Welcome To Desember,,


My office 1 Desember 2015

Selamat Pagi Kawan,,

Bagaimana kabar kalian,,, ??? hope today better than yesterday ya,,,

Kabar saya masih sama seperti kemarin,,gak lebih baik tapi juga gak lebih buruk,,ada yang bilang terlalu banyak luka akan membuat jiwa ini menjadi kebal dan mati rasa,, mungkin itu yang terjadi dalam hidup saya,,,

Selama 1 bulan terakhir masalah demi masalah datang menghampiri,, jatuh ,, baru mencoba bangkit ada masalah lain lagi menerpa ..sakit dan selalu lebih sakit,, dan siklus itu selalu berulang..

Jatuh – mencoba bangkit- baru setengah berdiri – di pukul lagi sama godam besar – dan jatuh lagi 

Nasib seolah sedang bertanya,,sampai sejauh mana saya kuat dan tetap tegar menghadapi semua ini,,

Hal paling menyakitkan dari menjalani semua ini adalah,, saat menjalani semua ini seorang diri,, gak ada yang bisa nolong saya kecuali diri saya sendiri , mau bercerita sama sahabat atau teman juga malu,,karena masalah ini gak habis-habis,berlarut-larut, ada rasa malu saat terus menerus membebani sahabat dengan cerita-cerita saya,, drama yang gak berakhir

 Menjalani dan percaya bahwa semua masalah ini atas kuasa ALLAH,,saya belajar untuk percaya bahwa ALLAH akan memberikan cerita indah dibalik semua ini,,akan ada pelangi setelah badai berkepanjangan ini,,

Berproses ya hanya itu yang saat ini saya bisa lakukan,, menjalani proses ini,, menjalani setiap sakit yang diberikan,, suatu hari semua akan baik-baik saja,, bukan kah hidup harus terus berjalan,, dan bumi terus berputar,,

Bulan november 2015, adalah bulan terburuk dalam sejarah hidup saya,, semoga desember ini bisa menjadi lebih baik dari bulan november ..

Semoga semua menjadi lebih baik,, semoga badai segera berlalu,, semoga semua baik-baik saja,,

Ketika Hidupmu tak lagi memiliki solusi


My Office 11 November 2015,,

Selamat siang kawan,,

Apa kabar,, semoga hari kalian baik -baik saja,, hari saya,, masih seperti kemarin abu-abu entah kapan mendung ini berlalu,,,

Hari ku kini tak lagi sama ,,sejak  semua kejadian itu,,saat ini satu-satu nya yang bisa saya lakukan adalah menjalani semua  nya,,merasakan pahit dan getirnya, di jalani aja semampunya,,, kalau capek berhenti,, kalau sudah kuat baru melanjutkan lagi arah ini

Saya adalah manusia yang selalu punya rencana dalam hidup saya, mau apa , kemana,  berpikir jauh tentang masa depan dan sekarang ,,saya gak punya rencana lagi,mau ngapain, langkah apa yang harus ditempuh,, semua rencana itu gak ada satupun yang jadi nyata,,,

Saya hanya bisa menjalani hari ini sebaik-baiknya, menyibukkan diri dengan semua kesibukan hari ini, esok entah apa yang akan terjadi lagi,,entah kejutan apa lagi yang diberikan takdir esok hari untuk saya,,

Ketika pagi saat membuka mata,, artinya adalah hari baru telah dimulai,, satu hari lagi terlewati,, satu hari baru dimulai,,dan saat malam datang,, satu hari  yang berat telah terlewati,,rebahkan diri sejenak,mari kita tertidur,, dan berharap semoga ini semua hanya mimpi,sayang ini bukan mimpi tapi ini kenyataan yang harus dihadapi

Ps : Ada yang bilang berdamai dengan diri sendiri adalah solusi untuk semua permasalahan ini,,entah bagaimana cara berdamai dengan diri sendiri,, mungkin kembali menulis adalah salah satu cara untuk berdamai dengan diri saya,,,

Melepaskan,,


My Office 9 November 2015

Melepaskan,,

Kemarin akhirnya saya benar-benar melepaskan,, melepaskan keyakinan saya selama 2 tahun ini,, melepaskan semua mimpi-mimpi saya,, melepaskan,, satu kata yang paling saya benci selama 2 tahun ini,,,

