Warisan Berharga Dari Mama..


Jum’at 28  November 2014

My Office,,

Selamat Sore Kawan,,,

Ini adalah artikel pertama saya ikut kontes setelah dua tahun gak pernah ikut kontes,, kontesnya pak de bener-bener pengen saya cerita,,tentang sesuatu hal yang berharga dalam hidup saya,, malaikat yang dikirimkan ALLAH ke muka bumi,,

Ibu bagi saya adalah segalanya,dia adalah kakak, teman baik, malaikat, ibu, kawan debat,, terkadang juga musuh abadi,, kawan,, inilah kisah saya tentang kasih seorang ibu,,

Setiap orang tua ,pasti memiliki warisan untuk anak-anak nya,,dan saya memiliki 3 warisan hebat dari Mama saya, dari perempuan terhebat saya,kawan inilah 3 Warisan hebat dari Mama saya

DSC_0857

a) Mama tak pernah menceritakan aib suaminya kepada orang lain,,

Orangtua saya sudah menikah 33 tahun, asam garam kehidupan sudah mereka lewati, keluarga kami pernah ada dipuncak kejayaan dan kemudian terhempas ke dasar lautan,, Pernikahan orang tua saya juga tak mulus, terkadang mereka bertengkar, cekcok sana sini, dan 1001 permasalahan hidup lainnya,,

Tetapi dalam semua kesulitan keluarga kami,, atau pasang surut pernikahan orang tua saya, tak pernah sekalipun Mama berkeluh kesah, curhat atau berbagi kepada sekitarnya,,

Saya memiliki beberapa sahabat yang sudah menikah, meskipun pernikahan mereka baik baik saja,, saat ada konflik ,pasti para sahabat saya akan mencari saya menumpahkan uneg-uneg mereka tentang pernikahan mereka,sahabat saya selalu bilang

Meskipun gw udah nikah,tapi gw tetap butuh lo nyong buat berbagi gak semua hal bisa dibagi sama Istri, kita tetap butuh sahabat untuk bercerita ,,

Saya percaya kalau semua manusia butuh tempat berbagi , tempat berkeluh kesah,,tapi tidak bagi ibu saya ,beliau selalu bilang

Aib suami itu aib istri  ,, kalau kamu apa apa cerita tentang kelemahan suami mu sama orang lain sama aja kamu gak bisa jadi istri yang baik, istri itu adalah penopang semua kelemahan suaminya,, kalau kamu menikah nanti apapun yang terjadi dengan pernikahan kalian jangan pernah,, jangan pernah ,, dan jangan pernah (*jangan pernah nya beneran ampe 3 kali,bukan typo😀 ) sekalipun membagi masalah mu dengan orang lain,, gak semua orang itu baik terkadang ketika kamu curhat solusi yang diberikan bukan solusi terbaik bisa jadi yang terburuk ,, simpan masalah mu sendiri, kalau mau curhat, curhat sama ALLAH Dia Maha Mendengar

b) Pendengar terbaik didunia adalah Mama..

Mama adalah pendengar terbaik di dunia, dia selalu mendengarkan dengan sabar 1001 keluh kesah kami anak -anaknya,, setiap hari saya sepulang kantor,,, Mama akan mendengarkan keluh kesah saya tentang semua hal dikantor,, kadang Papa suka nyeletuk,,

“Emang kamu ngerti apa yang dibahas sama anakmu,,bahasanya udah tinggi gitu,,”

Dan Mama sambil senyum cuma bilang..

Gak ngerti sih,,tapi dia gak butuh nasihat,,yang dia butuhkan hanya didengarkan,, dia tahu solusi dari semua masalahnya..

