Berpenampilan Menarik!!!!!


PBekesong City 29 Januari 2012

Usia 22 tahun ,,adalah usia dimana ,, Adik-adik kita yang baru lulus kuliah,, mulai merasakan sulitnya mencari kerja.. interview sana-sini,, berharap,, berjuang..kadang harapan itu berujung dengan kekecewaan karena ternyata gak lulus kualifikasi yang diminta perusahaan.. dan terkadang harapan itu berbuah manis karena mimpi untuk mendapat pekerjaan itu menjadi nyata.. dunia kerja.. dunia baru yang harus mereka hadapi setelah kuliah,, dunia dimana kita di tuntut untuk bertanggung jawab.. di bayar atas jerih payah yang di lakukan, belajar banyak hal,, merangkai satu demi satu anak tangga menuju mimpi yang baru lagi.. (*saya pernah melewati masa-masa seperti ini dulu,, di usia yang lebih muda dari mereka, dan rasanya luar biasa,, kebahagiaan yang tidak akan pernah terulang,,saat sebuah telepon datang dan berkata ” Selamat ya kamu di terima, ” Sujud syukur,,dan sejuta mimpi pun tercipta..

Dan kemarin salah seorang dari adik-adik muda tersebut muncul di layar kurir yahoo,, Mari kita panggil si adik bernama Marmut,,

Marmut : Kak,, aku mulai hopeless deh,, aku udah puluhan kali ikut interview,,tapi hasilnya sama kak,,aku gak di terima,, kayanya ada yang salah deh kak sama diri aku..

Saya : Emang kamu kenapa, sabar aja ,,emang siklusnya gitu,, akan ada masa dimana kamu merasa bosan dirumah,, merasa perjuangan kamu udah maksimal,,ALLAH gak denger doa-doa kamu,, dan kemudiaan saat kamu ada di titik terendah.. semua kesulitan itu akan berganti dengan kemudahan.. ALLAH pasti kasih yang terbaik dek,,

Marmut : Aku serius kak,, kayaknya aku gak diterima kerja karena aku “TIDAK MENARIK” aku gendut,, gak cakep,,pakaian aku gak seksi ,, kemarin waktu aku test ada salah satu peserta yang secara nilai jauh di bawah aku kak,,tapi secara fisik dia cantik, tinggi, putih bersih,,dan dia diterima.. SEE, itu karena dia menarik kak,, sedangkan aku gak menarik,, makanya aku gak diterima kerja, lagi kakak liat sendiri di kalau kerja di kantoran kan jarang ada orang gendutnya

Hampir 30 menit si marmut berkeluh kesah tentang hidupnya dan menurut nya semua penderitaan ini bermuara pada kata “TIDAK BERPENAMPILAN MENARIK” tubuh yang gendut, gak cakep,,berujung pada banyak nasib buruk, susah dapat pacar, susah dapat kerja,,dan 1001 kesulitan laiinnya,, yup adik yang satu ini memiliki postur tubuh yang tidak tinggi, lumayan besar,, tumbuh kesamping bukan ke atas,,

setelah si adik puas bercerita dan berkeluh kesah,, saya kemudian mulai menceracau ..

Emang berpenampilan Menarik apa sih dek, emang salah kalau gendut,, Kakak juga gak cantik,, gak punya kaki yang bagus, gak punya kulit yang putih bersih,, terus apa kakak gak menarik, apa kakak di tolak bekerjaa dimana-mana, gak kan.. semua manusia punya sisi baik dan buruk,,setiap orang itu punya keunikan masing-masing..tahu gak 3 hal yang lebih penting dari sebuah kata berpenampilan menarik,,

A) Otak,,

Yup,, Otak,, percuma punya tampang cantik bodi semok,,,tapi otaknya minus,,diajak ngobrol apapun gak ngerti,pinter tapi bukan sok pinter,, ngerti banyak hal tapi gak sok tahu , itu baru keren,,

B) Hati,,

Punya otak yang OK, tapi hatinya kotor itu sama juga bohong,, kamu gak perlu jadi manusia naif,,atau rahib suci yang selalu mengedepankan kebenaran,,pahala dan dosa,,tapi paling gak kamu punya hati,peka terhadap sekitar,, gak angkuh, egois ,dengan kamu bilang kalau teman kamu diterima karena dia kurus,,itu udah bikin hati kamu kotor,,mungkin emang rezekinya si teman kamu di tempat itu,dan rezeki kamu ditempat lain.

