Growing Up Bersama Raditya Dika (*Review Buku Manusia Setengah Salmon


JjBekesong City,, 29 Januari 2012,,

Raditya dika,, salah satu inspirasi saya dalam menulis,,ya dalam belajar menulis saya di pengaruhi oleh dua orang penulis yang amat saya kagumi,, Tere liye dan Raditya Dika,,

Tere liye mengajarkan saya tentang bagaimana hidup sederhana,, mengajak bermimpi tentang menulis banyak kebaikan, Jika Tereliye mengajarkan menulis tentang kesederhanaan, maka raditya dika mengajarkan menulis dengan kejujuran,,bercerita apa adanya,, gak pake topeng.. Radit adalah salah satu perintis lahirnya “PELIT” atau personal literature,, tulisan yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari penulisnya,,

Kenapa judul tulisan ini “Growing Up bersama Raditya Dika” ya karena Radit tumbuh dewasa bersama para penggemarnya, saya mengikuti tulisan radith yang dimulai dari blog kambing jantan,,rasanya baru kemarin saya numpang baca tulisan radit yang kambing jantan di gramedia,, ya baca secara gratisan,,secara ya bow,,waktu itu jaman-jaman kuliah,,duit cekak gak mampu beli buku ,, jadi mending ke Gramedia Matraman, numpang baca gratisan,, hasrat membaca terpuaskan,, uang juga gak perlu keluar..

Saat ini ada banyak penulis yang hadir dengan tulisan-tulisan lucunya, jujur kadang saya merasa Gerah dengan tulisan itu,kenapa ya semua seperti ingin berlomba-lomba terlihat bodoh,, semua seolah ingin menjadi raditya wanna be,, Tulisan Radit emang konyol, tapi bukan konyol sembarang konyol,,selalu ada makna di setiap tulisannya,,di awal-awal paragraf,, mungkin kita akan terbahak membaca lelucon itu,,tapi percayalah di akhir paragraf,,selalu ada makna di setiap tulisan nya,,dan itu yang gak saya temuin di tulisan-tulisan penulis lain yang berlomba-lomba untuk terlihat bodoh,,tapi akhirnya ya biasa aja…

Tumbuh bersama Raditya Dika Kambing Jantan -> Cinta Brontosaurus -> Radikus Makan Kakus -> Babi Ngesot -> Marmut Merah Jambu -> dan yang terbaru Manusia Setengah Salmon


Yup..di buku terbaru nya “Manusia Setengah Salmon” Radit mengajak pembacanya untuk tumbuh dewasa bersama,, karena tulisan-tulisan yang ada bermetamorfosis seiring dengan bertambahnya usia,,Radit yang semakin dewasa,, sama juga dengan pembaca setia nya yang juga turut Menua bersama,,

Kenapa judulnya “Manusia Setengah Salmon” Salmon adalah ikan pejuang yang berpindah, berenang ribuan kilometer hanya untuk satu tujuan,,bertelur,, ditengah berenang banyak yang mati kelelahan, banyak juga yang menjadi santapan beruang,, namun salmon-salmon itu tetap pergi,,tetap pindah,,apapun yang terjadi,, sama dengan esensi kita sebagai makluk hidup , bukankah esensi kita sebagai makluk hidup adalah pindah.. dimulai dari kecil pindah dari Rahim Ibu ke Dunia nyata,, lalu pindah sekolah, pindah pekerjaan dan pada akhirnya kita pindah hidup, Mati Pindah ke dunia lain..

Growing Up bersama Raditya,, di buku ini Radit mengajak kita semua untuk berpikir dewasa,, bercerita tentang bagaimana kita harus pindah “Dari satu hati ke hati yang lain” , ada beberapa bab dalam buku ini di mana saya juga merasakan perasaan yang sama dengan radit,,

