Ada cerita indah setelah kepergiannya (*Cerita untuk umak


Bekesong City, 20 Januari 2013

Assalamualaikum Umak,,,

Apa kabar disana,, apa semua baik baik saja,, *nyengir*

Umakk hari ini inon nulis surat ini tanpa menangis,, gak kaya minggu kemarin inon nulis surat berlinang-linang air mata, mengingat semua hal tentang umak,,

Umak buat inon nulis surat ini , seperti menyampaikan kabar sama umak,, inon percaya walaupun umak udah gak ada secara fisik,,tapi semangat ,,dan jiwa umak akan selalu ada menemani inon ,,kemana pun inon pergi,,lagi pula menulis surat ini seperti terapi diri menyembuhkan luka karena kehilangan,,

Hari hari ke 27 umak pergi, cepet ya semuanya berlalu,, tapi ya gimanapun kadang inon merasa umak selalu ada disamping inon, tahu gak si emak pernah bilang gini ,,

“inon tahu gak umak tuh sejatinya gak pernah ninggalin inon, sekarang dia malah bisa nemenin inon, ngedampingin inon dalam ngeraih mimpi inon,, percaya sama emak,, saat inon sedih pasti umak akan datang sama inon menyapa inon dalam mimpinya”

Oh ya kalau umak nanya si Emak itu siapa,, itu tuh bunda adel yang waktu itu datang ke rumah kita ke kampuang,, yang umak bilang,,

“makan lah disiko,, umak mamasak asam padeh ,, ”

Ha…ha..ha.ha gimana ingat gak,, inon masih inget waktu si emak datang kerumah trus umak nelpon inon dan bilang,,,

“handeh kawan inon tu a,, di foto foto kan nyo umak,, biliak umak di foto nyo pulo,, sagan awak diurang,,”

Gimana udah ingat kan,,

Umak tahu gak ,, selalu ada hal baik dalam setiap masalah yang dihadapi,, kepergian umak membuat kedekatan inon dengan sepupu-sepupu inon yang selama ini jauh menjadi lebih dekat,,

Iyaaa benar,, si Meta,, sekarang Inon sama si Meta lebih dekat daripada dahulu,, dulu kan kita sama sama sibuk,, jarang ketemu,, bahkan gak pernah bertukar kabar,, terakhir ketemu aja 6 tahun yang lalu,,,tapi sekarang ,, kita jadi jauh lebih dekat,sering bertukar kabar,, tahu gak mak,,kadang ya si Meta selalu nungguin inon pulang kerja,, nemenin inon selama dalam perjalanan iyaa bener walaupun nemeninnya Cuma pake BBM-an doang secara si Meta di bandung dan inon di Jakarta,,

Umak pasti seneng ngeliat hubungan Inon sama Meta sekarang,,karena kita sekarang udah kompak, selalu kasih kabar dan saling memotivasi satu sama lain,, inon belajar menginspirasi adik adik inon , mengajarkan mereka arti kerja keras,, berani bermimpi,,gak pernah menyerah dan selalu percaya bahwa apapun masalah yang diberikan kepada kita,, semua pasti ada solusinya,, inon selalu bilang kaya gini sama si Meta ataupun si Bungsu,,

“Kita semua punya kesempatan yang sama untuk berhasil,, untuk menjadi yang terdepan yang membedakan satu dengan yang lainnya adalah, apakah kita mau bekerja keras atau tidak,,gw udah ngebuktiin itu sama kalian,, perjuangan gw from zero to be hero,, jatuh bangun gw ngeraih mimpi,,dan Alhamdulillah,, ALLAH gak pernah bohong ama janjinya, ambil yang baik dari gw,,tapi kalau yang jeleknya jangan ,,,”

He..he.he. hebat kan inon ,, ya biarkan lah adik adik itu mengambil hal baik dari inon ,,tapi penyakit malas mandi,, malas bangun pagi gak usah lah ya di tiru,,*nyengir*

Oh ya Mak, si Meta juga udah jauh berubah,, dari yang inon temui 6 tahun yang lalu,,jauh lebih dewasa,, dan sedikit lebih manis,, (*kalau bagian siapa yang paling manis inon tetap yang termanis, yakk),, walaupun masih suka sedikit judes kalau udah datang kumatnya,, *nyengir* ,,

Waktu berjalan begitu cepat ya mak,, rasanya baru kemarin bocah kecil itu lulus SMP,, dan jadi ABG labil yang menyebalkan,, eh sekarang dia udah mau lulus kuliah aja,, bentar lagi kerja,,dan mulai menata mimpinya,,

