Sepenuh hati merindu mu,, (*surat untuk umak


Bekesong City 13 Januari 2013

Assalamualaikum Umak Tersayang,,

Umak,, ba a kaba umak disana,, apa semua baik baik saja,,

Apa sekarang umak sedang ada disurga,, atau sedang tidur dalam tenang disana,,,

Umak,, sumpah hari ini ,, inon merindukan umak dengan sangat,, rindu sekali ,,rasa rindu yang membuat inon sesak nafas,,rindu yang tidak tertahan kan,, rindu yang teramat besar,,,

Rasanya sakit ,saat menghadapi kenyataan bahwa umak telah pergi untuk selamanya, meninggalkan kami semua, meninggalkan inon yang sampai detik ini belum mampu membuat umak bahagia ,, maafkan inon ya umak,,

Hari ini tepat 3 minggu Umak pergi,, waktu berlalu begitu cepat ya umak, rasanya masih seperti kemarin inon ada di perjalanan menuju kampung ,,dan ditengah perjalanan kami mendapat berita bahwa umak sudah pergi untuk selamanya,,

Umakk tahu gak satu hal yang paling inon benci dalam hidup ini , ditinggalkan, perpisahan, dan mendapati kenyataan bahwa kita gak bisa bersama lagi,, dan seumur hidup inon ,kepergian umak adalah kehilangan terbesar dalam hidup inon,rasanya sakit sekali, sedih,semuanya bercampur menjadi satu,,,

Umakk,, saat dalam keramaian,, inon bisa melupakan segalanya, melupakan kenyataan bahwa umak telah pergi untuk selamanya, meninggalkan kami semua,,tapi saat inon sendiri,, dalam sepi,,saat melihat satu demi satu foto-foto umak,, maka kerinduan itu datang,, kerinduan yang teramat sangat,, dan lagi lagi inon harus menghadapi kenyataan pahit kalau umak memang telah pergi untuk selamanya, meninggalkan kita semua,, meninggalkan inon

Umak saat rasa rindu itu datang,, maka satu-satunya yang bisa inon lakukan hanya berdoa,, memandangi foto umak satu persatu ,,dan mencium foto itu,, inon paling suka kalau liat foto umak yang lagi senyum,, umak manis sekali di foto itu,, senyum dan kehangatan umak yang akan selalu di ingat oleh kita semua,,,

SANYO DIGITAL CAMERA

Sebagian orang bilang…

” Kok bisa sih lo sayang banget sama nenek lo, secara ya kalian itu kepisah jauh, “

Mungkin sebagian orang gak percaya, betapa kuatnya ikatan bathin diantara kita,, inon, abang dan sibungsu waktu kecil diasuh sama umak,,dan tahun 1990 kita sekeluarga hijrah ke Jakarta, meninggalkan umak,

Tapi terpisah secara jarak tidak pernah membuat kita jauh, inon masih ingat dulu belum ada handphone, telpon pun harus numpang di rumah tetangga ,, jadi si mama akan ngerekam suara kita bertiga ,, dan nanti kaset rekaman itu akan di kirim kekampung, kaset itu akan selalu umak dengarkan dan jadi pengobat rindu umak akan kita bertiga ,,

Saat liburan sekolah inon sama abang ganti-gantian pulang kampung,, menghabiskan liburan bersama umak, perjalanan darat naik bus selama 2 hari gak pernah berasa capek,, karena sampai di kampung umak bakal manjain kita dengan makanan-makanan enak, yang luar biasa nikmatnya,,

Saat ada wartel dekat rumah,, inon selalu ingat setiap hari minggu jam 9 malam ,mama akan mengajak kita ke wartel ,, menelpon umak, mengucapkan sepatah dua patah kata,, menelpon umak dulu di kampung bukan perkara mudah, secara ya di rumah umak di kampung juga gak ada telpon,,jadi kita numpang nelpon ke rumah tetangga di kampung, nanti si tetangga akan memanggil umak, dan jatah kita bicara juga gak banyak paling lama hanya 5 menit,,

Dan terkadang umak mengunjungi kita di jakarta,, umak ingat gak, kalau di jakarta, mama selalu ngajak umak keluar masuk mall ternama, dan nanti di mall – mall itu umak akan belanja barang pecah pelah , mulai dari piring , gelas,sampai beraneka macam teko, nanti di kampung pecah belah yang umak beli itu akan umak pajang di lemari,,dan umak akan bercerita dengan bangga sama mereka yang dikampung dengan bilang..

“Iko babali di jakarta, di mall namanyo..untuak si nonon di den ,, “

Dan dengan cara itu lah kita saling mencintai ,, saling menyayangi , walaupun hanya sebatas telpon, kunjungan singkat di hari libur,, tapi kasih sayang umak buat kita para cucu itu luar biasa, gak akan pernah terganti sama apapun,,

Umak,, kenangan demi kenangan itu rasanya seperti baru terjadi ,, rasanya umak gak pernah pergi,,kadang inon berpikir kalau umak hanya pergi secara fisik, tapi jiwa dan semangat umak selalu ada disini , selalu menemani inon dalam meraih mimpi,,