Mau tahu rasanya,,sakit,, terlebih saya melepaskannya karena kalah,,

kalah pada ketidakberdayaan saya,,

kalah pada keadaaan,,

kalah pada semuanya,,

Terkadang saya iri pada mereka yang berani,,berani memperjuangkan cinta mereka,,berani memperjuangkan keyakinan mereka

Saya melepaskan semua nya,, karena tak ada lagi jalan yang bisa dilalui ,, semua buntu dan gelap,, ini lebih buruk dari yang saya kira,, ini begitu rumit,, ini begitu sulit,,

Mau tahu apa yang paling menyedihkan dalam hidup ,,

2 orang manusia yang paling mencintai , ingin hidup bersama ,namun terpaksa berpisah karena ketidakberdayaan 

Lantas apakah setelah melepaskan semuanya hidup saya baik-baik saja,, entahlah,, semua menjadi kosong,,dan saya merasa hampa,,,

Mereka bilang

“sabar semua akan baik-baik saja, ini hanya proses yang harus dilalui “

“tak selamanya mendung itu kelabu,,pelangi pasti akan datang,,”

Terimakasih untuk sahabat yang hadir menenangkan,, memberikan semangat dan motivasi bahwa saya masih bisa bermimpi lagi,, bahwa harapan itu akan selalu ada,,

Seorang teman berkata,,

Dek kuncinya adalah iklas , memaafkan dan tulus,,TUHAN akan dengar doa-doa mu, percayalah dek ada jalan indah dibalik semua ini,,

3 hal yang terdengar mudah bagi sebagian orang,, namun begitu sulit bagi saya untuk memahaminya,,

2 tahun saya meyakini jalan ini ,membangun mimpi-mimpi saya,,sayang nya saya tidak menyiapkan diri untuk terluka,,dan mungkin itu yang membuat saya begitu terluka,, karena tidak ada tempat untuk kata luka…

Seorang teman berkata 

Saat lo gak tahu lagi harus ngapain,,saat lo gak punya solusi dari permasalahan lo, lo jalanin aja semuanya,,  percayalah semua ini akan berakhir,,ini hanya proses yang harus di lewati,, 

Lepaskan


Lepaskanlah. Maka besok lusa, jika dia cinta sejatimu, dia pasti akan kembali dengan cara mengagumkan. Ada saja takdir hebat yang tercipta untuk kita.

Jika dia tidak kembali, maka sederhana jadinya, itu bukan cinta sejatimu.

Hei, kisah-kisah cinta di dalam buku itu, di dongeng-dongeng cinta, atau hikayat orang tua, itu semua ada penulisnya.

Tetapi kisah cinta kau, siapa penulisnya? Allah. Penulisnya adalah pemilik cerita paling sempurna di muka bumi. Tidakkah sedikit saja kau mau meyakini bahwa kisah kau pastilah yang terbaik yang dituliskan.”

Tere Liye – Rindu

Episode mencoba tegar

Dalam Kesendirian


Cheese Cake Factory ,, 6 November 2015 18:01

Selamat Sore,,,

Saya menulis ini di sebuah café di bilangan Tomang,,meeting sama client sudah selesai,, tapi saya harus melakukan sesuatu agar terus sibuk,, agar hati ini berhenti bersedih,,dan tangis itu tidak turun,,

Mungkin semuanya berpikir lebay,, atau saya terlalu dibawa perasaan,, but this is what I feel now, sunyi , sepi ,sendiri dan mungkin terpuruk,,

Saya bisa menangis di mana pun,,kapan pun,, ketika tubuh ini berhenti beraktivitas maka yang bisa dilakukan hanya menangis,, menangis dan menangis,,

Seperti sore ini ,, hal pertama yang saya lakukan adalah buka laptop – pesan leci ice tea – dan mulai menulis, menuliskan perasaan saya hari ini , dengan berlinang linang air mata,, – kebayang gak sih lo cewe duduk di café sendirian ,dan nangis,, entah apa yang ada di kepala orang-orang saat melihat saya,,

