Bersahabat dengan Mantan…


MANTAN

apa yang ada di benak para sahabat jika mendengar kata “MANTAN” ???

Ada berbagai macam hal yang akan di kepala kalian saat mendengar kata “Mantan”

Definisi Mantan Menurut saya adalah

“Dia yang dulu pernah begitu berarti dalam hidup mu,dia yang menjalani hidup bersama mu,, menempati tempat terindah di hati mu,,dan kemudian,,akan ada satu masa dimana kemudian perjalanan kalian berakhir,,dan  kalian berpisah..dan lahirlah kata “MANTAN”

Apapun itu bentuknya selalu gak enak untuk menyebut kata “Mantan” mantan pacar,istri dan juga sahabat,, karena akan selalu ada kenangan yang perlahan hadir saat kata mantan itu terucap..🙂

Lalu apakah setelah hubungan manis itu berakhir apakah kalian akan menjadi Musuh Abadi atau malah akan menjadi sahabat itu semua balik lagi ke individu masing-masing..

Jujur saya salut dengan mereka yang tetap bersahabat dengan sang Mantan,, berhasil menetralisir perasaan yang ada menjadi perasaan sesama sahabat aja..🙂 dan gak banyak orang yang bisa melakukan ini.

Karena biasanya yang terjadi saat kata “Mantan” terucap adalah..

  1. Hubungan yang tadinya manis dan menyenangkan berubah menjadi hubungan yang buruk mengungkit semua hal baik yang terjadi, itung-itungan (*dan saya paling benci statement yang selalu terucap “Kalau bukan gw ,,gak ada yang bantuin lo")
  2. Dari dua orang yang saling menyayangi akan berubah menjadi saling benci 
  3. Terutama bagi yang jadi Mantan karena di selingkuhin ,, ketika kata Mantan terucap maka akan sibuk membongkar semua bobrok sang tersangka ,,😀😀😀
  4. Nah kalau pihak yang “Diputusin” dan gak rela untuk  predikat “Mantan” didapatkan akan sibuk memohon agar hubungan ini tetap di pertahankan..(*bahkan ada yang rela sampai mengancam untuk bunuh diri..
  5. Memutus semua hal yang berhubungan dengan “Mantan”  dan memilih untuk tidak menjadi sahabatnya,,karena amat sangat sulit merubah Perasaan “Sayang sbagai Pacar” menjadi “Sayang sebagai Sahabat”

Dulu saya ada dibagian yang no 5, ketika saya memilih untuk mundur dari sebuah kisah,,Maka itu berarti saya harus menutup semua hal yang berhubungan dengan sang Mantan,termasuk hubungan baik dengan keluarga besar Dia yang selama ini sudah di jalin..

Alasanya cuma satu,,

Jika sebuah hubungan di ibaratkan dengan sebuah Rumah,, maka ketika saya memutuskan untuk pergi dari Rumah itu,,saya akan pergi tanpa membawa apapun,,karena saya tidak ingin meratapi kenangan yang ada . untuk melupakan sebuah kisah,,saya harus menutup semuanya,,dan tidak memberi akses untuk kembali..

Lantas apakah itu caranya yang baik,,menurut saya gak baik karena saya kehilangan banyak hal

  1. Hubungan baik dengan keluarga si “Mantan” yang sudah terjalin selama ini,, kadang malah yang amat saya sesali ketika sebuah kisah berakhir bukan hubungan Asmara nya tapi lebih ke hubungan silaturahmi ..:(
  2. Semua hal baik yang ada akan menjadi sia-sia dan bahkan nambah Musuh  (*jika si Mantan gak rela saya pergi dalam hidup Dia..dan ngotot supaya kita tetap temenan

Jika selama ini dari semua kisah yang saya jalani,, ketika kisah itu berakhir saya selalu memilih untuk menutup diri dan tidak memberikan kesempatan untuk merubah rasa yang ada menjadi sahabat.. maka hari ini saya berjanji,

Jika suatu hari nanti,,kisah saya berakhir dengan Biru,,saya berharap kita gak akan pernah jadi Musuh Abadi,, Semoga kita bisa menetralisir hubungan ini menjadi hubungan antar sahabat…

dan kemudian bagaimana dengan para sahabat,,

ketika putus lebih milih Menjauh..atau bisa jadi sahabat,,,???