Tahu gak mak,, anak ini ya,, kalau pas ketemu masih kaya dulu, jarang ngobrol, ngobrol seperlunya ehh tapi kalau be be em an,,aish busyet panjang panjang bet,,udah kaya nulis paragraf pelajaran mengarang,,ha..ha..ha..ha. mungkin karena waktu itu kita ketemu cuma beberapa hari trus pisah lagi,,dan sekarang lebih banyak komunikasi pake be be em, oh ya satu lagi,, inon kan dulu paling males ya kalau be be eman pake bahasa minang ribettt,tapi sekarang inon udah fasih dong chating pake bahasa minang,,

Si Meta titip salam sama Umak,,salam sayang kata nya,, dia selalu bilang

“Rasonyo umak tu ndak pernah pai do ni,,rasonya umak tu masih ado disiko mandampingi awak ni,,”

Doain inon mak, punya rezeki yang banyak,, nanti inon mau beli mobil,,trus abis itu inon mau mudik pas lebaran,,nanti inon bakal ngajak semua anak dan cucu umak ziarah bersama,, umak pasti seneng ngeliat kita datang bareng,,bareng,, walaupun sedikit ironi,,waktu umak hidup kita malah jarang mudik bersama, eh pas umak udah pergi baru kepikiran buat mudik bersama,,

Umak tahu gak,,kalau Inon sama Meta punya mimpi,,nanti kita bakal nabung,, dan kita bakal patungan , ngerenovasi rumah umak yang dikampung,, nanti kita akan pasang semua foto anak cucu disana, rumah itu akan selalu jadi tempat kita pulang,,tempat kita mengenang semua hal baik tentang umak,, inon yakin,, Umak pasti senang,,

Oh ya Umak tahu gak inon kan punya mimpi ,, mimpi inon tentang dunia menulis,, inon tuh ya kemarin ikut tantangan menulis 1.000 kata selama 180 hari,, dan Alhamdulillah,,anak umak yang satu ini berhasil melewati tantangan itu,, dan yang paling kerenn nya adalah si Abang bilang gini ,,

“udah saat nya kamu mulai bikin konsep buku buat tulisan kamu,, mulai lah berpikir jauh kedepan,,,”

Huaaaaa senangnyaa,, walaupun inon gak tahu apa mimpi inon untuk membuat sebuah buku itu akan menjadi nyata atau gak,,tapi paling gak inon udah mulai melangkah, he..he..he walaupun jujur inon masih sedikit bingung tulisan seperti apa yang akan inon buat,, *nyengir*

Tantangan 1.000 kata ini punya kenangan tersendiri buat inon, karena tantangan ini selesai 2 hari sebelum umak pergi,, iyaa inon menyelesaikan tantangan ini tanggal 21 desember,,dan umak pergi tanggal 23 desember,,dan tahu gak tulisan terakhir inon di 1.000 kata adalah tentang umak,, ya tulisan inon tentang umak yang sedang kritis,, dan doa inon agar ALLAH menjaga Umak dengan baik,,

Umak doain inon ya,, supaya mimpi ini menjadi nyata,, kelak ketika mimpi ini menjadi nyata,, dihalaman pertama buku itu akan inon tulis,,

“Mimpi ini aku persembahkan untuk umak,, untuk dia yang pergi,,ketika mimpi ini baru dimulai,,”

Inon percaya setiap mimpi akan menjadi nyata,, kalaupun mimpi itu tidak menjadi nyata,, ALLAH pasti sedang mempersiapkan rencana yang lebih indah buat inon,,

Umakkkk ,, inon rindu ,rindu sekali,,tapi hari ini inon gak nangis kok beneran deh,,inon nulis surat ini sambil senyum,, di dunia imajinasi inon,,inon ngebayangin umak nerima surat ini dan ngebacanya bertiga,, bareng Inyiak dan Om As.. oh yaa, ada  anak anak umak yang sudah pergi lebih dulu,, titip salam ya buat mereka,,

Sebenernya ada banyak hal yang mau inon ceritain,,tapi udah dulu ya,nanti umak pegel bacanya,, peluk cium selalu,, kalau dulu inon selalu transfer uang belanja bulanan buat umak,,sekarang inon akan transfer doa dan Alfatihah buat umak ,, berdoa supaya umak mendapat tempat di Surga sana,,

Oh ya,, minggu ini inon bakal sibuk banget,, bukan banget deng,,tapi sekali,,doain inon ya,,selalu kuat dan mampu bekerja dengan baik,, bekerja keras meraih mimpi,, jakarta juga lagi musim banjir,,tapi rumah kita di bekesong gak kena banjir sih,,oh iya satu lagi inon lupa si bungsu kemarin baru pulang dari Ambon,, cucu umak yang satu itu resolusinya tahun ini,, melintasi 3 pulau di Indonesia..dan seperti nya mimpinya berhasil,,

Inon selalu sayang umak,, dan dihati inon nama umak gak akan pernah terganti,, minggu depan tungguin surat inon lagi yakkk

