAN

kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup,, kita gak akan bisa nikmatin banyak nya uang, kasih sayang keluarga,,hangat mencintai,,bahkan mungkin hidup bahagia..kalau kita gak hidup dalam keadaan sehat…

Bahkan di salah satu lagu ada kalimat gini..

ingat 5 perkara sebelum 5 perkara, sehat sebelum sakit…

Saya sudah banyak membaca artikel kesehatan,,dan banyak tulisan yang bercerita tentang sehat,, tapi ada satu hal yang menarik… dari semua hal yang saya baca..

kalau sehat itu berawal dari hati

Saya dianugerahi penyakit yang rada..rada keren.. β€œradang lambung” kalau setiap pagi biasanya asam lambung saya juga selalu naik..jadi jangan heran kalau suatu hari kita bertemu di pagi hari dan kalian menemukan saya sedang mual,, gak ngerti kenapa tapi hal itu selau terjadi setiap pagi..

Tapi belakangan saya mengerti satu hal,,

Kalau sehat itu berawal dari hati,, jika sehat itu bermula dari pikiran,,

Jika posisi hati saya sedang senang, tidak galau dan pikiran yang baik,, insya ALLAH penyakit saya yang macam-macam itu tidak muncul,, saya bisa menjalani hidup dengan baik tanpa harus di temani dengan asam lambung yang selalu naik,,

Jika suasana hati sedang buruk, banyak pikiran banyak masalah,, maka penyakit saya yang keren itu akan selalu muncul,, asam lambung yang selalu naik, radang tenggorokan, sakit punggung, hingga pilek dan flu yang selalu menemani ,,

Dan kemudian saya mencoba untuk menganologikan kedua hal tersebut,,

Apa yang terjadi ketika kita sedang memiliki suasana hati yang baik dan sedang berpikiran baik terhadap semua hal,, tanpa kita sadari,,kondisi fisik jauh menjadi lebih baik,, kita mensugesti tubuh untuk terlihat amat sangat sehat,,

buktinya waktu liburan kemarin..padahal saya pulang kampung dalam keadaan yang buruk,, radang lambung yang sedang kumat,, radang tenggorokan yang lagi bandel,,ditambah sakit punggung yang suka dateng,,

Tapi karena liburannya menyenangkan,,suasana hati yang sedang baik, dan pikiran..yang sedang ringan-ringan saja,, semua penyakit itu sumpah gak berasa,, apapun makanan yang saya makan semua baik,,baik saja,,bahkan radang tenggorokan pun gak kumat,,padahal saya rajin minum es.. (*ini namnya nantangin penyakit jangan di tiru yakk

Nah sekembalinya dari liburan di sambut dengan pekerjaan yang banyak, deadline yang menemani,semua masalah yang menyambut di sini,, dan si penyakit pun kembali datang,, radang lambung,, radang tenggorokan dan penyakit punggung… mungkin nich ya..ketika suasana hati sedang buruk,,kesibukan yang tinggi, dan masalah yang menumpuk,,tubuh menjadi lemah dan mengirim kan  signal sakit,, mengirimkan pesan agar kita juga memperhatikan si tubuh..bukan cuma egois dan mementingkan diri sendiri..

Dan pada akhirnya saya pun belajar untuk menstimulasi diri saya agar para penyakit tidak menghampiri..

a) belajar untuk selalu berpikir baik dan mengendalikan emosi

saya bukan manusia suci,,bukan juga manusia yang ramah tamah dan selalu bijaksana,, kadang ada saja pikiran..pikiran aneh yang selalu menghantui, perasan buruk sangka, perasaan cemburu,,dan perasaan meremehkan orang lain,, itu selalu ada,, dan saya tidak bisa memungkirinya,,

namun sekarang saya sedang belajar,,belajar untuk mengurangi pikiran aneh tersebut,,

berusaha mengendalikan emosi dengan cara puasa senin kamis,

tidak langsung marah ketika menghadapi perilaku orang-orang yang memancing emosi,, saya belajar untuk selalu berpikir.. β€œpercuma gw marah,,gak ngerubah keadaan,,mending yang waras ngalah aja..”

dan ketika saya sampai di satu di titik,,Marah yang benar..benar marah,emosi yang membuat saya mengeluarkan kata-kata kasar,,saya lebih memilih untuk berwudhu,, dan menenangkan diri di toilet atau pergi ke suatu tempat dan makan makanan enak (*bagian ini lumaya menguras kantong.. karena saya kadang gak kira-kira kalau makan.. )

b) belajar untuk selalu tersenyum

belajar untuk selalu tersenyum atau paling gak nyengir aja untuk setiap keadaan yang terjadi,,kadang manusia harus belajar kompromi kan,,gak semua hal yang kita mau bisa sesuai dan jadi kenyataan,, jadi dalam setiap hal saya sedang belajar untuk tersenyum saja,,dan hidup apa adanya..

c) belajar untuk memulai hari dengan doa..

ini adalah yang terpenting mari kita mulai hari dengan doa,, ketika saya membuka mata,,mari kita berdoa..

