Rumus Halal Bihalal..


Bekesong City.. 2 September 2011 (*memulai postingan dengan di iringi lagu the mercys..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

*haiiii,,,,,,*

*gimana lebarannya… seru kah….*

Aroma lebaran masih terasa dimana..mana…

Anak-anak kecil yang sibuk wara wiri dengan baju barunya..

suka merhatiin gak di jalan jalan, sekelompok orang yang lagi nunggu angkot,,siap mau silaturahmi,,baju baru.,,warna yang masih cerah.. lipitan baju yang masih terlihat dan semua orang terlihat bersemangat..

atau iringan sepeda motor yang wara wiri di jalan raya,,satu motor isinya 4 orang..ibu, bapak dan dua anak,,

oh ya satu lagi.. pernah gak merhatiinn..iringan mobil bak terbuka bawa sekumpulan orang..rame dah..dan biasanya yang mereka tuju adalah pusat wisata..Ragunan,,Pantai Anyer,,Monas..ataupun Ancoll

mungkin ini aneh ya buat orang lain..

tapi saya amat menyukai pemandangan ini,,seperti saya menyukai pasar malam..bengong di kereta,,nyaman,,damai dan keren aja. kadang saya suka iseng ke jalan raya di depan..cuma buat menikmati pemandangan ini,

HALAL BIHALAL,,,kegiatan yang mungkin cuma ada setahun sekali..tahu gak dulu saya selalu menghindari acara halal bihalal ini,,sebisa mungkin saya gak ikutan dah.,biasalah para Om dan Tante Rempong itu hobi banget nannya.. “Kapan Nikah” daripada emosi lebih baik kabur kan…

Tapi untuk tahun ini mama dari jauh hari udah ngelarang buat punya acara dihari pertama lebaran..karena keluarga Papa kumpul di rumah semua,, kata Mama..

ya udahlah,,anggap aja, pertanyaan mereka itu sebagai pengingat buat kamu..lagi pula kan pertanyaan itu cuma setahun sekali ,,jadi nikmati aja lah..

jadilah Lebaran kemarin saya dengan suka maupun tidak rela turun tangan dalam acara halal bihalal ini,, ha…ha..ha. ternyata tidak seburuk yang saya pikir.. (*sudah dua tahun..kalau hari pertama lebaran saya kabur ikutan open house yang diadakan kantor di hari pertama..)

seru juga.. Anak-anak kecil,, Para orang tua,,dan keramaian yang tercipta.. dan satu lagi semua selalu heboh membahas kenangan tentang masa kecil kita..tapi bagian paling rusuh adalah.. seharian itu saya kebagian tugas,,cuci piring..sediain makanan buat para tamu,,dan juga ngajak main para anak anak kecil yang datang kerumah..

eh tahu gak,,setelah saya amati,,dan saya analisa,,ternyata Halal Bihalal kali ini ada rumusnya..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ (*mulai sotoy..

A) Dress Code “KAFTAN”

Kaftan,,atau bajunya syahrini,, ini bener-bener jadi dress code lebaran kali ini,,set dah ah.. tamu-tamu yang datang semuanya pake kafan.. ini karena Syahrini lagi naek daun.. Dengan Kaftan,,dan Ucapan Alhamdulillah..Subhanallah, dan Sesuatunya..

(*Ini Keluarganya si Mamih,,semuanya pake Kafatan.. ,, saya gak punya stock foto diri sendiri lagi pake Kaftan..gak cocok,,lagi nich ya..saat orang lain dandan secakep mungkin pas acara halal bihalal,,eike mah kagak cyin..pake celana pendek,,baju kaos..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

B) Halal Bihalal = THR buat anak anak,,

THR buat para bocah..aih ini bagian paling heboh pas rombongan keluarga besar dan anak-anak kecil itu datang,, saat dikasih uang THR lebaran..semuanya langsung tersenyum dengan manis,eit tapi jangan salah anak kecil sekarang pinter-pinter cyin.. kgak bisa dikasih goceng.. mereka dengan manisnya bilang..