#peluk cium selalu ,,

#inon yang selalu merindukan mu

Sepenuh hati merindu mu,, (*surat untuk umak


Bekesong City 13 Januari 2013

Assalamualaikum Umak Tersayang,,

Umak,, ba a kaba umak disana,, apa semua baik baik saja,,

Apa sekarang umak sedang ada disurga,, atau sedang tidur dalam tenang disana,,,

Umak,, sumpah hari ini ,, inon merindukan umak dengan sangat,, rindu sekali ,,rasa rindu yang membuat inon sesak nafas,,rindu yang tidak tertahan kan,, rindu yang teramat besar,,,

Rasanya sakit ,saat menghadapi kenyataan bahwa umak telah pergi untuk selamanya, meninggalkan kami semua, meninggalkan inon yang sampai detik ini belum mampu membuat umak bahagia ,, maafkan inon ya umak,,

Hari ini tepat 3 minggu Umak pergi,, waktu berlalu begitu cepat ya umak, rasanya masih seperti kemarin inon ada di perjalanan menuju kampung ,,dan ditengah perjalanan kami mendapat berita bahwa umak sudah pergi untuk selamanya,,

Umakk tahu gak satu hal yang paling inon benci dalam hidup ini , ditinggalkan, perpisahan, dan mendapati kenyataan bahwa kita gak bisa bersama lagi,, dan seumur hidup inon ,kepergian umak adalah kehilangan terbesar dalam hidup inon,rasanya sakit sekali, sedih,semuanya bercampur menjadi satu,,,

Umakk,, saat dalam keramaian,, inon bisa melupakan segalanya, melupakan kenyataan bahwa umak telah pergi untuk selamanya, meninggalkan kami semua,,tapi saat inon sendiri,, dalam sepi,,saat melihat satu demi satu foto-foto umak,, maka kerinduan itu datang,, kerinduan yang teramat sangat,, dan lagi lagi inon harus menghadapi kenyataan pahit kalau umak memang telah pergi untuk selamanya, meninggalkan kita semua,, meninggalkan inon

Umak saat rasa rindu itu datang,, maka satu-satunya yang bisa inon lakukan hanya berdoa,, memandangi foto umak satu persatu ,,dan mencium foto itu,, inon paling suka kalau liat foto umak yang lagi senyum,, umak manis sekali di foto itu,, senyum dan kehangatan umak yang akan selalu di ingat oleh kita semua,,,

SANYO DIGITAL CAMERA

Sebagian orang bilang…

” Kok bisa sih lo sayang banget sama nenek lo, secara ya kalian itu kepisah jauh, “

Mungkin sebagian orang gak percaya, betapa kuatnya ikatan bathin diantara kita,, inon, abang dan sibungsu waktu kecil diasuh sama umak,,dan tahun 1990 kita sekeluarga hijrah ke Jakarta, meninggalkan umak,

Tapi terpisah secara jarak tidak pernah membuat kita jauh, inon masih ingat dulu belum ada handphone, telpon pun harus numpang di rumah tetangga ,, jadi si mama akan ngerekam suara kita bertiga ,, dan nanti kaset rekaman itu akan di kirim kekampung, kaset itu akan selalu umak dengarkan dan jadi pengobat rindu umak akan kita bertiga ,,

Saat liburan sekolah inon sama abang ganti-gantian pulang kampung,, menghabiskan liburan bersama umak, perjalanan darat naik bus selama 2 hari gak pernah berasa capek,, karena sampai di kampung umak bakal manjain kita dengan makanan-makanan enak, yang luar biasa nikmatnya,,

Saat ada wartel dekat rumah,, inon selalu ingat setiap hari minggu jam 9 malam ,mama akan mengajak kita ke wartel ,, menelpon umak, mengucapkan sepatah dua patah kata,, menelpon umak dulu di kampung bukan perkara mudah, secara ya di rumah umak di kampung juga gak ada telpon,,jadi kita numpang nelpon ke rumah tetangga di kampung, nanti si tetangga akan memanggil umak, dan jatah kita bicara juga gak banyak paling lama hanya 5 menit,,

Dan terkadang umak mengunjungi kita di jakarta,, umak ingat gak, kalau di jakarta, mama selalu ngajak umak keluar masuk mall ternama, dan nanti di mall – mall itu umak akan belanja barang pecah pelah , mulai dari piring , gelas,sampai beraneka macam teko, nanti di kampung pecah belah yang umak beli itu akan umak pajang di lemari,,dan umak akan bercerita dengan bangga sama mereka yang dikampung dengan bilang..