β€œ ALLAH yang baik,,berikan lah segala kebaikan hari ini bagi hamba,, dan jauhkan segala hal yang buruk dalam hidup hamba β€œ

ketika kita memulai hidup dengan doa,, insya ALLAH perasaan senang akan selalu menemani,,

d) belajar untuk hidup teratur.

Ke 3 hal diatas gak akan ada artinya,,kalau kita tidak belajar untuk hidup teratur,,menjalani hidup sesuai kodratnya,, hidup teratur mungkin terdengar simple dan mudah tapi amat sangat sulit melakukannya,, bangun pagi sesuai waktunya,, sarapan pagi, makan siang jam 12 siang,,dan makan malam tepat waktu, istirahat teratur,,dan selalu mengkonsumsi buah dan sayuran,,

Gampang kan,,tapi sumpah sampai detik ini ,,hidup teratur adalah hal yang sulit saya lakukan terutama ketika saya di hadapkan pada deadline dan kesibukan yang amat sangat tinggi,,

Tapi saya juga belajar satu hal,, mungkin saya punya 1000 kekuatan,,punya 1000 semangat,,namun saya gak boleh egois,,tubuh ini butuh istirahat,tubuh ini bukan robot yang bisa bekerja tanpa batas,,

mari kita semua belajar,,belajar untuk selau berpikiran baik,,belajar untuk memiliki hati yang menyenangkan,, agar hidup kita selalu sehat,, saya sedang belajar untuk mempraktekkan ini,,bagaiman dengan teman..teman

artikel ini di ikut sertakan Kontes aku ingin sehatnya mbak Akin

25 thoughts on “Karena Sehat itu Berawal dari Hati…

    • eh si Emak belum tidur….ha..ha…ha…ha…ha…
      sepotong usus yang besar..
      dan ditambah sama pritilannya…
      lezat banget…..
      sayang bunda gak doyan yakk padahal itu enak,,
      apalgi pak tuo kita..dia juga gak suka…
      sedihnya..πŸ˜›

  1. lari lari, teriak teriak, loncat loncat, foto2 narsis……
    itu juga obat yang bikin asam lambung langsung reda , ya khaaan Put??πŸ˜›

    semoga mberuntung di kontesnya Kakaakin ya anakku ……..
    (peluk sayang)
    salam

  2. put… gw jarang sakit, tapis ekalinyas akit, langsung campak…wkaakakakak
    untuk ke 4 kalinya, lu tau kan??πŸ˜›

    moga menang put, gw asli pusing mau ikut lomba yang mana, wkakakakak

  3. point nomor empat : gampang gampang susah, tapi itu merangkum ketiga nya yak put?
    kalau yang ke empat itu gak di lakuin.
    dan itu lah yang terjadi padaku.
    tidak teratur.
    makanya kategori sehat mah sedang di perjuangkan sama aku put
    ( saaaaaaaaaaaaaaah.. appan coba?)

  4. Kereeeeeeennnnnnnnnnnn… dukung penuh artikel ini,,,πŸ™‚
    pasti menang,, pasti..!!!!
    *gak minta pajak, gw orang baik sih,, * hihihihi….

    bener cyin,, kita harus selalu berfikiran positif dan banyak senyum, biar tubuh ringan, gak sering sakit,, hehhe,,,

    semangatttttt…πŸ™‚

  5. woooww… Menarik…. Kalau dipikir-pikir, bener juga, ya…. Kalau pas pikiran saya lagi nggak enak (misalnya lagi kesel atau benci sama orang), kepala saya jadi pusing, dan kerjaan jadi susah selesa. Kalaupun selesai, hasilnya nggak bagus…
    Cara-cara (a) sampai (d) dari Usagi tampaknya harus dicoba nih, hehe….πŸ™‚

Leave a Reply

