Kelas Inspirasi Bangun Mimpi Anak Indonesia


Bekesong City, 3 Maret 2013

Selamat Sore Kawan,,,

Apa kabar semua,,,

#da da dah,, ala miss world,,

He..he..he.. iya saya tau,, saya harus nya udah nulis lanjutan kelas inspirasi dari kapan tau,maklum lah bow,, eike sibuk sekali,, susah nyuri waktu buat nulis, sekalinya ada waktu ,, moodnya gak dapet,,

#dikemplang massa..

Baiklah kawan setelah kemarin bercerita tentang rusuhnya saya menuju Kelas Inspirasi hari ini mari kita bercerita gimana ramainya dan serunya di Kelas Inspirasi,,

Bukan hal yang mudah menjelaskan tentang profesi saya kepada anak –anak, selama ini ya bow kalau ngejelasin tentang profesi saya sama orang tua atau keluarga ujung-ujungnya pasti saya di ledekin,,

Sodara     : Emang inon kerjanya apa, kok keluar masuk kebon sawit terus

Inon     : Iya inon itu konsultan kelapa sawit, kerjanya keluar masuk kebon sawit inon ngebantuin orang-orang di perkebunan,,

Sodara    : Oh jadi inon itu tukang kebon,, yah non capek-capek sekolah tinggi-tinggi ujung-ujungnya ke kebon,,

Inon    : *pingsan* males ngobrolll

SEE orang dewasa aja gak ngerti sama kerjaan saya, sekarang gimana caranya ngejelasin tentang “Konsultan Kelapa Sawit” sama anak kecil

#pingsan,,

Saya mendapat jatah mengajar di SD Gandaria Utara 07 Pagi , lokasi nya tuh deket Pondok Indah Mall, kebayang gak boww, gimana jauhnya,, Bekesong –Pondok Indah *nyengir*😀😀

Tau kan saya paling males sama yang namanya bangun pagi, ribet bawa yang berat-berat, dan harus naik turun angkot berkali-kali, kalau untuk bagian ini ya itu karena hobi nyasar saya makin lama makin parah aja *tepok jidat*

Tapi energi untuk berbagi kali ini sangat besar,, demi kelas inspirasi saya rela pulang kantor naik angkot dan bawa infocus naik turun metromini pake acara drama di omelin sama kenek pulakk , bangun jam 4 pagi,, karena jam 5:15 saya udah harus di stasiun, untuk mencapai SD Gandaria Utara dari Stasiun Sudirman saya masih harus dua kali naik metromini, tapi karena bawan infocus saya yang segede gaban, saya lebih milih naik ojek daripada diomelin kenek lagi,, (*sebenernya sih untuk menghindari nyasar juga*)😀😀

Tapi ternyata pemirsah,, bukan inon namanya kalau gak nyasar,, jam 7 pagi saya sudah sampai di lokasi ,, karena saya datang terlambat saya langsung lari-lari naik tangga mencari ruangan kepala sekolah, tapi saya bingung,,

” lah ini kenapa sepi banget , mana kelapa sekolahnya, anak anak nya kok pake baju putih biru,, gw ada dimana ya,, “

Saya pun bertanya kepada seorang murid yang bingung ngeliat “mbak –mbak ngos-ngosan bawa infocus gede, dan celingak celinguk bingung ada dimana”

Saya     : Dek, ini SD Gandaria Utara 07 Pagi kan ,

Murid     : Ini bukan SD Kak, tapi ini SMP , SD nya di sebelah ,

Saya     : *nyengir* baiklahh gw nyasar,,

Ternyata saya berada di komplek sekolah , di komplek ini ada 2 buah SD, dan ada 1 SMP , saya nyasar karena saya salah belok dan salah naik tangga, *tepok jidat*, saya pun kembali berlari menuju SD Gandaria Utara 07 Pagi, ternyata kepala sekolah sudah mulai memberikan pengarahan kepada anak –anak dan memperkenalkan kedatangan kami tim Kelas Inspirasi ,

IMG-20130220-WA004

(*selesai ngajar, mari foto bersama

Tim kami terdiri dari 9 orang Inspirator, kami membagi kelas menjadi 3 kelas jadi setiap dua kelas yang digabung menjadi satu (Kelas 1 & 2, 3&4,5,6) , rule yang dibuat untuk pembagian jadwal adalah, setiap orang mendapat jatah di dua kelompok, satu orang sebagai pengajar, satu orang lagi sebagai tim huru hara,,,

Dan lagi lagi saya harus bertemu dengan drama,,

Saya mendapat jatah pertama di kelas 6, ternyata oh ternyata ,, flash disk saya gak bisa connect ke laptop, hayyahh matilah gw, secara materi presentasi disana semua,,

#tarik nafas dalam dalam,,,,

Baiklahh pemirsahh, karena power pointnya gak jalan,, jangan panik, mari kita keluarkan kemampuan kita untuk berstandup comedy, memindahkan isi presentasi ke dalam bentuk tanya jawab,,,dengan semangat BERANI MALU,, maka saya memulai kelas dengan sebuah ajakan untuk saling menyemangati,

Saya Berteriak,, “Kelas Inspirasi” Dan anak anak menjawab..“Bangun mimpi anak indonesia”

030413_0840_KelasInspir2.jpg

(*Bangun Mimpi Anak Indonesia,

40 Menit bersama anak kelas 5 & 6, 40 menit yang luar biasa, un predictable, dan mengharukan,, kelas yang interaktif,ada banyak celetukan celetukan yang kadang seru tapi kadang juga menyebalkan,,seperti saat saya bertanya,,

“Ada yang tahu tentang kelapa sawit,,,”

Dan anak anak menjawab..