  1. Kasih Ibu sepanjang Belanda, Dibab ini radit bercerita bagaimana di awal, dia merasa, punya Mama yang amat perhatian itu kadang menyebalkan ,, tapi pada akhirnya,, seiring perjalanan usia, dia menyadari satu hal, bahwa jauh lebih beruntung orang-orang yang masih bisa di gerecokin sama emaknya,,ketimbang mereka yang hanya menemukan kerinduan pada ibunya di sebuah batu nisan.. (*sama kan sama saya,,kadang saya juga suka ngerasa riweh sendiri kalau bentar-bentar di telpon Mama, tapi kalau pas tugas di luar kota,, jauh dari keluarga,,disana baru berasa,,aih ternyata jauh dari orang tua itu menyedihkan ya..
  2. Mencari rumah Sempurna, cerita tentang bagaimana Radit mengobati luka hatinya,, mencari hati yang tepat untuk pendampingnya,,dan pada akhirnya dia mengerti satu hal,, Mencari Pasangan yang sempurna tidak akan pernah ada, yang terjadi adalah kita harus belajar menerima, dan mengerti apa adanya,, Rumah adalah tempat untuk pulang,, sesuatu yang bisa melindungi kita dari gelap, hujan dan menawarkan kenyamanan,,

    Masih ada banyak bab yang mengajak kita untuk berpikir lebih dekat,, mengajak pembaca tumbuh bersama ,, mengajak pembaca untuk tidak takut pindah,,dan berani berjuang untuk mewujudkan harapannya,untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik kita gak perlu menjadi manusia super yang mengerti segalanya,,tapi kita cukup menjadi manusia setengah salmon, yang berani pindah,, berani melangkah,,dan kemudian mencari kebahagian-kebahagiaan kecil di setiap perpindahan itu.

Berpenampilan Menarik!!!!!


PBekesong City 29 Januari 2012

Usia 22 tahun ,,adalah usia dimana ,, Adik-adik kita yang baru lulus kuliah,, mulai merasakan sulitnya mencari kerja.. interview sana-sini,, berharap,, berjuang..kadang harapan itu berujung dengan kekecewaan karena ternyata gak lulus kualifikasi yang diminta perusahaan.. dan terkadang harapan itu berbuah manis karena mimpi untuk mendapat pekerjaan itu menjadi nyata.. dunia kerja.. dunia baru yang harus mereka hadapi setelah kuliah,, dunia dimana kita di tuntut untuk bertanggung jawab.. di bayar atas jerih payah yang di lakukan, belajar banyak hal,, merangkai satu demi satu anak tangga menuju mimpi yang baru lagi.. (*saya pernah melewati masa-masa seperti ini dulu,, di usia yang lebih muda dari mereka, dan rasanya luar biasa,, kebahagiaan yang tidak akan pernah terulang,,saat sebuah telepon datang dan berkata ” Selamat ya kamu di terima, ” Sujud syukur,,dan sejuta mimpi pun tercipta..

Dan kemarin salah seorang dari adik-adik muda tersebut muncul di layar kurir yahoo,, Mari kita panggil si adik bernama Marmut,,

Marmut : Kak,, aku mulai hopeless deh,, aku udah puluhan kali ikut interview,,tapi hasilnya sama kak,,aku gak di terima,, kayanya ada yang salah deh kak sama diri aku..

Saya : Emang kamu kenapa, sabar aja ,,emang siklusnya gitu,, akan ada masa dimana kamu merasa bosan dirumah,, merasa perjuangan kamu udah maksimal,,ALLAH gak denger doa-doa kamu,, dan kemudiaan saat kamu ada di titik terendah.. semua kesulitan itu akan berganti dengan kemudahan.. ALLAH pasti kasih yang terbaik dek,,

Marmut : Aku serius kak,, kayaknya aku gak diterima kerja karena aku “TIDAK MENARIK” aku gendut,, gak cakep,,pakaian aku gak seksi ,, kemarin waktu aku test ada salah satu peserta yang secara nilai jauh di bawah aku kak,,tapi secara fisik dia cantik, tinggi, putih bersih,,dan dia diterima.. SEE, itu karena dia menarik kak,, sedangkan aku gak menarik,, makanya aku gak diterima kerja, lagi kakak liat sendiri di kalau kerja di kantoran kan jarang ada orang gendutnya

Hampir 30 menit si marmut berkeluh kesah tentang hidupnya dan menurut nya semua penderitaan ini bermuara pada kata “TIDAK BERPENAMPILAN MENARIK” tubuh yang gendut, gak cakep,,berujung pada banyak nasib buruk, susah dapat pacar, susah dapat kerja,,dan 1001 kesulitan laiinnya,, yup adik yang satu ini memiliki postur tubuh yang tidak tinggi, lumayan besar,, tumbuh kesamping bukan ke atas,,

setelah si adik puas bercerita dan berkeluh kesah,, saya kemudian mulai menceracau ..

