Follow your destiny ..(*Idealisme Vs Uang..


Finally Bekesong City,, 4 Desember 2011

finally balik ke Bekesong city lagi,,setelah satu minggu ngungsi nginap di  kantor,, trus lanjut satu minggu  tugas ke Bali,,sumpah tugas ke Bali kali ini benar-benar gak bisa jalan jalan,,full time kerja..dari jam 8 pagi sampai jam 11 malam.. hadehh kapan ya bisa ke Bali,buat liburan.. (*makanya nabung..) pulang kerumah dua hari nanti hari selasa tugas lagi ke Samarinda..

okkk cukupp prolog gak pentingnya,,mari kita bercerita,,

ada yang suka nonton acara kick andy di Metro Tv,, saya suka sama acara ini,,karena kick andy menurut saya satu-satunya talk show yang bener-bener bisa jadi talkshow.. acaranya tidak menghakimi orang lain.. gak sibuk saling cela sana sini,,berbobot,,menginspirasi,,dan gak ngebosenin…

topik hari ini adalah Indonesia Mengajar,,cerita tentang anak-anak muda..yang ikut dalam program Indonesia Mengajar, anak muda Indonesia yang berprestasi,, punya karir,,dan kemudian meninggalkan semua kemudahan dan kemewahan yang mereka memiliki untuk mengikuti program Indonesia Mengajar,, datang ke pelosok-pelosok untuk mendidik anak indonesia.. dengan satu tujuan menjadi Inspirasi,,dan mencerdaskan anak bangsa.. menjadi Guru,, yang sebenarnya ,,mendidik,,mengajarkan ilmu pengetahuan bukan hanya dengan mendoktrin tapi juga memahami,,,

gak cuma sekali dua kali kick andy membahas tentang mereka yang memilih Idealisme nya dan kemudian meninggalkan kehidupan mereka yang bergelimang uang..

ya Idealisme VS Uang..

jujur ya,,saya salut dengan mereka yang tidak menjadikan UANG adalah segalanya..  mereka yang sebenarnya bisa mendapatkan lebih banyak uang dengan potensi yang mereka miliki,,tapi tidak memilih jalan itu.mereka memilih panggilan takdirnya.. jalan hidup yang membuat mereka bahagia.. mereka memilih itu…

sahabat saya seorang  peneliti ,,punya potensi tinggi dengan pendidikan dan kemampuan nya dia bisa hidup layak,,,punya gaji gede,,dan punya jabatan tinggi,,tapi sahabat saya ini memilih untuk mengabdi di dunia penelitiannya, menyelamatkan orang utan , yang saat ini mulai punah karena terus-terusan di buru,, memilih hidup di pelosok dan meninggalkan jakarta, waktu saya bilang..“padahal kalau  kerja, di Jakarta dan masuk perusahaan gede,,gaji lo bisa 7 digit cuy.. lo bisa dapat apa yang lo mau..”

dan sang sahabat hanya jawab.. “kalau semua orang punya pikiran sama kaya lo nyong..siapa yang akan menjaga bumi,,mungkin perjuangan gw artinya kecil,,tapi paling gak gw udah melakukan sesuatu..gw gak mau aja anak anak gw nanti hanya mendengar cerita tentang orang utan..sama seperti kita yang hanya mengetahui dinosaurus dari gambar,, dan buku-buku yang ada,,gw gak mau ,,10-20 tahun lagi orang utan hanya tinggal menjadi sejarah aja…” (*dan kemudian sang sahabat akan bercerita tentang mimpi-mimpinya..

ya sahabat saya,hanya satu dari sekian banyak orang-orang yang saya temui,,mereka yang  memilih menggapai mimpinya,, menjalani hidup sesuai panggilan hati nurani nya..dan mengabaikan omongan orang-orang yang bilang.. “ Kamu tuh bisa punya kehidupan yang lebih baik,, daripada hidup dengan pilihan kamu itu.”

mereka yang memilih ada di pelosok ,, mengabdi di masyarakat,melakukan sesuatu untuk alam,, melakukan sesuatu sesuai dengan hati nurani mereka,, tidak menjadi budak budak uang,,masyarakat yang konsumtif,, dan mengatasnamakan uang diatas segalanya…

saya amat sangat salut dengan mereka,,saya angkat topi untuk mereka,, karena menurut saya gak semua orang bisa seperti itu,,tidak semua orang berani keluar dari zona nyaman mereka dan kemudian mencoba dunia baru di luar sana..

lantas bagaimana dengan saya.. saya masih menjadi satu dari sekian banyak orang yang punya pemikiran.

uang memang bukan segalanya,,tapi untuk mendapatkan segalanya saya butuh uang….

ya jelek memang,,tapi terkadang pemikiran itu gak selamanya buruk,, ada banyak mimpi yang ingin saya raih..dan rupiah demi rupiah itu memang amat sangat saya butuhkan untuk meraih mimpi-mimpi itu..

tapi jujur jauh di dalam hati saya.. saya selalu berdoa..semoga suatu hari nanti,,saya bisa seperti para sahabat saya,,yang sudah melangkah mengejar takdir mereka,,ada di dunia yang mereka cita -citakan.. semoga suatu hari nanti,,saya bisa ada disana…mengikuti takdir saya…

PS:

tulisan ini saya dedikasikan bagi mereka yang mengikuti takdirnya,,mereka yang mencintai alam.. menjaga alam, ada di dunia pendidikan..ada di lingkungan sosial,, mereka yang berani melangkah keluar dari zona nyaman mereka,, mengikuti kata hati mereka,, saya angkat topi untuk kalian..percayalah.. suatu hari nanti,, dunia akan melihat langkah kecil yang kalian buat,, mungkin saat ini kalian di remehkan..dan dianggap terlalu idealis,,tapi percayalah..langkah kecil yang kalian buat,,amat sangat berarti bagi mereka yang kalian perjuangkan.. SEMANGAT!!!!

