Godok Pelo CoKePir


My Office 12 Juni 2013

Selamat Siang kawan,

Seperti biasa saat nya berbagi resep memasak di hari minggu, minggu ini saya memasak dengan bahan dasar “UBI” ,  baiklah kawan mari kita belajar memasak

Godok Pelo Co Ke Pir ( Coklate, Keju dan Pir)

Bahan – bahan

IMG-20130609-WA003(* Bahan – Bahan , margarinnya ternyata gak kepake 

a) 1 kg ubi putih Rp 4.000 /kg
b) tepung tapioka cap “buruh tani ” 250 gr Rp 2.500
c) Gula 5 sendok makan muncung (boleh minta sama mama jadi gratis)
d) Keju Kraft blok potong dadu Rp 4.500
e) selai cokelat Rp 5.000
f) 1 buah pear potong dadu (boleh ngambil stock di kulkas)
g) dua sachet vanili Rp 500
h) susu dancow full cream satu sachet Rp 2.500
g) garam secukupnya (boleh ngambil stock si Mama di dapur)

Continue reading

Serba Serbi Kroket Kentang Isi Keju


Bekesong City 2 Juni 2013    

Selamat Malam Kawan,,

Salam Masak,, #da da ala Farah Quinn,

Baiklah setelah kemarin berbagi resep cara membuat puding, hari ini saya kembali berbagi resep memasak saya,,

“Kroket Kentang Isi Keju ”

Kalau gak salah ya Kroket itu berasal dari bahasa belanda, mungkin ya bow,, jaman dahulu kala orang belanda sono kalau siang siang cemilannya kroket, bahan utamanya kentang , keju , bisa ditambah sama udang, ayam ataupun daging,

Nah kawan cekidot ya, resep memasaknya

Bahan – Bahan

  1. 6 Siung Bawang Merah
  2. 2 Siung Bawang Puting
  3. Daun Bawang
  4. 4 Potong Wortel
  5. Lada bubuk
  6. Penyedap rasa Masako
  7. Garam
  8. Tepung Bumbu Sasa
  9. 250 Grm Kentang
  10. 100 Grm Tepung Terigu
  11. Keju Craft
  12. Ayam bagian dada
  13. Tiga Butir Telur
  14. Margarin

     060313_0548_KroketKenta1.jpg060313_0548_KroketKenta2.jpg

     

Cara Membuat

  1. Haluskan Bawang Merah & Bawang Putih
  2. Rebus kentang , proses merebus biasanya 20 menit, sebelum merebus kentang iris-iris di beberapa bagian supaya airnya lebih meresap, tanda-tanda kentang telah matang adalah kentang mulai lunak, dan beberapa bagian kulit mulai mengelupas , setelah kentang matang angkat, dinginkan kemudian lumatkan
  3. Potong dadu , wortel , keju dan daging ayam untuk ayam dapat di potong dadu ataupun disuwir-suwir,,
  4. Daun Bawang di iris tipis –tipis

Setelah semua bahan-bahan di persiapkan saat nya eksekusi , memasak ,,

  1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, setelah bumbu mulai wangi, tambakan sedikit air, kemudian masukkan ayam, wortel dan keju, aduk hingga rata
  2. Tambahkan penyedap rasa, lada bubuk , dan sedikit garam, aduk hingga rata,
  3. Setelah bumbu mulai merata, masukkan wortel, aduk hingga rata, setelah adonan menyatu angkat kemudian dinginkan
  4. Masak air dan margarin,, kemudian tambahkan terigu, aduk hingga adonan tercampur semua
  5. Setelah adonan terigu tercampur menjadi satu, tambahkan adonan yang telah kita masakan sebelumnya (adonan wortel dan teman-teman) , aduk hingga kalis, kalis adalah saat adonan sudah tercampur menjadi satu, tanda-tanda adonan kalis adalah saat di aduk adonan tidak menempel di wajan
  6. Campurkan kentang yang dilumatkan dengan dua butir kuning telur, kemudian tambahkan adonan yang telah dibuat sebelumnya, (cicipi rasanya jika masih kurang bumbu kita dapat menambahkan garam + penyedap rasa + lada bubuk ) aduk hingga rata, adonan tercampur menjadi satu ,
  7. Kemudian ambil sedikit adonan, cetak dengan tangan ,
  8. Lumuri adonan yang telah di cetak dengan tepung bumbu, dan celupkan ke kuning telur yang telah di kocok ,
  9. Goreng dalam minyak panas, goreng hingga berwarna kecoklatan
  10. Angkat dan Tiriskan, Kroket Kentang isi keju siap di santap bersama keluaga, Sajikan dengan saos sambal,ataupun saos kecap,