Emang berpenampilan Menarik apa sih dek, emang salah kalau gendut,, Kakak juga gak cantik,, gak punya kaki yang bagus, gak punya kulit yang putih bersih,, terus apa kakak gak menarik, apa kakak di tolak bekerjaa dimana-mana, gak kan.. semua manusia punya sisi baik dan buruk,,setiap orang itu punya keunikan masing-masing..tahu gak 3 hal yang lebih penting dari sebuah kata berpenampilan menarik,,

A) Otak,,

Yup,, Otak,, percuma punya tampang cantik bodi semok,,,tapi otaknya minus,,diajak ngobrol apapun gak ngerti,pinter tapi bukan sok pinter,, ngerti banyak hal tapi gak sok tahu , itu baru keren,,

B) Hati,,

Punya otak yang OK, tapi hatinya kotor itu sama juga bohong,, kamu gak perlu jadi manusia naif,,atau rahib suci yang selalu mengedepankan kebenaran,,pahala dan dosa,,tapi paling gak kamu punya hati,peka terhadap sekitar,, gak angkuh, egois ,dengan kamu bilang kalau teman kamu diterima karena dia kurus,,itu udah bikin hati kamu kotor,,mungkin emang rezekinya si teman kamu di tempat itu,dan rezeki kamu ditempat lain.

C) Tahu Diri,

Kamu kan tadi bilang kamu gendut,, point penting nya adalah jadi diri sendiri,, jangan berlebihan,, udah tahu bodi kamu super semok,, kamu pake baju super ketat, celana pinsil, dandanan menor, ya iyalah bakal di bilang mirip karung goni kesiram cat merah..biasa aja ,, jangan over confidence tapi jangan jadi rendah diri juga,,cukup jadi diri kamu sendiri berpakaian sewajarnya,

Kalau tiga hal diatas udah ada,, kamu tinggal senyum deh,,sekarang gimana mau diterima kerja,, kalau manyun-manyun mulu,, ngerasa diri gak berharga,kalau kamu aja gak menghargai diri kamu sendiri gimana orang lain mau menghargai kamu ..

Si adik hanya diam dan gak comment apa-apa dengan semua ceracauan saya,, entahlah apa karena bosan mendengar ceramah saya,,atau merasa ” Y karena lo gak tahu aja gimana rasanya jadi orang gendut yang selalu didiskriminasi, yang ngerasain bukan lo kak, tapi gw, ”

Menurut saya awal dari rasa gak pede si Adek adalah Lingkungan,,Keluarga dan Stigma yang selama ini berkembang di Masyarakat,, kalau jadi orang GENDUT itu memalukan,,terlebih orang tua.. yang membentuk kepribadian si anak, jika orang tua selalu rempong bilang. .” kamu tuh kegendutan,,gimana mau punya pacar orang badan gede gitu..” ya gimana anaknya mau pede,, dan yakin sama kehidupannya,, kalau orang tua nya aja,, gak ngeyakinin anaknya kalau gak ada yang salah dengan tubuh besar,,

Jadi buat siapapun yang baca tulisan ini,, gak ada yang salah dengan fisik yang menurut khalayak gak menarik,, kalau pun kehidupan kamu belum beruntung percaya deh semua itu hanya masalah waktu akan datang suatu masa dimana kabar baik itu akan datang,

Dibalik Layar Karsini,, (*Ternyata Gak Bayar Cyinnnnnn


Bekesong City ,, 28 Januari 2012

Halloooooooooooooooooooooo Indonesiaa…. Hayyahhh bahasanya…..

