Kualitas Vs Simpati,,#Indonesian Idol 2012


Bekesong City, 9 Juni 2012,,,

Selamat Malam semuanya,, bagaimana weekend kalian.. have a nice weekend ya semuanya. 

Siapa yang suka nonton Indonesian Idol, jujur ya dulu saya gak begitu suka sama ajang pencarian bakat ini , males aja, nontonnya,,tapi untuk Indonesian Idol 2012 kali ini , lumayan lah saya ngikutin …(*bosen sama sinetron yang makin gak jelas mutunya..

Indonesian Idol kali inil,pesertanya lumayan berkualitas, jauh beda dari peserta sesion sebelumnya,(*dan ini juga jadi alasan saya suka ngikutin spektakuler show nya,, walaupun jurinya tetap aja menyebalkan dengan commentar mereka yang kadang gak penting itu,

Tapi ada beberapa hal yang asli bikin saya geregetan bangettt sama acara ini

Ekploitasi Menjaring Simpati..

Aishh bagian paling menyebalkan dari acara ini adalah Eksploitasi, kisah haru yang sebenarnya gak penting di buat sedrama mungkin ,agar masyarakat menjadi simpati kemudian tergerak untuk kirim SMS ramai-ramai dengan alasan.. “Dia udah pernah susah dalam hidupnya, saat nya dia bahagia jadi mari kita kirim sms,,”

Juri yang gak mendidik dalam komentarya.

Ingat kan episode minggu lalu, saat salah satu finalis tersingkir,, Sean yang punya kualitas lebih di banding yang lain , harus pulang karena perolehan SMS nya rendah,,dan juri kemudian menggunakan hak veto untuk menyelamatkan Sean..

Sebenarnya sih bukan di episode kali ini aja, juri kasih komentar yang gak banget, di episode sebelumnya juga,tapi di episode kali ini , comentar juri makin menyebalkan, mungkin karena mereka geregetan sama masyarakat indonesia yang memilih bukan karena kualitas, tapi karena simpati , tapi komentar nya itu gak banget ,, salah satu komentar yang menyebalkan adalah

“Percuma aku kasih komentar tentang penampilan kamu, karena itu juga gak akan mengakibatkan apapun, harusnya masyarakat indonesia dengarnya pake kuping, pilih yang enak di dengar,,

banyak lah hari ini komentar juri yang menyindir perilaku masyarakat kita yang terlalu mudah bersimpati kemudian mengabaikan kualitas seseorang, saya maklum kalau juri juga geregetan sama fenomena ini , tapi gak gini juga caranyaa,, bukan dengan mendidik masyarakat dengan komentar yang gak sehat,,

Banyak hal yang bisa di lakukan oleh juri untuk mengatasi masalah ini ,, bisa kan juri yang usul ke produser nya Indonesian Idol, merubah mekanisme penilaian..agar lebih fair..

One man one vote misalnya.satu sms untuk satu peserta,,cara ini jauh lebih fair, karena gak ada lagi bagian bom SMS , satu nomor hanya boleh kirim satu kali,,

Prosedur Penilaian yang fair antara Juri dan pilihan pemirsa, atau merubah mekanisme juri , jika selama ini penonton yang punya peranan penting dalam menentukan siapa yang tereliminasi , mungkin mekanisme nya bisa di rubah,, selain pilihan pemirsa juri juga bisa memberikan nilai untuk para peserta, peserta dengan nilai terendah ( kombinasi SMS dan pilihan juri ) itu lah yang pulang..

Saya rasa cara-cara seperti ini jauh lebih fair, lebih adil,,dan mencerdaskan masyarakat..

Kualitas Vs Simpati..

Eksploitasi kehidupan yang di ekpos berlebihan, komentar juri yang mendiskreditkan salah satu peserta,,semua ini akan berujung dengan simpati dari masyarakat, melahirkan masyarakat yang memilih bukan karena kualitas dari peserta tapi memilih karena kasihan,,gak tega,, dan alasan-alasan yang kadang gak masuk akal lainnya..

Hari ini ,,Febri salah satu finalis yang punya kemampuan lebih dan layak di perhitungkan pulang karena perolehan SMS nya terendah,, dan hari ini kita juga harusnya belajar banyak hal,, bahwa Kualitas gak selamanya menyelamatkan,, hoki, keberuntungan dan juga simpati dari pemirsa itulah yang menentukan..

Tapi hari ini ,saya juga percaya,,mungkin Febri tersingkir dan harus pulang,,tapi saya percaya, di depan sana ada banyak kesempatan emas untuknya, perjuangan sejatinya baru dimulai ketika para peserta itu telah tereliminasi, yang dia butuhkan adalah berjuang hingga titik darah penghabisan,, melakukan yang terbaik,,

26 thoughts on “Kualitas Vs Simpati,,#Indonesian Idol 2012

  1. Untunglah selesai Idol langsung Belanda-Denmark, jadi kekecewaanku sedikit terslamurkan… Febri suaranya bagus, harusnya (#maksa) Febri ada di urutan 3 setelah Regina & Sean. Tapi perjuangan tidak berhenti di sini. Tetap semangat ya Febri!

    Setuju dengan pendapatmu tentang sistem penilaian. Juri harus dilibatkan seharusnya, bukan sekedar memberikan komentar. Ya, meski komentar mereka pun mungkin mempengaruhi perolehan suara, tetapi tetap saja, bagi penonton fanatik mereka tdk peduli kualitas.