 

 

16 thoughts on “Follow your destiny ..(*Idealisme Vs Uang..

  1. curang nih, ke Bali gak ngajak-ngajak~😛
    tapi benar kata sahabatnya kakak, kalau hanya mikirin uang, siapa yg mikirin bumi & hal2 lain diluar uang?😉

  2. Kadang emang kita gak punya pilihan, idealisme atau uang, mesti milih salah satu. Tapi kadang lagi, banyak juga orang yg sukses berada ditengah-tengahnya, idealisme jalan, uang juga deras mengalir ke kantong. Bang Andy itu kan salah satu contohnya. Kalau sudah menjalani hidup seperti ini surga banget deh kayaknya

  3. Menurutku, persoalannya bukan pada pemilihan jalan hidup. Akan tetapi, persoalannya adalah seberapa besar pilihan kita itu memberi manfaat untuk sekitar kita. Sebab, manusia terbaik itu adalah yang bermanfaat untuk orang lain, begitu sabda Nabi Muhammad SAW..

    Bagi mereka yang berani memilih untuk mengabdikan diri di daerah terpencil atau pekerjaan tak lazim yang tentu dengan kopmpensasi materi yang sedikit, aku sangat saluti. Bagiku, mereka adalah ORANG BESAR yang sesungguhnya..

    Aku pernah menulis pengalaman soal ini di sini: http://hardivizon.com/2007/04/12/orang-besar/

  4. uang emang bukan segalanya sih ya… tapi ya harus mikir realitas juga. apalagi kalo udah berkeluarga, punya tanggungan anak istri. akhirnya uang bisa mengalahkan idealisme…😀

  5. Kawan saya kemarin nulis seperti ini di jejaring sosialnya.

    “Bila kau yakin bahwa segalanya butuh uang, maka aku tak boleh menghujatmu. Karena menghujat keyakinan orang lain itu berdosa menurut keyakinanku…lakum dinukum waliyadin”

    Kenapa saya tulis di sini? Kayaknya nyambung sama postingannya Mput, hehe.. Dia tidak sedang mengharamkan uang. hanya saja dia percaya bahwa alangkah lebih indahnya jika uang dikembalikan pada fitrahnya. Sebagai alat tukar, dan digunakan sesuai kebutuhan bukan keinginan.

    Iya, salut sama orang orang yang seperti itu. Dan memberi jempol pada acaranya Pak Andy F. Noya. jempol juga buat postingan ini.

  6. Ada Tiga Hal Put …

    1. Komen Uda Vizon
    Saya suka sekali komentar dari Uda Vizon.

    2. Kick Andy
    Dan saya pun suka sekali kalimat Put Moon yang berbunyi “… acaranya tidak menghakimi orang lain.. gak sibuk saling cela sana sini …” saya suka sekali kalimatmu Put … And I share the same Idea

    3. Your Schedule
    Wah lagi penuh jadwalnya nih Put …
    Jaga kesehatan ya Put … makan yang teratur … banyak minum … istirahat cukup !

    Salam saya

  7. Heee semua itu menyangkut hati saja put…Jika kita punya prinsip..yang penting kita bekerja dan bekerja dengan baik dan tetap menjaga 3 hal yaitu Hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam, manusia dengan Tuhan.

    Mengenai “Besar dan Kecil” yang kita peroleh itu sudah terjadwalkan, kita memang mengharapkan hasil namun tidak besarannya, karena kita juga perlu hidup.

  8. salut mba untuk orang-orang seperti itu… pernah punya keinginan untuk lebih memilih menjadi idealis meninggalkan semua kenyamanan, tapi sebagai anak pertama saya memiliki tanggung jawab terhadap adik-adik saya, dalam pikiran saya gak semudah itu kita memutuskan untuk lebih mengejar apa yang menjadi impian kita, karena selain kita, masih banyak yang memiliki mimpi dan mereka membutuhkan kita…
    semoga suatu saat saya bisa memilih kehidupan seperti itu, atau mungkin salah satu dari adik-adik saya…🙂
    kedatangannya di Samarinda saya tunggu yah….🙂
    sesuai janjinya mba us…kita ketemu yah😉

  9. uang adalah segalanya, oleh karena itu banyak yang berlomba mengejarnya menjadi koruptor, penipu, perampok bahkan ada yang tega menzalimi keluarganya sendiri demi uang.
    Hingga sekarang ini, koruptor semacam Nazarudin menjadi pahlawan.. (dijemput pake pesawat jet pribadi dengan biaya 5 milyar) hahahahahahaaaaa……. (sarkaksmedotcom)

  10. oiii… mbak… aye yg semalam di ajak ngobrol ampe tengah malam di tepian mahakam =D =D
    postingannya bagus mbak, penuh dengan titik titik… ahahahaha…

    ngga ding, saya suka dengan pembahasannya, orang yang mengikuti ‘destiny’ nya dan mengikuti idealismenya adalah orang orang yang tahu apa yang mereka inginkan dan bagaimana mencapai yang mereka inginkan… ^^

  11. mau jadi idealis , boleh2 aja, itu hak seseorang
    namun begitu harus juga mengerti dan melihat realita yg ada
    apapun yg kita lakukan memerlukan uang

    apalagi kalau sudah berkeluarga
    utk susu anak, sekolah anak, biaya listrik dan segala macam tetek bengek urusan domestik rumah tangga , semuanya memerlukan uang .
    yang paling penting adalah, halal mendapatkannya , ya gak sih ?🙂
    salam

Leave a Reply

