Gaji Pertama


Commuter Line,, 13 Maret 2012

Prolog :

Selamat siang semuanya,, gara-gara si mbak ririn bikin postingan tentang draft , jadilah hari ini saya cuma posting apa yang ada di draft,, mau nulis tapi kok bawaanya mau ngeracau gak jelas mulu.. padahal pengen posting,jadi lah kita posting apa yang ada di draft..

Selalu ada kata untuk yang pertama,, termasuk untuk Gaji Pertama, pertanyaan nya adalah apa yang kamu lakukan dengan gaji pertama mu.

Saya pertama kali kerja tanggal 6 september tahun 2006,, pekerjaan ini merupakan hadiah dari ALLAH buat ulang tahun saya yang ke 21,,Dulu ya sempet ngalamin moment-moment susah cari kerja,,  Mabok interview,, Psikotes,, bahkan sampai di moment give up,,

Dan Allah itu sungguh maha adil.. Memberikan yang terbaik untuk umat-Nya,, selalu ada pelangi setelah badai,, kebahagiaan di balik semua perjuangan,, Akhirnya saya di terima di salah satu perusahaan garment di indonesia,,  Disinilah awal karir saya,, dan ini bener-bener yang terbaik,, karena di sini saya belajar banyak hal,,
Belajar secara penuh dunia akuntansi,, kalau dulu saya gak diterima di tempat ini,, saya yakin pastilah sekarang saya gak akan mencapai karir seperti ini,, Jadi kawan sekarang percaya kan,, Kalau Allah itu Maha baik,, Dia selalu menyiapkan rencana terindah untuk umat-Nya

Dulu gaji awal saya itu Rp 1.250.000 angka yang lumayan besar bagi anak seumuran saya,,  Karena saya baru mulai kerja tanggal 6,, maka nilai gaji yang saya terima gak penuh,, dibagi rata,, pembagiannya tuh kaya gini (25/31 X Rp 1.250.000 = 1.080.000) Hari dimana gajian di berikan adalah hari besar yang saya tunggu-tunggu,,rasanya gak sabar,,  Dulu Atm nya kebetulan belum jadi,, gajian di berikan secara tunai,, Siang-siang selepas makan siang,, Saya dipanggil sama chief accounting saya,, di salamin,, dikasih selamat karena udah berhasil melewati bulan pertama saya,,
Dikasih sedikit nasihat,, tentang apa yang harus diperbaiki,,  Setelah itu,, taranggggggggggggg ,, amplop putih itu pun hadir,,,  Si Cici (panggilan chief accounting saya) kasih amplop itu ketangan saya,, sambil bilang

*sekarang kamu nerima uang cuma segini,, percaya sama saya,, suatu hari kelak,, kamu akan nerima..berkali kali lipat lebih besar dari gaji kamu yang sekarang,, kamu punya potensi,, jika kamu pintar dan terus berlatih maka karir kamu akan terus cemerlang,, *
#dan sekarang semua yg di bilang sama cici saya sudah jadi kenyataan,,

Amplop itu saya simpan di tas baik baik,, saya taro di selipan buku,,  dan tahu gak apa yang ada di kepala saya waktu itu,,
Belanja,, hee hee he bener pemirsah,,  Waktu itu pas bulan puasa,, dan saya hanya ingin membagi kebahagiaan itu dengan keluarga saya.. Karena merekalah tempat saya berbagi,, dan mereka yang selama ini setia mendukung saya,,

Pulang kantor,, tempat pertama tujuan saya adalah pasar baru,, Iyaakkk pasar baru yang dijakarta ituh,,,
Saya ke pasar baru mau cari sendal buat si Papa,, sendal papa udah lama rusak,, dan papa gak mau ganti,, alasan nya masih bisa diperbaikin,,
Jadi saya ke pasar baru,, cari sendal yang paling bagus buat papa,, Waktu milih sandal,, saya gak tahuu ukuran kaki Papa,, jadi saya nyamperin bapak-bapak yang lagi belanja,, minjem kaki nya,, buat sampel,,

Selesai beli sandal tujuan berikutnya adalah Matahari,, hee he he saya mau cari baju lebaran buat Papa,, Abang,, sama si bungsu,, Sama dengan memilih sandal,, saya gak hafal ukuran ,, jadi pas milih baju saya juga rusuh minjem badan orang buat ukuran,, badannya,,

Selesai belanja ke Matahari saya pulang naik bis AC 63,, pasar baru-bekasi,, turun di toll barat.. Kemudian belanja sembako di giant hypermart, Saya belanja sembako buat Mama,,beli minyak goreng,, sabun cuci,, sabun mandi,, odol,, semua kebutuhan rumah tangga,,

Hari itu adalah hari paling membahagiakan dalam hidup saya, hari dimana saya merasa berarti,, rasanya masih terbayang dalam ingatan,,
Bagaimana repotnya saya membawa semua belanjaan itu,,
Ekspresi bahagia papa menerima sendal baru saya,, dan tahu gak bowwww,, sendal baru itu sama papa gak dipake,, takut rusak katanya,, sendalnya disimpan papa,, dipakai kalau ada moment penting aja,,
Wajah haru mama,, menerima oleh-oleh sembako,,
Si Abang dan si Bungsu yang sibuk memamerkan baju barunya,,
Hari itu adalah sejarah baru saya,, hari dimana saya merasa berarti,,

Kebahagiaan saya belum berakhir,, karena esok paginya,, saya mengirimkan sebagian dari gaji saya buat nenek dikampung,, tangis bahagia nenek,, doa-doa nenek,, melengkapi semua kebahagiaan saya,,

siangnya,, saya traktir satu divisi makan nasi padang,, sudah jadi tradisi di kantor kami kalau gaji pertama kudu traktir,, berbagi ke bahagiaan kalau kata orang-orang mah,,