 060313_0548_KroketKenta3.jpg

(*Kroket Kentang Isi Keju Ala Chef Inon

Fakta Memasak Kroket Kentang

  1. Total Biaya yang dihabiskan Rp 20.000 (gak bisa ngasih rincian nya lupa soalnya ) menghasilkan 15 potong kroket , berarti satu kroket modalnya Rp 1.400 jauh lebih hemat jika beli kroket yang sudah jadi, biasanya harga kroket di pasaran adalah Rp 2.500
  2. Proses memasak Kroket lumayan lama, mulai memasak jam 11:30 selesai memasak jam 14:30 ( 3 Jam ) beda banget ya cyin sama masak puding (puding selesai dimasak dalam 30 menit)
  3. Tepung Bumbu untuk membalut adonan dapat diganti dengan tepung roti ataupun tepung panir
  4. Saat mencoba mencampur tepung terigu + margarin dan air, saya gagal di percobaan pertama, airnya terlalu banyak dan api kompornya kegedean jadilah angus  jadi adonan pertama dibuang,,kemudian saya mencoba lagi di percobaan kedua dan alhamdulillah berhasil
  5. Kroket kentang tuh bahasa indonesianya, bahasa minangnya mah godok kantang, cuma godok kantang tuh gak pake keju,

Nah kawan,, Selamat Memasak, jangan takut gagal , kalau gak enak coba lagi,, kalau codet-codet dikit kena minyak ataupun penggorengan olesi dengan hand body ya supaya gak bengkak,, jangan takut gagal, memasaklah dengan hati, karena memasak itu menyenangkan ,

abc-h

 

Resep Memasak Mix Puding Pandan & Strawberry


My Office 28 Mey  2013

Selamat Malam Dunia,, Apa Kabar Semuanya,,

*da da da ala model *

Baiklah karena sekarang saya sedang belajar memasak, saya akan mencoba menulis sedikit tentang resep memasak, 😀 ya walaupun masih amatiran tapi gak salah lah ya, kalau di bagi , dan di ceritakan, tahu gak setelah saya belajar memasak ternyata ya memasak itu gak mahal ,bahkan terkadang kalau mau nongkrong di kedai kopi gitu saya suka membandingkan antara harga yang harus dibayar dengan harga kalau saya bikin sendiri,, *medit ne keluar*

Baiklah pemirsa resep pertama yang saya bagikan adalah

Puding Lapis  Two In One Mix Strawberry & Pandan

Kenapa resep pertama yang saya bagikan adalah puding, karena puding adalah masakan pertama yang saya bisa dan saat bikin puding juga gak sekali jadi langsung bisa, tapi selalu ada proses gagal dan rasanya hancur lebur *nyengir*

pizap.com10.412251823581755161369753096252(*Puding Pertama dan Kedua,,

Baiklah pemirsah inilah dia Cara Memasak  Puding ala Chef Inon

Bahan -Bahan

a) 2 buah Puding Rasa Nutri Jell Rasa Pandan & Strawberry ( Rp 8.500 x 2 = 17.000)


 

b) 1 Sachet susu bubuk warna putih (Rp 2.500)

c) 1 Kotak susu  cair rasa strawberry 250 Ml (Rp 2.500)

d) 1 Botol Minuman segar rasa strawberry ukuran 250 Ml (Rp 4.000)

f) 1 Cup Nata de Coco ukuran 250 Ml (Rp 5.000)

Cara Membuat

Puding Strawberry

  1. Masak  Susu Cair Strawberry dan Puding Bubuk Rasa Strawberry , aduk hingga rata
  2. Setelah 5 menit , tambahkan minuman segar rasa strawbery ke dalam adonan, aduk hingga rata
  3. Adonan harus terus di aduk agar tidak menggumpal, setelah mendidih diamkan sesaat (60 detik)
  4. Tuang perlahan ke cetakan,
  5. Tambahkan nata de coco ke puding yang telah di cetak 

Puding Pandan

  1. Masak  500 Ml air dan Puding Bubuk Rasa Pandan ,
  2. Setelah 5 Menit , tambahkan susu bubuk , aduk hingga rata,
  3. Adonan harus terus di aduk agar tidak menggumpal  jika menemukan gumpalan di adonan puding , biasanya karena susu bubuk yang tidak menyatu dengan puding, hancurkan dengan sendok dan kemudian aduk kembali , setelah mendidih diamkan sesaat (60 detik)
  4. Tuang perlahan ke cetakan puding yang pertama, lakukan secara perlahan agar tidak tercampur antara adonan strawberry dengan adonan pandan,, 

Dinginkan  Puding dan kemudian Sajikan dengan Fla , jika kamu tidak menyukai fla, dapat menggunakan susu crimer kental ataupun toping strawberry 

Puding Pelangi

(*puding pelangi ala chef Inon

Note :

  1. Total biaya untuk puding ini adalah  Rp  31.000 , bisa di makan bersama  keluarga ( jika satu keluarga teridir dari 5 orang,maka  satu orang mendapatkan 3 potong puding  )  , bandingkan dengan membeli puding yang udah jadi per cupnya Rp 5.000

  2. Jika kamu  gak punya cetakan puding , bisa menggunakan lunch box, gelas, ataupun mangkok, yang penting jadi cyin,,

  3. Di petunjuk penggunaan gak di cantumkan penggunaan susu dan minuman segar lainya, saya nambahin tambahan lain supaya lebih berasa, 

  4. Jika percobaan pertama mu gagal, jangan takut coba lagi,, kalau gak enak tenang aja,, percobaan pertama itu biasanya gagal,tapi lama lama pasti bisa,, 

Salam Masak

abc-h