Gak sabar dari tadi mau bikin postingan,,tapi apa daya,saya seharian jalan..jalan baru pulang jam 10 malem..tapi demi hasrat yang tinggi,,saya tetep posting dah…

Eh iya..saya hari ini jalan jalan ke puncak ujung loh..dan saya baru tahu ada waduk namanya Cirata..dan ternyata di  Puncak ada kebon sawittt,,,,aihh bow,,, kalau di puncak aja ada kebon sawit,,ngapain saya harus jauh-jauh ke Pulau Sebuku yang di ujung berung ,,Cuma buat ketemu sawit yee dan ternyata di puncak ujung sana…tingkat kemiskinannya masih tinggi,,masih ada rumah yang gak di aliri listrik,,dan anak anak yang minta-minta di tiap tikungan…. Gileee yee jeng…ini Cuma Puncakk yaaa walaupun di ujung.. bukan Kalimantan.. *pingsan bulak balik*

Baiklah pemirsahhhh prolog nya udahh cukuppp semoga kapan kapan mood saya bagus ya,,jadi bisa bikin laporan tentang semua ironi di perjalanan puncak ujung sana….  😀 😀 😀

Kenalll kan sama si inyiakk yang terkenall ituuuu *yang gak kenal tabokinnn yeee* nah inyiak nih punya mainan baru..namanya KARSINI,,alias karya siapa ini,, jadi kita di suruh ngirimin tulisan ke inyiakk,,tapi yang baca gak dikasih tahu siapa yang nulis,,pembaca disuruh nebakk siapa penulis nya..

Kalau dibikin siklus gini gambarnya….

Kirim tulisan -> inyiak publish *tanpa nama penulis* -> pembaca nebak-nebak siapa penulisnya -> 24 jam kemudian barulah di publish..siapakah penulis tamu tersebut,,

Dari awal si inyiak bikin postingan ini ,,tangan saya udah gatel pengen ikutan.. tapi terlalu banyak ide yang muncul di kepala

Ada 3 Draft yang saya buat.. ,,dan hanya satu yang akhirnya saya kirim ..draft itu adalah

A) Hebohhh bongkar Aib pasangan di Facebookk,,

Ya… saya belakangan sedang gerahhh dengan kisah suami istri yang hobi update status di FB,,bongkar aib masing-masing..aih bowww,,, kalau liat dari status-statusnya

maka kita akan melihat cerita drama berseri dari mereka mulai pacaran-hamil-menikah-punya anak- mulai terlibat konflik-selingkuh-dan kemudian bercerai..

ironi kan.. saya gak pernah ngerti kenapa aib suami istri harus di ekspos di Jejaring social,,bukannya bongkar aib pasangan itu gak baik ya..dan apa kedua suami istri itu gak mikirin gimana psikologi anaknya,, nama baik keluarga,, *tepok jidat dah ah*

B.) Nyasar Karokean di Warung Remang-remang waktu dinas di Nunukan..

Tahu kan kalau saya banci karoke,,dan kemarin waktu saya dinas ke Nunukan.. saya nyasar Karokeannya,,, ya bukan karokean di tempat karokean keluarga,,tapi malah karokean di warung-remang-remang gitu,,

Iyaaa cyyinnn warung nya remang.-remang,, Cuma pake lampu 5 watt,, sofanya buluk,,, miknya..itu pake kabel,,dan milih lagunya gak pake remote,,atau touch screen,, tapi pake operator,, jadi nich ya..kita cukup bilang ke operatornya mau milih lagu apa,, nah ntar diputer deh..tapi jangan pernah minta lagu barat yak kagak adee disono adanya lagu indonesia ama lagu dangdut..

C) Pengalaman pertama kali masuk kantor polisi,dan gratis pulak,,

Tahu kan hobi saya itu ngilangin barang-barang,,nah kemarin KTP saya ilang..dan kudu ngurus ke kantor polisi juga,, ternyata ke kantor polisi itu seru ,,dan satu lagi,,ternyata polisi-polisi muda itu lumayan manis yee 😀

Saya gak punya cukup nyali buat ngirim tulisan pertama dan kedua,,

Tulisan pertama kok kesannya sotoy banget ya,,tentang orang yang udah nikah lagi pula sekarang banyak banget orang-orang rempong yang hobi publish aib di jejaring social,,Tulisan ke dua.. he..he..he saat orang baca warung remang-remang pasti konotasinya negative,,ntar saya di sangka macem-macem dah..  Jadilah Tulisan ke tiga yang saya kirim,,

Dan ternyata ketika tulisan saya di publish waawwww rasanya luar biasa,,inyiak sengaja memoderasi tulisan yang masuk,, soalnya gampang ke tebak,,dan tulisan itu emang “inon banget” ,rasanya seruu melihat orang-orang menebak tulisan saya,, ada kebanggaan tersendiri karena 95% tebakan nya benar,, semua dengan sempurna menyebut nama saya…