Tante,,goceng mah cuma dapet chiki doang..Mcd aja sekarang 15 ribu,, (*matre kali para bocah ini,,

atau celotehan lain nya saat uang sudah ditangan..

Alhamdulillah..nambah lagi uang aku,, dari pagi aku udah dapat 400 ribu..(* dengan wajah polos dan tanpa dosanya,, gilee yee,, perasaan lagi jaman saya THR itu gak lebih dari 100 ribu,,itu juga udah ngiterin semua rumah saudara,,πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

c) Halal Bihalal = Pertanyaan “Kapan”

ha…ha..ha..ha. ini point pentinya,, dan selalu saya temukan di setiap tahun,, pertanyaan kapan itu,,gak pernah surut,,

tapi yang seru tahun ini bukan cuma saya aja yang menghindari pertanyaan ini,,Sibungsu juga,, karena adik saya yang kecil itu sudah mulai mendapat pertanyaan..

” Kamu kuliah nya kapan lulus,,si itu udah mau lulus loh..ntar mau nyari kerja di mana..”

ha…ha..ha..ha dan percaya gak pertanyaan ini bukan cuma buat si bungsu doang..tapi temen-temen si bungsu juga mendapatkan pertanyaan ini,,maka saya akan ketwa ngakak waktu si bungsu dan teman-temannya membahas pertanyaan kapan ini di twitterπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

salah satu dari ocehan si bungsu adalah..

Mereka gak tahu apa ya,,kalau yang gw teliti adalah makluk hidup ,,yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk sebuah hasil,,

Pertanyaan kapan itu akan terus menghantui mulai dari kapan lulus,,kapan kerja,,kapan nikah,ntar suatu waktu kalau ketemu di pekamaman gw mau iseng ah bilang.. Kapan nyusul tan,,

d) no gadget in your hand..

tahu kan kebiasaan anak muda jaman sekarang,tangan kanan nya udah ganti fungsi,, khusus buat megang gadget,, gak punya uang gak masalah,,tapi ketinggalan gadget itu masalah besar,,gak masalah hidup di tempat terpencil,,gak ada orang ,,selama si gadget setia mendampingi..kadang gak peduli ama lingkungan sekitar karena terlalu asyik dengan jejaring sosialnya..

lebaran tahun ini mama bikin peraturan..

selama acara silaturahmi gak ada yang boleh sibuk sendiri sama gadgetnya,, mereka jauh jauh datang kerumah mau ketemu keluarga kita,,ini kamu bukannya ngajak ngobroll malah sibuk sama hape masing-masing..liat yah,,kalau pada sibuk sama hape masing-masing.. mama buang tuch hapenya..

jadilah selama acara kemarin kita semua tunduk pada perintah mama,,jauh-jauh dari si gadget,,bener-bener jadi anak manis,ngajak para tetamu ngobrol,,ngajak main para bocah.. (*kalau saya mah daripada ngobroll ama para orang tua,,mending main ama para bocah..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

dan ternyata bener ,,para tamu merasa lebih dianggep ,,karena di salah satu percakapan para ibu bilang gini,,

saya prihatin sama anak sekrang yang sudah mulai tidak menghormati orang tua.. kalau kita datang bertamu ke rumah nya,, anak -anaknya sibuk sendiri sama hape nya,, kalau diajak ngobroll matanya gak ke kita,,tapi tetap aja ke hape nya,,, anak nya ibu mah gak ya,, masih menghormati orang tua.. (*belumm tahu aje die,,, gw abis di ultimatum..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

seru kan cerita halal bihalal saya,,ternyata para om dan tante rempong itu tidak selamanya menyebalkan,, Halal Bihalal ,cuma ada setahun sekali,,waktunya kita semua berkumpul,, dan mengobarkan semangat silaturahmi..

15 thoughts on “Rumus Halal Bihalal..

  1. oh iya ada satu lagi..rumusnya…

    saat kamu sukses maka para ibu akan bilang..
    “contoh tuch kakak inon,, rajin belajar,,kerjanya enak sekrang udah jadi orang,, kamu harus bisa kaya kakak inon..”
    (*maka terbanglah saya kelangit ke tujuh saat di sanjung seprti ini,,

    tapi si ibu juga akan membahas..
    “tapi jangan contoh males bangun pagi nya,, ya, kakak inon dari dulu ampe sekarang emang selalu terlambat..”
    (*parah abis di sanjung ke langit ke tujuh trus di lempar ke laut..