2013 ini inon punya rencana indah buat umak,,nanti di bulan maret inon akan ajak umak ke Jakarta,, inon mau ngajak umak ke rumah Matahari inon, kasih liat umak bukti perjuangan inon selama 6 tahun ini, mimpi mengejar Matahari inon yang telah terwujud, inon udah rencana beli mobil baru buat ngajak umak jalan-jalan,, ngajak umak keluar masuk mall kaya dulu, umak tahu gak sekarang ada banyak mall bagus di jakarta,, dan umak pasti seneng liat semua mall itu , kalau dulu uang kita terbatas buat beli pecah belah yang umak mau, sekarang uang inon udah ada buat beliin semua hal yang umak mau,, TAPI sayang ALLAH punya rencana lain, rencana yang jauh lebih indah dari rencana inon,

Sedih sekali rasanya,, ketika mimpi inon tentang umak itu gak akan pernah terwujud,, sakit sekali rasanya, tapi inon gak punya kuasa lain,,ALLAH lebih tahu yang terbaik buat umak ketimbang inon,, inon percaya ALLAH sayang sama umak,, dan DIA ingin umak ada disamping nya, menempatkan umak ditempat terindahnya,,

Umak tahu gak ,, kepergian umak indah sekali,, saat umak menutup mata umak melafazkan nama-Nya,, dan saat inon bertemu umak untuk terakhir kalinya,, umak cantik sekali, lebih cantik dari biasanya,, wajah umak bersinar , inon belum pernah liat umak secantik itu,, umak beristirahat dengan tenang dan itu semua bikin hati inon melepas umak dengan tenang,,

Umak jangan marah ya kalau malam ini inon menangis tanpa henti mengenang umak , inon rindu sekali,, inon tahu kalau pak ustad pernah bilang

“ALLAH tidak menyukai mereka yang meratap daripada meratap lebih baik mendoakannya,,”

Inon tahu itu,,tapi inon gak meratap kok, inon hanya menangis,, mengingat setiap detik kenangan yang pernah ada diantara kita,,dan saat inon gak tahu lagi mau ngapain maka inon menulis surat ini , mengeluarkan semua hal yang ada di kepala inon,,

Walaupun umak gak bisa bahasa indonesia,, tapi inon percaya umak pasti dengar suara hati inon,, dan rasa sayang kita akan bisa di terjemahkan dalam banyak bahasa bukan,

Mulai saat ini setiap inon kangen sama umak inon akan nulis surat,, dan minta sama ALLAH buat menyampaikan surat ini sama umak,, dan bilang kalau inon sayang umak,,,

Umak maaf ya selama umak ada , gak pernah rasanya inon bilang langsung sama umak kalau inon sayang sekali sama umak, cara inon mengungkapkan sayang ya dengan pelukan – ciuman, tapi bukan dengan kata,, ya memang begitulah inon begitu sulit untuk mengungkapkan isi hati ,,

Umak doakan inon tahun ini banyak rezeki,, kalau biasanya target inon tiap tahun selalu ada dana buat travelling, mulai saat ini target itu berubah,,daripada inon buang-buang duit buat travelling mending inon nabung dan kita semua bisa mudik,,nanti kita ziarah ke tempah umak,, pasti umak bakal seneng ketika anak cucu umak dateng,,

Umak seminggu kemarin inon mimpi ketemu umak dua kali,, walaupun bagi sebagian orang mimpi itu hanya kembang tidur,,tapi inon percaya, di alam mimpi lah inon sama umak bisa ketemu,,

dan malam ini boleh gak inon minta umak buat dateng lagi, inon kangenn ,,kangen sekali,, rasa kangen yang lebih dari biasanya,,,

inon pengen ketemu, pengen cerita kalau inon udah bisa ngewujudin mimpi inon ,,dan sekarang inon sedang menjalani tangga kehidupan yang baru,, kehidupan yang lebih sulit dari biasanya,, tantangan yang semakin hebat,, tapi inon percaya inon pasti bisa ngelewatin itu ,karena inon cucu umak yang luar biasa ,,karena inon cucu umak yang terhebat,,

Udah dulu ya umak surat inon , sebenernya ada banyak hal yang mau inon ceritain tapi nanti umak capek baca nya, nanti inon sambung lagi, inon sayang umak,, apapun keadaannya, buat inon umak adalah yang terhebat,,

 

10 thoughts on “Sepenuh hati merindu mu,, (*surat untuk umak

  1. iya sayang, Umak adalah yang terhebat.. yang akan tetap mengiringi Inon melewati setiap tantangan hidup.. Beliau akan selalu ada. #pelukcium.

    • makasih sayang,,,
      umak adalah yang terhebat buat inon,,
      tapi inon sepertinya masih harus berproses untuk kehilangan inon,,
      karena kadang rasa rindu itu selalu datang

  2. mungkin rasa seperti ini yg ada di ponakan gw ya put saat nyokap gw meninggal. Nyokap gw sangat deet banget dengan cucu tertua (kebetulan juga cewe) bahkan kedekatannya ponakan gw sama ibunya kalah deh dibanding kedekatan dengan nyokap gw.
    well…umak sudah bahagia di sana, kita jangan lupa untuk selalu mendoakan agar beliau mendapatkan tempat yang sangat indah di sisi sang Khalik…aamiin

  3. Kirim Al Fatihah buat umak …, yakin umak sayang banget sama inon,
    kalau ada di kampung kan inon nggak boleh pergi2 kecuali tugas kantor … he..he…, ketawa aja biar ilang sedihnya…

  4. Baca ini saya jadi inget nenek yang sudah almarhumah pula kakak….Mirip kayak umak kak usagi, umak saya juga baiknya luar biasa….. Bedanya rumah kami malah tetanggaan…
    huhuhu…..

    DOa kak usagi pasti bakal diijabah oleh Allah, insya allah…
    Yuk alfatihah buat neneknya kak usagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s