Ada Emak,, Mamih,, Inyiak Vizon, Mbak TT, Om Mandor, Bunda Lidya, Bunda Monda, Mas Arman, Bli Budiastawa, bahkan mbak kris (*makasih ya mbakk padahal mbak kris jarang comment di tempat saya) , ais si drama land, Mbak Puteri Amirilis, Mamah Kayla, Om Necky, Tante Em, Ari Tunsa..dan yang lebih hebat lagi Pak De Cholik (*he..he..he saya juga jarang BeWe ketempat pak de,,dan pak de masih ingat tulisan saya..)

Ternyata penulisan (Tempat dan tanggal) misalnya *Bekesong City, 26 Januari 2011,,  * itu tuch udah Usagi Banget,, cirri khas saya,, padahal saya membiasakan menulis tempat dan tanggal supaya saya ingat kapan kejadian perkaranya jika suatu hari ingin mengenang semua yang sudah terjadi,, 

Makasih banget buat inyiak yang udah punya ide keren.. bikin KARSINI.. tadinya ada ketakutan kalau tulisan saya gak akan di kenal orang..secara saya blogger kuper,,jarang BeWe,,Posting Senen-Kamis,,tapi ternyata gileee yeee cyinnnnnn tulisan saya dikenali oleh banyak sahabat,, oh iya yang mau baca tulisan saya kaya apaa,, disini ya cyinnnn

 

BANDUNG, SANGUAN! fotografi tak sekedar dada dan paha, kecuali ada kremesnya…


Postingan ini postingan Titipan Si Bungsu,, ,, buat kamu yang di bandung,,gak punya acara WEEKEND ini, jangan lupa datang ya..ada fotonya si bungsu disana..

BANDUNG, SANGUAN!

fotografi tak sekedar dada dan paha, kecuali ada kremesnya…

Tak ada yang pernah menyangka semenjak Daendels, jenderal asal Belanda, menancapkan tongkatnya di titik nol kilometer bandung (KM 0 Bdg), Bandung mengalami perkembangan sedemikian rupa hingga saat ini. Tata kota yang dirancang dengan penuh perhitungan telah menyebabkan jalanan dan ruang-ruang yang ada di Kota Bandung menjadi sedemikian menarik untuk dikaji tak hanya secara histori dan arsitektur.

Kota Bandung sebagai generator kreativitas, dan telah terbukti unggul tidak hanya di Indonesia tapi juga di mata dunia. Suasana yang dinamis membuat energi kreativitas terus menjalari kota-kota yang berdekatan dengannya. Kegiatan kreatif banyak dimotori oleh komunitas-komunitas yang terus menggeliat seiring berjalannya waktu. Tanpa keberadaan komunitas, bisa dipastikan kota Bandung mati suri bahkan mati yang enggan kembali.

Street photography sebagai sebuah genre adalah seni fotografi yang lugas dan apa adanya,Tanpa adanya manipulasi dan semua berjalan secara alamiah dalam menyampaikan isu, simbol-simbol kota dan kegiatan maupun kejadian yang ada di lingkungan sekitar kota. Dengan demikian, genre ini diharapkan dapat menyampaikan pesan yang dapat ditangkap secara renyah, tanpa melalui proses yang panjang dan memeras otak.

“Bandung, Sanguan!” adalah sebuah kegiatan pameran dan talkshow tentang street photography yang digagas komunitas Bandung Street Photography dalam memandang Kota Bandung dari segala aspek kehidupannya. Jargon Sanguan, memberi nasi/makan dalam bahasa indonesia, sengaja dimunculkan dengan maksud memberi nilai tambah terhadap kontinuitas kreatifitas yang terus menghidupi Kota Bandung dahulu dan sekarang, simbol-simbol kota, akulturasi budaya, hilangnya ruang publik, dan lain sebagainya melalui media foto. Berbagai tema inilah yang menyebabkan rasa pameran ini akan rame rasanya, ya paling tidak lebih rame dari nano-nano.