“Iko babali di jakarta, di mall namanyo..untuak si nonon di den ,, “

Dan dengan cara itu lah kita saling mencintai ,, saling menyayangi , walaupun hanya sebatas telpon, kunjungan singkat di hari libur,, tapi kasih sayang umak buat kita para cucu itu luar biasa, gak akan pernah terganti sama apapun,,

Umak,, kenangan demi kenangan itu rasanya seperti baru terjadi ,, rasanya umak gak pernah pergi,,kadang inon berpikir kalau umak hanya pergi secara fisik, tapi jiwa dan semangat umak selalu ada disini , selalu menemani inon dalam meraih mimpi,,

2013 ini inon punya rencana indah buat umak,,nanti di bulan maret inon akan ajak umak ke Jakarta,, inon mau ngajak umak ke rumah Matahari inon, kasih liat umak bukti perjuangan inon selama 6 tahun ini, mimpi mengejar Matahari inon yang telah terwujud, inon udah rencana beli mobil baru buat ngajak umak jalan-jalan,, ngajak umak keluar masuk mall kaya dulu, umak tahu gak sekarang ada banyak mall bagus di jakarta,, dan umak pasti seneng liat semua mall itu , kalau dulu uang kita terbatas buat beli pecah belah yang umak mau, sekarang uang inon udah ada buat beliin semua hal yang umak mau,, TAPI sayang ALLAH punya rencana lain, rencana yang jauh lebih indah dari rencana inon,

Sedih sekali rasanya,, ketika mimpi inon tentang umak itu gak akan pernah terwujud,, sakit sekali rasanya, tapi inon gak punya kuasa lain,,ALLAH lebih tahu yang terbaik buat umak ketimbang inon,, inon percaya ALLAH sayang sama umak,, dan DIA ingin umak ada disamping nya, menempatkan umak ditempat terindahnya,,

Umak tahu gak ,, kepergian umak indah sekali,, saat umak menutup mata umak melafazkan nama-Nya,, dan saat inon bertemu umak untuk terakhir kalinya,, umak cantik sekali, lebih cantik dari biasanya,, wajah umak bersinar , inon belum pernah liat umak secantik itu,, umak beristirahat dengan tenang dan itu semua bikin hati inon melepas umak dengan tenang,,

Umak jangan marah ya kalau malam ini inon menangis tanpa henti mengenang umak , inon rindu sekali,, inon tahu kalau pak ustad pernah bilang

“ALLAH tidak menyukai mereka yang meratap daripada meratap lebih baik mendoakannya,,”

Inon tahu itu,,tapi inon gak meratap kok, inon hanya menangis,, mengingat setiap detik kenangan yang pernah ada diantara kita,,dan saat inon gak tahu lagi mau ngapain maka inon menulis surat ini , mengeluarkan semua hal yang ada di kepala inon,,

Walaupun umak gak bisa bahasa indonesia,, tapi inon percaya umak pasti dengar suara hati inon,, dan rasa sayang kita akan bisa di terjemahkan dalam banyak bahasa bukan,

Mulai saat ini setiap inon kangen sama umak inon akan nulis surat,, dan minta sama ALLAH buat menyampaikan surat ini sama umak,, dan bilang kalau inon sayang umak,,,

Umak maaf ya selama umak ada , gak pernah rasanya inon bilang langsung sama umak kalau inon sayang sekali sama umak, cara inon mengungkapkan sayang ya dengan pelukan – ciuman, tapi bukan dengan kata,, ya memang begitulah inon begitu sulit untuk mengungkapkan isi hati ,,

Umak doakan inon tahun ini banyak rezeki,, kalau biasanya target inon tiap tahun selalu ada dana buat travelling, mulai saat ini target itu berubah,,daripada inon buang-buang duit buat travelling mending inon nabung dan kita semua bisa mudik,,nanti kita ziarah ke tempah umak,, pasti umak bakal seneng ketika anak cucu umak dateng,,

Umak seminggu kemarin inon mimpi ketemu umak dua kali,, walaupun bagi sebagian orang mimpi itu hanya kembang tidur,,tapi inon percaya, di alam mimpi lah inon sama umak bisa ketemu,,

dan malam ini boleh gak inon minta umak buat dateng lagi, inon kangenn ,,kangen sekali,, rasa kangen yang lebih dari biasanya,,,

inon pengen ketemu, pengen cerita kalau inon udah bisa ngewujudin mimpi inon ,,dan sekarang inon sedang menjalani tangga kehidupan yang baru,, kehidupan yang lebih sulit dari biasanya,, tantangan yang semakin hebat,, tapi inon percaya inon pasti bisa ngelewatin itu ,karena inon cucu umak yang luar biasa ,,karena inon cucu umak yang terhebat,,

Udah dulu ya umak surat inon , sebenernya ada banyak hal yang mau inon ceritain tapi nanti umak capek baca nya, nanti inon sambung lagi, inon sayang umak,, apapun keadaannya, buat inon umak adalah yang terhebat,,