C) Tahu Diri,

Kamu kan tadi bilang kamu gendut,, point penting nya adalah jadi diri sendiri,, jangan berlebihan,, udah tahu bodi kamu super semok,, kamu pake baju super ketat, celana pinsil, dandanan menor, ya iyalah bakal di bilang mirip karung goni kesiram cat merah..biasa aja ,, jangan over confidence tapi jangan jadi rendah diri juga,,cukup jadi diri kamu sendiri berpakaian sewajarnya,

Kalau tiga hal diatas udah ada,, kamu tinggal senyum deh,,sekarang gimana mau diterima kerja,, kalau manyun-manyun mulu,, ngerasa diri gak berharga,kalau kamu aja gak menghargai diri kamu sendiri gimana orang lain mau menghargai kamu ..

Si adik hanya diam dan gak comment apa-apa dengan semua ceracauan saya,, entahlah apa karena bosan mendengar ceramah saya,,atau merasa ” Y karena lo gak tahu aja gimana rasanya jadi orang gendut yang selalu didiskriminasi, yang ngerasain bukan lo kak, tapi gw, ”

Menurut saya awal dari rasa gak pede si Adek adalah Lingkungan,,Keluarga dan Stigma yang selama ini berkembang di Masyarakat,, kalau jadi orang GENDUT itu memalukan,,terlebih orang tua.. yang membentuk kepribadian si anak, jika orang tua selalu rempong bilang. .” kamu tuh kegendutan,,gimana mau punya pacar orang badan gede gitu..” ya gimana anaknya mau pede,, dan yakin sama kehidupannya,, kalau orang tua nya aja,, gak ngeyakinin anaknya kalau gak ada yang salah dengan tubuh besar,,

Jadi buat siapapun yang baca tulisan ini,, gak ada yang salah dengan fisik yang menurut khalayak gak menarik,, kalau pun kehidupan kamu belum beruntung percaya deh semua itu hanya masalah waktu akan datang suatu masa dimana kabar baik itu akan datang,

29 thoughts on “Berpenampilan Menarik!!!!!

  1. rasanya sih gak mungkin gara2 penampilan doang ya…
    tapi emang nyari kerja itu jodoh2an. karena bukan masalah otak aja, tapi juga attitude. jadi ya emang kudu sabar2 ya untuk dapet kerjaan…

    dan buat yang mau lulus kuliah, kalo gua bilang sebelum lulus udah boleh mulai nyari2 kerja. jadi gak sampe kebingungan setelah lulus belum ada kerjaan.

  2. betul banget kata Arman, jodoh2an๐Ÿ˜€

    jadi inget dulu pertamaaa sekali melamar kerja, dengan sangat tidak pedenya MERASA diri gendut item jelek untung aja masih idup xixixi … eh tapi kok diterima? bahkan saingannya sarjana2 lulusan luar juga ada … huehue … berarti klo emang dah rejeki ya ga bakal ketuker.

    titip salam buat dek marmut, Put, bilangin tetep semangat, asal sabar, ntar juga dapet kerjaan kok.

  3. Tak jarang body gendut itu membawa berkah…. Yang penting kan percaya diri, supel dalam bergaul, tata bahasa yang lugas dan santun, ceria, periang. Orang pasti banyak yang mau, mau diterima kerja, mau dijadikan pacar, mau… ya pokoknya mau deh…

  4. Setuju banget Put …
    Setuju sekali dengan tiga hal yang kamu sebutkan diatas … OTAK – HATI – TAHU DIRI …

    Namun demikian … kita dituntut untuk selalu berusaha …
    Kalau boleh saya sarankan … Dik Marmut (atau yang merasa mengalami hal yang sama dengan dia …) mulai memperbaiki diri … Olah raga teratur … kurangi ngemil … makan buah-buahan … dan kerjakan segala sesuatunya sendiri … jangan nyuruh-nyuruh orang … supaya lebih fit badannya …

    (kalau perlu tiru resep si Put Moon … badannya tetap slim … karena dia lincah bergerak kesana kemari …)

    Sekali lagi …
    Jangan putus asa …
    Berikhitiarlah …
    Belajarlah …

    Salam saya

    • ha….ha…ha..ha tapi aku juga mulai melebar taukkk๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      tapi jadi nya lebih chubby aja..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      bener banget inyiakk aku juga berulang kali bilang ke si marmut..
      daripada ngomel mulu,,mending itu berat badan di kurangin,,,
      sedikit demi sedikit pasti bisa kurus…

      lagi kalau kitanya sering senyum,,tulus.. pasti lebih mudah dapet kerja..
      orang marmutnya tiap interview gak pedean..
      kaburlah kerjaan itu

  5. Aiiiih…sempet ngerasa kek dek marmut, nilainya jauh di bawah aku tapi dia yg keterima, lgsg deh mikir, ini pasti gara2 aku jerawatan dan ga menarik ya? *nangisguling2*.