Sorenya giliran temen-temen kampus yang minta
Traktir gaji pertama,, ampunnnn dah ampun,, semuanya aja ngerampokin,, tapi dasar saya nya juga yang gak pernah bisa bilang gak,, dan mungkin rasa euphoria gak pernah megang uang banyak juga,, sore itu saya traktir teman-teman kampus makan nasi goreng di tongkrongan kita biasa makan,, ada kebanggaan tersendiri di hati saya,, saat saya bisa ntraktir teman satu kampus,, secara ya biasanya kan saya yang di traktir,,
Kebanggaan tersendiri karena saya telah memulai terlebih dahulu langkah saya di dunia kerja,,

Saat teman-teman saya masih sibuk dengan dunia kuliah,, begaoull kesana kemari,, saya telah merintis langkah itu,, memulai karir saya di dunia kerja  Merintis satu demi satu mimpi saya,,  Dulu saya sempat sedihh saat melihat teman teman sebaya saya sibuk keluar masuk mall,, nonton belanja belanji,, sedangkan saya harus berkutat dengan dunia kerja,, saya merasa kehilangan masa muda saya,,
Tapi sekarang saya bangga,, karena saya ternyata hanya kehilangan sedikit kesenangan berhura-hura,, namun saya membangun tangga mimpi saya,, jauhhh lebih dulu dibanding anak seumuran saya,,

Selalu ada kenangan untuk yang pertama,, karena yang pertama akan memberikan sensasi yang berbeda dalam kehidupan manusia,,

Jujur terkdang saya merindukan moment-moment itu,, moment dimana saya merasakan kebahagiaan yang tiada tara ketika saya menerima hasil jerih payah saya,,  Moment bersyukur dan selalu percaya bahwa semua mimpi itu akan menjadi nyata,,

Nah kawan,, itulah cerita gaji pertama saya,, gimana dengan kalian gaji pertama nya buat apa

Ps : satu minggu setelah gajian,, uang saya habis,, balik minta uang saku lagi sama mama *tepok jidat*
Rincian nya pengeluaran gaji pertama
Gaji Rp 1.080.000
Belanja buat keluarga Rp 500.000
Kirim ke nenek Rp. 300.000
Traktir kantor Rp 100.000
Traktir temen kuliah Rp 100.00
Sisa Rp 80.000
Haaa ahaaa haa ha euforia yang berakhir dengan kata bokekkkkk
Nah kawan jika kamu terima gaji pertama jangan boros kaya saya yak
Bijaklah mengelola uang,,,
Kalau mau traktir2 mbokkk dipikirin juga pengeluaran satu bulan,, malu atuh abis berbangga traktir orang ehhh minta jajan ke Mama..
*pasang muka paling polos*

14 thoughts on “Gaji Pertama

  1. Hoalah, pantesan kuping panas, gi ad yg ngobrolin rupanya hihihihi.
    Hmmm…kok aku lupa ya Put gaji pertamaku diapain aja *tepok jidat*

  2. serasa pernah baca ini, tyt ini draft pernah disetor ke eMak..

    gaji pertama pertama eMak gak jauh bedalah sama Inon
    klo skrg gaji Inon lebih gede dari eMakkkk..😛

  3. gaji pertama dipakai untuk memberikan hadiah pada keluarga,traktir temen,pasti bahagia dan bangga.
    kalau gaji pertamaku dulu ketika ditanya sm alm.bpk dan ketika aq bilang nominalnya,bpk malah ngasih uang ke aq,katanya kasian gajinya kecil amaat…..hihihi

  4. Gw lagi coba inget2 gaji pertama tahun 1993 put…..besarnya 300rb…kalau ga salah inget amplop gaji itu saya kasih semuanya ke emak gw….karena untuk komisi yg belum seberapa gw pake untuk ngantor….ingetnya tuh emak gw terharu juga sih….
    wah wah…mudah2an ga salah ingetan gw nih….

  5. kebetulan baru dari tempatnya teh Orin hehe..

    kalo aku gaji pertama waktu itu semua buat mamah dan sebagian buat orang yang pernah berjasa padaku, tanteku hehe.. gaji seterusnya dan sampai sekarang pun selalu menyisihkan buat ortu meski mereka gak minta, juga beli susu ponakan hihi.. rasanya luar biasa ketika kita bisa membeli sesuatu dengan uang hasil keringat sendiri ya.. apalagi kalo bisa kasih ke keluarga..😀

  6. Gaji pertama saya adalah saat saya masih SMU dan diminta ikut menjadi Pembantu Pembina di sebuah SMP. Besarnya, hanya sepuluh ribu!. Slip gaji (tepatnya honor) masih tersimpan sampai kini.😀

  7. Gaji pertama saya jauh lebih kecil lagi, karena sudah terjadi sekian puluh taun lalu. Beruntung sekali di kota saya nggak ada mall, sehingga nggak boros2 amat. Lagian juga saya nggak mungkin masuk pasar beli sembako.
    Benda pertama yg saya beli adalah sepatu kulit. Sebelum iru sepatu saya juga kulit tapi cuma kulit2an alias imitasi

  8. Gaji pertama saya ….
    Rp. 120.000 (seratus dua puluh ribu rupiah saja)
    tahun 1987

    Untuk apa ?
    Untuk jajan dan keperluan sendiri … hahahaha
    (maklum masih bujangan … masih ikut orang tua pula … masih jomblo se jomblo-jomblonya …)

    Huahahaha

    Salam saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s