Dan Aku Tidak Suka Persaingan…


My Office 25 Mei 2011 (* 21:24 15 Menit sebelum pulang lembur…

Pernah liat lomba balap lari…lomba di mana semua orang berjuang untuk jadi pemenang,, semua orang ingin menjadi yang terdepan bersaing untuk mendapatkan medali emas..

entah saya yang terlalu naif,,atau mungkin bodoh,, saya tidak suka persaingan,,dan jujur saya bukan orang yang ambisius berjuang dan menghalalkan segala cara,,

dari kecil kami dididik kalau menjadi nomor 1 bukan lah segalanya,,angka itu hanya pembeda dimata manusia,,yang terpenting adalah proses,,adalah bagaimana kamu berjuang untuk melakukan yang terbaik papa saya pernah bilang..

papa gak pernah rela,,ngeliat kamu menjadi juara 1 tapi kamu curang dan mengorbankan banyak hal,,papa lebih baik ngeliat kamu gak dapet nilai apa-apa tapi papa tahu gimana kamu berjuang untuk semuanya,,melakukan yang terbaik dalam hidup mu,,

dari kecil kita terbiasa bersaing,, bersaing untuk menjadi juara 1, bersaing menjadi anak kesayangan si guru,, dan persaingan lainnya,,semakin kita dewasa ternyata aroma-aroma bersaing itu belum habis malah semakin menjadi jadi ,, semua bersaing untuk selalu terlihat hebat,,terlihat mampu dan dipuja banyak orang..

dan saya kadang tidak habis pikir,,kenapa sich kita harus saingan,,

emang apa enaknya lo terlihat hebat dimata orang lain,,tapi elo menyakiti banyak orang,,

mungkin elo bisa di puji-puji dan dapat banyak hadiah karena memenangkan persaingan itu,,tapi apa lo puas, melihat lawan lo dan banyak orang menderita karena kecurangan lo…

trus tiba-tiba ada yang nyeletuk.. * itu kan bersaing secara curang,,kalau bersaingnya sehat gimana,,gak suka juga lo”

ha…he…he.. jawabnya sama,,saya gak suka,,mau sehat,,mau curang,saya gak suka sama yang namanya saingan,, capek lagi jadi manusia yang ambisius dan selalu mau menjadi yang terdepan..

asli dah dari kecil..saat semua orang berjuang supaya jadi 5 besar,,saya mah nyantai aja,,belajar seperlunya,,kalau dapat 5 besar alhamdulillah,,kalau gak ya syukurilah..😀 *dan pada akhirnya saya selalu jadi 3 besar,,tanpa harus cape -cape saingan*

lagi..lagi nich ya menurut saya,,bersaing itu entah secara sehat atau curang pasti akan menimbulkan perasaan gak suka, perasaan gak mau di kalahkan dan perasaan gak enak lainnya,, jadi mending gak usah saingan  kan,,jalani aja apa adanya.. dan tetap melakukan yang terbaik,,masalah siapa yang nomor 1 dan siapa yang terdepan,,biarlah dilihat dari hasilnya aja..

terus tiba-tiba ada yang nanya,,

” gimana dengan lo yang di curangin sama orang,,trus hasil kerja itu di puji habis-habisan padahal semua itu hasil kerja keras lo “

dan jawab saya,,

“naif sich,,tapi biarin aja,,ALLAH gak tidur,dia akan memberikan yang terbaik,,kejahatan itu gak dibales sekarang juga,,tapi bisa jadi satu atau dua tahun ‘lagi,,so just wait and see.. si penjahat akan kena batunya..walau mungkin menyebalkan melihat sang rival dipuja-puja bagai pahlawan

16 thoughts on “Dan Aku Tidak Suka Persaingan…

  1. ambisius sebenernya ada bagusnya, asal ya itu jangan sampe menghalalkan segala cara.
    tapi kadang terlalu ambisius bisa bikin stres juga ya.

    sebaliknya kalo terlalu pasrah dan nerimo malah takutnya gak maju2.

    jadi sebaiknya ya yang balance lah… jangan sampe terlalu over ambisius tapi jangan sampe gak ada ambisi juga.😀