    • Haaaa haa haa haa

      Banget mas,,,

      Banyak di bahas kan,,
      Gimana acara halal bihalal jadi gak ada makna,,
      Hanya karena kita sibuk sana gadget masing-masing

      Dateng,, salaman,, cari pojokan,, sibuk dah ama dunia sendiri,,
      Inti dari halal bihalal itu kan
      Ketemu,, ngobrol,, dan ngerasain aroma persaudaraan yg udah lama hilang

      *sok bener yee gw,, padahal kemarin2 juga kabur* :p
      my little usagi

  2. Ceritanya bagus usagi, memang begitulah kira2 rumusannya. Gaya bahasa yg ringan. Btw yg paling kusuka kesimpulannya itu loh bahwa setiap kebersamaan pada acara halal bihalal itu selain memupuk persaudaraan juga memberi kita banyak pelajaran berharga. So watch, enjoy and learn it ya nga? Anyway soal dress code [Π½Μ…Μ²]a[Π½Μ…Μ²]a[Π½Μ…Μ²]Ι‘ΒΊΒ°Λš ˚°º lucu juga sih,memang setiap tahun pasti ada trendnya …p)sesuatu yg nga kepikiran utk kutulis tapi kau membahasnya. Bagus!

  3. pantesaaaaan dia ngga ada di FB hahahha. Kangen gue becandaan.
    Duh si Nonon sibuk ketawa ketiwi makan enak, aku cuma bisa ngebayangin ajaπŸ˜€
    Cuci piring? Oh dari dulu tugasku wara wiri siapin makanan dan segala tetek bengeknya setiap ada pesta. Back stage manager deh, Mama penerima tamu. (Paling ngga suka jadi penerima tamu soalnya hahaha). Jadilah sejak aku ke Jepang, ya ngga ada pesta lagi di rumah. Kalau mau pesta sewa catering jadinyaπŸ˜€

    Nikmati kebersamaan (termasuk pertanyaan) selagi masih bisa. Ada waktunya kita kangen akan suasana itu.πŸ™‚

    EM

  4. karena aku lg di semarang dan roaming bahasa aku suka curi2 pakai gadget diatas:)
    kalau alasanku ga pake gadget selagi banyak tamu karena takut lupa nyimpan,takut hilang hihihi suudzon.mencegah lebih baik bukan daripada beli lagi.edisi pelit ibu rumah tangga: )

  5. jempol deh wat kk Inon lebaran tahun ini,
    lebaran tahun depan kan bakal jadi tuan rumah sendiri bersama suami.
    amiinn.. πŸ˜€

    **itu foto putrinya pak syamsir rancak bana!

  6. Pokoknya kakak inon hebat dah lebaran tahun ini
    Paling rajin cuci piring en paling maniezs sama anak anak kecil
    Kakak inon bener2 jadi idola lebaran thn ini……..
    Salam

  7. Jiahahahaha…….kenapa si mamih jadi masuk dlm rumus halal bi halal sih nak……
    Sangkain yg pake rumus cm matematika dowang………. Hahhahahhaha……
    Salam

  8. mumpung aroma lebaran masih terasa …πŸ˜‰ ane ucapin …
    Bismillahhirrahmannirrahim
    Ambil daun jalin ketupat,
    ketupat dijalin daun kelapa,
    andai jari tak dapat berjabat,
    tapi kata masih bisa berucap…
    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
    Taqobbal Allahu minna wa minkum
    Minal aidin walfaidzin
    Mohon maaf lahir & bathin – Amin!

  9. hihi…pertanyaan ‘kapan’ jadi trending topic di list facebook-ku.. Hahaha…. Untung akunya gk keliling2 tahun ini, jadi aman dr pertanyaan kapan, Tapi nikmati aja sih Put…termasuk nikmati sanjungan tinggi dan terjun bebas ke lautnya… Hihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s