Menuliskan perasaan sudah selesai,meratapi nasib dan ketidak berdayaan ini ,tapi hari ini masih terlalu sore,,dan saya masih butuh untuk merasa lelah,,agar hati berhenti berpikir hal yang aneh-aneh,,

Minuman yang saya pesan tidak berkurang sedikit pun, padahal minuman ini adalah favorit saya,,entahlah kenapa rasanya sekarang makan bukan lah hal yang ingin saya lakukan,,makan dan minum bagi saya adalah pemenuhan kebutuhan terhadap tubuh,,bukan lagi hal yang menyenangkan,,

Sekrang saya sendirian,, ada 5 kelompok meja disini,,

Waitersnya bernama mas syawal dari tadi sibuk bolak balik mencatat pesanan atau request dari orang-orang ,sekali-kali dia melirik kesaya, bukan,,bukan curi-curi pandang,,mungkin dia heran melihat saya yang dari tadi sibuk dengan selembar tisu dan sebuah laptop ,,ah ya,,mungkin juga dia ingin bertanya mengapa saya tidak memesan makanan lain,,hanya segelas leci ice tea ,,dan minuman itupun masih belum berkurang dari 2 jam yang lalu,,

Disudut kiri ada seorang perempuan chinese, rambutnya sebahu,, rambutnya panjang, curly curly gitu,, kulitnya putih,bermake up tipis tapi tetap cantik, sibuk dengan gadgetnya,,sama seprti saya dia pun belum memesan makanan hanya minuman,, tapi minumannya sudah berkurang hampir setengah ,,sepertinya dia menunggu seseorang,,

Di depan saya ada 3 orang perempuan muda, chinese, menggunakan gaun terusan,, sepertinya mereka sosialita (pakaian nya branded, cantik ,dan full make up )  saat makanan datang hal pertama yang dilakukan adalah foto makanan – selfie – dan kembali sibuk dengan gadgetnya, prakiraan saya umur mereka dikisaran 25,, cewe-cewe feminin ya saat makanan pun menggunakan manner, pelan-pelan, gak berisik , beda banget dengan saya yang kalau ketemu temen-temen heboh kaya orang sekampung,,(*saya lupa kapan terakhir  bertemu dengan sahabat-sahabat saya,,

Dan disebelah kanan saya ada 4 orang berkebangsaan korea, 2 perempuan , 2 lelaki, sepertinya mereka pulang kerja, berpakaian rapi khas seperti pria korea kebanyakan , dengan blazer lengkap, dan kemeja putih, saat makan perempuan-perempuan ini duduk dengan tegak dada membusung kedepan,dan tangan membentuk garis lurus saat memotong makanan,(Beda banget ya sama saya yang kalau duduk bongkok udang, dan tangan pun gak ada garis –garis lurus acan )

Mereka memesan hotdog, pizza,hamburger dan 4 gelas minuman dingin,, tipikal orang korea,,saat bicara heboh,,terkadang bertepuk tangan,,tertawa terbahak-bahak,, entah apa yang dibicarakan,, tapi sepertinya seru sekali (*saya juga lupa kapan terakhir kali pergi makan siang bersama teman kerja,, sejak di kantor jadi satu-satunya perempuan, saya sudah tidak pernah lagi pergi hangout makan siang bersama teman,,

Saya masih disini,, menulis kan apa yang bisa saya tuliskan,,melarikan diri dari semua masalah-masalah saya, saat kamu dihadapkan pada masalah dan gak tahu harus gimana maka yang bisa dilakukan hanya menjalaninya,, meski perih, berdarah-darah,, saat ini hanya ALLAH satu-satunya pertolongan saya,,, hanya DIA tempat saya mengadu ,dan memohon kekuatan menghadapi semua ini ,,

Cheese Cake Factory 19:10 , sudah hampir 3 jam saya disini, penghuni meja-meja di depan saya pun sudah mulai bertukar, air mata sudah kering,,sepertinya saya harus pulang,

Menangis,,


Client office 6 November 2015,,

Menangis,,,

Satu hal yang selalu saya lakukan 10 hari terakhir ini,,

Saya menangis disetiap tempat,, di jalanan , di bis , di angkot,,bahkan saya menangis ketika sedang menuliskan cerita ini,,