  2. @Mas Arman :*kasih tangan ngajak salaman*
    Bener banget mas,, yg penting tetap berjuang dan melakukan yg terbaik,,
    Kalau diem aja dan gak usaha apapun gimana mau berhasil,,
    Maksud aku ya,, berusaha,, berdoa dan melakukan yg terbaik,, tapi gak ngoyo,, gak jdinya ngotot-ngototan🙂

  3. Tergantung. Kadang tertantang untuk bersaing (sehat lho) di bidang yang kita kuasai. Kalo gak menguasai, hanya sedikit mengerti mending duduk manis saja sambil belajar dari yang sedang berkompetisi😀

  4. sengaja atau tidak, sebenarnya setiap hari kita melihat dan menghadapi persaingan dlm hidup kita nak🙂
    selama persaingan itu tdk menghalalkan segala cara dan didapat dgn perjuangan yg terus menerus , sebaiknya kita lakukan.
    karena sebuah kesuksesan krn adanya persaingan, kalau gak ada yg dijadikan saingan, mungkin merk komputer, tv atau hape hanya ada satu merk saja🙂
    (peluk2anakgadihnya)
    salam

  5. Kalo ga ada persaingan pasti adem ayem aja hidup ya Put he he.
    Aku pikir mah gpp bersaing, untuk menunjukkan diri terbaik kita, yg penting niatnya bukan buat sok2an atw pamer de es be, tapi ibadah, sama kyk nasehatnya Papa Putri kan, “melakukan yang terbaik dalam hidupmu”😉

  6. Persaingan itu hal yang alamiah saja tho, Put..
    Yang tidak boleh itu adalah cara memperoleh kemenangan dalam persaingan itu. Dan juga yang tidak boleh adalah materi yang dipersaingkan. Bukankah dalam agama kita diajarkan untuk berlomba meraih kebaikan, seperti kalimat berikut ini: “Berlomba-lomba lah dalam kebaikan”.🙂

    Btw, mari mampir ke surauku, aku bakal ada perhelatan di sana… hehehe…

  7. eh..tapi sama juga lho Put…
    aku juga gak ambisius…
    masih bingung juga sebenernya ini hal yang bagus ato gak…

    gak pernah ngotot pengen ini itu…
    pengennya cuman lempeng lempeng aja…dan semuanya berjalan baik baik saja…

    ah…disney sekali yak…hihihi…

  8. Kalau begitu bukan bersaing yang jadi masalah. “Cara”nya itu yang harus diperhatikan. Maka apa-apa yang kita lakukan kepada pelanggan, presentasi, pemaparan, problem solving, guidance, menambah relasi atau apapun itu, sebenarnya adalah bersaing untuk mendapatkan hati pelanggan, disadari atau tidak.

  9. Yang namanya persaingan itu seharusnya selalu positif …
    kalau negatif itu namanya bukan persaingan … tetapi … percurangan

    salam saya Put

  10. Usagi muncul di hasil pertama halaman pertama pencarian Google ketika saya ketikkan “tidak suka kompetisi”🙂 Blog ini telah memenangkan kompetisi hasil pencarian itu. Relatif terhadap waktu sekarang, dan keyword dan lokasiku sebagai pencari informasi.

    Sama, aku kok mikirnya lebih baik kolaborasi daripada kompetisi.

    Tapi sepertinya tidak bisa dihindari.. kecuali kita menemukan sesuatu yang membuat kompetisi tidak lagi relevan..

    Seperti membuat produk yang sangat inovatif, belum ada atau jarang di pasaran atau melakukan sesuatu yang kreatif, unik atau sangat berbeda dengan apa yang sudah biasa.

    Masih banyak peluang kebaikan yang bisa kita tebarkan di bumi Allah yang luas. Mungkin kehidupan modern mulai menjadikan manusia semakin egois, dan kita mulai merasakan benci terhadap aroma kesombongan dan keangkuhan yang ia timbulkan. Aku sering merasakannya saat ikut serta atau mengamati kompetisi.

    Namun aku sekarang mulai berpikir untuk mencoba tempatkan rasa benci pada kesombongan, bukan pada objek tak berdosa: kompetisi. Walaupun seringkali karena sistem dan unsurnya banyak tidak jujur, kompetisi menjadi terkesan negatif dan destruktif.

    Dan semoga aku bisa menemukan lebih banyak bukti positif kolaborasi. Sebagaimana para penggiat open-source dan forum-forum keilmuan mulai percaya akan kekuatannya.

Leave a Reply