Mama benar,, terkadang saya gak butuh solusi,, hanya butuh didengarkan,, setelah selesai berkicau panjang kali lebar kali tinggi tentang hidup yang terkadang menyebalkan,,Mama akan memeluk saya,, dan berkata,,

Semua akan baik baik saja,,

Pelukan hangatnya selalu mampu meredakan lelah,, mengubah putus asa menjadi keyakinan, pelukan hangatnya adalah yang terindah bagi kami anak-anaknya,,

Mama adalah pendengar yang baik, bukan hanya bagi kami anak-anaknya,,tapi juga bagi Papa,Papa adalah lelaki introvert,gak semua orang bisa tahu apa yang ada di kepalanya,, dan selama 33 tahun pernikahannya dengan Mama, Mama adalah satu-satunya pendengar yang baik bagi Papa,, cuma Mama yang bisa mengerti jalan pikiran Papa, mendengarkan semua keluh kesahnya,, mimpi-mimpinya,,

c)Masakan terlezat didunia adalah masakan Mama

Semua anak pasti bakal bilang masakan ibu nya yang paling lezat,, tapi beneran deh masakan Mama saya tuh enak banget,, meskipun saya orang padang tapi saya gak suka pedas,,kalau kena pedas sedikit perutnya langsung bermasalah,, nah satu-satunya masakan pedas yang bisa saya makan ya masakan si Mama,, gak ngerti resepnya apa,,tapi masakan mama pedasnya gak bikin mules,,

Dulu waktu SD karena saya gak bisa makan masakan pedas setiap mau makan, semua lauk yang saya makan dicuci dulu sampai bersih supaya gak ada cabenya, kebayang gak kalau rendang yang lezat itu dicuci dan dibersihin dulu sampai bersih,,hambar -hambar deh tuh rasanya,,si Mama gak tega liat anak nya makan masakan hambar semua ,,dan galau pun melanda,,

 Masak manis gak tega sama 4 orang anggota keluarga lain yang gak bisa makan manis,,masak pedas  anak perempuannya gak kuat pedas, masak dipisahin gak kuat sama kondisi keuangan😛

Akhirnya si Mama mulai bereksperimen, mencoba berbagai cara supaya saya bisa makan tanpa perlu merasa mulas,,dan anggota keluarga yang lain juga tetap bisa menikmati karena mereka gak kehilangan rasa khas minangnya,, dan eksperimen mama berhasil,, pelan-pelan tapi pasti saya bisa makan masakan Mama tanpa  perlu dicuci dulu ,,bisa makan masakan khas minang tanpa perlu ngerasa kepedesan dan mulas yang melanda,,

Sampai detik ini saya masih gak bisa makan masakah pedas, kalau pun pulang kampung dan mudik ke ranah minang dan harus makan masakan khas minang biasanya saya bakal bersihin dulu cabenya, atau kalau harus pakai kuah kari yang lezat itu biasanya karinya saya taro di pinggir pinggir aja,,

oh ya satu nasihat mama tentang kenapa perempuan harus pintar memasak adalah

Perempuan itu harus pintar masak, pintar padu padan masakan supaya lezat dan suami gak bosan.. laki -laki itu selama urusan perutnya terpenuhi dia akan sayang sama istri,, sesibuk apapun kamu nanti kalau udah nikah jangan dibiasain kasih makan suami makanan warung, masakan istri itu biar cuma tempe goreng tapi akan selalu lebih lezat di mata suami karena yang buat istri sendiri

Ada banyak hal yang bisa diceritakan tentang Mama,, 3 Hal tentang Mama yang saya ceritakan kali ini, adalah warisan yang paling berharga dari Mama,, sifat yang akan saya tiru ketika saya membangun keluarga kecil saya nanti..

 Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan: Hati Ibu Seluas Samudera

Hati-Ibu-Seluas-Samudera-150x147

4 thoughts on “Warisan Berharga Dari Mama..

  1. Sahabat tercinta,
    Saya mengucapkan terima kasih kepada para sahabat yang telah mengikuti Kontes Unggulan Hati Ibu Seluas Samudera di BlogCamp. Setelah membaca artikel peserta saya bermaksud menerbitkan seluruh artikel peserta menjadi buku.

    Untuk melengkapi naskah buku tersebut saya mohon bantuan sahabat untuk

    1. Mengirimkan profil Anda dalam bentuk narasi satu paragraf saja. Profil dapat dikirim melalui inbox di Facebook saya atau via email.
    2. Memberikan ijin kepada saya untuk mengumpulkan artikel peserta dan menerbitkannya menjadi buku. Cek email dari saya tentang permintaan ijin ini dan silahkan dibalas.
    3. Bergabung dengan Grup Penulis Naskah Buku Hati Ibu Seluas Samudera di Facebook. (https://www.facebook.com/groups/669571076492059/)

    Terima kasih.

Leave a Reply