PS : Salut sama si Bungsu yang selalu bisa bersahabat dengan para Mantannya.. beda ama Mpoknya.

17 thoughts on “Bersahabat dengan Mantan…

  1. Hmm…
    Kalau saya sih bukan tipe yang suka bersahabat dengan mantan. Ya meskipun munkin baik2 saja pisahnya, tapi kan sebenarnya gak baik-baik juga toh. Jadi lebih baik sama-sama menjaga jarak saja.

  2. jujur ya Put, saya masih bertemen dengan mantan2 saya dengan baik, sahabat2 saya aja mpe heran kok bisa? padahal putusnya juga karena dijahatin ma mereka hehe.. malah sahabat2 saya yg nyumpahin atau pengen nonjok, tapi gak tahu juga saya orangnya gak suka musuhan, gimana juga mereka(mantan)pernah ada di hati.. gak benci dan gak pengen dendam juga.. itu yang saya sebut berdamai dengan diri sendiri.. tapi itupun melalui proses yg gak mudah, yang seperti itu lebih ringan Put, malah lebih enak kok jadi temen, bisa becandaan gak jelas gitu😆 malah kadang saya jadi tempat curhat mereka haha..

    dan dari sekian banyak mantan saya, satu yg paling berkesan dan tak akan terlupakan dia yg saya panggil ‘Angin’😳

  3. Hmmm… Jadi ingat dialog di film Before Sunset, “… They break up and they forget! They move on like they would have changed brand of cereals! I feel I was never able to forget anyone I’ve been with. Because each person have…their own specific qualities. You can never replace anyone. What is lost is lost.”

  4. Bisa kah kita melupakan masa-masa manis dan pahit selama menjalin hubungan…rasanya sulit memang tapi yg namanya kenangan pasti tetap menjadi kenangan entah sampai kapanpun..pasti akan selalu ingat nama dan wajahnya serta masa” bersama.

  5. hahahahahahaha… jadi pengen nulis tentang mantan lagi😀
    aku adalah mereka yang SIAP bersahabat atau berteman dengan mantan, tapi si mantan gak ada yang siap berteman sama aku
    (kasihan yah?)
    hehehehehe

  6. saya malah bersahabat dengan istri sang mantan dan juga si mantan itu. istrinya sering curhat masalah rumah tangganya.
    kadang saya merasa aneh aja, saya yang belum pernah sama sekali berumah tangga malah dicurhati

  7. Ya tetap jadi teman biasa saja …
    … dan tetap … masing-masing tau privacy nya …

    Temen tapi tau diri lah …
    demi kepentingan bersama …

    (and BTW … pendapat saya jangan dijadikan acuan … soalnya saya hanya punya Satu pengalaman seperti ini)

    Salam saya

  8. Hmmm beberapa udah ga berhubungan lagi,karena emang ga perlu.. tp ada juga yang masih berhubungan baik dan jadi temen sampe sekarang.. bahkan ada 1 mantan ku yang udah menikah, dan aku bisa bersahabat juga sama istrinya! cekikikan bareng.. hehehe

  9. saya sihh sekarangg masih berteman dekat dgn mantan saya tpii smenjak bebrapa hari ini dia berubah smenjak dia berpacaran dengan”SAHABT DEKAT SAYA DRI DLU” dia menembak sahabat saya lewat sayaa sungguh sakit hati saya dan sahabat saya sering memperlihatkan barang dri mantan sayaa …. saya bru pertama kali mengalami kejadian ini😥

Leave a Reply

