Ketika Si Lambung Kembali Berulah..


Bekesong city 12 September 2011

Ingat lagu ini kan..

Ingat 5 perkara ,,sebelum 5 perkara..

Sehat sebelum sakit,,

Yup..yup..bagian yang terkadang suka kita abaikan.. sehat sebelum sakit,,

Mungkin ada beberapa diantara teman-teman yang tahu kalau saya memiliki masalah di bagian lambung.. ya si pemalas ini terkena radang lambung dan harus jaga makanan,,terutama makan mie instan..

Yup Mie Instan,terakhir kali  saya makan mie instan setahun yang lalu,,dan itu cukup untuk membuat radang lambung saya kumat dan harus bolak balik ke rumah sakit,,sejak itu saya gak pernah nyentuh mie instan lagi…

Tapi,, saya terkadang lupa satu hal.. bahwa penyebab rusaknya lambung saya bukan hanya karena Mie Instan semata,,banyak faktor yang dapat menyebabkan lambung saya kembali berulah, Minuman Bersoda, Jajanan sembarangan, Pedes, Asem, makan gak teratur, kebanyakan makan Junk Food, hidup gak sehat,,semuanya bisa merusak lambung..

Ya saya terkadang mengabaikannya,, selalu mikir,,tenang aja,,“gw kuat kok,,kalau makan sedikit aja lambung gak bakal rusak,,”

Tapi ternyata,,

 si lambung gak bakal rusak,,kalau makannya Cuma sedikit,,tapi kalau makannya sedikit dan terus-terusan,,maka siap-siap saja,,si lambung akan kembali berulah…

Ketika liburan usai,,dan kerjaan kembali menggila, maka rutinitas kembali mengharuskan saya hidup tidak teratur,,pulang larut,,terlambat makan,junkfood,, semuanya itu perlahan tapi pasti,, menggoroti lambung saya yang emang udah rusak dari sononya…

Ada yang bilang kita gak akan pernah tahu kan apa yang akan terjadi dalam hidup kita,,5 menit kedepan aja semua nya masih misteri,,

Hari sabtu kemarin saya masih menjalani hari seperti biasa,,gak ada keluhan apapun,, sepulang nganter mama belanja, tiba-tiba aja saya sakit kepala,,dan perut pun terasa nyeri,,laporan sama mama..

Ma perut inon kok sakit ya,, ngelilit gak enak gini,,

Si mama Cuma bilang,,

Inon kan lagi dapet ya wajar lah sakit perut,,minum kiranti sana..

Saya mengiyakan pendapat Mama,mungkin sakit perut karena datang bulan,, saya kembali sibuk pecicilan sana sini,,tapi kokk ini perut nya makin sakit ya,,dan sakit perut nya makin melilit dan gak enak banget,, bahkan saking sakit nya saya sampai muntah hingga 3 kali..

Sakit perutnya tuch luar biasa sakitnya.. bayangin aja kalau perut kamu di pukulin sama orang segede Ade Rai,,terus abis itu di injak-injak,, sakit banget,,sakit perut yang bikin saya yang gak suka dokter ampe teriak-teriak minta di pangggilin dokter,,sumpah dah ini bukan lebay..tapi emang beneran,,

 saya masih bisa kabur-kaburan dan sok kuat kalau disuruh ke dokter Cuma karena flu, pusing, demam,, kalau penyakit kaya gitu ,,pasti pake acara berantem dulu sama mama untuk bikin saya harus ke dokter,,

Bikin panik orang satu rumah,,terutama Mama yang takut saya kenapa-kenapa,, bikin si Abang harus manggil tukang becak ke rumah,, Cuma buat nganter saya ke dokter langganan saya,, perjalanan dari rumah ke tempat dokter,,sumpah berasa jauh banget,,

Sampai di tempat dokter , itu dokter bukannya buru-buru kasih saya suntikan penghilang rasa sakit malah sibuk Tanya –Tanya dulu,, Nama , Umur,,gejala penyakit saya,,hingga makanan apa aja yang saya makan hari ini,,

Sumpah dah semua itu berasa lama banget,, rasanya pengen teriak dan bilang

Ya ampun dokk,,wawancara nya ntar aja,,yang penting sakit perutnya ilang..gak tahu apa sakit nya kaya apa,,, kalau kata orang sakit gigi itu adalah sakit yang paling gak enak,, menurut saya sakit paling gak enak ya sakit perut..