” Mesuji kak, yang ada perang disana, “

#pingsan,,

030413_0839_KelasInspir3.jpg

(*Wajah wajah polos mendengarkan kaka inon bercerita

Selanjut nya saya pindah ke kelas 3&4, dan lagi lagi , semua di luar perkiraan saya, kelompok ini ada di kisaran umur 9&10 tahun, di umur umur yang luar biasa aktif, susah untuk berkonsentrasi dan fokus, di kelas ini metode pengajaran yang saya terapkan di kelas sebelumnya sukses gak mempan saudara-saudara #tepok jidat,,

030413_0839_KelasInspir4.jpg

(* berebut penasaran, ini white board toch screen apa gak,

Anak anak lebih tertarik ke laptop,animasi animasi di power point saya, dan malah kadang sibuk dengan dunia mereka sendiri,, dan hal yang paling bikin kocak adalah,, saat saya masih dalam posisi bercerita ,, tiba tiba semua anak anak lari keluar kelas dan berteriak,, “waktunya istirahat kak, aku lapar” ha.ha.ha.ha dan tinggallah saya yang bengong melongo sendirian,,

#pingsan,,,

Tapi setelah itu semua ternyata ya, disaat istirahat sekelompok anak kecil menghampiri saya dan mulai sibuk bertanya-tanya tentang profesi saya, anak-anak ini sangat antusias dengan cerita saya, dan lagi lagi saya cuma cengar cengir dengan celoteh mereka saat mereka bilang,,

Anak 1     : Jadi kerjanya kakak bisa keliling indonesia ya

Saya     : (*bangga) iyaa kalau jadi aku kamu bisa keliling indonesia, indonesia itu keren tau dek,,

Anak 1     : Tapi aku gak mau keliling indonesia, aku mau nya ke korea,, di korea ada kebon sawit gak

Saya    : *nyengir* ada, selama ada tanah pasti ada kebon sawit (*ok untuk bagian ini saya bohong, gak mungkin lah di korea ada kebon sawit )

Anak 2    : kalau di inggris ada gak kak, aku mau ke inggris, belajar jadi pemain bola

Saya     : *pengen pingsan* ada selama ada tanah pasti ada kebon sawit

Anak 3    : Aku gak mau kemana-mana ,, aku mau dirumah aja nemenin mama

Saya     : *bingung antara terharu dan kocak*

(*meskipun sering un focus tapi anak anak selalu asyik buat diajak cerita

Selanjutnya saya kembali mendapat tugas di kelas 5&6 kali ini saya bertugas sebagai tim huru hara, karena teman saya Purbo yang bertugas sebagai inspirator, ternyata ya bow,, bukan cuma kita orang dewasa yang semakin siang semakin malas, anak anak juga kaya gitu, semakin siang, anak-anak mulai kehilangan konsentrasi, kelas pun mulai rusuh, mereka lebih bersemangat untuk main ketimbang mendengarkan kami bercerita tentang pekerjaan kami , jadilah ya bow,, sessi bercerita tentang pekerjan pun diganti jadi sessi bermain bersama,,

030413_0840_KelasInspir6.jpg

(*Belajar nya udahan aja ya kak, mending kita main

Diakhir kelas, setiap anak menempelkan cita-cita mereka di streofoam, setiap anak menuliskan cita cita mereka semua nya punya beragam cita-cita mulai dari dokter, pemain bola, insinyur, polwan, dan yang paling lucu adalah saat seorang anak menuliskan cita citanya sebagai “bos restoran” anak ini terinspirasi dari pekerjaan salah satu teman saya carol yang berprofesi sebagai manager restoran, saat saya tanya

“wudihh si adek hebat mau jadi manager restoran.”

Dan si anak dengan polos dan senyum nya jawab,,

“Iyaa soalnya aku bisa makan gratis “

#pingsan

030413_0839_KelasInspir5.jpg

(*Mereka penerus masa depan bangsa 

20 Februari 2013 adalah hari yang luar biasa dalam hidup saya, satu hari yang akan saya kenang untuk selamanya, satu hari yang luar biasa,,dari mereka saya belajar tentang semangat mereka  menjalani hari,, mereka gak pernah tahu akan jadi apa mereka di masa depan, tapi mereka selalu semangat menjalani hari, sekolah bagi mereka adalah dunia yang menyenangkan, meskipun keadaan sekolah gak mewah dan seadanya, tapi mereka bisa menjalaninya dengan enjoy, riang, dan gak pake acara complain,,

Beda banget kan sama orang dewasa, kerjaanya complain mulu, gak pernah merasa puas, selalu ingin lebih,,selalu kwatir tentang apa yang akan terjadi di masa depan,, (iyaa itu gw *nyengir*,,, )

10 thoughts on “Kelas Inspirasi Bangun Mimpi Anak Indonesia

  1. Whoaaaaa…
    seru banget ituh Puuuuut…

    berdiri di depan kelas yang berisi segerombolan anak anak SD dengan materi presentasi yang ilang pasti serem banget yah…hihihi…

    Sukses terus yah Puuuuut🙂
    daku kangeeeeen🙂

  2. Inon kereeeennn…. dulu pernah ngajar bahasa inggris buat anak2 SD Put, dan emang menguji kesabaran bgt, tapi begitulah anak2 ya, terkadang justru kita yg beljar dr mereka🙂

  3. Perlu kesabaran menghadapi anak-anak, perhatian mereka yang singkat harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk tujuan presentasi secara singkat, setelah itu berbaur dengan dunia mereka, pasti pertemuan berikutnya kita akan dapat perhatian dari mereka.
    Anak saya ketika ditanya ingin jadi apa, jawabnya jadi pemilik warung rujak alasannya suka rujak! he he he he eh

Leave a Reply