    • Satujuuuuuuuuuu
      Karena fanatisme berlebihan mbak
      Malah tadi ada yang ngajak voting salah satu finalis dengan alasan SARA

      Komentar juri kadang jadi selewat, dan justru semkin mereka comment pedes, masyarakat semakin simpati

      my little usagi

    • sama dengan Tt..
      diantara tiga peserta laki-laki itu, eMak menjagokan febri.
      tp gpp.. febri tampak berbesar hati.. terus semangat!

    • kata mb silly (@justsilly) yg jadi juri Indonesian Idol di twitter (hihi…lucu baca twitnya) di Indo Idol yang bersinar biasanya Runner Upnya. Tapi sepertinya memang iya… Delon, Judika, Dirly, Gisel, Citra lebih tenar daripada juara2nya.

  2. isshh…jujur idol malam ini kelewat nonton, tau2 baca status aja kalau febri keluar. gimana yaa?… aah ga bisa komen banyak deh, terleps dari semua pro kontra yang ada di masyarakat, maju atau keluar peserta bukan semat dari penonto, tapi ada ijin juga dari Yang di Atas, marii kita menikmati hiburan *cmiiww

  3. Satu nomor untuk satu kali SMS? Saya setuju sekali. :mad:

    ….yah meskipun saya sama sekali gak menaruh perhatian ke Idol…. :mrgreen:

  4. itulah alasannya kenapa saya malas mengikuti idol.
    jujur, saya ragu, sebenarnya masyarakat indo sukanya musik yg seperti apa sih? lah kok ya malah ngeliatin asal-usul si penyanyi, bukan kualitas vokalnya~ :roll:

  5. 1 nomer hanya boleh vote 1 kali kayaknya bisa meminimalisir bom SMS.
    Paling tidak bisa mengendalikan vote yg membabi buta.
    Apalagi dengan kecanggihan teknologi, bom SMS bisa dilakukan dengan cara yg canggih.
    Harusnya ada kombinasi antara SMS dan penilaian juri agar juaranya benar2 yg kualitasnya paling baik.

  6. kalau di sini sudah pasti harus dari satu nomor saja. biasanya tercatat nomor yg sudah pernah dipakai jadi langsung tidak berlaku. Aku ngga pernah ngikuti acara ini krn memang tidak suka nonton :D

  7. kita lihat aja mbak Put saat mereka sudah keluar dari Indonesia Idol.. Saya rasa jika saja ada salah satu kontestan yang terus berkarya meski kompetisi telah usai. itulah juaranya menurut saya

    Apa perlu ada vote macam pemilu aja ya biar voting itu bener-bener murni.. halaggh emboh wis ah :)

  8. There is no bussines like show bussines …
    ini bagian dari pertunjukannya …

    yang jelas … diakui atau tidak … saya setuju dengan komentar salah satu juri itu …
    … harusnya masyarakat indonesia dengarnya pake kuping, pilih yang enak di dengar,,

    Itu betul sekali …
    cuma memang mungkin cara menyampaikannya kurang santun … jadi aja orang sebel
    Pengen nggampar aja bawaannya …
    .

    Dan saya setuju dengan komen Lozz Essip …
    yang survive setelah keluar dari Idol … itulah … The real winner … !!!
    (gissele, winda … dsb)

    salam saya Put …

  9. ulasannya saya suka, ide dan sarannya jg keren,

    tapi ya finalis yg ada saya kurang begitu suka lagi
    satu-satunya YOdha yang rada bagusan terlihat tak menarik lagi saat pernah salah membawakan lagunya Guns n Roses, lupa teksnya dan itu kesalahan besar bagi saya *haalagh pernah komen dimana ini diulang lagi disini* :mrgreen:

  10. Oyen gak pernah nonton, jadi kagak ngarti… nyang jelas, eneh kontes plus bisnis, tetep keuntungan nyang jadi standar, dan tetep, keuntungan itu didapat salah satunya jika sms semakin banyak, jadi ada banyak cara untuk ngejaring sms nyang bejibun

  11. iya sih, harusnya one man one vote, jadi gak ada bom2an sms…
    Idol yang ini saya termasuk telat ngikutinnya. Udah akhir2 ini aja ngikutinnya, tapi juga gak banget… cukup liat TL twitter, udah bisa ngerti apa yang terjadi.. hehehe….

    menurut saya sih, yg keluar harusnya Yoda :)

  12. saya suka brit Pop, makanya saya suka banget ama febri. sayang beliau tersingkir. tapi kualitas suaranya tak ada yang meragukan :D

    one man one vote keren juga itu. atau yang paling oke biaya smsnya biaya regular, gak 1000-2000/sms. mahal bener. terus bebas pulsa kalau vote lewat telepon rumah. American Idol gitu kan y?cmiww

  13. Saya tidak pernah nonton, karena sudah kecewa dalam acara AFI dulu heee,,kalau masih pemilihan pemenang lewat SMS, ngaklah…karena penilaian orang sangat berbeda hasilnya, mereka ngak bakalan melihat kualitasnya…seandainya aku ikut dengan suara yang pas-pasan, aku bayarin biaya sms orang-orang sekampung untuk pilih aku heeeee

    gimana kabarmu Put…masih terus berjibaku dengan pekerjaan kan?

Leave a Reply