    Semoga dek marmut ngikutin nasehatmu ya neng, rezeki buat dia udh ada kok, cuma skrg nih msh ngumpet aja blm ketemu๐Ÿ˜‰

    • ha….ha….ha…ha
      semua orang pernah ngalamin..
      jangan bilang bilang ya..aku dulu juga pernah ngalamin itu๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      tapi ada mama yang selalu menguatkan..๐Ÿ™‚

  6. memang stigma yang berkembang di masyarakat telah meruntuhkan kepercayaan diri orang-orang seperti marmut,,,, tapi tidak semua orang gendut yang jatuh harga dirinya, banyak diantara mereka yang tetap eksis dan berprestasi..

  7. Marmut..marmuut.. sini curhat juga sama Kakak ais, kakak ais ini kelebihan PD nya, dan… percaya atau tidak.. sepertinya aku yang harusnya curhat sama kamu.. karena pengalaman interview aku masih seujung kukuuu

    *etdah, malah jadi aku yang colongan

  8. Say, ekye mampir setelah baca karsini di tempatnya Om Nh๐Ÿ™‚ Salam kenal Cyiiinnn๐Ÿ™‚

    Hiks, tapi kalo di Indonesia penampilan fisik emang di kedepankan yah. Kalo di Sarawak sini seh ga heran liat SPG yang penampilannya biasa2 ajah. Tapi setuju dengan Koko Arman, yang namanya gawe pan jodoh2an. Dan gw yakin Allah pasti punya rencana terbaik dan terindah untuk Marmut๐Ÿ™‚

  9. Puuuut…
    kalo pun memang ada perusahaan yang masih menerima karyawan berdasarkan hanya penampilan dan bukan kemampuan…aku rasa perusahaan tersebut gak bakalan bertahan lama juga…jadi gak perlu khawatir juga karena gak keterima…

    Tiap orang selalu punya rasa minder tentang sesuatu…walopun aku gak gemuk…tapi aku dulu sempet minder sama kulitku yang item muda inih…hihihi…
    Masalah sudut pandang ajah…sekarang aku lebih suka menganggap kulitku ini…ehm..eksotis…rada keren dikit laaah…

  10. memang, memiliki tubuh yang tidak ideal sih ngak dosa tapi sebelum melamar suatu pekerjaan perlulah si pelamar tahu diri seberapa besar kualifikasi yang ia miiki untuk bisa bersaing dengan yg lainnya’

    jangan putus asa ya buat si adik๐Ÿ™‚

  11. Ponakan aku orangnya gedut dan kamu pasti taulah…tapi dia orangnya pintar nyari teman dan pede habis…jadi berhenti kerja tempat lain..masih di terima tempat lain๐Ÿ˜†

    Bener kata orang2, banyak teman banyak rejekinya

  12. sepertinya tulisan kakak bisa menjadi rujukan fresh graduate deh..
    agar yang sedang galau karena mencari kerja bisa menemukan pencerahan….
    semangat untuk si adik muda yah…
    saya juga gendut kok..tapi tidak mengapa..๐Ÿ™‚

  13. pede dong yang utama.
    dan untuk bisa pede, harus ada background pengetahuan + alfa
    alfanya yang harus dicari sendiri sesuai dgn kemampuan
    and buatku alfa yang terakhir sebagai kartu trufku adalah senyum๐Ÿ˜‰

  14. Hai, salam kenal..

    Ini tulisan yang bagus. Semoga ada banyak orang yang berhenti tergila-gila melangsingkan tubuh dengan cara yang menyakitkan atau bahkan berbahaya. Penting sekali kita bisa menghargai dan mengapresiasi tubuh dengan cara yang sehat.

    Saya juga barusan posting tulisan yang terkait soal kelangsingan. Coba baca deh di Apakah Langsing Itu Cantik dan Seksi? Saya membahas tentang persepsi bahwa pria tertarik dengan wanita yang kurus langsing, sehingga banyak wanita selalu merasa dirinya kurang kurus dan kurang langsing. Semoga tulisan saya bisa menambah referensi dan pencerahan.

    Sampai jumpa.

    Lex dePraxis
    Love & Relationship Coach

Leave a Reply