Rangkaian Pameran Foto dan Talkshow Street Photography : BANDUNG, SANGUAN! (26 Januari – 3 Februari 2012)

26 Januari : Pembukaan (mulai pukul 18.00 WIB-selesai)
29 Januari : Talkshow tentang Street Photography (Mulai pukul 18.00 – selesai)
26 Januari – 3 Februari 2012: Pameran foto

Venue : Photolicious Cafe and Photo Store (Rangga Point)
Jl. Ranggamalela 13-15 Bandung

dipersembahkan oleh :
Bandung Street Photography

Didukung penuh oleh :
Photolicious Cafe and photo Store

Official media partner :
@infobandung

blog : bandungsanguan.wordpress.com
twitter : @bandungsanguan

GRATIS!!!

kontak : Ahmad 08121467491

Sakit itu membosankan….Mati Gaya Cyinnn


Bekesong City..23 Januari 2011,,

Huaaa…Hua………..Hua… sakit itu menyebalkan… long wiken cyinnnnn sabtu-minggu-senin.. duduk manis di rumah kagak kemana-kemana…hadehhh asli  pengen kelayapan .. ya paling  gak ngemall lah nonton kek,,makan kekk,, pokoknya keluar rumah…

Kebayang gak,,dua hari cuma diem aja gak bisa pecicilan juga..karena gerak dikit lambungnya sakit., diam di rumah aja rasanya membosankan..apalagi kalau sakit dirumah sakit ya,, hadehhh pasti lebih membosankannnnn

Ngebayanginnya aja males banget..rumah sakit,, kamar kosong,kasur yang berjejer ,dinding putih.. belum lagi infus dan aroma karbonnya..oh iyaa satu lagi belum kamar mayatnya..semua rumah sakit itu kan ada kamar mayatnya..dan berasa horror gitu dah…

Sumpah ya bow,, amit amit 7 turunan,,8 tanjakan,,9 kelokan, 10 tikungan dah  kalau sampai harus masuk rumah sakit,, kapok dah kapok,, besok besok  kalau makan duren cukup satu gelondong aja gak perlu sampe tiga gelondong kaya kemarin.. dan jangan tengah malem makannya ..sore sore aja.. *nyengir*

Continue reading

Pesta Durian mengakibatkan Radang Lambung


Bekesong City,, 21 Januari 2012

Masih cerita tentang training yang saya lakukan minggu kemarin di Jambi,,

Masih ingat kan kalau saya punya masalah dengan lambung saya.. ya,,saya memiliki radang lambung,,  seharusnya saya menjaga semua makanan yang akan saya makan,,tapi namanya manusia ya bow,, apalagi si pemalas ini yang selalu di liputi khilaf. Radang lambung saya terakhir kali kambuh tahun kemarin.. saya pernah menceritakannya disini,,

Dokter pernah bilang..

Kalau radang lambung itu ibarat korengan di lambung,, awalnya lukanya sedikit,,tapi kalau dipiara lama lama jadi keterusan..kalau udah kebuka lagi itu koreng..kamu harus nunggu lama buat ngeringin korengnya..

Yaa..sudah hampir setengah tahun..gak ada masalah berarti dengan lambung saya..dan dengan manis nya saya menyatakan bahwa saya sudah sembuh (*sotoy emang..

Kesibukan selalu membuat saya melupakan penyakit yang ada,,kurang istirahat,, tekanan pada pekerjaan ,,pola makan yang gak sehat..

Dan puncak nya adalah tugas di jambi training yang marathon,,training mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, terus disambung lagi jam 8 malam sampai jam 11 malam,, training malam khusus pemantapan bagi para kepala atau head dvision

(*16 Durian yang terhampar dengan manisnnya..lezat dan manis.cyinn

Continue reading

Menjadi Trainer


Bekesong City,, 22  Januari 2012,,,

Finally home,, kali ini rekor paling lama saya gak nulis,,tepat 8 hari biasanya dalam seminggu pasti ada satu atau dua tulisan.. 😀 😀 :D,,

Seminggu ini saya bertugas di Jambi,, tugas negara seperti biasa ,,jika biasa nya masih bisa curi-curi waktu untuk ngblog atau sekedar berisik di facebook atau twitter,,maka kali ini sukses gak bisa,,karena jadwal yang amat sangat padat..