Dan diagnose dokter bilang saya kena.. Infeksi Usus,, aih.lebih parah dari pada penyakit sebelumnya,, dan semua ini di picu dengan jajan sembarangan, gaya hidup gak sehat,, gak suka sayur,dan jam istirahat yang tidak maksimal,,..

Penyakit kali ini lebih parah dari sebelumnya,,karena biasanya saya masih bisa pecicilan seperti biasa,,sakit kali ini mengharuskan saya bed rest dan gak banyak gerak,,karena gerak dikit aja perut saya akan berasa ngilu..

Kebayang kan manusia pecicilan kaya saya di suruh diem,, rasanya gak enak,, dan amat sangat membosankan ,, kalau udah kaya gini,baru dah saya menyesali semua hal yang sudah saya lakukan yang membuat si lambung kembali rusak.. (*kemarin kemarin kemana aja cyin

Hari ini saya gak kerja,,patuh sama perintah dokter buat bed rest,,tapi besokk kembali kerutinitas,,diam,,dan tidak melakukan apapun hanya membuat saya semakin mati gaya,dan kepikiran sama semua tumpukan pekerjaan yang menunggu di kantor,, 

saya sengaja posting tulisan ini,,sebagai pengingat kalau saya kembali ke hobi lama saya makan junk food dan jajanan sembarangan lainnya tapi sumpah dah,,kalau cuma menghindari mie instan itu gampang,,saya berani bilang gak,,tapi kalau junk food, bakso,,mie ayam,,dan semua makanan abang-abang lainnya itu amat sangat sulit saudara..saudara,,😀😀😀 ,, saya harus segera sembuh karena bulan depan saya akan tugas ke luar kota untuk jangka waktu yang lama,,gak lucu kan kalau di pelosok tiba-tiba harus sakit kaya gini…

18 thoughts on “Ketika Si Lambung Kembali Berulah..

  1. Kali aja itu usus buntu, Put. Coba cek lebih detail lagi. Cari second opinion.

    Aku pernah mengalami soalnya. Dulu di tahun 1997, aku mengalami sakit perut yg gak ketulungan. Mulai dari ujung kaki sampai ubun-ubun semua terasa sakit. Kata dokter, itu infeksi usus. Sehingga aku harus mengkonsumsi berbagai obat.

    Tapi, setelah diperiksa dengan lebih teliti dengan USG, itu ternyata usus buntu. Obatnya hanya operasi..

    Alhamdulillah, sejak operasi itu, aku sudah tidak mengalami sakit oerut yang amat sangat dahsyat itu lagi..

    Jadi saranku.. Periksa lagi ke dokter spesialis penyakit dalam. Jangan abaikan hal kecil. Karena, hal besar terjadi dari kumpulan hal-hal kecil..🙂

  2. Cuma mengulang kata-kata kamu …
    … kemarin kemarin kemana aja cyin …

    Semoga lekas sembuh ya Put …

    And next … it is all your decision …
    Mau makan sembarangan setelah ini atau tidak …

    Tapi … entar kalo sakit lagi … jangan salahin siapa-siapa … jangan ngerepotin siapa-siapa … OK ?

    Salam saya Put

  3. Aku pernah jg Put kena infeksi usus, dan emang ampun2an ya sakitnya, terancam ga jd kuliah waktu he he.. Semoga segera ‘insyaf’ buat hidup lebih sehat ya Neng *nasehatin diri sendiri*😉

  4. kalau sudah sakit begitu, terasa bermakna sekali lagu diawal tulisan..sehat sebelum sakit…
    selain diri non, juga orang dekat mesti saling menjaga….repot juga banyak pantangannya…
    hup….kepengin jaga kesehatan ….ugh…semangat..^__^

  5. tuh kaaannn…. (eMakmode)
    kalo dibikinin mie ama pa Tuo: berani nolak, tapi si abang bakso and mi ayam ampe dikejer-kejer… hehehe..
    Cobain resep asli dari pa Tuo: “makan singkong rebus dan minum perasan air kunyit (kunir), insya Allah mengatasi masalah sekitar pencernaan..”

  6. Non, kalau aku mudik ntar… temenin makan mpek mpek, makan mie GM, bakwan malang, ketoprak, sate padang…. Nah! supaya bisa tahan banting, musti dikuatin tuh perutnya ya😀
    Udah mulai pecicilan kan hari ini?😀

    EM

  7. Pingback: Pesta Durian mengakibatkan Radang Lambung « Cerita Usagi

Leave a Reply