Mungkin bagi sebagian orang saya ini cengeng,, tapi percayalah kawan ini tidak mudah,, tak semudah nasihat nasihat motivator atau quote menenangkan hati yang selalu berseliweran di time line itu,,

Airmata itu turun tanpa diminta,, tanpa permisi,, dan kadang tak bisa berhenti,, seperti ada tombol tersendiri di hati ini ,, yang meminta air mata itu turun ketika tubuh ini tak melakukan apapun,,

Menangis satu-satunya hal yang bisa saya lakukan,, ketika tak ada lagi solusi dari semua permasalahan ini ,, jalan berliku itu berubah menjadi gelap,, mimpi-mimpi itu hancur berantakan,,

Mungkin semua ini salah saya karena tidak menyiapkan sedikit pun ruang dihati untuk sebuah kehilangan,, saya terlalu fokus mempersiapkan mimpi-mimpi ini secara materi, membangun mimpi -mimpi ini , menjaga nya dengan hati saya sebaik-baiknya ,,tapi saya tidak menyiapkan sedikit tempat pun untuk kegagalan,,

Dan sekarang saat harapan itu tak lagi ada,, maka saya hancur,,hancur berkeping-keping,, mimpi-mimpi meredup,, bahkan saya tak tahu apakah saya masih berani bermimpi lagi,, entahlah semua berubah menjadi gelap

Menangis,, hanya itu yang saya bisa lakukan sekarang,, menangisi semua kegagalan ini , menangisi ketidakberdayaan ini ,, kadang saya berpikir diantara tangis saya saat sedang menangis sedih di omprengan

“Ini ibu-ibu sebelah bilang apa ya, liat ada perempuan sibuk ngelap air mata sendiri??”

Entah apa yang ada di pikiran orang-orang di sekitar saya,,saat melihat saya larut dalam airmata saya,,

Menangis,, hobi baru saya 10 hari terakhir ini,, entah sampai kapan akan selalu seperti ini,, mereka bilang semua pasti berlalu,, karena tak ada sedih yang berkepanjangan ,, bahagia pasti akan di jelang,,

Entahlah,, apakah saya masih punya kesempatan untuk berbahagia,, atau sisa hidup saya hanya akan berisi dengan kesedihan,,

Ps : Kalau kalian menemukan seseorang sedang menangis di tengah keramaian,,gak usahlah di foto terus di upload di socmed dan dicomment macem-macem,, kalian gak pernah tahu kan kenapa orang itu menangis,, kenapa dia terlihat begitu putus asa,,, cukup liatin aja , gak usah banyak comment,, karena mungkin bagi orang itu hanya dengan menangis dia masih merasa hidup

Karena bukan lo yang ngerasain,,


Kantor, 5 November 2015..

Dulu saat seorang teman bercerita tentang masalahnya, saya suka kasih komentar realistis dan  segala sesuatu yang masuk di logika saya, dan biasanya sang teman akan bilang giini,,

lo gak bakal ngerti karena bukan lo yang ngerasain 

Ada yang bilang , hati-hati dengan omongan sendiri, karena bisa jadi berbalik arah,,dan jadi ngalamin sendiri,,

Sekarang saya merasakan apa yang orang bilang “gampang kok,, pasti mau kalau bisa,,” ,, gak semudah itu beb,,, gak semudah membalikkan telapak tangan ,, ini tentang hati, ini tentang mimpi dan keyakinan yang sudah di pegang teguh sekian lama,,

Karena bukan lo yang ngerasain,, jadi ya lo gak akan ngerti apa yang gw rasain,,gimana sakitnya , gimana perihnya,, 

Ini gak mudah untuk di jalani,, bagian paling menyedihkan dalam sejarah 30 tahun lebih 2 bulan 1 hari umur saya,,

Entah akan berakhir bahagia,, atau akan berakhir duka,,,

Entah apakah diri ini masih sanggup untuk bermimpi,,berharap,,,

Entahlah,,, semua hanya gelap,,, beku dan bisu,,,

Sakit dan perih yang gak bisa di lukiskan dengan kata -kata ,, bingung harus gimana,,

Gak ada lagi yang bisa dilakukan selain berdoa,, berdoa dan berdoa,,,