Tugas ke jambi kali ini dalam rangka menjadi trainer untuk implementasi sistem yang sedang menjadi proyek saya..

Menjadi Trainer.. yang pasti saya bukan lah trainer sehebat si inyiak,,  😀 😀 😀 ,, training yang saya bawakan adalah tentang bagaimana user mengoperasikan sistem, memberikan pemahaman tentang apa yang mereka kerjakan, bukan hanya sekedar klak klik semata,, sebagai inputer,,tapi juga membuat mereka mengerti dan paham bahwa pekerjaan mereka adalah sebuah bisnis proses ,,sedikit kesalahan kecil yang menurut mereka gak penting..akan berakibat besar di kemudian hari.. (*Bahasa ai keren ya bow.. 😀 😀 😀

Dulu waktu awal-awal dapat tugas menjadi trainer,,saya seperti biasa panic,, dan langsung konsultasi sama inyiak, gimana menjadi trainer yang baik, gimana membuat audience gak bosan dengan cara kita berbicara..

Dan pada akhirnya,,saya menjalankan tugas ini dengan Learning by doing.. belajar dari setiap audience dan training yang saya jalankan…  setiap training memberikan kesan yang berbeda,,pelajaran yang berbeda tapi pada akhirnya selalu membuat saya,,jauh lebih mempersiapkan diri untuk training berikutnya..sedikit hal yang bisa saya simpulkan dari bagaimana menjadi trainer..

A) Membuat mereka percaya..

“PERCAYA” ya saya membutuhkan kepercayaan dari para peserta training,,bahwa saya yang akan memandu mereka untuk mempelajari sistem,,

Tahu kan bow,,karakter ai,,yang suka cengar cengir,, kaya anak kecil,, di setiap kesan pertama wajah wajah itu seolah bilang.. “ yakin orang kaya gini yang mau kasih training,,bikin ngantuk gak ya.. kalau gak bisa gimana”

Mengakrabkan diri dengan para peserta,,SKSD,, ngajak semuanya ngobrol,,gak mandang apapun jabatan mereka, cerita sama mereka kalau kehadiran sistem gak selamanya akan membuat fungsi mereka tergeser,,tapi malah membuat pekerjaan mereka jadi jauh lebih efisien.

Dan ketika mereka sudah mulai percaya,, merasa nyaman dengan training yang saya bawakan,,maka semua akan jauh lebih mudah..

B) Menurunkan kecepatan berbicara..

Tahu kan bow.. ai kalau ngomong itu kaya kereta..cepet,,, gak ada titik komanya…nah yang kaya gini juga harus di rubah kalau training,, kecepatan berbicara saya,,  harus di turunkan,, di setiap awal training saya akan selalu bilang… “ kalau saya berbicara terlalu cepat,, di potong aja,,dan jangan sungkan untuk minta saya mengulangi materi” jika di hari biasa saya berbicara dengan kecepatan 10,, maka pada saat training, saya akan berbicara dengan kecepatan 6-7 pelan.. pelan dan pelan..

C) Karena setiap training punya cerita,, setiap peserta punya karakter

Ya setiap training punya cerita,,  setiap training akan memberikan tantangan yang berbeda,, hari pertama adalah hari dimana saya mengenal medan perang saya..dan kemudian menentukan strategi apa yang harus dilakukan.. (*kayak perang ya bow.. )

Peserta yang defensive,, sok pintar,, atau merasa paling hebat diantara semua.. pertanyaan yang menyerang,, ingin terlihat pintar,  itu adalah bagian menyebalkan dari training yang saya lakukan.. tapi , saat peserta bilang.. “makasih ya buk, kita dari gak ngerti jadi mengerti,,” senyum mereka,,dan juga penerimaan mereka terhadap saya.. adalah bagian terbaik dari training..

dulu saya punya cita-cita menjadi dosen.. memberikan sedikit ilmu pada orang lain.. dengan prestasi tesis yang udah 2 tahun gak kelar-kelar seperti nya cita-cita itu mulai pudar..tapi Alhamdulillah ALLAH memberikan jalan lain..menjadi trainer, memberikan sedikit ilmu kepada mereka, bertemu dengan banyak orang.. itu adalah bagian terbaik dari pekerjaan saya…  dan juga merupakan bagian dari mimpi saya..